Ikan Makarel: Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Ikan Makarel

Ikan makarel yang dalam bahasa inggris disebut dengan istilah mackerel hakekatnya adalah golongan ikan laut yang terdiri dari beberapa marga anggota familia scombridae.  Pada umumnya mungkin nama ikan ini terdengar cukup asing oleh masyarakat Indonesia.

Makarel sendiri termasuk ikan pelagis yang biasa hidup jauh di laut lepas, walaupun beberapa dari arti spesiesnya bisa ditemukan pada perairan teluk yang tak jauh dari pantai. Uniknya lagi sebagian jenis ikan makarel ini juga mampu menyelam hingga kedalaman lebih dari 1.000 meter.

Ikan Makarel

Ikan yang asli dari laut ini mempunyai beberpa jenis yang ukurannya lebih besar salah satunya yaitu makerel sirip biru atau bluefin mackerel. Jenis ikan ini biasanya dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Sehingga dengan kemampuannya ini bisa membuat kehidupan ikan lebih mudah karena mereka bisa bertahan lebih lama pada air yang suhunya lebih dingin.

Selain itu arti ikan makerel juga termasuk ikan yang daya jualnya cukup bagus serta memiliki peluang ekonomi yang baik dalam pasar. Peluang ikan ini diakibatkan karena ikan makarel lebih sering digunakan untuk hidangan makanan dengan bumbu saus cabe atau saus tomat sama seperti sarden.

Klasifikasi Ikan Makarel

Berikut dibawah ini merupakan klasifikasi ikan makarel yang diuraikan sebagai berikut:

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Subfilum Vertebrata
Kelas Osteichthyes
Family Scombridae
Genus Scomber
Spesies Scomber scombrus

Ciri Morfologi Ikan Makarel

Ikan makarel memiliki ciri atau karaktristik morfologi di bagian tubuhnya yang dijelaskan sebagai berikut ini :

  1. Fisik

Ikan makarel memiliki ciri fisik yang ada corak garis-garis vertikal di bagian punggung dan ekornya. Selain itu ikan ini juga mempunyai ukuran yang kecil dan ramping.

  1. Sisik

Ikan makarel juga memiliki ciri morfologi pada bagian sisiknya. Sisik ikan ini memiliki ukuran yang kecil-kecil. Kemudian ikan ini juga termasuk perenang handal dan mampu merampingkan diri dengan sirip mereka yang akan menekuk ke dalam tubuh mereka.

Manfaat Ikan Makarel

Ikan makarel ternyata mempunyai beberapa manfaat yang mungkin belum diketahui banyak orang. Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat dari ikan makarel yang dideskripsikan sebagai berikut :

  1. Membantu Mengurangi Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi merupakan kondisi pada saat dalam tubuh memiliki kandungan lemak yang cukup menumpuk dan bisa menimbulkan penyempitan pembuluh darah. Salah satu cara untuk mengurangi atau mencegah kadar kolestrol tinggi yaitu dengan car mengonsumsi ikan makarel. Ikan ini dipercaya bisa membuat kadar kolestrol pada tubuh lebih rendah dan membuat tubuh semakin sehat.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak Janin

Ikan makarel juga sangat baik untuk perkembangan kesehatan otak pada janin ibu hamil. Sehingga sangat disarankan bagi ibu hamil untuk bisa mengonsumsi ikan makarel ini agar calon bayi yang akan dilahirkan memiliki kecerdasan yang lebih baik serta tubuhnya sudah memiliki asupan gizi yang baik.

  1. Membantu Mengatasi Stres dan Depresi

Rasa stress dan deprsi yang dialami oleh seseorang pasti karena ada pengaruh atau penyebabnya, baik dari pekerjaan yang tak kunjung selesai, permsalahan cinta, perekonomian dan lain sebagainya. Untuk menghindari rasa stress maupun depresi ini tubuh harus memiliki rasa mood yang baik, dan modd baik biasanya sangat berhubungan dengan makanan.

Apabila seseorang bisa mengonsumsi makanan yang lezat maka secara tidak langsung mood pada orang tersebut akan lebih baik dan rasa stress bisa berkirang. Salah satu makanan yang lezat dan memiki kandungan asam lemak omega 3 ini yaitu ikan makarel.

  1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tidak stabil biasanya akan berpengaruh pada tubuh yang lebih sering merasakan pusing dan mudah lelah. Untuk membantu menurunkan tekanan darah agar selalu stabil maka cara yang dilaukan yaitu bisa mengonsumsi ikan makarel yang sangat dipercaya bisa mengontrol tekanan darah tinggi.

  1. Membantu Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat lain dari ikan makarel yaitu bisa menjaga bahkan meningkatkan kesehatan tulang pada tubuh. Manfaat ini bisa dirasakan tubuh, karena ikan makarel memiliki sumber vitamin D yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu proses metabolisme kalsium serta fosfor.

  1. Membantu Program Penurunan Berat Badan

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet maka ikan makarel ini bisa dijadikan sebagai salah satu menu diet anda. Ikan yang mengandung protein dan lemak ini bisa menurunkan kadar ghrelin atau hormon alami yang merangsang rasa lapar.

Sehingga pada saat anda mengonsumsi ikan makarel ini anda akan merasa lebih kenyang dan tidak mudah merasakan lapar dalam jangka waktu yang dekat.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ikan makarel juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan ikan ini mempunyai kandungan selenium yang berperan sebagai antioksidan. Selain itu selenium juga sangat baik untuk melawan zat kimia berbahaya, virus, kuman, maupun bakteri lainnya.

Cara Budidaya Ikan Makarel

Ikan makarel sangat baik untuk dibudidayakan agar keberadaannya tetap terjaga dengan baik dan bisa lebih banyak dimanfaatkan oleh semua orang. Berikut dibawah ini merupakan langkah – langkah budidaya ikan makarel yang diuraikan sebagai berikut :

  1. Proses Perawatan Anakan

Langkah pertama yang harus dilakukan pada saar ikan makarel ini dibudidayaakn dan sudah memiliki benih ikan yang baru muncul maka perawatan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Anakan ikan makarel ini bisa dirawat dengan menyiapkan kolam yang nyaman terlebih dahulu untuk ikan ini. Adapun berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan proses persiapan media perawatan kolam ikan makarel adalah sebagai berikut ini:

  1. Gunakan media keramba jaring apung untuk melakukan perawatan pada budidaya ikan makarel. Keramba jaring apung merupakan alat pemeliharaan ikan makarel yang mempunyai jaring – jaring dan biasanya alat ini dipakai atau diterapkan pada bagian dasar kolam
  2. Media yang lainnya yaitu bisa menggunakan kolam resirkulasi yaitu kolam yang menerapkan sistem tertutup dan tujuan dari kola mini yaitu agar ikan makarel pada saat dibudidayakan tidak dapat meloloskan diri. Cara ini namun memiliki kendala yang sering disampikan oleh para pembudidaya. Beberapa kendala atau hal yang sering dikeluhkan yaitu kolam resirkulasi ini menggunakan bantuan listrik yang pastinya bisa menambah biaya dalam melakukan budidaya ikan ini.
  1. Proses Pemberian Pakan Ikan

Apabila media perawatan ikan makarel sudah selesai dilakukan maka pemeliharaan harus segera dilakukan. Salah satu cara pemeliharaan ikan ini yaitu bisa memberikan pakan pada ikan. Pemberian pakan pada ikan makarel ini harus diperhatikan dengan benar, agar ikan segera bisa tumbuh dengan cpeat dan ukurannya bisa semakin besar.

Pakan pada ikan makarel ini bisa menggunakan jenis pakan berupa ikan teri maupun jenis pakan lainnya yang terpenting memiliki gizi yang cukup untuk ikan makarel. Selain itu pakan pada ikan makarel ini juga bisa diberikan secara rutin setidaknya 3 kali sehari di waktu pagi, siang, dan sore hari. Namun pastikan bahwa pakan yang anda berikan pada ikan tidak terlalu berlebihan, karena hal ini justru bisa membuat ikan mati karena terlalu banyak makan.

  1. Proses Pemanenan Ikan

Proses pemanenan ikan adalah tahap akhir dari budidaya ikan makarel. Proses panen pada budidaya ikan makarel ini bisa dilakukan secara langsung yaitu dengan cara turun langsung ke dalam kolam dengan menyiapkan keramba jaring tancap. Keramba jaing tersebut kemudian di lemparkan dan akan menangkap ikan makarel dengan lebih mudah.

Cara ini bisa mendapatkan ikan makarel dalam jumlah yang banyak dan bisa dimabil secara langsung tanpa adanya pemilihan jenis ikan. Proses pemanenan pada budidaya ikan makarel ini bisa terus dilakukan sampai ikan makarel tinggal sedikit.

Setelah panen dilakukan maka anda bisa segera memilih ikan makarel ini sesuai ukurannya agar pada saat dijual lebih mudah untuk menentukan harganya. Selain itu usahakan pada saat ikan ini diperjualbelikan kondisinya dalam keadaan yang masih segar.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami jelaskan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian ikan makarel, klasifikasi, ciri morfologi, manfaat, dan teknik budidaya yang bisa dilakukan. Semoga memberikan wawasan bagi semua kalangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *