Jenis Batang dan Sifatanya

Diposting pada

Macam Batang

Sejatinya tumbuhan juga tersusun atas organ-organ yang memiliki fungsi masing-masing sama halnya dengan tubuh manusia. Khususnya untuk struktur tumbuhan vegetatif dapat dipastikan memiliki batang. Baik untuk tumbuhan seperti halnya beragam jenis mangga, papaya, jahe, ataupun yang lainnya. Oleh sebab itulah pada artikel ini akan mengulas tentang macam-macam batang tumbuhan dan penjelasannya.

Batang

Batang adalah salah satu dari dua sumbu struktural utama dari tanaman vaskular. Dimana dalam bagian dari tanaman yang terletak di atas tanah memegang memiliki ciri tanaman tegak sehingga mereka bisa mendapatkan sinar matahari dan udara yang mereka butuhkan batang sebagai upaya mempertahankan hidup.

Jenis Batang

Berdasarkan lokasi mereka sehubungan dengan tanah pada lahan pertanian misalnya, ada tiga jenis batang. Antara lain;

  • Batang bawah tanah

Batang ini tetap di permukaan tanah dan menghasilkan pucuk udara yang naik di atas tanah. Akar mereka hadir di permukaan. Batang ini dimaksudkan untuk penyimpanan makanan dan perennation. Batang ini juga mampu diperbanyak secara vegetatif

  • Batang udara (Aerial Stems)

Batang ini ditemukan di atas tanah dan melakukan berbagai fungsi, sesuai dengan modifikasi yang terbentuk. Misalnya ada yang termodifikasi sebagai duri. Duri merupakan modifikasi batang ini muncul sebagai hasil yang keras, berkayu dan tajam yang melindungi tanaman. Contohnya pada Mawar.

  • Batang subaerial (Subaerial Stems)

Batang ini berjalan sejajar dengan tanah dan menghasilkan akar pada interval atau node tertentu. Batang jenis ini juga bisa dibagi lagi menjadi berapa jenis, salah satu diantaranya yaitu stolon yang berfungsi sebagai penguat yang arah hiudpnya menuju pada sinar matahari.

Sifat-Sifat Batang

Pada umumnya batang  yang ada dalam berbagai jenis tanaman hias, ataupun yang lainnya. Memiliki karakteristik, antara lain;

  1. Batang berbentuk panjang dan bulat sehingga atas kondisi inilah batang lekat dengan sifat aktinomorf.
  2. Bagian batang pada umumnya terdiri atas ruas-ruas yang diberikan sekat pada buku-buku, kemudian atas buku-buku bagian sekat tersebut tumbuhlah beragam daun.
  3. Umumnya bagian batang akan tumbuh ke atas sejajar dengan arah cahaya atau matahari, atas kondisi inilah batang bersifat fototrop atau heliotrope.
  4. Percabangan adalah ciri batang yang terjadi selama hidupnya.

Tugas Batang

Batang sebagai bagian daripada tumbuhan, memiliki struktur dan fungsi atas tigas-tugas yang berbeda. Antara lain;

  1. Mendukung tumbuhan untuk terus hidup atas tanah/air, kondisi ini dapat dilihat dari hadirnya bunga, daun, dan buah
  2. Batang bertugas untuk pengangkutan air dan zat-zat makanan yang di bawa oleh akar
  3. Batang memiliki tugas sebagai penimbunan zat cadangan makanan, untuk tumbuhan yang hidup.

Atas jenis, sifat, dan tugas batang tersebutlah dapat dikatakan batang memiliki peranan penting bagi tumbuhan. Bahkan ketika suatu tumbuhan itu mati (tidak hidup) yang terlihat pertamakali di permukaan adalah batangnya. Padahal sejatinya untuk kematian tumbuhan bisa dilihat dari akarnya.

Nah, itulah tadi penjelasan serta pengulasan yang bisa diberikan kepada segenap pembaca terkait dengan macam-macam batang, sifat, dan tugasnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan terkait pertanian. Trimakasih,

Daftar Pustaka

Tjitrosoepomo, Gembong. 1985. Morfologi Tumbuhan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *