Ikan Napoleon: Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Ikan Napoleon

Nama ikan napoleon mungkin tidak begitu tenar dan jarang diketahui banyak orang. Sebab arti ikan ini juga memiliki sebutan lain yaitu ikan batu karang yang hidupnya ada dі wilayah perairan Raja Ampat Papua, Wakatobi, Bunaken, Buton, Sikka dan perairan Maluku. Walaupun jenis ikan ini masih belum terlalu terkenal namun keindahannya juga bisa menyenangkan mata jika melihatnya.

Seperti namanya yaitu ikan batu karang, maka jenis ikan napoleon ini biasa hidup dі аntаrа terumbu karang. Selain itu ikan napoleon juga dapat mengisi sebagian besar perairan уаng mempunyai gugus batu karang dengan ukuran besar. Sedangkan untuk urusan ancaman, maka ikan napoleon termasuk jenis ikan karang yang masih tinggi dalam perburuan nelayan-nelayan yang tidak bertanggung jawab.

Ikan Napoleon

Ikan napoleon adalah jenis ikan yang ukurannya cukup besar yaitu dengan panjang sekitar 2 meter. Selain tubuh yang cukup panjang, ikan ini juga memiliki bobot dengan angka yang cukup banyak yaitu 180 kg. ukuran tubuh dan berat ikan yang besar ini maka napoleon disebut sebagai penguasa wilayah perairan dangkal.

Ikan napoleon juga memiliki keunikan tersendiri yang kemungkinan jarang dimiliki oleh ikan-ikan lainnya. Keunikan tersebut yaitu ikan napoleon іnі mempunyai mata уаng mampu berotasi hingga 180 derajat.

Apabila ikan ini mengalami kepunahan maka dampak yang dirasakan bagi habitat lainnya yaitu bisa memutus rantai keseimbangan laut. Karena kehidupan ini pada dasarnya ialah pemangsa bulu babi, karang cots, dan bintang laut raksasa уаng penuh duri.

Klasifikasi Ikan Napoleon

Berikut dibawah ini merupakan klasifikasi dari ikan napoleon;

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Perciformes
Familia Labridae
Spesies Cheilinus undulatus

Ciri Morfologi Ikan Napoleon

Berikut dibwah ini adalah ciri morfologi dari ikan ini;

  1. Tubuh

Ciri morfologi pertama yang bisa dipelajari dari ikan napoleon yaitu bagian tubuhnya. Arti tubuh ikan napoleon pada umumnya berukuran cukup besar. Selain itu ikan ini juga mempunyai berat yang cukup banyak yaitu sampai ratusan kilogram. Dari segi keunikan warnanya maka ikan napoleon memiliki warna kehijau-hijauan seperti hijau botol disaat usianya sudah dewasa.

  1. Bibir

Karakteristik morfologi kedua dari ikan ini yaitu ada dibagian bibirnya. Ikan napoleon saat umurnya sudah dewasa bibir bertekstur tebal. Selain itu ikan juga mempunyai tonjolan yang letaknya tepat di depan kepalanya dan di atas matanya yang membesar seiring dengan pertambahan usia ikan tersebut setiap saat.

  1. Gigi

Ikan napoleon juga memiliki ciri morfologi pada bagian giginya. Perlu anda ketahui bahwa ikan ini mempunyai sepasang gigi tajam yang keluar dari dalam mulutnya.

Manfaat Ikan Napoleon

Untuk lebih jelasnya maka dibawah ini merupakan penjelasan manfaat yang bisa diperoleh dari ikan napoleon;

  1. Simbol status sosial

Manfaat pertama yang bisa diperoleh pada saat anda bisa membeli ikan napoleon itu yaitu dianggap memiliki status sosial yag tinggi. hal ini dikarenakan ikan yang satu ini mempunyai harga yang sangat mahal bahkan fantastis. Sehingga seseorang yang bisa membeli jenis ikan ini akan dianggap sebagai masyarakat dari kalangan atas.

Kondisi semacam ini biasanya dipercaya oleh warga Tionghoa. Mereka membeli daging napoleon dengan harga yang sangat mahal untuk membuktikan bahwa mereka sanggup untuk membelinya dan terlihat mempunyai kehidupan yang super enak. Lalu sebetulnya berapa harga ikan napoleon itu sendiri? Ikan ini dihargai Rp 1 juta per kilo.

  1. Sebagai makanan yang enak

Tentu saja harga ikan yang mahal ini ketika diolah dan dicampur dengan berbagai bumbu masakana maka akan menghasilkan cita rasa yang super lezat. Karena alasan inilah maka ikan napoleon sampai saat ini masih diminati bberapa kalangan, dan biasanya jenis menu ikan ini hanya ada di restoran – restoran mahal.

Selain memiliki rasa yang enak, kelebihan lain dari ikan napoleon yaitu memilik tekstur daging yang lembut. Sehingga pada saat dimasak daging akan cepat melunak. Tidak heran jika banyak orang kaya yang sangat menyukai daging napoleon ini.

Cara Budidaya Ikan Napoleon

Langkah-langkah budidaya ikan napoleon yang dijelaskan sebagai berikut;

  1. Pengenalan Ikan Napoleon

Ikan napoleon harus anda pahami terlebih dahulu dari jenisnya, karakteristiknya, sampai dengan kebiasaan hidupnya. Perlu anda tahu, bahwa dengan mempelajari semua hal yang ada pada ikan ini maka anda akan lebih mengenalnya dan bisa merawat ikan dengan lebih baik.

Selain itu, sebelum proses budidaya ikan dimulai, maka pastikan bahwa induk ikan yang nantinya akan dikawinkan atau dilakukan proses reproduksi adalah jenis ikan yang sehat dan siap untuk melakukan pembuahan. Seperti pepatah mengatakan bahwa buah jatuhnya tidak jauh dari pohon.

Perumpamaan ini bisa kita pakai sebagai istilah bahwa induk ikan napoleon yang berkualitas akan menghasilkan keturunan yang baik pula pada ikan tersebut.

  1. Proses Reproduksi

Budidaya ikan napoleon bisa diawali dengan melakukan proses reproduksi pada ikan ini. Sebagai informasi bahwa ikan napoleon mempunyai pola reproduksi yang hermafrodit protogini. Uniknya ikan napoleon ini biasanya akan lahir sebagai hewan yang berkelamin jantan kemudian seiring berjalannya waktu maka hewan akan berubah menjadi betina yaitu saat memasuki usia dewasa.

Karena keunikan ikan yang semacam itu, maka orang-orang akan lebih sering menemukan jenis ikan napoleon yang berjenis kelamin betani lebih mendominasi ketimbang jenis ikan yang jantan. Ini memang kejadian unik di alam yang mana hal ini bisa sangat bermanfaat sebagai salah satu strategi sebagian besar hewan laut agar bisa mempertahankan kehidupan populasi mereka.

Anda juga harus tau bahwa di sini ikan napoleon jantan memiliki dua tipe, yaitu mereka yang terlahir sebagai jantan sampai usianya berakhir nanti dan ikan yang terlahir jantan namun akan berubah menjadi betina. Perubahan jenis kelamin yang dialami oleh ikan napoleon ini adalah saat ikan mencapai umur sekitar umur 5 sampai 10 tahun dengan berat badan yang ada yaitu 10 sampai dengan 15 kg.

Pada intinya budidaya ikan napoleon ini difungsikan agar keturunannya semakin banyak dan membuat jenis ikan ini tetap terjaga kelestariannya alias tidak mudah punah. Proses ini bisa dilakukan apabila antara ikan napoleon yang jantan dan betina saling membuahi dan bisa melahirkan anakan ikan itu sendiri.

  1. Proses perawatan dan pemeliharaan ikan

Pada saat proses reproduksi berhasil dilakukan maka ikan napoleon akan menghasilkan anakan ikan yang usianya masih sangat muda dengan ukuran tubuh yang masih kecil. Oleh karena itu anda perlu melakukan perawatan pada ikan tersebut.

Tujuan perawatan dan pemeliharaan kali ini yaitu agar bisa membawa perubahan fisik pada anak ikan napoleon yang awalnya kecil tumbuh menjadi besar. Pastikan bahwa perawatan dilakukan secara intensif dan memperhatikan segala aspek mulai dari kolam, air, kenyamanan habitat, dan paling penting adalah pakannya.

Pakan pada anak ikan napoleon perlu anda disipakan sebaik mungkin. Hal ini harus dilakukan karena pakan merupakan sumber utama bagi tubuh ikan agar mendapat nutrsi dan sumber gizi yang baik. Nantinya ikan yang memperoleh pakan dengan rutin bisa segera besar dan ukurannya bisa lebih sempurna.

Ikan napoleon bisa anda berikan setidaknya 3 kali dalam sehari. Biasanya yaitu diwaktu pagi, siang, dan sore hari. Selain itu anda tidak perlu memberinya pakan dalam jumlah yang terlalu banyak karena hal ini justru akan membuat ikan kekenyangan dan bisa membuat ikan merasa tidak nyaman dalam kondisi perut yang penuh.

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian ikan napoleon, klasifikasi, ciri morfologi, manfaat, dan teknik budidaya yang bisa dilakukannya. Semoga memberikan wawasan bagi kalian yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *