Ikan Seluang: Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Ikan Seluang

Ikan Seluang merupakan salah satu spesies Rasbora spp yang banyak terdapat didaerah sungai. Ikan ini biasanya lebih mudah ditemui pada wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Ikan yang memiliki ukuran kecil-kecil ini termasuk anggota keluarga cyprinidae dan dari ordo ostariohysi. Selain itu ikan seluang juga dikenal sebagai ikan yang hanya hidup terbatas di perairan air tawar.

Ikan Seluang

Ikan seluang yang memang menyukai sungai sebagai tempat atau habitatnya ini biasanya lebih sering dotemukan di sungai – sungai Pulau Sumatera seperti Sumatera Selatan dan Kalimantan. Pada umumnya ikan seluang akan muncul di permukaan air sungai atau rawa, terutama saat musim hujan telah tiba. Seluang juga bisa memiliki kemampuan untuk hidup selama kurang lebih 3-6 tahun.

Biasanya pada saat musim penghujan, kondisi permukaaan air sungai akan meningkat, dan disaat itu ikan seluang ini lebih mudah untuk bergerak bebas serta mudah untuk mengejar arti makanan. Namun, pada saat musim kemarau dan suhu air meningkat maka ikan seluang akan berkumpul untuk berteduh di bawah pohon. Suhu yang paling aman untuk ikan seluang ini sekitar 22 sampai dengan 26°c.

Klasifikasi Ikan Seluang

Berikut dibawah ini merupakan klasifikasi ikan seluang yang diuraikan sebagai berikut:

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Sub Filum Vertebrata
Kelas Actynopterygii
Sub Kelas Neopterygii
Ordo Cypriniformes
Famili Cyprinidae
Genus Rasbora
Spesies Rasbora argyrotaenia

Ciri Morfologi Ikan Seluang

erikut dibawah ini adalah karakteristik ikan seluang yang dijelaskan sebagai berikut:

  1. Fisik

Karakteristik ikan seluang ini digambarkan dalam bentuk fisiknya yang secara umum. Bentuk tubuh ikan seluang yaitu pipih dan memanjang dengan sisik tipis yang menempel pada tubuhnya.

Selain itu ikan seluang juga memiliki warna putih keperakan dan bagian sisi tubuhnya terdapat corak garis berwarna hitam. Corak tersebut akan memudar pada saat ikan mulai tumbuh dewasa. Kemudian ikan selauang ini juga memiliki ukuran tubuh yang kecil-kecil.

Manfaat Ikan Seluang

Ikan yang dikenal dengan rasanya yang gurih dan enak ini ternyata memiliki kandungan yang sangat beragam, sehingga bisa memberi manfaat baik untuk tubuh. Untuk mengetahui lebih jelasnya, maka berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat ikan seluang yang diuraikan sebagai berikut :

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Seperti yang kita ketahui bahwa kesehatan itu mahal harganya. Oleh karena itu pasti semua orang berusaha untuk menjaga dirinya agar selalu sehat dan bisa menjalankan aktivitas secara normal. Berbagai penyakit pada saat ini juga begitu banyak seperti virus, infeksi, dan penyakit lainnya yang lebih membahayakan.

Salah satu peyakit yang sangat membahayakan nyawa adalah sakit jantung. Jenis penyakit ini bisa membuat nyawa melayang, ketika kondisi tubuh baik secara fisik maupun mental tidak dijaga dengan benar. Untuk menurunkan risiko terserang penyakit jantung salah satu hal yang bisa kita lakukan yaitu dengan memperhatikan pola makan kita. Makanan yang bisa menjaga kesehatan jantung salah satunya yaitu ikan seluang.

Ikan selaung ini sangat dipercaya bisa kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu ikan ini juga berkhasiat untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan kandungan lemak yang rendah, tinggi protein, dan asam lemak omega-3 pada ikan baik untuk kesehatan jantung.

  1. Kesehatan otak

Manfaat selanjutnya yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi ikan seluang ini yaitu mampu menjaga kesehatan otak. Semua orang pasti menginginkn agar otak yang ada dalam tubuhnya selalu sehat dan bisa berfungsi dengan baik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencapai keinginan tersebut yaitu dengan memberikan nutrisi pada tubuh, dan menjaganya agar selalu sehat. Pada dasarnya fungsi otak pada manusia akan menurun seiring bertambahnya umur. Untuk itu ikan seluang ini bisa dimanfaatkan dengan cara mengkonsumsinya secara rutin agar bisa menghambat penurunan fungsi otak, terutama bagian emosi dan memori.

Cara Budidaya Ikan Seluang

Ikan seluang yang bisa dikonsumsi maupun dijadikan sebagai ikan hias ini sangat perlu untuk dibudidayakan, tujuannya agar ikan selalu terjaga kelestariannya dan tidak mengalami kepunahan. Berikut dibawah ini adalah cara budidaya ikan seluang yang dijelaskan sebagai berikut :

  1. Persiapan Wadah Pemeliharan dan Perawatan Induk

Langkah pertama yang perlu kita lakukan yaitu menyiapkan wadah atau tempat ikan seluang. Biasanya ikan seluang ini akan ditempatkan di media pemeliharaan seperti akuarium, kolam maupun bak fiber.

Selain itu Induk ikan seluang yang berkelamin jantan dan betina selalu diletakkan pada tempat yang berbeda. Pakan ikan yang biasanya diberikan yaitu cacing darah atau disebt juga dengan istilah chrionomus sp. Pemberian pakan ikan selaung ini biasanya dilakukan sebanyak 2 kali sehari yaitu diwaktu  pagi dan sore hari.

  1. Seleksi Induk Jantan dan Betina

Proses selanjutnya yaitu pemilihan atau seleksi ikan seluang yang berkelamin jantan dan betina. Pemlihan induk ini dilakukan dengan cara cara stripping (diurut). Biasanya ikan jantan yang sudah matang gonad memiliki ciri yaitu akan mengeluarkan cairan sperma berwarna putih susu saat dilakukan stripping.

Sedangkan seleksi pada ikan betina bisa dilakukan dengan cara melihat karakteristik atau ciri morfologi pada ikan seluang. Biasanya ikan betina yang sudah matang gonad mempunyai ciri atau karakteristik seperti perut membesar, bila diraba terasa lembut, dan akan mengeluarkan telur saat dilakukan stripping.

  1. Proses pemijahan

Langkah yang ketiga yaitu proses pemijahan. Jenis teknik pemijahan ini bisa dilakukan secara semi alami dengan bantuan hormon untuk mempercepat proses pemijahan. Indukan ikan seluang baik yang berkelamin jantan maupun betina yang sudah matang gonad akan disuntik terlebih dahulu dengan menggunakan ovaprim.

Ovaprim merupakan produk dari Syndel Kanada yang berisikan hormon GnRH dan Domperidon. Ovaprim ini berfungsi untuk merangsang ovulasi dan spermeasi pada induk ikan seluang yang sudah matang gonad. Biasanya penyuntikan ovaprim pada induk ikan seluang baik jatan maupun betina dilakukan pada waktu sore hari.

Apaila penyuntikan ovaprim selesai dilakukan, maka saatnya memasukan induk ikan seluang baik jantan maupun betina di wadah yang sama. Pastikan bahwa jumlah induk ikan seluang yang jantan maupun betina memiliki jumlah yang sama yaitu dengan perbandingan 1 : 1. Proses pemijahan ini bisa terjadi pada saat pagi hari.

  1. Proses Penetasan Telur

Proses selanjutnya yaitu penetasan telur induk ikan seluang. Biasanya induk yang sudah memijah akan diangkat dan dipindahkan ke kolam indukan. Telur yang sudah muncul akan dirawat di tempat pemijahan sampai telur tersbut menetas.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga telur induk seluang ini yaitu melakukan pergantian air dan pemberian methylen blue. Hal ini dilakukan agar bisa mencegah serangan jamur pada telur ikan. Selain itu telur induk ikan seluang yang sudah terbuahi ini akan menetas setelah 24 – 30 jam. 

  1. Perawatan Larva dan Benih

Pada langkah perawatan larva dan benih ikan seluang ini harus betul-betul diperhatikan dengan baik. Larva ikan yang baru menetas tidak perlu diberi makan selama kurang lebih 3 hari. Hal ini dikarenakan biasanya larva ikan seluang tersebut masih memiliki cadangan makanan berupa egg yolk atau kuning telur.

Pakan ikan bisa diberikan saat ikan mulai tumbuh dan biasanya dilakukan 3 kali sehari yaitu di waktu pagi, siang dan sore hari. Pakan yang diberikan pada masa pemeliharaan larva ikan seluang ini harus memilih pakan yang paling baik agar larva ikan ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik pula.

Biasanya pakan bisa berupa kuning dari telur ayam yang sebelumnya sudah direbus selama 7 hari. Setelah melewati hari ke 7 itulah benih ikan seluang ini akan diberi pakan berupa kutu air atau daphnia sp.

Itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan pada semua pembaca berkenaan dengan deskripsi ikan seluang, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, manfaat, dan cara pembudidayaan yang bisa dilakukan. Semoga memberi edukasi dan referensi bagi segenap pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *