Ikan Arwana, Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Ikan Arwana

Bagi pecinta ikan pasti sudah sangat mengenal jenis ikan arwana. Arwana merupakan jenis ikan yang bertulang air tawar dan berasal dari keluarga osteoglossidae. Ikan arwana ini merupakan jenis ikan yang sampai saat ini belum punah.

Walaupun sudah banyak orang yang tau tentang ikan arwana, namun belum tentu semuanya mengetahui lebih jelas terkait karakteristik yang ada ikan arwana, untuk lebih detailnya maka perhatikanlah artikel dibawah ini.

Ikan Arwana

Ikan arwana pada dasarnya memiliki berbagai nama yang melekat pada dirinya. Salah satu nama ikan arwana yaitu ikan kayangan, ikan siluk, ikan kelasa, dan ikan kalikasi. Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya ikan arwana ini adalah satwa yang langka, dan memiliki harga yang cukup mahal.

Biasanya arti ikan ini bisa ditemukan pada tepian sungai yang ditumbuhi pepohonan seperti pohon engkana, rasau. Putat, dan entangis. Ikan arwana ini merupakan jenis ikan yang habitat aslinya berasal dari Papua dan Kalimantan.

Jenis Ikan Arwana

Berikut dibawah ini adalah beberapa jenis ikan arwana yang diuraikan sebagai berikut:

  1. Ikan arwana read tail golden

Jenis ikan arwana ini berasal dari Pekanbaru, Sumatera, Riau dan beberapa wilayah di nusantara. Sifat ikan jenis ini yaitu agresif sehingga sangat sulit untuk ditangkap. Selain itu, ikan juga memiliki warna hijau, keemasan, dan biru. Postur tubuh juga memiliki panjang sekitar 90 cm dan harganya begitu fantastis yaitu sekitar 4,5 juta.

  1. Ikan arwana brasil (silver arowana)

Ikan jenis silver arowana ini adalah jenis arwana yang paling sering dijumpai dan ditemukan di Indonesia. Selain itu ikan ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 2 juta. Ukuran ikan ini bisa mencapai 1 meter dan memiliki kemampuan untuk mlompat keudara untuk menangkap mangsanya seperti serangga.

  1. Ikan arwana banjar (banjar read arowana)

Arwana banjar mempunyai warna merah, akan tetapi tidak terlihat seperti ikan arwana merah. Panjang ikan jenis ini bisa mencapai sekitar 90 cm. Sehingga untuk memelihara ikan ini diperukan aquarium yang ukurannya cukup besar agar ikan bisa bergerak lebih aktif.

Ciri unik dari ikan arwana banjar ini yaitu terletak di bagian warna siripnya yang orange dan ekor yang berwarna kuning. Selain itu harga ikan ini juga lebih terjangkau yaitu 2 juta jika dibandingkan dengan jenis arwana yang pertama tadi.

  1. Ikan arwana black golden (golden based black)

Ikan arwana balck golden adalah jenis arwana yang termahal yaitu bisa mencapai sekitar 18 juta harganya. Ikan ini sering dijumpai di daerah Malaysia dan Penang. Selain itu ikan ini juga tidak hidup sembarangan seperti di rawa, mengingat harga dari ikan ini begitu mahal. Perlu anda ketahui pula bahwa warna emas dengan sisik kehitaman ini menjadi ciri khas dari ikan ini.

  1. Ikan arwana super red

Jenis ikan ini berasal dari Asia dan memiliki warna yang mencolok yaitu merah terang. Ikan ini menjadi salah satu jenis arwana yang paling favorit dan bisanya dijadikan kolesi para kolektor. Jenis arwana super red ini biasanya bisa ditemukan di sekitar sungai Kapuas dan dekat dengan danau di bagian barat Kalimantan.

  1. Ikan arwana cross back golden

Arwana jenis ini memiliki banyak nama yaitu mulai dari Malayan bonytongue, taiping golden dan Pahang golden. Selain itu jenis ikan ini juga mempunyai nama latin yaitu scleropages formosus. Ikan ini juga banyak ditemukan di Malysia yaitu sekitar Perak, danau bukit merah, Johor, dan Tyrengganu.

Harga ikan ini sangat mahal dan sulit ditemukan di pasaran, yang mana harganya bisa mencapai 18 juta. Selain itu warna pada ikan ini juga sangat beragam, namun warna yang paling mencolok yaitu warna emas.

  1. Ikan arwana papua (jardini arowana)

Ikan ini bernama latin scleropages jardinii dan berasal dari Papua serta Australia. Warna ikan yaitu kuning keemasan, namun tidak terlalu mencolok dan terang. Arwana papua ini memiliki panjang sekiyar 90 cm dan harganya mencapai 4 juta.

  1. Ikan arwana hijau (green arowana)

Green arowana adalah jenis ikan arwana yang berwarna hijau dan jenis ikan yang asalnya dari Asia. Ikan ini juga dikenal dengan istilah golden pino dan bisa ditemukan diberbagai wilayah seperti di Thailand, Myanmar, Malaysia, Vietnam, Kamboja, dan Indonesia.  Harga ikan arwana hijau ini bisa mencapai sekitar 4 juta.

  1. Ikan arwana batik (Myanmar arowana)

Ikan arwana batik memiliki corak yang sangat indah dan cantik. Tubuh ikan ini dipenuhi sisik yang pastinya mirip dengan pola batik. Itulah alasannya mengapa jenis ikan ini dinaman ikan arwana batik. Harga ikan arwana batik juga begitu fantastis kurang lebih yaitu 56 juta.

  1. Ikan arwana platinum

Jenis terakhir dari ikan arwana yaitu ikan arwana platinum yang memiliki penampilan tercantik dan menjadi ikan paling mahal di dunia. Harga ikan ini mencapai 5, 7 miliar. Kekaguman akan kita rasakan apabila melihat penampilan ikan arwana platinum ini, tubuhnya yang mengkilap sangat memberikan kesan mahal dan indah pada ikan.

Klasifikasi Ikan Arwana

Ikan arwana juga memiliki klasifikasi ilmiah yang disebutkan dibawah ini:

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Osteoglossiformes
Family Osteoglossidae

Ciri Morfologi Ikan Arwana

Kita perlu setidaknya mengetahui ciri morfologi yang ada dalam dari ikan arwana, antara lain;

  1. Fisik

Ikan arwana memiliki morfologi atau ciri fisik yaitu badan dan kepala arwana cukup padat. Tubuh ikan ini juga pipih dengan punggung yang datar dan hampir lurus dari mulut sampai sirip punggung. Bagian samping kiri dan kanan arwana terdapat corak garis lateral atau guratan dengan panjang sekitar 20 sampai dengan 24 cm.

  1. Mulut

Ikan arwana juga memiliki bentuk mulut yang mengarah ke atas dan memiliki sepasang sungut yang ada dibawah bibir. Mulut arwana berukuran lebar dan rahangnya cucup kokoh. Sedangkan untuk bagian gigi, ikan ini memiliki jumlah gigi sekitar 15 sampai dengan 17.

  1. Ingsang

Arwana juga memiliki ingsang dan dilengkapi dengan penutupnya. Sirip punggung ikan arwana terletak berdekatan dengan pangkal sirip ekor atau caudal. Selain itu sirip anus ikan arwana ukurannya lebih panjang jika dibandingkan sirip punggungnya atau dorsal.

Kesimpulan

Dari penjelasan terkait dengan morfologi ikan arwana maka dapat dikatakan bawah jenis ikan ini memiliki panjang yang sangat beragam yaitu mulai dari ukuran 30 hingga 70 cm. Bentuk badannya yang gepeng dan bersisik besar juga meliuk-liuk menjadikan ikan ini terlihat indah dan biasanya ditaruh diaquarium sebagai ikan hias.

Karena keindahan dan keunikan ikan inilah maka sebagian masyarakat menyebutnya sebagai ikan naga emas yang dianggap sebagai simbol keperkasaan, keberhasilan, dan kejayaan.

Cara Budidaya Ikan Arwana

Ikan arwana yang begitu mahal bisa menjadi peluang yang baik untuk bisnis, seain itu jenis ikan ini juga harus dibudidayakan agar kelestariannya tetap dijaga. Berikut dibawah ini adalah arti budidaya ikan arwana yaitu :

  1. Melakukan persiapan media

Pada tahap ini persiapkan aquarium untuk tempat ikan, kemudian alat-alat yang akan digunakan. Alat-alatnya yaitu seperti aerator, heater, filter air, lampu penrang, dan alat pengukur suhu.

  1. Mempersipakan indukan ikan arwana

Periapkan jenis ikan arwana yang akan dibudidayakan dan pastikan bahwa induk arwana harus yang berkualitas. Tujuannya agar hasil yang dibudidayakan bisa maksimal dan bagus.

  1. Proses pembenihan

Apabila sepasang ikan sudah menghasilkan arti benih, maka harus diperlakukan dengan baik seperti memberi makan khusus berupa cacing pita. Jika benih arwana tersebut sudah mencapai ukuran sekitar 12 cm, maka bisa dipisahkan dari induknya, karena jika tidak dipisah bisa dimakan oleh induknya sendiri.

  1. Memelihara benih ikan

Ketika benih ikan sudah dipisahkan maka harus dilakukan pemeliharaan yaitu dengan meletakkan ikan didekat cahaya matahari. Melalui pemeliharaan ini maka ikan akan semakin tumbuh dan panjangnya yaitu 24 sampai dengan 25 cm.

  1. Melakukan panen ikan arwana

Ikan arwana bisa dipanen pada saat kondisinya sehat, baik dari segi warna, dan ukuran semua sesuai dengan kriteria.

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada semua pembaca berkenaan dengan deskripsi ikan arwana, jenis, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, dan cara pembudidayaan yang bisa dilakukan. Semoga memberi pemahaman bagi kalian semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *