Ikan Belanak: Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Ikan Belanak Adalah

Ikan belanak yang dikenal pula dengan mugil dussumieri merupakan golongan ikan yang biasa hidup di daerah yang beriklim tropis maupun sub tropis. Arti ikan ini bentuknya seperti bandeng yaitu salah satu jenis ikan yang biasa dijadikan lauk untuk makan. Pada dasarnya ikan belanak masih termasuk kedalam suku mugilidae dengan ordo mugiliformes.

Ikan belanak ini penyebarannya juga sudah meluas dan banyak ditemukan di air payau, air tawar serta mudah sekali ditemukan di berbagai daerah Pasifik diantaranya yaitu di Fiji, Samao, New Caledonia, Australia dan lain sebagainya. Sedangkan untuk wilayah di Asia ikan ini biasa ditemukan keberadaannya yaitu di Indonesia, India, Malasyia dan Srilangka.

Ikan Belanak

Sebagai informasi bahwa ikan belanak memiki beberapa nama atau sebutan yaitu seperti ikan gadah, bale belana, jumpul, goru, rapang dan gadeh. Selain itu ikan belanak juga terkenal sebagai ikan perenang pinggiran pantai, muara sungai dan akan masuk ke hutan-hutan mangrove.

Kebiasaan hidup ikan belanak yaitu menggerombol atau berkelompok sekitar 20 sampai dengan 30 ekor. Sementara itu untuk ukuran ikan belanak ini yaitu bisa sampai mencapai 50 cm, namun ukuran rata-ratanya hanya 20 hingga 30 cm saja.

Pakan ikan belanak yang paling favorit bagi mereka diantaranya yaitu makanan yang terdiri dari alga halus, lumpur dan terkadang udang maupun arti hewan-hewan kecil lainya.

Klasifikasi Ikan Belanak

Berikut dibawah ini merupakan klasifikasinya dalam biologi yang diuraikan sebagai berikut:

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Mugiliformes
Family Mugilidae
Genus Mugil
Spesies Mugil dussumieri

Ciri Morfologi Ikan Belanak

Ikan belanak memiliki ciri morfologi yang didalamnya menjelaskan karakteristik dari bagian tubuh ikan ini. Karakteristik morfologi tersebut dijelaskan sebagai berikut dibawah ini:

  1. Tubuh

Morfologi pertama yang akan kita bahas dari ikan belanak yaitu bagian tubuhnya. Ikan belanak pada umumnya mempunyai arti tubuh atau badan yang panjang dan sedikit ramping. Sedangkan untuk warna tubuhnya yaitu putih mengkilap.

  1. Sirip

Ikan belanak juga memiliki morfologi sirip yang ada pada tubuhnya. Sirip punggung ikan ini terdiri dari jari-jari keras dan lemah, yang mana jari-jari kerasnya berjumlah 1 buah sedangkan jari-jari lemahnya ada 8 buah. Selain itu ikan belanak juga memiliki sirip dubur yang warnanya putih kotor dan terdapat sekitar 9 jari lemah serta ada pula jari-jari kerasnya.

  1. Bibir

Bibir ikan belanak di bagian atasnya memiliki tekstur yang lebih tebal daripada bibit bagian bawah. Bibir ikan ini pada umumnya berguna untuk mencari makan yang letaknya da di dasar atau didalam lumpur.

  1. Gigi

Bagian gigi pada ikan benak mempunyai ukuran yang kecil, mengingat bahwa ikan ini juga tidak terlalu besar ukurannya. Sementara itu untuk warna giginya sendiri yaitu putih.

  1. Ekor

Ciri selanjutnya yang ada pada ikan belanak ini yaitu ada di bagian ekornya. Ekor pada ikan ini bentuknya seperti bulan sabit dan berwarna putih bening, namun terkadang ada juga yang berwarna kehitaman.

Manfaat Ikan Belanak

Ikan yang mirip dengan bandeng ini memiliki beberapa manfaat ketika anda mengonsumsinya. Dibawah ini adalah manfaat ikan belanak yang dijelaskan sebagai berikut :

  1. Sebagai lauk bergizi

Ikan belanak sangat berkhasiat untuk urusan penambah gizi maupun nutrisi pada tubuh. Sehingga pada saat mengonsumsinya maka tubuh akan memperoleh banyak manfaat yang baik salah satunya adalah kebutuhan gizi dalam sehari-hari akan terpenuhi. Selain itu, ikan yang memiliki rasa super lezat ini juga bisa menambah selera makan anda.

  1. Sumber tenaga

Manfaat selanjutnya yang diperoleh dari ikan belanak yaitu bisa memberikan sumber tenaga pada tubuh. Hal ini dikarenakan ikan mempunyai kandungan karbohidrat yang bisa memenuhi sumber kekuatan pada tubuh. Selain itu ikan ini juga sangat baik dalam memberikan nutrisi, sehingga kondisi tubuh bisa selalu terjaga dengan baik.

Hal lain yang perlu anda ketahui yaitu bahwa karbohidrat dalam ikan ini juga memiliki peran penting dalam proses metabolisme tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi ikan ini tubuh akan lebih kuat dan terhindar dari serangan penyakit.

  1. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Ikan belanak yang mempunyai kandungan asam lemak ini juga sangat baik menjaga kesehatan kulit dan rambut. Biasanya kulit tidak mudah kering dan mengelupas jika sering mengonsumsi ikan belanak.

  1. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Kandungan protein pada ikan ini juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Hal ini terjadi karena protein sangat berperan penting dalam regerenerasi sel-sel dalam tubuh.

Cara Budidaya Ikan Belanak

Berikut dibawah ini merupakan cara budidaya ikan belanak yang diuraikan sebagai berikut :

  1. Benih belanak

Budidaya ikan belanak diawali dengan pemilihan benih ikan yang paling baik. Ingatlah bahwa benih merupakan proses awal dari pmbesaran ikan belanak ini, jadi sangat penting untuk diperhatikan. Apabila benih dari awalnya sudah tidka berkualitas maka hasilnya pun akan sama-sama buruknya. Akan tetapi jiak dari awal benih sudah baik, maka hasil yang diperoleh juga bisa berkualitas.

Biasanya benih ikan belanak diperoleh dari penangkapan di alam benih belanak yang ukuran masih sangat kecil – kecil yaitu sekitar 2 sampai dengan 3 cm. Ikan-ikan ini bisa ditemukan secara berkelompok dan lebih sering ada di inggir pantai dan muara sungai. Uniknya lagi benih belanak ini sering tertangkap bersama dengan benih bandeng dan udang.

  1. Pemeliharaan belanak di tambak

Benih yang sudah diperoleh maka selanjutnya harus dilakukan perawatan maupun pemeliharaan dengan sebaik-baiknya. Pemeliharaan iakn belanak bisa dilakukan di tambak yang mana perawatannya tidak jauh berbeda dengan bandeng. Sebagai informasi bahawa ikan belanak akan dilakukan pross pemeliharaan yang lamanya sekitar 6 sampai dengan 7 bulan sampai ikan ini mencapai ukuran antara 300 hingga 500 gram/ekor.

Beberapa cara pemeliharaan ikan belanak diantaranya yaitu memberinya pakan yang cukup. Pastikan bahwa pakan adalah jenis makanan yang baik untuk ikan dan bisa memberikan nutrisi yang baik pada perkembangan ikan. Pakan bisa diberikan 3 sampai dengan 4 kali sehari yaitu di waktu pagi, siang, sore, dan malam hari. Perlu anda tahu bahwa salah satu pakan ikan belanak yaitu plankton.

Ikan belanak pada saat diberi pakan bisanya akan bergerak begitu aktif dan saling berebut satu sama lain, seakan-akan mereka merasa takut tidak mendapat bagian sehingga saling berlomba untuk mendapat pakan yang paling banyak.

Oleh karena itu agar ikan-ikan belanak ini bisa mendapatkan pakan dengan cara yang rata maka pemberian pakan harus dilakukan sedikit demi sedikit agar semua mendapatkannya.

Selain itu pakan diberikan sedikit demi sedikit agar pakan tidak terbuang dengan sia-sia jika ikan-ikan belanak sudah merasa kenyang. Anda sebagai pembudidaya ikan belanak ini juga perlu melakukan pemantauan setiap 2 minggu sekali pada ikan ini.

Hal ini dilakukan agar anda bisa melihat perkembangan secara langsung dari ikan ini. Pastikan jika ada ikan yang kurang sehat segera ambil dan pindahkan ke tempat lain agar memperoleh penanganan kusus dan tidak menularkan sakit pada ikan yang lainnya.

  1. Pemananen ikan belanak

Cara atau langkah budidaya terakhir dan paling ditunggu-tunggu setelah beberapa bulan sebelumnya yaitu adalah pemanenan ikan belanak. Pada saat memasuki bulan ke 6 sampai dengan 7 maka ikan belanak akan mengalami perkembangan yang lebih besar. Sehingga pada usia-usia ini ikan belanak bisa dilakukan pemanen.

Proses panen ikan belanak ini nantinya bisa memberikan keuntungan yang baik bagi pembudidaya. Keuntungan bisa diperoleh dengan catatan jika proses awal sampai akhir budidaya ikan belanak dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

Karena hasil akhir ikan belanak sangat bergantung pada proses pemeliharaannya. Pastikan pula bahwa panen ikan belanak ini juga anda sesuaikan dengan ukuran ikan yang paling cocok dan pas untuk dipasarkan.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian ikan belanak, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, manfaat, dan cara pembudidayaan yang bisa dilakukan. Semoga memberi edukasi bagi kalian.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *