Ikan Komet: Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Ikan Komet

Pernahkah anda mendengar kata komet?. Jika pernah pasti yang terlintas dipikiran yaitu benda yang ada dilangit dan masih ada hubungannya dengan asteroid serta planet-palnet. Namun kata komet sendiri ternyata juga dimiliki oleh suatu ikan yaitu bernama Ikan komet atau carassius auratus auratus.

Ikan komet adalah salah satu jenis ikan mas hias. Arti ikan ini juga berbeda dengan ikan mas yang membedakan yaitu di ikan komet pada bagian sirip ekor mempunyai ukuran lebih panjang dan percabangan ekornya sangat jelas. Selain itu ikan komet memiliki warna tubuh orange cerah yang bisa membuat seseorang ketika melihatnya merasa tertaik untuk memelihara ikan ini.

Ikan Komet

Perlu anda ketahui bahwa ikan komet mempunyai ukuran yang tidak lebih dari ukuran jari orang dewasa. Ukuran tubuh paling besar dari ikan komet ini yaitu sebesar empat jari orang dewasa.

Biasanya ikan komet yang ukurannya dua jari dari orang dewasa justru lebih banyak peminatnya. Sehingga ikan komet yang ukurannya 2 jari dari orang dewasa tersebut mempunyai harga yang lebih tinggi dari ukuran ikan komet yang lainnya.

Klasifikasi Ikan Komet

Adapun untuk klasifikasi yang ada di dalam ikan komet, antara lain;

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Cypriniformes
Family Cyprinidae
Genus Carassius
Spesies Carassiusauratus

Ciri Morfologi Ikan Komet

Ikan komet pada umumnya seperti jenis ikan yang lain yaitu memiliki ciri khusu untuk masing – masing anggota tubuhnya. Berikut dibawah ini merupakan ciri morfologi dari ikan komet yang dijelaskan sebagai berikut :

  1. Tubuh

Ikan komet mempunyai ciri morfologi yang ada pada arti tubuhnya yaitu bentuknya tegak. Selain itu tubuh ikan ini juga memipih dan panjang.

  1. Mulut

Morfologi selanjutnya yang bisa kita pelajari dari ikan komet yaitu bagian mulutnya. Mulut ikan komet letaknya ada di paling ujung tengah dna mempunyai dua pasang sungut di ujung mulutnya. Sedangkan untuk bagian ujung mulut ikan komet tertutupi dengan sisik-sisik ikan.

  1. Sisik

Sisik ikan komet bersifat sikloid dan bentuknya kecil – kecil. Selain itu ikan komet juga mempunyai sirip seperti sirip perut da sirip punggung yang letaknya berekatan atau berseberangan.

Manfaat Ikan Komet

Ikan komet juga mempunyai beberapa manfaat diantaranya yaitu :

  1. Memiliki Ketahanan Tubuh yang Sangat Baik

Salah satu manfaat yang bisa kita peroleh apabila membudidayakan ikan komet ini yaitu memiliki cara perawatan yang cukup mudah. Ikan komet juga termasuk salah satu jenis ikan yang mempunyai daya tahan tubuh cukup baik dan kuat.

Tentunya dengan kelebihan tersebut maka ikan akan lebih bisa untuk hidup lebih lama dan bisa memberikan banyak keuntungan untuk pemilik atau pembudidayanya.

Akan tetapi keberhasilan daya tahan tubuh yang kuat ini pastinya tidak terlepas dari peran serta pemeliharaan ikan tersebut. Salah satunya yaitu anda harus memperhatikan kebersihan akuariumnya agar ikan tidak mudah terserang penyakit dan bisa selalu kuat.

  1. Lebih Menggemari Asupan Protein Alami sebagai Pakan

Ikan komet merupakan jenis ikan yang mudah untuk meawatnya. Selain itu untuk memelihara ikan komet ini anda tidak memerlukan biaya yang besar. Mengapa hal ini terjadi ? karena ikan komet ini mempunyai kelebihan dianataranya tidak perlu diberikan pakan yang mahal-mahal, melainkan pakan bisa berupa pelet, cacing, atau serangga kecil, selada, dan tanaman brokoli.

Makna makanan-makanan yang disukai ikan komet adalah jenis pakan yang tidak mahal dan justru mengandung banyak protein pula. Sehingga ikan secara tidak langsung juga mempunyai tubuh yang sehat dan kuat dan bisa bertahan hidup dengan lebih baik.

  1. Mengurangi Stress bagi Pemeliharanya

Manfaat lain dari ikan komet yaitu bisa mengurangi stress bagi pemiliknya. Pada dasarnya rasa stress itu bisa terjadi karena beban yang tidak bisa dilepaskan begitu saja pada pikiran seseorang. Salah satu cara untuk mengurangi rasa stress pada tubuh yaitu harus melakukan refresing.

Refresing paling murah dan tidak perlu ribet yaitu dengan melihat pergerakan ikan komet yang begitu cantik dan menawan. Apabila seseorang melihat ikan komet yang sedang berenang didalam akuarium maka akan bisa menghibur hatinya, dan dapat menghilangkan penat maupun rasa stress pada hidupnya.

  1. Membantu Menenangkan Fikiran

Sebagai informasi bahwa ketika seseorang memelihara ikan hias dalam rumahnya maka hal tersebut bisa membuat hidupnya lebih tenang dan relax. Hal ini dikarenakan pada saat sedang lelah dan kurang mood maka ikan hias tersebut bisa menjadi salah satu objek yang bisa dilihat dan membawa ketenangan tersendiri dalam pikiran.

Sehingga jika anda sedang suntuk dan tidak memiliki waktu untuk refresing keluar rumah, maka salah satu solusi tepatnya yaitu memelihara ikan hias seperti ikan komet untuk membantu menenangkan dan menyegarkan fikiran.

Cara Budidaya Ikan Komet

Berikut dibawah ini merupakan langkah-langkah budidaya ikan komet yang dijelaskan sebagai berikut:

  1. Persiapan Tempat Budidaya Ikan

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk memulai budidaya ikan komet yaitu meyiapkan tempat budidaya. Tempat budidaya ini dapat menggunakn akuarium maupun kolam, yang paling penting yaitu menyesuaikan ukuran tempat dengan ikan yang akan menghuninya.

  1. Memilih Indukan Ikan Komet

Setelah pemilihan tempat sudah dipikirkan dan dipersiapkan dengan baik, maka cara selanjutnya yaitu memilik induk ikan komet. Pemilihan induk komet haruslah yang paling berkualitas dan baik. Hal ini dilakukan agar hasil ikan yang berhasil dibuahi nantinya juga baik dan memuaskan.

Beberapa cara bisa kita lihat untuk mengenali ciri induk ikan komet yang berkualitas salah satunya yitu dilihat dari segi kesehatannya, gerakan dan umurnya.  Biasanya induk jantan maupun betina yang akan digunakan untuk budidaya yaitu induk yang berusia 8 bulan.

  1. Proses Pemijahan Ikan Komet

Ketika induk ikan komet sudah disiapakan maka proses yang selanjutnya yaitu melakukan pemijahan pada ikan komet tersebut. Perlu anda ketahui bahwa proses pemijahan ikan komet berlangsung cukup singkat, untuk itu bagi anda yang sedang melakukan budidaya ikan ini harus selalu melakukan pengecekan pada ikan ini.

Pemijahan biasanya akan mulai dilakukan dari malam sampai dini hari. Sebagai informasi bahwa pemijahan ikan komet akan dinyatakan selesai dan berhasil pada saat ikan komet tersebut sudah megeluarkan telur-telur ikan yang menempel pada daun eceng gondok di esok harinya.

  1. Memisahkan Induk dan Anakan Ikan

Pemijahan yang berhasil dilakukan dan menghasilkan telur-telur tersebut pada akhirnya akan dipisahkan dengan induknya. Hal ini dilakuka karena induk ikan komet mempunyai kebiasaan untuk mekanan anaknya sendiri, sehingga untuk menghindari terjadinya ini, bisa anda pisahkan antara induk dan telur-telur ikan komet tersebut.

Telur-telur ikan komet tersebut bisa anda tunggu sampai menetas dengan sendirinya. Biasanya telur akan menetas dalam waktu sekitar 3 hari. Selama proses menunggu penetasan telur ikan komet, maka anda wajib untuk memperhatikan kebersihan kolam.

  1. Pakan Ikan Komet

Nantinya telur-telur ikan komet yang sudah menetas akan menjadi bibit dari ikan komet itu sendiri. Selama menjadi bibit ikan komet, maka proses pembesaran harus dilakukan dengan memperhatikan pakan dari ikan komet. Pastikan bahwa anda rutin memberikan ikan komet pakan, yaitu bisa dilakukan setidaknya 3 kali sehari di waktu pagi, siang, dan sore hari.

Pakan pelet maupun roti yang sudah diremas-remas bisa diberikan pada ikan komet saat usianya memasuki 1 bulan. Pastikan juga bahwa kolam selalu bersih, agar air tidak keruh dan bisa membuat ikan nyaman untuk tinggal di tempat tersebut.

  1. Panen Ikan Komet

Tahap akhir dari budidaya ikan komet yang paling ditunggu-tunggu setelah beberapa bulan sebelumnya sudah melakukan proses panjang yaitu pemananen ikan komet. Panen ikan komet ini bisa dilakukan terserah karena tidak tergantung dengan ukuran ikan, hanya saja biasanya panen dimulai pada saat ikan berusia 8 bulan.

Itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian ikan komet, klasifikasi, ciri morfologi, manfaat, dan cara pembudidayaan yang bisa dilakukan. Semoga memberi wawasan bagi semua kalangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *