3 Jenis Tanaman Bayam dan 10 Khasiatnya

Diposting pada

Macam-Macam Tanaman Bayam

Bayam menjadi salah satu jenis tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Terutama wilayah pedesaan yang notebene masih asri tumbuhan ini mudah untuk dijumpai. Tak khayal masyarakat bahkan seringkali menjualnya untuk di keperluan tanaman sayur mayur, sampai dijadikan kuluban. Banyak sekali jenis-jenis bayam yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari dan jenis bayam tersebut memiliki khasiatnya masing-masing.

Tanaman Bayam

Bahkan pada saat ini tenaman bayam seringjuga dijadikan sebagai usaha ekonomi kreatif yang mana banyak diporduksi home industri untuk pembuatan kripik. Adapun nama bayam ilmiah bayam adalah spinacia oleracea yang terdiri dari beragam jenis.

Pengertian Bayam Menurut Para Ahli

Adapun definisi bayam menurut para ahli, antara lain:

  1. Supriatna (2007), Pengertian Bayam ialah salah satu jenis tanaman daun yang bisa tumbuh didataran rendah maupun tinggi, dan berbentuk tumbuhan semak.
  2. Sellby (2010), Arti bayam ialah salah satu sayuran yang paling begizi. Bayam memiliki manfaat untuk mencegah berbagai penyakit karena melindungi dan memperkuat tubuh melalui berbagai cara.

Jenis Tanaman Bayam

Bayam ada yang dibudidayakan dan ada pula yang memang tidak dibudidayakan atau tumbuh liar seperti Bayam tanah Amaranthus Blitum dan bayam berduri Amaranthus spinosus L, kedua bayam ini memiliki karakter agak keras dan kasap, warna batangnya agak kemerahan.

Bayam tersebut memang jarang dibudidayakan sebab memang usia panennya tidak secepat beberapa bayam yang biasa ditanam (budidaya). Adapun contoh bayam yang biasa dibudidaya, yaitu:

  1. Bayam Cabut (Amaranthus tricolor)

Tumbuhan Bayam Cabut

Struktur batang bayam cabut atau bayam sekul ada warnanya kemerah-merahan (bayam merah) dan ada pula yang warnanya hijau keputih-putihan (bayam putih). Bayam ini berbunga pada ketiak daun. Jenis bayam ini biasanya dijual bersama dengan akaranya berbentuk ikatan sebesar lingkaran dua jari. Jenis bayam cabut yang dianjurkan untuk ditanam yaitu Giti Hijau dan Giti Merah.

  1. Bayam Tahun (Amaranthus Hybridus)

Tanaman Bayam Tahunan

Bayam tahun atau bayam sekop atau bayam kakap memiliki daun yang lebar. Macam bayam ini mempunyai dua varietas, yaitu varietas caudatus dan varietas paniculatus. Varietas caudatus memiliki jenis daun yang agak panjang, ujungnya runcing, dan warnanya hijau atau merah tua. Bunganya merangkai panjang di ujung-ujung batang.

Varietas paniculatus mempunyai dasar daun yang lebar dan warnanya hijau. Rangkaian bunganya panjang dan tersebar diketiak daun atau cabang, tapi lebih teratur daripada varietas caudatus.

Bayam tahun ada yang memiliki biji berwarna putih, yang dikenal dengan nama bayam maksi. Biji bayam maksi enak dimakan sebagai bubur atau campuran roti. Sewaktu masih muda , batang bayam maksi berwarna merah,  tapi setelah dewasa berwarna hijau kemerahan.

  1. Bayam Merah

Tanaman Bayam Merah

Habitat asal bayam merah adalah dari Amerika tropis, dan menyebar tumbuh dengan baik dinegara negara beriklim tropis dan subtropis. Bayam merah bisa tumbuh sepanjang tahun, biasanya ditemukan pada wilayah dengan ketinggian hingga 2000m dpl.

Jenis tanaman bayam merah merupakan salah satu dari beberapa varietas bayam yang ada, diantaranya bayam hijau,bayam duri, bayam tanah dsb. Bayam merah terdiri dari 2 jenis, yaitu bayam merah yang seluruh daun dan jenis batangnya berwarna merah (blitum rubum) dan yang berdaun merah tapi batang berwarna hijau (blitum album). Tanaman bayam merah ini sangat bermanfaat dalam dunia kesehatan karena dapat menjadi obat untuk beberpa penyakit.

Khasiat Bayam Secara Umum

Bayam memiliki manfaat untuk kesehatan yaitu sebagai berikut;

  1. Mangatasi Diabetes

Bayam mengandung antioksidan yang dikenal sebagai asam alfa-lipoat, fungsi daun bayam ini telah terbukti menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah oksidatif, perubahan yang diinduksi stres pada pasien penderita diabetes.

Studi tentang asam alfa-lipoat juga menunjukkan penurunan neuropati perifer dan neuropati otonom pada penderita diabetes. Namun, sebagian besar penelitian telah menggunakan asam alfa-lipoat intravena, dan tidak pasti apakah suplemen oral akan memperoleh manfaat yang sama.

  1. Pencegahan Kanker

Bayam dan sayuran hijau lainnya mengandung klorofil. Beberapa studi, termasuk studi  pada tahun 2013 yang dilakukan pada 12.000 hewan, telah menunjukkan klorofil efektif dalam memblokir efek karsinogenik dari amina heterosiklik yang dihasilkan saat memanggang makanan pada suhu tinggi. Bayam dapat berkontribusi untuk mencegah pertumbuhan kanker.

  1. Pencegahan Asma

Sebuah studi terhadap 433 anak-anak penderita asma antara usia 6 dan 18 tahun, dan 537 anak-anak tanpa asma, menunjukkan bahwa risiko asma lebih rendah pada orang yang memiliki asupan nutrisi tertentu yang tinggi. Salah satu nutrisi ini adalah beta-karoten. Bayam adalah sumber beta-karoten.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Setiap tubuh manusia tentunya memiliki tekanan darah yang berbeda-beda. Namun, tekanan darah tersebut harus selalu dikontrol agar tidak berlebihan. Salah satu tumbuhan yang dapat menurunkan tekanan darah adalah bawam. Karena kandungan kalium yang tinggi, bayam direkomendasikan untuk orang dengan tekanan darah tinggi. Kalium dapat membantu mengurangi efek natrium dalam tubuh.

  1. Kesehatan Tulang

Asupan vitamin K yang rendah telah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Konsumsi vitamin K cukup penting untuk kesehatan, karena bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan dapat mengurangi jumlah kalsium yang tertinggal dalam tubuh (dalam urin).

  1. Kelancaran Sitem Pencernaan

Sistem pencernaan manusia adalah hal yang harus terus dijaga salah satunya adalah memakan makanan yang kaya akan serat. Bayam merupakan salah satu tanaman yang kaya serat dan air, yang keduanya kandungan ini sangatlah membantu mencegah sembelit dan melancarkan saluran pencernaan.

  1. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Bayam memiliki sejumlah besar vitamin A, yang memoderasi produksi minyak di pori-pori kulit dan folikel rambut untuk melembabkan kulit dan rambut. Minyak inilah yang bisa menimbun jerawat. Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Bayam dan sayuran hijau lainnya yang kaya vitamin C sangat penting untuk membangun dan memelihara kolagen, yang menyediakan struktur untuk kulit dan rambut. Kekurangan zat besi adalah penyebab umum rambut rontok, yang dapat dicegah dengan asupan makanan kaya zat besi yang memadai, seperti bayam.

  1. Meredakan Peradangan

Radikal bebas tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Salah satu dampak yang ditimbulkan dari radikal bebas adalah peradangan. Untuk mengatasi hal tersebut tanaman bayam dapat menjadi salah satu alternatifnya. Tanaman bayam memiliki anti oksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas tersebut.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu organ yang sangat vital pada tubuh manusia. Namun, mata juga menjadi salah satu organ yang rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, kesehatan dari mata ini dapat terus dijaga. Tanaman bayam tentunya dapat membantu manusia untuk menjaga kesehatan mata dikarenakan bayam memiliki kandung seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang baik untuk mata.

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh tentunya harus terus dijaga sistem kekebalannya. Tanpa kita sadari jika melihat banyaknya aktivitas yang dilakukan tentu saja kita harus menjaga tubuh kita agar tidak terkena penyakit. Tanaman bayam ini dapat membantu kita menjaga sistem kekebalan tubuh dikarenakan bayam banyak mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan magnesium.

Nah, demikianlah serangkaian artikel yang bisa kami bagikan serta tuliskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan beragam macam tanaman bayam dan manfaatnya secara umum. Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan serta menambah edukasi mendalam bagi segenap pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.