Ikan Kembung: Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Ikan Kembung

Jika mendengar kata kembung pasti yang terlintas pada pikiran adalah rasa tidak nyaman pada perut, karena angin yang tidak bisa keluar atau terlalu banyak minum air. Ternyata kata kembung bukan hanya bermakna demikian, karena kata ini juga menjadi salah satu nama pada ikan yaitu ikan kembung.

Ikan kembung merupakan ikan yang terkadang hidupnya ada didasar maupun tepian benua bawah air. Selain itu ikan ini kadang-kadang juga hidup pada lokasi yang keberadaanya dekat dengan permukaan laut. Perlu anda tahu bahwa ikan yang bernama kembung merupakan jenis ikan yang senang sekali hidup bergerombol, sehingga jika nelayan berhasil menangkap ikan ini maka yang diperoleh akan sangat banyak karena hidupnya yang selalu berkerumunan.

Ikan Kembung

Di negara Indonesia persebaran ikan kembung bisa dibilang sudah sangat luas, yaitu ada di laut Jawa, laut selatan Jawa, maupun daerah Banda Aceh serta perairan timur laut lainnya. Ikan kembung ini keberadaannya juga bisa ditemukan pada perairan luar Indonesia.

Ikan yang memiliki nama lain indian mackerel merupakan jenis ikan yang panjang maksimalnya mencapai ukuran 35 cm. Sebagai tambahan informasi bahwa ternyata ikan kembung ini biasanya dijual pada saat keadaanya masih segar atau bisa diolah menjadi menjadi ikan pindang maupun ikan asin yang lebih tahan lama.

Berbeda lagi bahwa ikan kembung yang ukurannya masih kecil juga sering digunakan sebagai umpan hidup untuk memancing ikan cakalang.

Klasifikasi Ikan Kembung

Berikut dibawah ini merupakan klasifikasi ilmiah ikan kembung:

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Perciformes
Familia Scombridae
Genus Scombridae
Spesies R. Brachysoma

Ciri Morfologi Ikan Kembung

Berikut dibawah ini merupakan ciri morfologi ikan kembung:

  1. Badan

Morfologi pertama dari ikan kembung yang akan kita bahas yaitu bagian badan ikan. Ikan kembung memiliki bentuk badan seperti torpedo dan tubuhnya sedikit ramping. Selain itu ikan juga mempunyai kelopak mata yang terdapat selaput lemaknya.

Lapisan insang pada ikan ini panjangnya sangat nampak jelas, apabila mulut dibuka lebar-lebar. Sedangkan warna tubuh ikan kembung yaitu dibagian atasnya berwarna biru kehijauan dan dibagian bawah berwarna putih kekuningan.

  1. Sisik

Ciri morfologi kedua dari ikan ini yaitu terletak pada sisiknya. Ikan kembung mempunyai sisik yang garis rusuknya berjumlah 120 sampai dengan 150 buah. Pada ikan ini bagian seluruh tubuhnya tertutupi oleh sisik yang teksturnya halus dan terdapat corselet di belakang sirip dada.

  1. Sirip

Karakter selanjutnya dari ikan kembung ini yaitu terdapat pada bagian sirip ikan. Sebetulnya ikan kembung mempunyai beberapa macam sirip pada tubuhnya yaitu seperti sirip punggung, sirip dada, sirip duvur, dan sirip yang lainnya.

Sirip punggung pada ikan ini jari-jarinya keras dan berjumlah 10 buah sirip. Sedangkan di bagian belakang sirip punggung dan sirip dubur terdapat sekitar 5 sampai dengan 6 buah finlet. Perlu anda ketahui bahwa ikan ini memiliki warna abu – abu kekuningan pada bagian sirip punggungnya. Sedangkan bagian sirip ekor dan dada berwarna kekuningan.

Manfaat Ikan Kembung

Berikut dibawah ini beberapa manfaat dari ikan kembung;

  1. Bermanfaat untuk Perkembangan Janin

Manfaat pertama yang bisa kita peroleh dari ikan kembung yaitu bisa berguna untuk perkembangan janin pada ibu hamil. Manfaat ini bisa dirasakan karena ikan kembung mengandung omega 3 yang bisa memenuhi tumbuh kembang janin.

Oleh karena itu ikan ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Tujuannya agar kandungannya terjaga dengan baik dan calon bayi bisa sehat. Lebih hebatnya lagi ternyata kandungan asam lemak pada ikan kembung merupakan lemak tak jenuh yang bisa mengembangkan IQ dan psikomotorik pada bayi dan anak.

  1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Ikan kembung selain mempunyai kandungan omega 3 ternayat juga mempunyai omega 6 yang bisa membantu mengendalikan kadar gula darah. Sehingga bagi penderita diabetes, ikan ini sangat cocok untuk dikonsumsi agar bisa mengendalikan dan menstabilkan kadar gula darah mereka.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung pada tubuh adalah satu hal yang penting dan harus kita dengan baik. Pada dasarnya untuk menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan banyak cara salah satunya mengonsumsi makanan yang bergizi seperti ikan kembung. Ikan ini kandungan omega 9 dan omega 6 yang bisa membantu mencegah risiko terkena penyakit jantung.

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kondisi saat ini, kekebalan tubuh adalah hal penting ahar badan tidak mudah terserang penyakit. Imunitas tubuh bisa ditingkatkan apabila kita mengonsumsi ikan kembung. Hal ini dikarenakan kandungan omega 3 pada ikan kembung sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh semakin kuat.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Agar tubuh memiliki tekanan darah yang stabil dan terhindar dari rasa pusing yang tiba – tiba menyerang maka ada beberapa solusi yang harus dilakukan.

Salah satu solusinya yaitu mengonsumsi ikan kembung agar tubuh memiliki tekanan darah yang stabil dan badan menjadi lebih sehat. Pada dasarnya manfaat ini bisa dirasakan karena ikan ini memiliki kandungan kalium yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah itu sendiri.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Siapa yang tidak senang jika diumur atau usia yang sudah lanjut namun memiki kesehatan tulang yang cukup mumpuni? Pasti semua orang akan senang dan menginginkan hal tersebut.

Untuk memperoleh keberuntungan itu, maka salah satu hal yang perlu kita lakukan yaitu bisa mengonsumsi ikan kembung yang kaya akan vitamin D. Vitamin D ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi pada tubuh.

  1. Membantu Menurunkan Berat

Untuk urusan menurunkan berat badan, pasti adalah sesuatu yang cukup menyebalkan. Hal ini dikarenakan ada sebagian orang yang berat badannya sangat mudah untuk naik, namun untuk mengembalikan pada berat badan yang ideal sangat sulit.

Masalah penurunan berat badan ini bisa kita atasi dengan mengatur pola makan yang sehat dan olahraga teratur. Salah satu makanan yang baik untuk menurunkan berat badan yaitu bisa mengonsumsi ikan kembung, karena ikan ini adalah pilihan menu diet yang cukup baik.

Cara Budidaya Ikan Kembung

Berikut dibawah ini merupakan beberapa cara untuk melakukan budidaya ikan kembung;

  1. Pemilihan dan Penebaran Bibit Ikan Kembung

Cara budiaya ikan kembung yang harus diperhatikan pada awalnya yaitu memilih induk ikan kembung yang berkualitas agar benih yang diperoleh nantinya juga bagus dan hasilnya memuaskan. Induk yang berkualitas pada ikan kembung ini bisa dilihat dari aktivitas, kelincahan dan kelengkapan fisik ikan.

  1. Proses Pemijahan Ikan Kembung

Pada saat induk ikan kembung sudah dipilih dengan baik dan benar maka proses selanjutnya yaitu pemijahan. Pastikan sebelum jenis pemijahan dilakukan kolam atau tempat tinggal ikan kembung sudah dipersiapkan dengan baik dan dalam kondisi yang bersih.

Proses pemijahan ini nantinya akan menghasilkan telur ikan yang ada di kolam. Pada saat hal itu terjadi maka segera pindahkan telur-telur ke aquarium khusus yang ukurannya bisa anda sesuaikan sendiri.

  1. Perawatan Ikan Kembung

Ketika ikan sudah memiliki benih yang semakin besar maka perawatan ikan ini harus lebih intensif dan diperhatikan dengan lebih baik lagi. Salah satu perawatannya yaitu dengan cara memberi pakan yang rutin dan menjaga kolam agar selalu bersih serta bisa dikuras setidaknya 3 hari sekali.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian ikan kembung, klasifikasi, ciri morfologi, manfaat, dan cara budidaya yang bisa dilakukan. Semoga memberikan wawasan bagi kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *