Ikan Gurami: Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Gurami

Ikan Gurame pada dasarnya merupakan salah satu jenis ikan yang pastinya sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Gurame adalah ikan yang habitatnya berada di air tawar. Ikan Gurame dalam bahasa latin dikenal dengan istilah osphronemus gouramy.

Arti ikan yang memiliki rasa enak dan memiliki banyak gizi ini dipercaya berasal dari negara Indonesia. Gurame merupakan jenis ikan yang memiliki nilai ekonomis sangat bagus dan peluangnya sangat baik. Perlu anda ketahui pula bahwa ikan ini lebih menyukai tempat yang airnya tenang yaitu seperti di waduk, rawa, kolam, dan danau.

Ikan Gurami

Ikan gurame dipercaya berasal dari Indonesia ini pemeliharaannya kini semakin berkembang dan menyebar luas ke berbagai daerah diantaranya yaitu di Ciamis seperti Cijeungjing, Purbaratu, Cikoneng, Sanadananya, Bojongnangka, lalu ke Singaparna di Tasikmalaya.

Di beberapa daerah, ikan gurame juga memiliki nama atau istilah sendiri-sendiri yaitu. Misalnya saja di Jawa disebut gurameh, di Sunda dan Betawi dikenal dengan nama gurame, sedangkan di Sumatera disebut kalau, kala, serta alui.

Klasifikasi Ikan Gurami

Berikut dibawah ini adalah klasifikasi ikan gurame yaitu:

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Sub Filum Vertebrata
Kelas Pisces
Bangsa Labirintichi
Suku Anabantidae
Genius Osphronemus
Spesies Osphronemus gouramy Lac

Ciri Morfologi Ikan Gurami

Berikut dibawah ini merupakan karakteristik morfologi ikan gurame yang diuraikan sebagai berikut;

  1. Fisik

Morfologi pertama ikan gurame yaitu di bagian fisiknya. Ikan gurame mempunyai garis lateral tunggal yang tidak putus. Apabila ikan dilihat dari samping maka akan berbentuk jalur-jalur. Pada dasarnya bentuk asli ikan ini yaitu pipih panjang dan sedikit bulat.

Ikan gurame juga memiliki ketinggian sekitar 2,0 sampai dengan 2,1 kali dari panjang standar. Corak pada ikan gurame yaitu garis – garis tegak berwarna hitam, biasanya mencapai sekitar 8 hingga 10 buah garis. Ikan Gurame ini mempunyai alat pernapasan tambahan yang dinamakan labirin.

  1. Ekor

Ikan gurame memiliki ekor yang ada dibagian belakang dengan bentuknya yang bulat. Selain itu di bagian pangkal ekor ikan ini juga terdapat titik-titik hitam yang bulat.

  1. Sirip

Morfologi ketiga ikan ini yaitu bagian siripnya. Sirip perut ikan gurame memiliki Jari-jari lemah yaitu berupa benang panjang dan berfungsi untuk alat peraba.

Ikan Gurame yang usianya masih muda dibagian atas sirip dubur juga terdapat sekitar delapan buah garis tegak, bintik gelap dengan bagian sampingnya berwarna kuning atau keperakan. Sedangkan pada dasar sirip dada terdapat bintik hitam yang cukup pekat.

  1. Mulut

Definisi mulut ikan gurame mempunyai ukuran yang kecil. Bagian bawah bibir biasanya akan terlihat menonjol jika dibandingkan bibir atasnya. Selain itu mulut ikan gurame ini juga dapat disembulkan sehingga kelihatan monyong. Kemudian letak mulut ikan ini desikit miring dan tidak tepat dibawah ujung moncong.

  1. Sisik

Karakteristik terakhir dari ikan gurame yaitu memiliki sisik yang stenoid. Apabila ikan diperhatikan dengan fokus maka sisiknya terlihat seperti jaring jala. Untuk tekstur sisik ikan gurame itu sendiri yaitu kasar dan tebal.

Manfaat Ikan Gurami

Ikan gurame yang banyak digemari oleh banyak orang ini karena bisa dimasak dengan bumbu apapun ini ternayata memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu:

  1. Membantu Perkembangan Otak

Manfaat pertama yang bisa kita peroleh jika mengonsumsi ikan gurme yaitu membantu perkembangan otak pada tubuh. manfaat ini bisa terjadi karena ikan gurame memiliki keunggulan nutrisi yaitu adanya asam lemak omega 3.

Fungsi dari omega 3 itu sendiri yaitu sangat baik untuk perkembangan sel otak, terlebih lagi untuk usia anak-anak. Ikan gurame ini bisa memicu perkembangan sel otak dan kecerdasanya. Sehingga anak akan mudah untuk mengingat hal baru.

  1. Mengurangi Kemungkinan Penyakit Kwashiorkor

Apakah anda tahu apa itu penyakit kwashiorkor? Penyakit kwasiokhor merupakan penyakit busung lapar yang biasanya diakibatkan karena kurangnya asupan gizi. Penyakit ini sering menyerang anak-anak, dan biasanya terjadi di daerah pedalaman yang masyarakatnya kurang mampu.

Sebetulnya salah satu cara untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan selalu memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh anak. Salah satu nutrisi tersebut bisa diperoleh dari makanan yaitu ikan gurame. Karena seperti yang kita tau bahwa ikan ini memang memiliki kandungan gizi yang super baik.

  1. Membantu Pertumbuhan Otot

Ikan gurame selain bisa digunakan untuk membantu pertumbuhan otak ternyata kandungan protein yang ada dalam ikan juga berperan penting dalam pembentukan otot.

  1. Menghaluskan Kulit

Urusan kulit memang sudah sepatutnya kita perhatikan, apalagi bagi kaum hawa, maka masalah kecantikan adalah sesuatu yang rasanya sangat penting untuk diprioritaskan. Masalah kulit pada dasarnya bisa kita atasi dengan cara mengonsumsi makanan yang baik, menjaga kesebersihan kulit, dan lain sebagainya.

Salah satu makanan yang baik untuk menghaluskna kulit wajah yaitu ikan gurame. Hal ini dikarenakan ikan gurame memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk membantu meregenerasi kulit.

  1. Sumber Energi

Manfaat lain ikan gurame yaitu bisa dijadikan sebagai sumber energy. Hal ini terjadi karena ikan gurame memiliki kandungan yang begitu banyak sehingga secara tidak langsung bisa menambah gizi dan nutrisi yang ada dalam tubuh dan memberikan sumber energy yang banyak.

Cara Budidaya Ikan Gurami

Berikut dibawah ini adalah cara budidaya ikan gurame yaitu:

  1. Persiapan Sebelum Budidaya Gurame

Sebelum budidaya ikan gurame dilakukan maka ada beberapa hal yang perlu disipakan diantaranya yaitu :

  1. Kondisi kolam yang sangat menentukan berhasil tidaknya usaha budidaya gurame. Kolam ini bisa berupa kolam tanah dengan luas sekitar 10 m2 dengan kedalaman minimal 50 cm.
  2. Kolam ini berfungsi sebagai tempat untuk merawat, memelihara dan membesarkan benih ikan gurame setelah dari kolam pendederan. Kolam ini berupa kolam tanah atau semen dengan adanya tambahan saluran air yang mengalir dan dijadikan sebagai tempat pembersihan ikan sebelum dipasarkan.
  1. Pembenihan Ikan Gurame

Pembenihan ikan gurame ini meliputi kegiatan pemeliharaan induk, pemijahan, penetasan telur, dan perawatan larva sampai ukurannya cukup untuk dilakukan perawatan lebih lanjut.

  1. Pendederan Ikan Gurame

Pendederan ikan gurame dilakukan melalui cara pemeliharaan benih yang ukurannya sekitar 10 sampai dengan 15 g/ekor sampai ukuran 150 g/ekor. Biasanya berat gurame sebesar ini berada pada kondisi ikan gurame yang usianya enam bulan dari penetasan telur. Selain itu, pendederan juga ada yang dimulai dari ukuran yang lebih besar, yakni 15 hingga 30 g/ekor.

  1. Pembesaran Ikan Gurame

Tahap selanjutnya yaitu kegiatan pembesaran ikan gurame yang merupakan proses lanjutan dari pendederan. Benih yang berasal dari pendederan akan dibesarkan hingga mencapai ukuran yang siap untuk dikonsumsi dengan bobot rata-rata 500 g/ekor.

Kegiatan pembesaran ini bisa dilakukan dengan memberi pakan pada ikan sesuai dengan porsi dan harus dilakukan secara rutin. Walaupun ikan gurame selalui dirawat dan dilakukan pembesaran agar memperoleh hasil yang baik, namun penentuan ukuran panen pembesaran gurame juga disesuaikan dengan permintaan konsumen.

Biasanya permintaan ukuran ikan gurame yang diinginkan konsumen berbeda-beda ada yang meminta ukuran di atas 1 kg/ekor ada pula yang lebih maupun kurang.

  1. Panen

Tahapan selanjutnya dari budidaya ikan gurame yang paling ditunggu-tunggu yaitu proses pemanenan ikan. Proses ini bisa dilakukan jika ikan sudah mencapai bobot rata-rata 500 g/ekor.

Proses pemanenan ikan gurame sebaiknya dilakukan di waktu pagi hari yaitu sekitar pukul 05.00 sampai dengan 08.00 tujuannya agar ikan tetap segar dan tidak stres. Cara pemanenan yaitu dilakukan dengan cara membuang habis air kolam. Kemudian dilakukan penangkapan ikan dengan menggunakna serokan atau alat sejenis yang tidak menyebabkan badan gurame terluka.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian ikan gurami, klasifikasi, ciri morfologi, manfaat, dan cara pembudidayaan yang bisa dilakukan. Semoga memberi wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *