Ikan Pari: Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Ikan Pari

Ikan pari adalah jenis ikan predator yang biasa hidup di dasar perairan atau bottom feeder. Arti ikan ini mempunyai gigi yang ukurannya kecil-kecil dan berfungsi sebagai penghancur. Kehidupan ikan pari pada umunya bergerombol maupun berkelompok.

Keunikan pada ikan pari salah satunya yaitu saat habitatnya terdapat plankton atau ikan-ikan kecil maka mereka akan menggerombol menjadi satu dengan formasi lurus di satu area. Hal ini dilakukan agar ikan-ikan kecil atau plankton bisa digiring dan masuk ke dalam mulut ikan pari yang lebar.

Ikan Pari

Perlu anda ketahui bahwa ikan pari adalah arti spesies ikan terbesar yang ada didunia. Tubuh pada ikan pari berukuran cukup besar dan lebar bahkan beratnya bisa mencapai 3 ton. Sedangkan untuk jumlah spesies atau jenis dari ikan pari itu sendiri yaitu cukup banyak, sekitar 300an atau bahkan bisa lebih.

Persebaran ikan pari juga sudah masuk ke perairan antartika dan sub tropis seluruh dunia bahkan juga ada di perairan Indonesia. Selain itu ikan pari juga mempunyai ciri khusus yaitu pada saat ikan sedang bergerak di dalam air maka bentuknya seperti sedang melayang atau terbang.

Sebagai tambahan informasi bahwa ikan pari berkembang biak dengan cara ovovivipar. Artinya yaitu ikan pari berkembang biak dengan cara bertelur, namun telur nya akan menetas dengan sendirinya yang akan melahirkan anakan dari ikan pari.

Klasifikasi Ikan Pari

Klasifikasiilmiah pada ikan pari yang diuraikan sebagai berikut ini:

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Sub Kelas Elasmobranchii
Ordo Myliobatiformes
Famili Dasyatidae
Genus Dasyatis
Spesies Dasyatis sp

Ciri Morfologi Ikan Pari

Ikan pari mempunyai ciri morfologi yang menggambarkan bagian-bagian pada tubuh ikan pari sebagai berikut ini:

  1. Tubuh

Ikan pari mempunyai ciri morfologi di bagian tubuhnya. Arti tubuh ikan pari yaitu gepeng dan cenderung melebar atau depressed. Ikan pari memiliki celah insang, mulut, anus, dan klasper yang letaknya ada di sebalah sisi ventral kepala. Perlu anda ketahui pula bahwa mata pada ikan pari letaknya ada di kepala bagian samping kanan dan kirinya.

  1. Sirip

Ciri morfologi kedua dari ikan pari yaitu bagian siripnya. Sirip pada ikan pari diantaranya yaitu ada sirip dada yang melebar dan menyatu dengan bagian sisi kiri serta kanan yang ada dikepalanya. Melalui sirip dada ini maka ikan pari jika dilihat dari atas dan bawah maka bentuk ikan yaitu oval atau bundar.

  1. Ekor

Ikan pari juga mempunyai karakteristik pada bagian ekornya. Ekor ikan pari pada umumnya memiliki ukuran yang cukup panjang dan bentuknya seperti cambuk. Selain itu di bagian ekor ikan ini juga ada pelengkapnya yaitu duri penyengat yang mengandung racun dan disebut dengan istilah stingrays.

  1. Insang

Insang merupakan ciri morfologi dari ikan pari yang terakhir. Insang merupakan alat pernafasan ikan pari yang jumlahnya ada sekitar 5 sampai dengan 6 pasang dan posisi celah insang yaitu ada di dekat mulutnya.

Manfaat Ikan Pari

Ikan pari mempunyai beberapa manfaat yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Berikut dibawah ini merupakan manfaat ikan pari yang dijelaskan sebagai berikut :

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Ikan pari bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Memang pada dasarnya kolestrol sangat dibutuhkan oleh tubuh namun tidak dalam jumlah yang terlalu banyak. Biasanya jika tubuh memiliki kadar kolesterol yang tinggi justru akan menyebabkan tubuh kurang sehat.

Sehingga untuk mengatur kadar kolestrol dalam tubuh anda harus menjaga pola makan dengan baik. Salah satu makanan yang baik untuk menjaga kadar kolestrol yaitu dengan mengonsumsi ikan pari yang sudah diolah menjadi makanan yang lezat.

  1. Baik untuk kesehatan gigi dan tulang

Manfaat kedua dari ikan pari yaitu bisa menjaga kesehatan gigi dan tulang. Manfaat ini bisa dirasakan karena ikan paru memiliki kandungan kalsium dan zat fosfor yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan tulang.

Sehingga bagi anda yang ingin menjaga kesehatan gigi dan tulang bisa mengonsumsi ikan pari ini sebagai salah satu cara alternatif yang baik untuk tubuh. Selain itu ikan pari juga bisa dierekomendasikan pada anak – anak agar mempunyai pertumbuhan gigi dan tulang yang baik.

  1. Mencegah karies gigi pada anak

Gigi berlubang tentunya akan sangat mengganggu seseorang. Bahkan sudha banyak sekali seseorang yang sakit gigi dikarenakan giginya yang berlubang dan bisa lebih mudah untuk kemasukan makanan, sehingga menyebakan sakit gigi sering muncul.

Untuk menghindari gigi berlubang atau karies pada anak-anak terutamanya anda sebagai orangtua bisa memberikan ikan pari ini agar bisa dikonsumsi oleh mereka. Ikan pari sangat dipercaya bisa mencegah karies dan berperan dalam pembentukan email atau lapisan luar pada gigi pada anak.

  1. Mencegah anemia

Anemia atau kekurangan darah merah pada tubuh bisa membuat badan merasa lemas dan sering pusing. Salah satu cara agar tubuh tidak kekurangan darah merah yaitu bisa dengan mengonsumsi ikan pari sebagai sumber vitaminnya.

Manfaat ini diperoleh karena ikan pari mempunyai kandungan zat besi yang bisa menambah asupan nutrisi pada tubuh sehingga produksi sel darah merah dapat berjalan lancar.

  1. Ikan Pari Mampu Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat ke lima dari ikan pari yaitu bisa mengatasi masalah pencernaan. Pada umumnya masalah pncernaan bisa membuat seseorang kurang nyaman, karena rasa sakit yang dialami pada perutnya. Untuk mengatasi masalah ini salah satu makanan yang bisa anda makan untuk mengurangi masalah pencernaan ini yaitu dengan mengonsumsi ikan pari.

Pada dasarnya ikan pari memiliki serat pada kandungan protein didalmnya. Sehingga serat ini membuat penyerapan terjadi lebih cepat dan mudah yaitu pada saat anda mengonsumsi ikan pari tersebut.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Apakah anda tahu seberapa penting sistem kekebalan tubuh itu? Sistem kekebalan tubuh sangatlah penting untuk kesehatan dan tubuh. Apabila seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh atau imunitas yang tinggi maka bisa menjaga daya tahan tubuhnya agar lebih kuat dan tidak terserang penyakit.

Cara yang paling mudah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh diantaranya yaitu dengan mengonsumsi ikan pari. Ikan pari sangat dipercaya bisa menguatkan tubuh karena sistem imunitas yang meninggi.

Cara Budidaya Ikan Pari

Ikan pari bisa dibudidayakan melalui beberapa cara berikut ini :

  1. Pemilihan Induk

Budidaya ikan pari bisa diawali dengan cara melakukan pemilihan induk yang paling berkualitas terlebih dahulu. Pastikan bahwa induk ikan pari adalah yang paling bagus, karena hasilnya akan sangat berpemgaruh atau bergantung dari induk yang anda siapkan.

  1. Ukuran Akuarium

Apabila induk sudah siap, maka cara yang selanjutnya yaitu perispan tempat tinggal ikan. Akurium bisa digunakan untuk tempat tinggal ikan pari asalkan disesuiakn ukurannya.

Apabila anda menyiapkan akuarium yang terlalu sempit maka akan membuat ikan merasa kurang nyaman dan tidak bisa bergerak bebas. Oleh karena itu sebelumnya anda sudah harus menyiapkan kolam atau akuarium yang ukurannya sudah sangat cocok untuk pertumbuhan ikan pari.

  1. Pemijahan

Cara yang ketiga dari budidaya ikan pari yaitu melakukan pemijahan. Pross pemijahan ini merupakan langkah awal sebelum ikan pari menghasilkan anakan-anakan yang banyak. Pastikan bahwa saat pemijahan anda menyiapkan tempat yang paling nyaman dan berikan pula pakan pada induk ikan pari.

  1. Pakan

Setelah pembuahan berhasil maka induk pari akan menghasilkan anakan pari yang jumlahnya cukup banyak. Untuk itu agar pertumbuhan ikan semakin baik maka anda bisa merawat ikan dengan baik. Salah satu perawatannya yaitu dengan memberinya pakan secara rutin yaitu setiap 3 kali sehari.

Pakan diberikan pada waktu pagi, siang, dan sore hari. Beberapa pakan yang bisa diberikan pada ikan pari diantaranya yaitu pelet dan cacing khusus untuk pakan ikan.

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian ikan pari, klasifikasi, ciri morfologi, manfaat, dan teknik budidaya yang bisa dilakukannya. Semoga memberi wawasan bagi kalian semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *