Hewan Unta: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya

Diposting pada

Hewan Unta

Unta merupakan jenis binatang berkuku genap yang berasal dari genus camelus dan memiliki punuk tunggal. Arti hewan yang satu ini akan lebih mudah ditemukan di daerah yang kering seperti gurun yang ada di Afrika Utara dan Asia.

Sebagai informasi bahwa unta termasuk hewan yang mampu bertahan hidup hingga puluhan tahun. Kehidupannya tersebut berlangsung sekitar 30 sampai dengan 50 tahun. Selain itu hewan yang satu ini juga seringkali dimanfaatkan untuk diambil susunya karena dianggap memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh. Bahkan susu unta juga dikenal bernutrisi lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi.

Hewan Unta

Hewan unta ini pastinya sudah dikenal banyak orang, dan perlu anda ketahui bahwa unta termasuk binatang yang bisa bertahan menahan lapar dalam kurun waktu beberapa hari. Kemudian hewan ini juga bisa dengan mudah untuk beradaptasi.

Ada beberapa informasi yang mungkin belum anda ketahui, pada dasarnya punuk unta adalah salah satu ciri khusus yang dimiliki hewan tersebut. Bagian punuknya itu digunakan untuk menyimpan lemak khusus yang suatu saat bisa berubah bentuk menjadi air karena proses respirasi dengan bantuan oksigen.

Jenis Unta

Berikut dibawah ini adalah beberapa macam jenis hewan unta, yaitu;

  1. Unta arab

Spesies unta yang pertama dinamakan hewan unta arab. Nama lain dari jenis unta yang satu ini adalah dromedaries. Biasanya keberadaan unta arab lebih sering ditemukan di Afrika Utara dan Timur Tengah. Selain kedua negara tersebut unta arab juga sudah menyebar sampai ke benua India.

Sebagai informasi bahwa unta arab ini memiliki peranan yang begitu penting di benua Afrika Utara, khususnya di negara Ethiopia dan Somalia.

Peran tersebut yaitu meliputi pemenuhan kebutuhan berupa susu di negara tersebut. Pada dasarnya susu unta arab ini seringkali dikonsumsi masyarakat Somalia dan Ethiopia, maka dari itu jenis unta ini adalah hewan yang sangat penting dan dijaga dengan baik agar selalu bisa menghasilkan susu.

  1. Unta baktrian

Jenis hewan unta yang kedua bernama unta baktrian. Persebaran unta yang satu ini ada di sekitar Gurun Gobi di Tiongkok. Selain wilayah tersebut, unta baktrian juga sudah menyebar sampai benua Australia dan negara Mongolia. Perlu anda ketahui bahwa jenis unta baktrian ini jumlahnya jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan unta arab.

Jumlah yang sedikit tersebut, dikarenakan adanya perburuan maupun pembunuhan masal pada unta baktrian yang menyebabkan populasinya semakin berkurang. Sedangkan alasan dari pembunuhan unta baktrian ini salah satunya dianggap sebagai pemicu timbulnya global warming, maka dari itu banyak orang yang kurang menyukai unta baktrian dan melakukan pembunuhan pada hewan-hewan tersebut.

Klasifikasi Unta

Klasifikasi hewan sebagai berikut;

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Artiodactyla
Familia Camelidae
Genus Camelus

Ciri Morfologi Hewan Unta

Berikut dibawah ini yang termasuk ciri morfologi hewan unta, antara lain;

  1. Tubuh

Secara umum badan atau arti tubuh unta berukuran cukup panjang. Dimana pada bagian yang panjang dari hewan ini yaitu lehernya. Oleh karena itulah disisi lain juga, tubuh unta cenderung didominasi dengan warna cokelat, baik dari cokelat muda sampai tua.

  1. Bulu mata

Ciri morfologi kedua dari unta dalah bulu matanya. Perlu anda ketahui bahwa bulu mata unta ini jika gambarkan mungkin akan membuat iri para gadis-gadis. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan bulu mata unta begitu lentik dan membuatnya terlihat semakin cantik maupun unik.

Bulu mata unta yang panjang dan lebar ini ternyata mempunyai fungsi tersendiri. Manfaat itu yaitu untuk melindunga mata hewan ini sendiri, karena di daerah gurun maupun padang pasur banyak sekali pasir halus yang akan bertebangan ke mana-mana pada saat angin berhembus. Melalui bulu mata yang lentik inilah unta akan menghalangi masuknya debu ke dalam mata yang bisa membuatnya merasakan sakit.

  1. Telapak kaki

Karakteristik morfologi yang berikutnya adalah telapk kaki unta. Daerah tempat tinggal unta yang cnderung lebih sering berada di padang pasir maupun gurun tersebut memberikan kondisi yang panas. Begitupun dengan jalan yang ditapaki setiap harinya. Pasir-pasir yang ada digurun tersebut seringkali terkena paparan sinar matahari dan membuatnya panas.

Maka dari itu agar hewan ini tetap nyaman berjalan di atas tanah yang panas tersebut maka unta dilengkapi dengan bantalan yang ada dikakinya. Bantalan tersebut membuat hewan yang satu ini lebih aman dan tidak merasa kepanasan, seperti pada saat manusia memakai sandal maka kakinya akan lebih terjaga.

  1. Telinga

Bagian selanjutnya yang menjadi ciri khas dari hewan unta adalah telinganya. Sebagai informasi bahwa telinga unta berjumlah dua dan ada disamping kanan maupun kiri. Kemudian hewan yang satu ini memiliki telinga yang dilapisi dengan bulu.

Bulu pada telinga tersebut ternyata mempunyai manfaat salah satunya untuk menyaring pasir maupun debu yang masuk ke dalam telinga. Melalui ciri atau keunikan pada telinga ini, maka keamanan hewan unta bisa lebih terjaga dari serangan debu yang akan masuk ke telinga.

  1. Mata

Perlu anda ketahui mata unta ini ternyata banyak memiliki warna. Warna-warna tersebut diantaranya mulai dari hitam, putih, cokelat dan lain sebagainya. Seperti yang sudah dijelaskan diatas sebetulnya bagian mata unta yang memiliki ciri khas selain di bagian bulu matanya yang lentik ternyata ada bagian lainnya.

Bagian atas mata unta terdapat alis yang begitu tebal dan hal tersebut menjadi salah satu bagian yang unik dari unta. Ketebalan alis juga bermanfaat untuk unta itu sendiri yaitu bisa melindungi mata dari paparan sinar matahari.

Cara Ternak Hewan Unta

Cara beternak khususnya pada proses memelihara dan menjaga unta, antara lain;

  1. Persiapan kandang hewan unta

Hal pertama yang perlu dilakukan agar unta merasa nyaman adalah memberinya tempat tinggal yang layak. Maka dari itu buatlah kandang dengan ukuran yang sesuai dengan hewan unta yaitu jangan terlalu kecil agar binatang ini bisa berjalan kesana dan kemari.  Buat kandang dengan senyaman mungkin agar unta bisa betah berada didalam.

Sebetulnya pembuatan kandang untuk hewan unta itu sendiri sangat bagus dan memberikan manfaat baik untuk unta maupun pemelihara. Manfaat yang diperoleh unta salah satunya yaitu mereka memiliki tempat untuk berlindung.

Sedangkan manfaat yang dirasakan bagi si pemelihara yaitu bisa memberikan kemudahan di saat akan memberinya makan dan diri sendiri lebih terjaga pula.

  1. Pemberian makan dan minum hewan unta

Proses kedua yaitu berikan makan dan minum untuk unta. Hal ini sangat penting dilakukan karena dengan makan dan minum tubuh unta dapat tumbuh dengan lebih baik dan perkembangannya juga bisa lebih cepat. Selain itu unta yang diberi makan akan berdampak pada daya tahan tubuhnya yang kuat sehingga tidak mudah terkena penyakit.

  1. Kebersihan kandang hewan unta

Bagi pemelihara atau perawat unta anda sangat perlu untuk membersihkan kandang unta. Kebersihan kandang unta tersebut sangat baik untuk menghindari hewan ini dari serangan berbagai penyakit. Hal ini dikarenaka kandang yang tidak bersih bisa menyimpan banyak bakteri dan kuman, tentunya hal semacam ini sangat buruk untuk kenyamanan unta itu sendiri.

Itulah tadi deskripsi hewan unta, macam, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, dan teknik berternak serta pemeliharan yang bisa dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *