Ikan Bilis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Ikan Bilis

Ikan bilis yang disebut juga dengan ikan bilih atau bako ini merupakan jenis ikan air tawar anggota suku cyprinidae dan sudah menyebar di pulau Sumatra. Lebih tepatnya yaitu di danau singkarak dan danau maninjau serta sungai-sungai kecil yang ada disekitarnya. Sekarang ikan bilis juga berada di wilayah sekitar Danau Toba di Sumatra Utara.

Pada dasarnya ikan bilis adalah jenis ikan yang menghuni danau namun biasanya melakukan perpindahan ke arah hulu pada saat hendak memijah. Ikan bilis ini biasanya mengkonsumsi detritus dan zooplankton sebagai makanan utamanya. Selain itu, ikan ini juga memakan fitoplankton dan bahan nabati lain.

Ikan Bilis

Bilih dalam bahasa Minangkabau memiliki arti yang cukup seram yaitu iblis atau setan. Namun asal nama ikan bilis ini diperoleh dari masyarakat Minang yang lebih sering mengucapkan bilis pada jenis ikan-ikan yang kecil seperti teri. Walaupun sebetulnya ikan bilis jauh berbeda dengan ikan teri tersebut.

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya ikan bilih atau bilis ini melakukan teknik pemijahan dengan cara menyongsong aliran air sungai yang akan bermuara ke danau. Danau-danau tersebut biasanya disekitar danau singkarak. Sedangkan sungai-sungainya di antaranya yaitu sungai batang sumpur, paninggahan, dan muaro pingai.

Ikan bilis ini biasanya memilih perairan sungai yang bersih dan jernih dengan suhu air yang relatif rendah yaitu sekitar 24 sampai dengan 26 °C serta dan dasar sungai yang berbatu kerikil dan atau pasir. Proses dalam arti pemijahan biasanya dilakukan dengan cara mengeluarkan telur – telur induk ikan di dasar sungai yang nantinya akan dibuahi oleh ikan jantan dan tenggelam ke dasar untuk kemudian hanyut terbawa arus air masuk ke danau.

Klasifikasi Ikan Bilis

Perlu anda ketahui juga klasifikasi ikan bilis yang diuraikan sebagai berikut dibawah ini;

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Osteoglossiformes
Subordo Cryptodira
Famili Cyprinoidea
Genus Mystacoleucus
Spesies M. padangensis

Ciri Morfologi Ikan Bilis

Untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini merupakan karakteristik morfologi ikan bilis yang diuraikan sebagai berikut:

  1. Fisik

Morfologi pertama yang akan kita pelajari dari ikan bilis yaitu bagian fisik atau tubuhnya secara umum. Ikan bilis ini memiliki ciri fisik yang ukurannya kecil yaitu dengan panjang mencapai 116 mm. Tubuh ikan biasanya dipenuhi dengan sisik-sisik sama seperti pada ikan yang lainnya.  dengan gurat sisi 37 sampai dengan 39 buah.

  1. Sirip

Morfologi selanjutnya yaitu bagian sirip ikan. Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa ikan pada awal siripnya mempunyai ketinggian yang standar dan masih kecil dengan panjang tanpa sirip ekor. Selanjutnya panjang pangkal sirip punggung rata-rata sejajar dengan awal sirip perut.

Bagian sirip ikan bilis ini dibagi menjadi 3 bagian, yatu sirip punggung, sirip dada, dan sirip perut. Di bagian sirip punggung memiliki tekstur yang bergerigi disisi belakangnya. Sedangkan ukuran sirip perut dan sirip dada biasanya sama serta tidak mencapai anus.

Selain itu ada pula karakteristik yang terdapat pada sirip punggung. Biasanya ada bagian duri kecil yang mengarah ke depan yaitu di muka sirip punggung atau disebut procumbent dorsal spine yang kadang – kadang juga tersembunyi di bawah sisik.

  1. Ekor

Morfologi ketiga dari ikan bilis yang akan kita pelajari yaitu bagian ekor ikan. Pada bagian ini ikan bilis sudah pasti memiliki ekor, yang mana ekornya akan dikelilingi oleh sekitar 18 sisik. Sisik-sisik tersebut berwarna perak, dengan sirip punggung dan sirip ekor yang warnanya kehitaman. Sebetulnya  bagian ekor ikan bilis ini menggarpu ke dalam dengan ujung sirip-siripnya yang meruncing.

  1. Mulut

Morfologi terakhir ikan bilis yaitu mulutnya. Ikan bilis ini memiliki mulut yang moncong dan ini membuat ikan terlihat sangat unik. Selain itu bagian mulutnya tersebut terdapat dua sungut kecil namun tidak semua ikan ada sungutnya tersebut.

Manfaat Ikan Bilis

Berikut dibawah ini adalah manfaat yang diperoleh ketika kita mengkonsumsi ikan bilis yaitu;

  1. Menghilangkan kolestrol jahat

Manfaat pertama yang bisa kita peroleh pada saat mengkonsumsi ikan bilis yaitu bisa melawan kolestrol jahat yang menyerang tubuh. Manfaat ini bisa dirasakan karena ikan bilis memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda yang sangat berguna untuk menghilangkan kolestrol-kolestrol  jahat pada tubuh.

  1. Menghilangkan kolestrol tidak sehat

Manfaat kedua ikan bilis yaitu masih sama terkait kolestrol, yaitu ikan ini ketika dikonsumsi akan menghilangkan kolestrol yang tidak sehat, sehingga dengan demikian tubuh akan merasa lebih sehat dan kuat. Sebetulnya manfaat ini bisa dirasakan karena ikan bilis memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat berkhasiat untuk menghilangkan kolesterol tidak sehat serta menghambatnya untuk mengikat dinding arteri.

  1. Meningkatkan kecerdasan otak

Manfaat selanjutnya apabila kita mengkonsumsi ikan bilis yaitu bisa meningkatkan kecerdasan otak. Memang sudah menjadi hal umum, dan sangat diyakini masyarakat luas, bahwa pada saat kita mengkonsumsi jenis ikan-ikanan maka akan sangat baik untuk otak.

Oleh karena itu, sering sekali anak-anak diberi makan ikan agar pertumbuhannya otak dan fisiknya bagus. Sebetulnya manfaat ini terjadi karenan ikan bilis memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang juga baik untuk meningkatkan kecerdasan otak.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ikan bilis yang mempunyai kandungan kalsium dalam ini juga sangat membantu untuk mengurangi risiko degradasi tulang.

Selain itu vitamin dan mineral dalam ikan bilis juga dapat menguatkan tulang, mencegah risiko osteoporosis, dan melawan masalah tulang lainnya. Sedangkan kandungan kalsium pada ikan ini juga sangat berfungsi untuk menguatkan gigi agar tetap sehat sampai usia tua.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Masalah berat badan kadang begitu sensitif apalagi jika ini mengyangkut perempuan, maka berat badan adalah suatu hal yang sangat penting. Banyak orang yang melakukan diet, olahraga secara rutin, menjaga pola makan dengan baik agar badan sehat dan juga menjaga berat badan tubuh.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan sebetulnya cukup mudah, yaitu dengan menjadikan ikan bilis sebagai menu program dietnya. Kandungan kalori yang rendah pada ikan bilis sangat bagus untuk orang-orang yang sedang diet.

Selain itu protein yang tinggi juga akan membuat seseorang merasa lebih kenyang dan mencegah anda untuk makan berlebihan.

  1. Menyehatkan Mata

Ikan bilis yang kaya akan vitamin A ini pastinya sudah sangat jelas bisa membantu kesehatan mata. Akan tetapi pastikan bahwa ketika mengkonsumsi ikan bilis ini tidak terlalu banyak karena justru hal ini bisa menurunkan fungsi mata dan menyebabkan sakit katarak.

Hal ini terjadi karena sesuatu yang telalu berlebihan dapat menimbulkan dampak yang tidak baik, sama halnya pada saat kita mengkonsumsi ikan jenis bilis ini.

Teknik Budidaya Ikan Bilis

Berikut dibawah ini adalah cara budidaya ikan bilis yaitu;

  1. Cara budidaya pertama yang bisa kita lakukan selain menebarkan benih juga bisa menyediakan suaka buatan untuk menyelamatkan populasi ikan bilis ini agar tidak punah.
  2. Suaka buatan ini sudah dipraktekkan sejak tahun 2003 dan pada saat itu berada di daerah Batang Sumpur di Kabupaten Pasaman Barat. Dimana suaka tersebut sungainya akan bermuara ke danau singkarak. Fungsi dari suaka ini sebetulnya untuk memproduksi benih ikan bilih secara alami yang nantinya ikan bisa berkembang lebih baik lagi.

Demikianlah artikel yang bisa kami tuliskan pada segenap pembaca berkenaan dengan deskripsi ikan bilis, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, manfaat, dan cara pembudidayaan yang bisa dilakukan. Semoga memberikan referensi bagi pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *