Ikan Tenggiri: Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Tenggiri

Ikan tenggiri yang dikenal dengan nama latin scomberomorus commerson adalah jenis ikan laut yang termasuk dalam familia scombridae. Arti ikan ini juga dikenal dengan nama lain yaitu spanish mackerel. Beberapa negara menyebut ikan ini dengan istilah yang berbeda-beda seperti di India orang-orang mengenal ikan ini dengan sebutan ikan anjai, di Filipina lebih sering disebut sebagai ikan dilis, sedangkan di Thailand lebih akrab dengan panggilan ikan thu insi.

Perlu anda ketahui bahwa ikan tenggiri sangat cocok hidup di iklim tropis salah satunya yaitu diperairan laut Indonesia. Oleh karena itu ikan ini sangat sering ditemukan di negara di Indonesia dan sering pula diolah dengan bumbu masakan yang beragam dengan rasa yang super enak.

Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri adalah jenis ikan уаng mempunyai peluang ekonomi sangat bagus dan disebut-sebut sebagai salah satu ikan уаng digemari oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia. Karena alasan tersebut maka tidak heran jika penyebaran spesies ikan tenggiri іnі sudah mencakup seluruh wilayah Pasifik Barat mulai dаrі Afrika utara ke laut merah bahkan ѕаmраі kе perairan Indonesia, Australia, Fiji dan ѕаmраі kе perairan China serta jepang.

Di negara Indonesia sendiri ikan tenggiri ini penyebarannya hampir sudah merata ke berbagai nusantra baik dari pulau Jawa, Sumatera, Nusa tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Irian. Sedangkan untuk masalah kedalaman laut уаng cocok untuk kehidupan ikan tenggiri ini yaitu sekitar 10 sampai dengan 70 m dаrі permukaan laut.

Klasifikasi Ikan Tenggiri

Klasifikasi yang ada dalam ikan tenggiri diantaranya;

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Perciformes
Family Scombridae
Genus Scomberomorus
Spesies Scomberomorus Commerson

Ciri Morfologi Ikan Tenggiri

Berikut dibawah ini merupakan beberapa karakteristik morfologi;

  1. Tubuh

Morfologi ikan tenggiri yang pertama akan kita bahas yaitu bagian tubuh ikan. Ikan tenggiri mempunyai arti tubuh yang cukup unik, yang mana pada bagian samping tubuhnya terdapat corak garis lateral  yang panjang yaitu mulai dari dari  insang hingga akhir sirip dorsal. Lain halnya pada bagian punggung ikan tenggiri ini yang mempunyai warna biru kehijauan dan corak garis yang ada di samping punggungnya.

Perlu anda ketahui bahwa ikan ini secara umum memiliki warna perak dan sedikit keabu-abuan. Selain meiliki tubuh yang panjang bentukya juga pipih dan tidak bersisik kecuali pada gurat sisinya dengan sisik yang tak beraturan.

  1. Mulut

Definisi mulut ikan tenggiri juga mempunyai ciri morfologi yang moncong dan meruncing. Selain itu ikan tenggiri ini ukuran mulutnya cukup lebar dan gigi-giginya lumayan tajam yang ada dibagian rahang atas dan bawah. Sedangkan panjang moncong ikan tenggiri biasanya lebih pendek daripada sisa kepala bagian belakang,

  1. Sirip

Bagian ketiga karakteristik morfologi ikan tenggiri yaitu terletak di bagian sirip. Pada dasarnya ikan ini memiliki beberapa sirip diantaranya yaitu sirip punggung, sirip dada, sirip perut dan lain sebagainya. Pada bagian sirip punggung terdapat jari-jari yang keras maupun jari-jari yang lunak.

Selain itu di bagian sirip punggung dan sirip anal diikuti oleh banyak sirip kecil yang lainnya. Jari-jari keras pada sirip punggung jumlahnya sekitar 15-18, sedangkan untuk jari-jari lunaknya yaitu antara  15 sampai dengan 20.

Manfaat Ikan Tenggiri

Perlu anda ketahui bahwa ikan tenggiri yang biasa dijadikan lauk untuk makan ini ternyata mempunyai banyak manfaat diantaranya yaitu;

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat pertama yang bisa diperoleh dari ikan tenggiri ini yaitu bisa menjaga kesehatan mata. Manfaat ini bisa diperoleh karena ikan mengandung vitamin A yang sangat terkenal sangat baik untuk mata. Melalui manfat yang diperoleh dari ikan tenggiri ini maka apabila anda ingin menjaga kesehatan mata selain bisa mengonsumsi buah atau sayur yang ada vitamin A, juga bisa mengonsumsi ikan tenggiri.

  1. Ikan Tenggiri Juga Bagus Untuk Menghilangkan Ketombe

Percaya atau tidak bahwa ternyata ikan tenggiri bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Pasti anda sudah tau apa itu ketombe? Ketombe sendiri adalah rasa gatal pada kulit kepala yang disebabkan karena rambut atau kulit kepala kurang mendapat nutisi sehingga menimbulkan ketombe yang warnanya putih dan kecil – kecil.

Untuk menghadapi masalah ini, maka anda bisa memanfaatkan ikan tenggiri yang dicampur dngan lidah buaya. Caranya yaitu ikan tenggiri dihaluskan dan dibuat adonan bersama dengan lidah buaya, kemudian adonan tersebut bisa dioleskan di rambut atau kepala yang banyak ketombenya. Jangan lupa, setelah itu rambut harus segera dibilas dengan bersih.

  1. Membantu Mengatasi Depresi

Depresi adalah keadaan dimana mental pada diri merasa sangat lemah dan tidak memiliki semangat dalam menjalankan hidup. Biasanya depresi disebabkan karena ada kejadian dimasa lampau yang begitu menyakitkan dan membuat seseorang tidak bisa melupakannya serta membuat hidupnya penuh dengan penyesalan.

Orang-orang yang mengalami depresi harus selalu ditemani setiap saat agar dirinya merasa ada yang memperhatikan.

Selain itu kondisi mentalnya juga harus selalu dibuat bahagia agar bisa melupakan kejadian – kejadian yang membuatnya depresi. Bukan hanya itu orang yang mengalami depresi juga harus selalu diberi makan yang sehat dan bernutrisi agar secara fisik bisa kuat.

Salah satu makanan yang baik yaitu ikan tenggiri yang mana ikan ini dipercaya memiliki kemampuan untuk membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Sehingga dengan begitu ikan tenggiri pun setidaknya bisa bermanfaat untuk membantu mengatasi depresi.

  1. Kadar Kolesterol Jahat

Ikan tenggiri juga bisa digunakan untuk mengontrol kolestrol jahat. Kolestrol yang terlalu tinggi pada tubuh bisa menyebabkan beberapa penyakit. Sehingga untuk menghindari kadar kolestrol yang tinggi kita bisa mengonsumsi ikan tenggiri karena ikan ini sangat bermanfaat untuk mengatur kolestrol jahat yang ada pada tubuh. hal lain yang perlu anda ketahui, agar kolestrol pada tubuh tetap terjaga dengan baik maka hindari mengonsumsi jeroan terlalu banyak.

  1. Baik untuk Kecerdasan Otak

Salah satu manfaat terbaik dari ikan tenggiri yaitu bisa mencerdaskan otak. Sehingga ikan ini bisa disarankan agar bisa dikonsumsi oleh anak-anak agar pertumbuhan otaknya semakin baik dan bisa meningkatkan kecerdasannya.

Pada dasarnya manfaat ini dipeorleh karena ikan memiliki kandungan omega-3 yang sangat baik untuk otak. Selain anak-anak yang disarankan untuk mengonsumsi ikan ini maka ibu hamil juga bisa mengonsumsi kan ini agar calon bayinya mendapat nutrisi yang baik pula.

Cara Budidaya Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri dalam proses budidayanya harus melewati beberapa tahapan diantaranya yaitu sebagai berikut ini :

  1. Menyiapkan Benih

Budidaya ikan tenggiri bisa diawali dengan menyiapakan benih iakn terlebih dahulu. Pastikan bahwa benih ikan ini diperoleh dari induk yang berkualitas, karena benih merupakan calon penerus ikan tenggiri yang nantiya bisa dijual dan dimanfaatkan banyak orang.

Apabila dari awal bibit ikan mengalami kerusakan atau kurang sehat maka hasil yang dipeorleh kurang baik dan tidak memuaskan.

  1. Pemberian Vitamin

Ikan tenggiri agar semakin besar pertumbuhan dan perkembangannya maka pelu dilakukan perawatan yang intensif. Salah satu hal yang harus dilakukan untuk merawat ikan ini yaitu bisa memberinya pakan yang rutin setiap 3 kali dalam sehari di waktu pagi, siang dan sore hari.

Selain itu ikan juga perlu diberi vitamin agar kesehatannya tetap baik. Biasanya pemberian vitamin pada ikan bisa dilakukan secara langsung saat pakan diberikan, yaitu dengan mencampurkan keduanya dan menebarkan ke dalam kolam.

  1. Panen

Pada saat ikan sudah memasuki umur 4 bulan dan beratnya telah mencapai ukuran sekitar 1 kg per ekor maka proses panen bisa dilakukan. Pemanenan ikan tenggiri ini biasanya akan lebih mudah jika dilakukan pada waktu pagi maupun sore hari.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian ikan tenggiri, klasifikasi, ciri morfologi, manfaat, dan teknik budidaya yang bisa dilakukan. Semoga memberi wawasan bagi semua kalangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *