Jenis Tanaman Aglaonema yang Populer di Indonesia

Diposting pada

Tanaman Aglaonema

Berbagai jenis tanaman hias biasanya digemari dan populer karena keindahannya dapat mempercantik perkarangan (lingkungan) rumah. Tanaman hias juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu contoh tanaman hias yang banyak diincar adalah aglonema.

Sejatinya banyak variasi warna, daun, motif, bentuk hingga ukuran yang menjadikan tanaman aglaonema dapat dibeli sesuai banyaknya daun yang ada.

Aglaonema

Aglonema mempunyai julukan lain di luar negeri dikenal dengan nama Chinese Evergreen. Chinese Evergreen mempunyai arti sebagai tanaman terbaik bagi pemula atau untuk orang-orang yang beraktifitas di luar rumah. Bunga aglaonema dapat tumbuh baik di tempat yang terang karena karakteristik aglaonema dapat mentolerir sebagian cahaya.

Oleh karena demikian tanaman aglaonema akan tumbuh baik apabila diletakkan di ruangan kantor walaupun hanya mengandalkan pencahayaan lampu neon. Kecantikan dari aglaonema dapat menarik perhatian karena warna, bentuk dan motifnya yang eksotis dan khas.

Jenis Tanaman Aglaonema

Aglaonema memiliki macam yang beragam antara lain sebagai berikut;

  1. Bidadari

Gambar Sri Rejeki Beracun Aglaonema Bidadari
Bidadari

Aglaonema bidadari disebut bidadari karena warna yang beragam seperti paduan antara kuning, merah muda, atau pink, dan hijau serta warnanya lebih cantik dibandingkan aglaonema yang lain. Tangkai penopang pada aglaonema memiliki warna merah muda dan unjung tangkai tumbuh bercak-bercak hijau.

Hal ini yang membuat banyak orang yang terpesona makanya dikenal sebagai bidadari karena daunnya yang cantik. Harga aglaonema bidadari berkisar Rp 300.000 hingga Rp 600.000 tak heran jika tergolong aglaonema yang mahal.

  1. Moonlight

Gambar Sri Rejeki Aglaonema Moonlight
Aglaonema Moonlight

Aglaonema moonlight dikenal sebagai moonlight karena bentuknya yang menyerupai cahaya bulan apabila terkena cahaya matahari. Aglonema ini termasuk jenis aglonema terbaik di Indonesia karena daun yang bulat dan cekung seperti mangkuk. Warna daun aglonema ini berwarna merah muda lebut yang berada di tulang daunnya.

Harga jual aglonema tergolong mahal tergantung pada ukuran dan coraknya biasanya dijual berkisar Rp 130.000 hingga R 350.000.

  1. Pride of Sumatera

Gambar Aglonema Pride of Sumatera
Aglonema Pride of Sumatera

Aglonema Pride of Sumatera merupakan aglonema yang sudah ada di Indonesia sejak lama (1980). Aglonema ini berasal dari Sumatera. Aglonema ini memiliki daun yang berwarna merah menyala dan tulang daunnya berwarna pink dan terdapat bercak hijau gelap.

Bentuk aglonema ini kokoh dan daunnya sangat kompak dengan bentuk daun elips yang memanjang. Aglonema tergolong mahal karena harganya berkisar Rp100.000-Rp250.000

  1. Lipstik (Siam Aurora)

gambar aglonema lipstik
Aglonema Lipstik

Aglonema siam auror dikenal sebagai aglonema lipstik karena pada tepi daunnya berwarna merah seperti lipstik. Bagian tengah pada daun aglonema berwarna hijau yang mengkilap sehingga menambah keindahan perpaduan warnya.

Banyak orang (pencinta tanaman hias) mengagumi keindahan aglonema ini dan dijual dengan harga Rp 75.000 – Rp 150.000.

  1. Widuri

Gambar Aglonema Widuri
Aglonema Widuri

Aglonema memiliki bagian tulang daun utama berwarna merah nyala jika diperhatikan secara detail. Daun aglonema ini berwarna kuning dan bercak hijaunnya hanya sedikit, Spot hijau pada daun lebar-lebarr dan didominasi warna pink.

Bentuk daun aglonema ini oval dengan permukaan yang agak cengkung. Aglonema ini dapat dikembangbiakan dengan mudah sekali. Harga aglonema terjangkau dijual dengan harga Rp 75.000

  1. Adelia

Gambar Aglonema Adelia
Aglonema Adelia

Aglonema Adelia dikenal sebagai adelia karena diambil dari nama seorang kolektor tanaman hias di Manila yaitu Adelia Angeles.

Aglonema ini memiliki bentuk daun berujung runcing dan warnanya merah yang menyala. Yang membuat aglonema ini cantik adalah bentuk daun yang besar, mengkilat, dan mempesona dengan perpaduan warna merah dan hijau. Aglonema ini dapat tumbuh hingga 30 cm terutama apabila berada di tanah gembur.

Perawatan aglonema Adelia berbeda dengan aglonema lainnya karena tidak terkena cahaya matahari dan ditempatkan di daerah semi-panas. Penyiraman dilakukan berkala dengan kapasitas air yang cukup dan penyemprotan di bagian daun sesuai kebutuhan aglonema tersebut. Aglonema adelia ini dijual dengan harga Rp 60.000.

  1. Legacy

Gambar Aglonema legacy
Aglonema Legacy

Aglonema legacy adalah aglonema termahal. Aglonema jenis ini memiliki ciri yang unik yaitu daun yang dibatasi oleh tulang daun yang berwarna merah lembut. Aglonema berdaun bulat dengan ujung daun yang runcing dan berwarna hijau kekuningan serta bercak hijau gelap yang berada di permukaan daun secara tersebar merata. Aglonema ini dijual dengan harga Rp 95.000.

  1. Claudia

Gambar Aglonema Claudia
Aglonema Claudia

Aglonema Claudia berasal dari Thailand yang biasanya ditempatkan pada areal didekat jenedela rumah. Aglonema ini memiliki keunikan yaitu adanya warna hijau pucat atau hijau kekuning-kuningan pada permukaan daun dan daun berstruktur rapi serta tersebar rata yang komposisi yang sangat teratur letaknya. Aglaonema

Claudia biasa ditempatkan di tempat yang terkena cahaya matahari namun tak usah khawatir bunganya akan kering ataupun kayu karena harus diimbangi dengan penyiraman yang rutin dan pemupukan setiap satu bulan sekali. Harga aglonema ini dijual dengan harga Rp 135.000.

  1. Cinta

Gambar Aglonema Cinta
Aglonema Cinta

Aglonema cinta ini sangat difavoritkan karena sebagai ungkapan cinta dan kasih sayang. Aglonema ini memiliki warna daun perpaduan serba ornamental antara hijau, kuning, pink dan oren. Aglonema ini sangat mudah dibudidayakan karena tahan terhadap suhu ruangan dan penanamannya mudah sekali. Harga jual aglonema ini berkisar Rp 100.000.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan dan selesaikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan macam tanaman aglaonema yang telah populer di masyarakat Indonesia. Semoga melalui konten ini bisa memberikan edukasi bagi kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *