Ikan Mas: Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Ikan Emas

Anda pasti sudah pernah mendengat judul dongeng ikan mas pada tempo dahulu kala. Sebetulnya ikan mas adalah jenis ikan yang yang hidup perairan tawar yang mana airnya tidak terlalu dalam serta alirannya tidak terlalu deras. Adapun habitat yang biasanya digunakan dalam arti ikan mas yaitu seperti di pinggiran sungai atau danau.

Selain itu ikan mas juga dapat hidup baik di tempat yang ketinggian sekitar 150 sampai dengan 600 m di atas permukaan air laut dengan suhu 25 hingga 30 °C. Perlu anda ketahui bahwa ikan mas tergolong jenis ikan pemakan omnivora, yaitu sering memangsa berbagai jenis makanan, baik yang berasal dari tumbuhan maupun binatang renik. Walaupun seperti itu, ikan mas ini memiliki makanan utama yaitu tumbuhan dan binatang yang terdapat di dasar atau tepi perairan.

Ikan Mas

Ikan mas yang kita kenal selama ini dipergunakan sebagai komoditi dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi. Ikan ini sudah tersebar luas ke berbagai wilayah Indonesia.

Adapun dalam ilmiahnya sendiri ikan mas juga memiliki nama latin yang disebut dengan istilah cyprinus carpio. Di Indonesia sendiri ikan mas ini mulai populer dibudidayakan sejak tahun 1920. Awalnya bibit ikan mas diperoleh dari impor negara Eropa, Taiwan, Cina dan Jepang.

Klasifikasi Ikan Mas

Setelah mengetahui ulasan singkat mengenai ikan maka, maka ada baiknya jika kita mencermati klasifikasi ikan ini dalam ilmu biologi yaitu sebagai berikut:

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Cypriniformes
Familia Cyprinidae
Genus Cyprinus
Spesies Cyprinus carpio

Ciri Morfologi Ikan Mas

Ikan mas memiliki ciri morfologi yang mana pada bagian ini kita akan mengetahui apa saja yang ada pada tubuh ikan mas dan bagaimana karakteristiknya. Penjelasannya;

  1. Tubuh

Morfologi pertama yang akan kita pelajari dari ikan mas yaitu bagian tubuhnya. Ikan mas memiliki bentuk tubuh yang bilateral simetris.

Artinya yaitu bagian makna tubuhnya terdiri dari dua belahan yang sama. Apabila tubuh ikan mas dibelah menjadi 2 bagian maka hasil kedua belahannya sama. Selain itu bentuk tubuh ikan ini juga cenderung memanjang, memipih tegak atau dikenal dengan nama comprossed.

  1. Mulut

Mulut ikan mas mempunyai ciri morfologi yaitu letaknya di bagian tengah ujung kepala terminal atau berada tepat di ujung hidung. Mulut ikan mas tersebut bisa disembulkan atau sering disebut dengan istilah protaktil. Selain itu di wilayah anterior, arti mulut ikan mas memiliki dua pasang sungut.

Sedangkan pada ujung dalam mulutnya, ditemukan gigi kerongkongan atau pharyngeal teeth. Gigi ini terdiri dari tiga baris gigi geraham.

  1. Sisik

Pada dasarnya semua tubuh ikan mas pasti tertutupi oleh yang namanya sisik. Namun ada juga beberapa varietas ikas mas yang sisiknya sedikit. Walaupun demikian, sisik pada ikan mas ini jika diperhatikan dengan baik maka memiliki ukuran yang cukup besar

Sisik ikan mas ini termasuk jenis sisik sikloid atau yang bentuknya lingkaran. Sisik ikan mas juga digolongkan sebagai ctenoid yaitu sisik dengan bentuk yang mirip dengan sisir. Bentuk sisik sisir ini sering ditemui pada ikan dengan jari-jari sirip yang keras.

  1. Sirip

Bagian morfologi selanjutnya yang akan kita bahas yaitu sirip ikan mas. Ikan mas sendiri memiliki 5 macam sirip yaitu sirip ekor, sirip punggung, sirip perut, sirip dubur, sirip dada. Bentuk sirip ekor pada ikan mas sering disebut dengan istilah emarginated.

Sedangkan untuk dorsal atau sirip punggung ikan mas bentuknya sedikit memanjang. Letak sirip punggung pada ikan ini juga berseberangan dengan ventral atau permukaan sirip perutnya.

Perlu anda ketahui pula bahwa sirip perut ikan mas ini cenderung dekat dengan sirip dada atau subabnominal. Sementara untuk bagian sirip duburnya atau anal memiliki ciri yang sama persis dengan sirip punggung yaitu berjari keras dan di bagian akhir sirip menjadi bergerigi.

  1. Insang dan lambung

Sebagai informasi bahwa ciri morfologi ikan mas di bagian organ Insangnya yaitu terdiri dari tapis insang, tulang lengkung insang dan lembaran daun insang. Selain itu ikan mas juga tidak memiliki lambung. Sehingga lambung yang digunakan adalah lambung palsu yang berfungsi untuk menampung makanan.

Manfaat Ikan Mas

Manfaat dari ikan mas yang dijelaskan sebagai berikut ini:

  1. Mendukung pertumbuhan

Manfaat yang bisa kita peroleh pada saat mengonsumsi ikan mas yaitu bisa mendukung pertumbuhan tubuh. Manfaat ini bisa diraskaan karena pada ikan mas terdapat kandungan omega-3 yang cukup kaya sehingga sangat bermanfaat untuk kecerdasan otak dan mendukung pertumbuhan serta merangsang sel-sel untuk berkembang secara lebih cepat.

  1. Meningkatkan kemampuan kognitif

Ikan mas yang yang dikenal mengandung DHA dan omega 3 ini memang memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu mampu meningkatkan kemampuan kognitif. Sehingga tidak salah lagi bagi ibu – ibu yang ingin memberikan nutrisi pada anaknya agar pertumbuhan dan kecerdasannya meningkatkat harus memberikan ikan mas ini pada mereka.

Rasanya yang enak juga membuat ikan ini lebih mudah disukai banyak kalangan termasuk anak-anak. Selain itu minyak ikan pada ikan mas juga mampu merangsang kemampuan otak dan meningkatkan daya ingat.

  1. Mengontrol kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung pada tubuh pastinya sangat penting untuk diperhatikan. Mengingat bahwa penyakit jantung adalah salah satu sakit yang cukup membahayakan bagi tubuh bahkan bisa merenggang nyawa manusia.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengontrol kesehatan jantung yaitu dengan cara menjaga pola makan. Makanan yang baik untuk tubuh dan bisa menjaga jantung diantaranta yaitu jenis ikan mas. Selain memiliki harga terjangkau ikan ini juga sangat baik untuk tubuh karena kandungan gizinya yang sangat beragam.

  1. Mencegah penuaan dini

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari ikan mas yaitu bisa untuk menjaga kesehatan kulit atau merawat kecantikan. Salah satu diantaranya yaitu bisa mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Manfaat ini bisa diperoleh karena ikan mas memiliki kandungan minyak ikan yang memang mampu mencegah penuaan dini.

Cara Budidaya Ikan Mas

Berikut dibawah ini merupakan cara budidaya ikan mas;

  1. Persipana kolam

Sebelum budidaya ikan mas dilakukan maka perlu memperhatikan persiapan kolam yang nantinya dijadikan tempat hidup ikan mas. Pilihlah kolam yang ukurannya sesuai dengan jumlah ikan mas yang akan dibudidayakan dan pasikan bahwa kolam memiliki kenyaman untuk ikan.

  1. Menebar Bibit

Apabila persiapan kolam sudah dilakukan dengan baik maka selanjutnya proses penebaran bibit ikan mas bisa dimulai. Gunakan bibit ikan yang berkualitas dan unggul agar resiko kegagalan pada saat panen dapat ditekan. Bibit ikan mas yang unggul biasanya memiliki ciri-ciri yaitu kulitnya mulus tanpa luka atau jamur dan parasit, pergerakannya gesit.

Untuk melakukan penebaran bibit ikan mas hal terpenting yang harus dilakukan yaitu menyesuaikan jumlah bibit dengan luas atau ukuran kolam ikan. Pastikan pula bahwa jumlah bibit ikan mas antara yang betina dan jantan harus seimbang atau sama banyaknya dengan perbandingan 1: 1.

  1. Pemberian Pakan

Ikan mas juga perlu untuk dipelihara dan dirawat salah satunya yaitu dengan cara memberi pakan pada Ikan Mas. Pakan ikan mas biasanya yaitu pakan pelet berprotein 25%. Beri makan ikan mas di waktu pagi dan sore hari.

  1. Panen Ikan Mas 

Tahap akhir dari arti budidaya ikan mas ini yaitu proses panen. Ikan mas dapat dipanen pada saat ukurannya sekitar  300 – 400 gram/ekor dan biasanya ikan tersebut berada pada umur 6 sampai dengan 8 bulan. Pastikan bahwa saat panen ikan mas harus menggunakan alat-alat yang benar agar tidak melukai tubuh ikan mas.

Itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian ikan mas, klasifikasi, ciri morfologi, manfaat, dan teknik budidaya yang bisa dilakukan. Semoga memberikan wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *