Ikan Hampala, Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Klasifikasi Ikan Hampala

Apakah ikan hampala terdengar asing ditelinga kalian? Jika jawabnya ya, maka mari kita lihat sama-sama seperti apa ikan hampala itu. Ikan yang memiliki nama lain seperti hampal, adungan, kebarau atau Hampala macrolepidota merupakan sejenis ikan air tawar yang berasal dari anggota suku cyprinidae atau kerabat ikan mas.

Ikan hampala ini menyebar luas di wilayah Asia Tenggara daratan dan Indonesia bagian barat. Dalam bahasa Inggris jenis ikan ini disebut juga dengan nama Hampala Barb dan Large-scaled Hampal.

Ikan Hampala

Ikan hampala ini memiliki rahang yang kuat dan sisiknya berkuran besar dengan adanya tanda hitam yang ada dibagian samping badan dan bisa di bengkokkan. Ikan hampala ini juga termasuk dalam ikan pemangsa atau predator yang biasanya memangsa ikan lain.

Walaupun dikatakan sebagai arti ikan predator, uniknya ikan ini tidak mempunyai gigi. Sedangkan untuk melawan ikan lain biasanya akan mengandalkan kekuatan pada rahang dan mulutnya yang berukuran besar.

Perlu anda ketahui, ikan yang memiliki banyak panggilan ini ternyata juga memiliki sebutan khusus dari para pemancing yaitu sebagai ikan tempalung. Ikan ini sangat menarik bagi kalangan pemancing, hal ini dikarena ikan memiliki gaya yang sangat mempesona dan begitu atraktif saat sedang mengincar umpan.

Sehingga ini membuat suara dentuman yang lebih keras dan ikan ini akan cepat menarik umpan tersebut serta melahapnya dengan cepat.

Ikan hampala ini juga memiliki sekiar 7 spesies. Dianataranya yaitu;

  1. Hampala dispar H.M.smith
  2. Hampala lopezi here
  3. Hampala sabana  inger & p.k.chin
  4. Hampala salweenensis A.doi & Y.taki
  5. Hampala macrolepidota kuhl & van hesselt
  6. Hampala ampalong bleeker
  7. Hampala bimaculata  popta

Klasifikasi Ikan Hampala

Setelah mengetahui ulasan ikan hampala secara umum, maka perlu anda ketahui juga nama-nama ilmiah atau klasifikasi ikan bilis yang diuraikan sebagai berikut dibawah ini:

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Cypriniformes
Family Cyprinidae
Kingdom Hampala
Spesies Macrolepidota, H. ampalong, H. bimaculata

Ciri Morfologi Ikan Hampala

Berikut dibawah ini adalah ciri morfologi ikan hampala yang diuraikan sebagai berikut:

  1. Fisik

Morfologi pertama yang bisa kita pelajari dari ikan hampala ini yaitu bagian fisiknya yang diuraikan secara umum. Ikan hampala memiliki ukuran yang sedang hingga besar, panjang ikan yaitu standar dengan jenis ikan lainnya sekitar 700 mm. Badan ikan hampala ini memanjang dan terdapat sisik-sisik yang ukurannya besar.

Ikan hampala mempunyai tinggi tubuh sekiytar 3 sampai dengan 3,7 kalinya sebanding dengan panjang standar. Sedangkan panjang kepalanya yaitu 3 kalinya sebanding dengan panjang standar. Ikan ini juga memiliki sepasang sungut yang terdapat di sudut mulut rahang atas, yang panjangnya hampir sama.

  1. Sirip

Sirip pada ikan hampala terbagi menjadi 4 jenis yaitu sirip dorsal (punggung),  sirip anal (dubur), sirip pektoral (dada), sirip kaudal (ekor) dan sirip ventral (perut). Pada sirip biasanya ditumbuhi sisik – sisik dengan gurat sisi yang jumlahnya sekitar 27 hingga 29.

Selain itu ikan hampala ini memiliki sirip dorsal atau sirip punggung yang kira-kira sejajar dengan gurat sisi ke 8 atau 9. Ikan ini juga mempunyai batang ekor yang dikelilingi oleh 12 sisik. Sedangkan bagian sirip kaudal ekornya berbelah dalam. Pada umunya sirip-sirip ikan ini memiliki warna yang sangat bervariasi mulai dari jingga, merah, hingga merah jambu.

  1. Punggung

Morfologi terakhir dari ikan hampala ini adalah bagian punggungnya. Punggung ikan hampala memiliki warna kehijauan dan menjadi hijau zaitun gelap ke arah kepala dan mulitnya yang moncong. Bagian sisi samping ikan berwarna keperakan, sedangkan di bagian perut berwarna putih.

Ikan hampala ini juga memiliki sisik – sisik yang ada di badan dengan pangkal berbentuk bulan sabit serta berwarna gelap, keunguan atau kehitaman.

Manfaat Ikan Hampala

Untuk lebih jelasnya, manfaat ikan hampala ini dijelaskan sebagai berikut:

  1. Dapat melakukan pencegahan penyakit Alzheimer

Manfaat pertama yang bisa kita peroleh jika mengkonsumsi ikan hampala ini yaitu bisa mencegah penyakit Alzheimer yang akan masuk dalam tubuh. Cara yang tepat agar fungsi ini lebih manjur yaitu, ikan yang akan dikonsumsi ini lebih baik dimasak dengan cara dipanggang maupun dikukus dengan ditambahi bumbu dapur yang akan membuat masakan lebih nikmat lagi.

  1. Mencegah penyakit jantung

Manfaatnya selanjutnya dari ikan hampala ini yaitu bisa digunakan untuk mencegah penyakit jantung. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa penyakit jantung merupakan jenis penyakit yang cukup berbahaya dan bisa menyebabkan kematian jika tidak dikontrol dengan baik.

Ikan hampala ini bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung karena adanya kandungan omega 3 pada ikan tersebut. Selain itu ikan ini juga bisa mengurangi kadar lemak pada darah. Oleh karena itu ikan ini sangat baik untuk dikonsumsi agar bisa menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik.

  1. Lemak ikan yang sangat baik untuk rambut dan kulit

Ikan hampala yang dikonsumsi secara rutin dan teratur maka akan sangat membantu kesehatan kulit serta rambut pada tubuh.

Manfaat ini bisa terjadi karena kandungan minyak dan lemak pada ikan hampala ini bisa memberikan nutrisi pada kulit serta rambut orang yang mengkonsumsinya. Hasil yang didaptkan yaitu rambut lebih lembut, halus, sehat, dan berkilau, begitupun dengan kulit tubuhnya.

  1. Tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan

Ikan hampala ini juga sangat baik untuk kesehatan. Walaupun ikan ini dikonsumsi secara rutin, namun ikan hampala ini tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu bagi pencinta ikan ini, maka tidak perlu takut untuk mengkonsumsi jenis ikan hampala dengan jumlah yang cukup banyak.

  1. Tidak menyebabkan kolestrol

Manfaat selanjutnya dari ikan ini yaitu tidak akan menyebabkan kolestrol pada tubuh. Walaupun ikan hampala mempunyai kandungan lemak yang sangat tinggi namun hal ini tidak akan menimbulkan kolestrol maupun gangguan pencernaan lainnya yang akan dirasakan tubuh. justru kandungan lainnya seperti serat yang ada pada tubuh bisa meringankan kinerja usus.

  1. Perkembangan otak yang semakin meningkat

Siapa yang tidak mau jika otak yang ada dalam tubuh kita semakin cerdas? Pasti semua orang menginginkannya, terlebih lagi bagi anak-anak yang sedang sekolah dan menjalani masa pertumbuhan maka perkembangan otak sangat diperlukan. Untuk menangani masalah ini tidak perlu bingung dan susah.

Salah satu arti makanan yang bisa berguna untuk perkembangan otak agar lebih meningkat yaitu ikan hampala. Ikan ini memiliki kandungan seperti omega, sehingga bisa bermanfaat untuk menenangkan gejala-gejala ADHD, hiperaktif, impulsive, dan sulit fokus.

Untuk itu, ikan hampala ini harus sering-sering dikonsumsi agar bisa menjaga kesehatan dan otak yang ada dalam tubuh kita.

Teknik Budidaya Ikan Hampala

Berikut dibawah ini akan menjelaskan cara perawatan budidaya ikan hampala yang diuraikan sebagai berikut;

  1. Siapkan pakan yang bisa memenuhi nutrisi tubuh ikan hampala agar lebih tumbuh dengan baik.
  2. Siapkan kadar oksigan yang cukup didalam aquarium.
  3. Beri makan pelet dan ulat hongkong pada ikan hampala.
  4. Awalnya ikan dipelihara dalam waktu 2 bulan dan akan menghasilkan ukuran sekitar 3 jari, kemudian terus dipelihara hingga mencapai ukuran yang maksimal.
  5. Gunakan batu-batu sungai untuk dasar aquarium

Itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca berkenaan dengan deskripsi ikan hampala, klasifikasi, ciri morfologi, manfaat, dan cara pembudidayaan yang bisa dilakukan. Semoga memberi edukasi bagi semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *