Ikan Tongkol: Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Tongkol

Siapa disini yang pernah makan nasi dengan ikan tongkol sebagai lauknya?. Pastilah sebagain orang sudah merasakan hal demkian. Perlu anda ketahui bahwa arti ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan yang sering dikonsumsi masyarakat karena rasanya yang enak dan harganya juga sangat terjangkau.

Ikan tongkol pada dasarnya mempunyai nama latin yaitu euthynnus affinis dan  merupakan jenis golongan ikan tuna yang ukurannya lebih kecil. Selain itu ikan ini juga memiliki bentuk badan yang panjang dan tidak bersisik, kecuali di bagian garis rusuknya.

Ikan Tongkol

Ikan tongkol adalah jenis ikan perenang cepat dan sangat sering bergerombol dalam kehidupannya. Selain itu untuk mencari ikan biasanya lebih sering dilakukan pada waktu siang hari daripada malam hari. Ikan ini juga termasuk karnivora atau pemakan daging seperti udang, cumi, ikan teri dan jenis ikan kecil lainnya.

Tongkol bisa mencapai ukuran kurang lebih 1 meter dengan berat berkisar 13, 6 kg. Ikan ini mempunyai kulit yang berwarna abu-abu dengan dagingnya yang berwarna merah. Tongkol juga sangat mudah untuk ditemukan, terutama di perairan yang tersambung langsung dengan laut terbuka, yaitu di lautan Pasifik dan Hindia.

Klasifikasi Ikan tongkol

Ikan tongkol yang terkenal sebagai perenang cepat dan cekatan ini memiliki klasifikasi sebagai berikut;

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Sub Phylum Vertebrata
Kelas Pisces
Sub Class Teleostei
Ordo Percomorphi
Familia Scombridae
Genus Euthynnus
Spesies Euthynnus affinis

Ciri Morfologi Ikan tongkol

Ikan tongkol juga mempunyai karakteristik di anggota badannya yang dijelaskan sebagai berikut ini;

  1. Fisik

Ikan tongkol memiliki ciri forlogi di bagian fisik atau tubuhnya yang berbentuk cukup panjang dan cukup berisi. Pada saat dipegang menggunakan tangan maka tekstur yang dirasakan lebih padat dan penuh. Ikan ini juga mempunyai warna pada bagian arti tubuhnya yaitu abu-abu gelap.

  1. Mulut

Ciri morfologi kedua dari ikan tongkol yang selanjutnya yaitu bagian mulut. Ikan ini memiliki ciri unik pada mulutnya karena bentuknya sedikit miring. Sedangkan untuk bagian gigi-gigi ikan tongkol ini pada kedua rahang berukuran gigi kecil, dan di platinumnya tidak terdapat gigi sama sekali.

  1. Sirip

Ikan tongkol juga memiliki sirip diantaranya yaitu sirip punggung. Pada bagian sirip punggung ini biasanya terletak secara terpisah pada ikan tongkolini. Sirip pertama letaknya tinggi yang akhirnya bisa bisa menurun dengan cepat ke belakang. Sedangkan sirip punggung kedua letaknya sangat rendah.

Manfaat Ikan tongkol

Ikan tongkol yang bisa diolah menjadi masakan dengan rasa nikmat ini pada dasarnya sudah memiliki beberapa manfaat luar biasa, yaitu;

  1. Berprotein tinggi

Manfaat pertama yang diperoleh pada saat mengonsumsi ikan tongkol yaitu bisa untuk membangun sel serta jaringan baru dalam tubuh yang berfungsi menggantikan sel-sel rusak pada tubuh.

Manfaat ini bisa diperoleh karena ikan tongkol mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi sehingga sangat mudah untuk membantu memperbaiki sel yang rusak, meningkatkan sistem imun, dan menguatkan tulang serta otot.

Perlu anda ketahui bahwa salah satu contoh makanan protein ini juga bisa berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut, kulit, kuku, dan otot tubuh. sedangkan jika tubuh kekurangan kandungan protein ini maka kondisi yang didapatkan yaitu lebih mudah terserang sakit, tubuh terasa lemas terus menerus, dan lebih lambat dalam penyembuhkan luka jika pada tubuh ada bagian yang luka.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Melihat manfaat yang satu ini rasanya segera ingin membacanya terutama bagi orang – orang yang sedang fokus dalam menjalankan program diet agar berat badannya segera turun. Ikan tongkol merupakan jenis ikan yang mengandung rendah kalori yaitu sekitar 179 kalori per 150 gram porsi.

Karena kandungan kalori rendah yang ada pada ikan ini maka saat memakannya tidak perlu takut gemuk. Justru makanan ini akan menjaga rasa lapar kita yang terlalu berlebih dan bisa membuat kenyang lebih lama lagi.

  1. Menjaga kadar elektrolit tubuh

Ikan tongkol yang memiliki asupan natrium tambahan ini bisa membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Natrium yang berperan penting untuk menjaga fungsi saraf dan otot normal ini sangat diperlukan tubuh.

Oleh karena itu agar bisa menjaga kondisi tubuh tetap vit dan selalu memperoleh keseimbangan cairan pada tubuh, maka ikan tongkol ini bisa dikonsumsi secara rutin. Karena jika masalah natrium yang diperlukan tubuh ini disepelekan maka yang akan terjadi pada tubuh yaitu dehidrasi, muntah, dan diare.

  1. Meningkatkan kesehatan kelenjar tiroid

Apakah anda mengetahui apa itu manfaat kelenjar tiroid? Pada dasarnya kelenjar tiroid memiliki fungsi untuk mengatur metabolisme, menghasilkan hormon, dan mempertahankan tingkat energi tubuh.

Sehingga pada saat kelenjar tiroid ini terganggu, maka dapat menyebabkan gejala serius seperti perubahan berat badan yang semakin menurun, perubahan buang air besar, bahkan bisa sampai mengganggu kemampuan seksual anda.

Untuk menghindari masalah kelenjar tiroid ini maka salah satu cara alami yang bisa kita lakukan yaitu dengan mengonsumsi daging ikan tongkol yang didalamnya mengandung selenium dan berkhasiat menjaga kesehatan kelenjar tiroid.

  1. Membantu meningkatkan fungsi otak

Pada umumnya semua jenis makanan yang berbau-bau ikan pasti memiliki manfaat yang begitu banyak. Salah satu manfaat ikan yaitu bisa meningkatkan fungsi otak, yang sama diberikan pada ikan tongkol ini. Jadi ikan tongkol merupakan jenis ikan yang mengandung banyak nutrisi sehingg sangat baik untuk otak.

Bukan hanya itu ikan tongkol juga mempunyai kandungan asam lemak omega 3 yang bekhasiat untuk meningkatkan fungsi otak dan dapat melindungi dari masalah kesehatan mental seperti stress maupun depresi.

  1. Kaya akan antioksidan

Ikan tongkol yang kaya akan antioksidan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebelumnya antioksidan adalah senyawa yang bisa menetralkan radikal bebas dan berbahaya bagi tubuh.

Penumpukan radikal bebas pada tubuh nantinya bisa merusak sel-sel yang baik dan menimbulkan banyak risiko penyakit, salah satunya yaitu kanker.  Untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut maka ikan tongkol ini bisa menjadi salah satu solusi agar bisa menghindari kondisi tersebut.

  1. Mengurangi peradangan

Manfaat ketujuh atau yang terakhir dari ikan tongkol yaitu bisa untuk mengurangi peradangan. Pada dasarnya peradangan merupakan suatu respons tubuh yang muncul pada saat kekebalan atau sistem imun bekerja melawan virus, bakteri, infeksi dan penyakit.

Peradangan ini nantinya akan hilang dengan sendirinya seiring dengan kesembuhan dari penyakit tersebut. Namun apabila peradangan dibiarkan secara terus menerus maka rasa sakit yang dialami akan semakin lama serta bisa meningkatkan berbagai jenis penyakit lain seperti jantung dan kanker.

Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit semacam itu harus diperlukan penjagaan yang baik pada badan. Salah satunya yaitu pola makan yang benar dengan mengonsumsi ikan tongkol.

Cara Budidaya Ikan tongkol

Berikut dibawah ini merupakan cara budidaya ikan tongkol yang diuraikan sebagai berikut :

  1. Pilihlah benih yang berkualitas

Budidaya ikan tongkol bisa diawali dengan pemilihan benih yang berkualitas terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar hasil dari budidaya ikan ini bisa memuaskan. Benih yang sudah disiapkan kemudian bisa dilakukan penebaran pada kolam yang nantinya bisa melakukan pemijahan dan bisa bertelur serta akan semakin tumbuh membesar.

  1. Pemberian pakan pada ikan tongkol

Ikan tongkol juga memerlukan pakan yang memiliki kandungan baik, agar pertumbuhan ikan semakin baik dan segera bisa untuk dipanen.

  1. Pemanenan ikan

Pada saat ikan tongkol sudah mulai membesar dan memasuki umur sekitar 4 sampai dengan 6 bulan maka ikan ini bisa untuk dipanen. Perlu anda ketahui bahwa panen ikan tongkol bisa dilakukan dengan banyak cara yaitu ditangkap langsung, menggunakan jaring, maupun dipancing.

Itulah tadi artikel yang bisa kami jelaskan pada segenap pembaca berkaitan dengan pengertian ikan tongkol, klasifikasi, ciri morfologi, manfaat, dan cara pembudidayaan yang bisa dilakukan. Semoga memberi wawasan bagi kalian semuanya.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *