Ikan Layang: Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Ikan Layang

Ikan layang pada dasarnya merupakan salah satu jenis ikan yang masuk dalam marga decapteru dan  suku carangidae. Oleh karena itulah pada umunya ikan ini berukuran kecil-kecil dan seringkali dikonsumsi oleh sebagain masyarakat.

Sebagai informasi bahwa ikan layang biasanya dijual pada pasar-pasar tradisonal. Selain itu arti ikan ini akan dipasarkan dalam keadaan yang masih segar atau bahkan juga sering diolah sebagai ikan pindang, ikan asin, dan lain sebagainya.

Ikan Layang

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya jenis ikan layang dalah salah satu ikan yang sering diburu oleh nelayan. Hal ini dikarenakan ikan ini mempunyai harga yang cukup bagus dipasaran dan mempunyai peluang yang bagus dari segi ekonomi. Adapun untuk habitat terbesar dari ikan ini yaitu ada di perairan Manggarai Timur.

Selain itu ikan layang ini juga memiliki kandungan yang tidak kalah jauh dengan jenis ikan laut lainnya. Salah satu kandungan ikan ini yang paling tinggi yaitu protein dan berfungsi sebagai pendoorng pertumbuhan membran sel pada manusia.

Klasifikasi Ikan Layang

Ikan layang memiliki klasifikasi dalam biologi yang diuraikan nama-nama ilmiahnya sebagai berikut;

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Perciformes
Family Carangidae
Genus Carangidae

Ciri Morfologi Ikan Layang

Ikan layang juga mempunyai karakteristik morfologi yang dibedakan menjadi beberapa bagian pada anggota tubuh dan dijelaskan sebagai berikut ini:

  1. Tubuh

Ciri morfologi yang pertama pada ikan layang yaitu ada dibagian tubuhnya. Pada dasarnya ikan ini mempunyai ukuran panjang pada tubuhnya yaitu sekitar 15 cm bahkan ada yang bisa hingga mencapai 25 cm.

  1. Sirip

Ikan layang juga mempunyai ciri khas pada bagian siripnya. Sirip punggung dan sirip dubur pada ikan ini berukuran kecil.

  1. Sisik

Morfologi terakhir dari ikan layang yaitu memiliki sisik. Perlu anda ketahui bahwa ikan ini mempunyai sisik yang cukup tebal atau dinamakan juga dengan istilah lateral scute.

Manfaat Ikan Layang

Setelah mengenal ikan layang secara lebih mendalam, maka saatnya saya perkenalkan manfaat yang bisa diperoleh dari ikan layang ini. Beberapa manfaatnya yaitu sebagai berikut ini :

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat pertama yang bisa diperoleh pada saat anda mengonsumsi ikan layang yaitu bisa meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh. seperti yang kita tau bahwa kekebalan tubuh sangat penting bagi tubuh agar badan tetap terjaga kesehatannya.

Selain itu jika sistem imunitas pada tubuh normal atau tinggi maka tubuh akan bugar dan tidak mudah terserang suatu penyakit. Oleh karena itu ikan layang sangat baik dikonsumsi agar bisa menjaag daya tahan tubuh lebih kuat lagi.

  1. Mencegah Maag Maag

Sakit maag yang dirasakan seseorang bisa menimbulkan rasa perih pada perut, bahkan bagi maag yang sudah akut rasa sakitnya bisa sangat tidak tertahankan. Biasanya sakit maag ini muncul karena kebiasaan telat makan pada seseorang.

Untuk menghindari masalah ini maka salah satu hal yang perlu dilakukan yaitu mengonsumsi ikan layang yang sangat baik untuk mencegah terjadinya sakit maag pada tubuh. Selain itu pastikan bahwa pola makan selalu diatur dengan waktu-waktu yang tepat.

  1. Mengobati Radang Gusi

Manfaat selanjutnya yang bisa diperoleh dari ikan layang adalah mampu mengobati radang gusi. Biasanya radang gusi bisa muncul dengan ditandai adanya perubahan warna dan kontur gusi. Selain itu radang gusi ini bisa membuat permukaannya mengkilat atau bahkan menimbulkan pendarahan secara spontan.

Penyebab paling utama terjadinya radang gusi ialah akumulasi plak yang berkaitan dengan bakteri dengan jumlah yang begitu banyak. Hal ini terjadi karena sisa – sisa makanan yang masing menyangkut atau tertinggal diantara sela-sela gigi maupun gusi. Maka dari itu agar makanan bisa hilang dari tempat-tempat tersebut kita harus selalu rajin untuk gosok gigi.

  1. Meningkatkan Mood

Ikan layang juga sangat baik sebagai pengubah mood dari yang tadinya buruk menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan ikan layang memiliki rasa yang super lezat sehingga dengan memakan ikan ini perut akan terisi dan bisa menambah suasa hati lebih tenang, senang, serta melupakan hal-hal menyebalkan yang terjadi pada hari itu.

Perlu anda ketahui pula bahwa ikan layang ini selain rasanya yang sangat lezat dan gurih, dagingnya juga sangat lembut. Bahkan ikan ini memiliki kandungan berbagai gizi, mineral maupun vitamin yang sangat baik untuk tubuh manusia.

  1. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu sakit yang dirasakan pada tulang. Biasanya sakit ini lebih umum terjadi pada usia-usia yang sudah lanjut. Selain itu sakit osteoporis sendiri terjadi karena adanya kandunan fosfor yang kurang diserap oleh tubuh. Fosfor adalah salah satu zat yang sangat penting dan bermanfaat untuk menyusun struktur tulang dengan cara mengendapkan pada matriks tulang.

Apabila tubuh kekurangan zat fosfor ini maka penyakut yang akan menyerang tubuh bukan hanya osteoporosis saja melainkan juga bisa merambat sampai rusaknya gigi. Untuk menghindari masalah ini maka salah satu hal yang harus dilakukan yaitu mengonsumsi ikan layang yang dikenal sebagai ikan dengan kandungan fosfor yang cukup baik.

  1. Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Apakah anda tahu bahwa ikan layang juga memiliki kandungan yang bermanfaat luar biasa sekali, kandungan tersebut diantaranya ialah vitamin K1 dan vitamin K2. Vitamin K1 sendiri sangat baik untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai jenis kanker. Sedangkan vitamin K2 bisa membuat jumlah sel kanker dalam tubuh semakin berkurang.

Cara Budidaya Ikan Layang

Berikut dibawah ini merupakan cara budidaya ikan layang yang dijelaskan sebagai berikut :

  1. Persiapan Induk

Langkah pertama dari budidaya ikan layang yaitu mempersiapkan induk ikan layang terlebih dahulu. Perisiapan induk ikan layang ini maksudnya yaitu memilih induk yang berkualitas agar hasil pembuahan dari induk bisa berkualitas dan baik pula.

Sebelumnya induk ikan layang ini bisa anda beli dari peternak ikan layang secara langsung. Namun untuk membeli induk ikan ini memang sedikit mahal. Pembelian induk ikan layang ini biasanya lebih sering terjadi pada seseorang yang benar-benar baru akan mulai budidaya ikan tersebut yang sebelumnya belum pernah dilakukan sama sekali.

  1. Persiapan wadah dan pemijahan ikan layang

Setelah induk ikan layang sudah ada dan telah dipersiapkan dengan baik, maka proses selanjutnya yang perlu anda lakukan yaitu menyiapkan tempat atau wadah bagi tempat tinggal ikan layang. Wadah ini bisa berupa kolam atau akuarium yang biasanya memiliki ukuran sekitar 60 x 50 x 50 cm.

Setelah  tempat sudah siap, maka lakukan sesegera mungkin proses pemijahan agar pembuahan segera dihasilkan. Awalnya masukan induk betina ikan layang dalam wadah dan biarkan sendirian untuk beberapa jam, setelah itu masukan induk jantannya. Pada saat pemijahan berikan pula pakan berupa kutu air, jentik nyamuk, cacing darah, maupun cacing sutera.

Proses dalam jenis pemijahan yang berhasil akan menghasilkan telur-telur dari ikan layang ini yang nantinya bisa menetas dengan sendirinya. Biasanya telur akan menempel pada alat-alat yang sebelumnya sudah disiapkan  yaitu ada pada potongan paralon atau pot keramik.

Ikan layang tersebut menyukai tempat-tempat tersebut untuk menempelkan telurnya. Oleh karena itu, tempat-tempat telur tersebut sebelum dimasukan dalam wadah, kolam, atau akuarium harus dibersihkan terlebih dahulu dan disterilkan dari kotoran apapun.

Hal tersebut bertujuan agar telur-telur ikan layang bisa berada pada tempat yang bersih dan berdampak pada pertumbuhan terlur yang semakin baik. Pastikan pula bahwa anda selalu memantau keadaan telur setiap saat.

  1. Pakan Ikan layang

Berbagai perawatan maupun pemeliharaan harus selalu dilakukan agar ikan layang bisa tumbuh dengan baik. Salah satu cara untuk merawat ikan ini yaitu dengan cara memberinya pakan sesuai dengan porsinya. Lakukan pemberian pakan pada ikan layang setiap 2 sampai dengan 3 kali sehari dengan jumlah kira-kira habis dimakan dalam waktu 5 menit.

Pada saat anda memberikan pakan pada ikan ini jangan terlalu berlebihan, karena ikan yag terlalu kekenyangan justru tidak akan membuat pertumbuhannya semakin bagus.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian ikan layang, klasifikasi, ciri morfologi, manfaat, dan cara budidaya yang bisa dilakukannya. Semoga memberikan wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *