Ikan Piranha: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Ikan Piranha

Sudah mengenalkah anda dengan ikan piranha? Ikan piranha adalah jenis ikan yang mempunyai gigi besar dan nama ilmiahnya yaitu pygopristis denticulata atau serrasalmus denticulatus. Ikan piranha ini pada umumnya memiliki ukuran atau panjang sekitar 20 cm.

Piranha pada umumnya bersifat karnivora, kanibal, predator, dan sangat agresif. Selain itu arti ikan piranha mempunyai rahang yang begitu kuat dan gigi-giginya sangat tajam. Perlu anda tahu bahwa ikan piranha pada saat memangsa hewan yang lain dilakukan dengan cara mencabiknya.

Ikan Piranha

Ikan piranha sebenarnya sering aktif disepanjang waktu akan tetapi lebih aktif lagi di malam hari. Piranha bahkan dikenal sebagai ikan yang mampu bergerak cepat dan menjadi pemangsa yang sangat hebat.

Warna tubuh pada ikan piranha Ikan yaitu kebiru-biruan dan memiliki beberapa bintik hitam yang ada pada badannya. Selain itu ikan piranha juga termasuk ikan yang sangat ganas dan hidupnya lebih sering berkelompok atau bergerombol.

Jenis Ikan Piranha

Ikan piranha merupakan anggota ikan laut yang mempunyai beberapa jenis diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Pygocentrus nattereri

Jenis ikan piranha yang kesatu bernama pygocentrus nattereri atau red piranha. Ikan ini mempunyai panjang sekitar 30 cm. Warna tubuh pada ikan pygocentrus nattereri yaitu perak kemerah-merahan dan bentuk kepalanya tumpul dengan mulut yang kecil.

  1. Pygocentrus cariba Juvenil

Pygocentrus cariba Juvenil merupakan jenis ikan piranha yang memiliki warna abu-abu dibagian atas tubuhnya. Selain itu pygocentrus cariba juvenil juga mempunyai bintik-bintik hitam di seluruh tubuh bagian atasnya. Sebagai informasi bahwa tubuh ikan ini dibagian bawah berwarna merah atau merah-oranye.

Bahkan jenis ikan ini juga memiliki warna mata keperak-perakan dengan pigmen hitam yang ada di atas dan di bawah iris.

  1. Serrasalmus sanchezi

Serrasalmus sanchezi merupakan jenis ikan piranha yang mempunyai nama lain yaitu ruby-red piranha atau ruby-red throated piranha. Nama-nama tersebut diberikan pada ikan ini karena mereka memiliki warna perut merah cerah yang terlihat tajam.

Selain itu jenis ikan yang satu ini juga mempunyai corak bintik-bintik pada panggulnya. Sedangkan bentuk tubuh ikan yaitu pipih dan bagian kepalanya cekung. Ikan juga memuyai beberapa jenis sirip seperti sirip punggung, sirip ekor, sirip dubur dan lainnya. Sirip ekor pada ikan ini berwarna gelap dengan garis tengahnya yang berwarna abu – abu sampai putih.

  1. Serrasalmus gibbus

Jenis ikan piranha yang selanjutnya yaitu serrasalmus gibbus. Ikan ini memiliki sifat yang begitu agresif, pemangsa yang hebat dan gigi-giginya sangat kuat serta tajam. Bahkan ukuran giginya bisa mencapai panjang sekitar 21 cm.

  1. Serrasalmus rhombeus

Jenis ikan piranha yang satu ini bernama serrasalmus rhombeus. Ikan ini mempunyai warna yang gelap yaitu kehitaman. Sedangkan untuk bagian mata, ikan ini memiliki warna merah dan ukuran matanya cukup besar.

  1. Pristobrycon striolatus

Perlu anda tahu bahwa ikan piranha yang dinamakan pristobrycon striolatus adalah jenis ikan piranha yang mempunyai bentuk tubuh cukup melengkung. Bagian kepala ikan ini kuat dan lebih besar dengan bentuk moncong yang tumpul.

Ikan jenis piranha yang ini juag mempunyai warna tubuh yang ukup cerah yaitu hijau dengan campuran oranye dan merah yang ada di bagian perutnya. Sedangkan bagian sirip ikan memiliki warna yang kemerahan.

  1. Metynnis argenteus atau Silver dollar

Metynnis argenteus atau silver dollar adalah jenis ikan piranha yang memiliki bentuk tubuh pipih dan bulat. Ukuran tubuhnya yaitu bisa mencapai panjang kira-kira 6 inchi atau 15 cm. Selain itu ikan ini bisa bertahan hidup selama kurang lebih 10 tahun.

Ikan ini berwarna seperti namanya yaitu silver dengan motif bintik-bintik pada tubuhnya yang berwarna hijau kebiru-biruan atau kemerah-merahan.

  1. Serrasalmus spilopleura

Serrasalmus spilopleura adalah jenis ikan piranha yang berkarakter kanibal, pemangsa, dan agresif. Ikan memiliki susunan gigi yang rapi dan tajam-tajam.

Warna punggung ikan ini yaitu kehijauan, sedangkan bagian perut berwarna kuning dan ada pula corak bintik hitam hampir diseluruh anggota badannya. Ikan juga mempunyai bentuk kepala yang lebih cembung, bermata besar, dan hidunya cukup besar.

  1. Serrasalmus serrulatus

Jenis ikan piranha yang terakhir yaitu serrasalmus serrulatus. Ikan ini adalah jenis ikan piranha yang bentuk tubuhnya berukuran panjang sekitar 19 cm. selain itu ikan juga memiliki warna tubuh yaitu perak kehitaman.

Klasifikasi Ikan Piranha

Berikut dibawah ini merupakan klasifikasi atau nama-nama ilmiah dalam biologi dari ikan piranha yang disebutkan dibawah ini:

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Family Characidae
Genus Pygopristis

Ciri Morfologi Ikan Piranha

Ikan piranha pada umumnya memiliki ciri morfologi yang sama dengan ikan lainnya yaitu dari tubuh hingga bagian lainnya. Berikut dibawah ini penjelasan lengkap terkait ciri morfologi ikan piranha yang diuraikan sebagai berikut :

  1. Tubuh

Bagian arti tubuh pada ikan piranha mempunyai karakteristik morfologi seperti warnanya yaitu perak kemerah – merahan, memiliki corak bintik-bintik disekitar tubuhnya. Selain itu ikan juga mempunyai panjang yang bisa mencapai 33 cm dengan berat kurang lebih 3,2 kg.

Tubuh ikan piranha berbentuk pipih dan cukup panjang. Selain itu dibagian kepala pada ikan ini bentuknya yaitu tumpul dan berukuran sedang.

  1. Mata

Selain tubuh secara keseluruhan, maka ikan piranha juga mempunyai ciri morfologi lain yang ada dibagian matanya. Mata ikan piranha berukuran besar begitu pula dengan ukuran hidungnya yang sama-sama besar.

  1. Sirip

Ikan piranha mempunyai ciri morfologi di bagian sirip yang berwarna kemerahan. Sebagai informasi bahwa ikan ini juga mempunyai beberapa sirip yang satunya yaitu sirip punggung dan perut.

Cara Budidaya Ikan Piranha

Berikut dibawah ini merupakan langkah budidaya ikan piranha yang dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pemilihan induk ikan piranha

Tahap pertama yang perlu dilakukan untuk memulai buidaya ikan piranha yaitu memilih induk yang benar dan berkualitas. Induk yang berkualitas akan menghasilkan jenis ikan yang baik pula. Sehingga induk yang akan dikawinkan harus sehat, tidak cacat, dan memiliki bergerakan yang aktif.

  1. Penyiapan tempat ikan piranha

Sebelum induk dijadikan satu yaitu antara yang jantan dan betina maka pastikan bahwa anda sudah mempunyai tempat pemeliharaan ikan ini. Siapkan kolam yang ukurannya pas dengan ikan-ikan piranha. Pastikan bahwa kolam nyaman untuk ditempati ikan piranha dan mempunyai sirkulasi air yang bagus.

  1. Pemijahan ikan piranha

Proses selanjutnya yaitu melakukan pemijahan antara induk ikan piranha yang jantan dan betina. Masukan induk betina terlebih dahulu kedalam kolam dan biarkan induk tersebut beradaptasi dengan kolam atau habitat barunya terlebih dahulu. Setelah beberapa jam kemudian yaitu 2 sampai dengan 3 jam, maka masukan induk ikan piranha yang jantan ke dalam kolam.

Induk-induk ikan piranha tersebut nantinya akan membuahi anak piranha yang hasilnya ditandai dengan keluarnya telur-telur pada ikan tersebut. Apabila telur sudah keluar maka pisahkan telur tersebut dengan induk ikan piranha. Tujuannya agar perkembangan dari telur piranha lebih jelas dan bisa diamati dengan lebih baik.

  1. Pemeliharaan ikan piranha

Setelah telur-telur ikan piranha menetas maka pemeliharaan ikan tersebut harus dilakukan lebih intensif. Salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan memberinya pakan secaar teratur. Beberapa pakan yang bisa diberikan pada anakan ikan piranha yaitu seperti kutu air, pelet, daging  dan lain sebagainya.

Pemberian pakan pada ikan piranha bisa dilakukan setiap hari 3 kali sehari pada waktu pagi, siang, dan sore hari. Pada saat memberi pakan pada ikan ini tidak perlu terlalu banyak, namun berikan sedikit demi sedikit.

Selain pemberian pakan, maka cara pemeliharaan ikan piranha ini juga bisa dilakukan dengan cara membersihkan kolam yang menjadi tempat tinggal ikan piranha tersebut. Kolam harus selalu diberisihkan agar air pada kolam tersebut tidak terlalu keruh atau kotor.

Nah, itulah saja artikel lengkap yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian ikan piranha, macam, klasifikasi, ciri morfologi, dan teknik budidaya yang bisa dilakukan. Semoga memberi wawasan bagi semua kalangan.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *