9 Jenis Biji dan Contohnya

Diposting pada

Macam-macam biji

Jenis bijian memang sudah banyak dijadikan sebagai sumber makanan sehat untuk beberapa orang dan umumnya juga merupakan bagian penting dari program diet. Bagian biji-bijian merupakan pangan nabati yang dapat memberikan tubuh nutrisi seperti mineral, karbohidat bahkan vitamin yang berperan penting dalam memberikan tenaga atau energi pada kinerja otot, otak, dan banyak lagi.

Supaya kamu lebih mengerti dan memahami tentang apa saja yang berkaitan dengan jenis biji- bijian yang terdapat di dunia dan baik untuk dikonsumsi oleh tubuh tiap harinya. Berikut kami jelaskan sepuluh jenis biji- bijian yang baik untuk dikonsumsi tiap harinya.

Biji

Pengertian biji– bijian sudah banyak dikenal oleh masyarakat secara luas sebagai bahan pangan yang mengandung banyak kegunaan dalam bidang kesehatan misalnya dapat mengurangi kandungan lemak dalam tubuh, menurunkan kadar gula darah sehingga resiko penyakit diabetes dapat berkurang dan masih banyak lagi kegunaan bahan pangan dari biji- bijian dalam bidang kesehatan.

Oleh karena itu, tak banyak orang yang mengelola budidaya tanaman pangan yang dimanfaatkan pada bagian bijinya untuk diperjual belikan yang dikonsumsi oleh masyarakat luas seperti jagung, sorgum, beras, wijen, biji matahari dan masih banyak lagi jenis biji- bijian yang terdapat di dunia ini.

Jenis Biji dan Contohnya

Berikut merupakan jenis-jenis biji-bijian beserta dengan contohnya:

  1. Biji Chia

Macam biji- bijian yang pertama kita bahas adalah biji chia. Biji chia ini sekarang ini paling dikenal sebagai bahan pangan sebagai makanan yang super karena memiliki sebab yang bagus. Pada biji chia ini hanya dengan berat 1 ons saja atau bisa dikira- kira sekitar dua sendok makan terdapat kandungan serat hingga 10 gram.

Biji chia ini biasanya dikenal sebagai tanaman dari Salvia hispanica L yang merupakan salah satu macam tanaman yang dapat hidup subur di daerah Meksiko dan beberapa daerah di Amerika Selatan. Pada daerah asalnya tanaman ini banyak dibudidayakan dan dikonsumsi karena bermanfaat dalam kesehatan tubuh manusia.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam biji chia misalnya mineral, serat, anti oksidan, vitamin, protein, bahkan asam lemak omega 3. Sementara itu, biji chia juga banyak terdapat kandungan kalsium yang sangat berfungsi dalam membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang.

Banyak sekali kegunaan yang kamu dapat rasakan jika mengonsumsi biji chia secara rutin sebab jenis biji chia ini mampu membantu dalam mengurangi nyeri radang sendir dan menghindari resiko penyakit jantung dan diabetes bahkan dapat mengurangi berat badan tubuh lho.

Mengonsumsi biji chia dapat dilakukan dengan cukup mudah yaitu pertama haluskan biji chia dalam blender,biji chia dapat dijadikan sebagai topping yang renyah sempurna apabila ingin mengonsumsi bersamaan dengan yogurt ataupun sayuran.

Ketika kamu ingin merendam biji chia dalam cairan misalnya susu almond ataupun jus, cairan tersebut akan dapat menjadi lembut dan dapat dimakan dengan sendok serta bisa dipadukan dengan dessert pudding lho. Jika kamu memakan dua cangkir biji chia sama aja kamu memakan sepotong keju cheddar lho sahabat.

  1. Biji labu

Jenis biji- bijian kedua yang kita bahas adalah biji labu. Biji labu ini merupakan makanan camilan yang paling enak banget dan tentunya menyehatkan bagi kesehatan tubuh kamu. Alasannya di dalam biji labu banyak terdapat kandungan nutrisi seperti mineral dan magnesium yang sangat berguna dalam meningkatkan kesehatan jantung, memproduksi energi yang berguna dalam memberikan kekuatan bagi tubuh atau kinerja otot dan otak.

Biji labu ini juga dikenal dengan manfaatnya dalam menjaga kesehatan pembuluh darah bahkan dapat mengurangi kandungan kolesterol di dalam darah. Biji labu ini kaya akan kandungan serat dan zat besi sehingga dapat memproduksi energi yang bagus bagi kinerja tubuh.

Sementara itu, struktur biji labu ini merupakan macam biji- bijian yang bersifat basa di dunia sehingga biji labu ini juga sangat tepat untuk dikonsumsi apabila kamu sedang menjalani program diet sehat.

Kandungan gizi pada biji labu ini cukup kaya misalnya di dalam berat biji labu sekitar 100 gram terdapat kandungan protein yang dapat mencukupi kebutuhan protein keseharianmu yaitu berkisar hingga 54% lho. Bukan hanya kandungan protein saja yang terdapat di dalam biji labu ini namun ada beberapa kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin B dan B kompleks yang sangat berguna sekali bagi kesehatan tubuh kamu.

Biji labu juga terdapat kandungan magnesium, asam pantotenat, asam amino, zinc, folat, riboflvin hingga thiamin yang baik. Kegunaan lain dari biji labu ini yaitu dapat mengurangi radang nyeri sendi hingga membantu kamu agar dapat tidur lebih nyanyak. Oleh karena itu, coba yuk dengan mengonsumsi biji labu ke dalam menu makanan sehat kamu seperti salad tentunya.

  1. Biji Delima

Jenis biji- bijian ketiga yang kita bahas adalah biji delima. Biji delima ini mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi lho. Dalam secangkir yang terisi penuh biji delima setara dengan kandungan kalori sekitar 130 kalori sehingga sangat cocok sekali sebagai bahan makanan camilan ringan yang menyehatkan.

Biji delima ini juga dapat dipadukkan dengan salad ataupun hidangan dari gandum sehingga memberikan semburan rasa dan warna yang menarik dan berair di pirang hidangan kamu. Di dalam biji labu kandungan antioksidan yang sangat tinggi biasanya digunakan sebagai bahan suplemen kecantikan dan kesehatan.

Kandungan polyphenols yang terdapat di dalam biji buah delima biasanya juga difungsikan untuk membantu dalam menurunkan resiko penyakit kanker dan gangguan liver.

  1. Biji quinoa

Jenis biji- bijian keempat yang dibahas adalah biji quinoa. Quinoa adalah salah satu spesies tanaman yang berasal dari genus Goosefoot yang berasal dari daerah Pegunungan Andes di negara Peru. Biji quinoa ini biasanya dijadikan sebagai bahan makanan pengganti makanan utama.  Apabila kamu mencari kandungan protein nabati yang sehat kamu bisa mulai mengonsumsi biji quinoa.

Kandungan lemak sehat yang cukup tinggi di dalam biji quinoa ini biasa digunakan sebagai rekomendasi makanan diet. Sementara itu, kandungan serat dan protein yang tinggi menjadikan banyak orang yang mengonsumsinya dapat kenyang lebih lama tanpa harus merasakan takut lemas.

Dengan rutin mengonsumsi biji quinoa dapat menjadikan jantung dan kolesterol selalu terjaga kesehatannya. Paket biji misalnya biji- bijian 8 gram per cangkir dapat kamu hidangkan seperti nasi dan bisa diisikan untuk pasti atau hidangan kamu lainnya.

  1. Biji rami

Apabila kamu tidak mengonsumsi cukup ikan, kamu dapat menambahkan biji rami ke dalam hidangan kamu lho. Mengonsumsi biji rami bisa memperoleh kandungan asam lemak omega 3, lemak sehat yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung kamu. Biji rami merupakan sumber pangan terbaik dari kandungan nutrisi penting ini sehingga dapat memberikan kamu dosis kandungan serat yang baik pula.

Saat bijinya telah digiling hingga membentuk tepung rami, tepung tersebut dapat mengurangi adanya tekanan darah. Dapat ditambahkan ke dalam hidangan salad, adonan pancake ataupun oatmeal. Kandungan serat di dalam biji rami juga dapat menahan nafsu makan kamu lho sehingga cocok untuk program diet dan menurunkan berat badan.

  1. Biji bunga matahari

Jenis biji- bijian berikutnya yang kita bahas yaitu biji bunga matahari. Dalam satu porsi 1 ons terdapat kandungan hampir sekitar setengah vitamin E keseharian kamu. Biji bunga matahari ini juga tinggi akan kandungan lemak yang sehat. Sehingga kamu biji menambahkan biji bunga matahari ke dalam hidangan kamu seperti burger vegetarian untuk menambahkan rasa dan nutrisi ekstra hidangan kamu.

Biji bunga matahari juga dapat menjadi bahan tambahan yang baik dalam smoothie pagi kamu. Tentunya kamu tetap bisa selalu mengemil langsung dari kantong biji bunga matahari. Biji bunga matahari atau biasa dikenal sebagai kuaci ini banyak yang menghindari makanan ini karena kandungan lemak di dalamnya padahal kandungan lemak tersebut sangat bagus dan menyehatkan untuk tubuh.

Melalui pakar diet menyampaikan bahwasaya apabila kita mengonsumsi kuaci atau biji bunga matahari terdapat kandungan protein, lemak tak jenuh, bahkan serat yang tinggi sehingga dapat menjaga ataupun menahan rasa kenyang yang lebih lama.

  1. Biji wijen

Jenis biji- bijianberikutnya yang kita bahas adalah biji wijen. Biji wijen ini merupakan salah satu bahan pangan yang paling serbaguna di luar daerah sana. Biji wijen yang diolah menjadi minyak dapat menjadi opsi yang cerdas untuk bahan pembuatan saus salad, karena terdapat kandungan asam lemak yang bisa menurunkan kandungan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Apabila biji wijen digiling hingga membentuk pasta, maka merubah menjadi olahan tahini, pengganti selai kacang bagi orang- orang yang alergi terhadap kacang. Biji wijen ini juga kaya akan kandungan protein dan serat serta sangat cocok apabila ditambahkan dalam tumis sayur untuk memberikan sensasi kerenyahan pada hidangan tersebut.

Di dalam biji juga terdapat kandungan mineral yang bagus untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan tersebut misalnya kalsium, zinc, vitamin B, zat besi bahkan serat yang seluruhnya berguna dalam meningkatkan kekebalan tubuh kamu.

  1. Biji almond

Jenis biji- bijian berikutnya yang kita bahas adalah biji almond. Biji almond berperan dalam menormalkan tingkatan lemak didalam darah sehingga dapat mengurangi resiko beberapa penyakit seperti kardiovaskular pada penyakit diabetes.

Biji almond sering dijadikan bahan makanan camilan ataupun sebelum makan karena banyak yang percaya dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Sebab biji almond ini dipercaya sebagai bahan pangan pengganti protein hewani yang dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga dapat mengurangi kalori dalam tubuh.

  1. Biji soba

Jenis biji- bijian berikutnya yang dibahas adalah biji soba atau buckwheat yang merupakan salah satu jenis biji yang utuh bebas dari gluten. Soba ini dikemas dengan banyak kandungan nutrisi di dalamnya misalnya kandungan fosfor, zat besi, serat, mangan, tembaga, magnesium bahkan vitamin B.

Kulit yang terdapat di soba utuh adalah sumber kandungan pati resisten yang bagus untuk kesehatan. Pati resisten tersebut dapat menaikkan kontrol gula darah, mengurangi berat badan, dan menjaga kesehatan jantung dan pencernaan.

Biji- bijian ini juga dapat diolah membentuk tepung yang berguna dalam pembuatan roti gandum. Biji rye terdapat kandungan serat yang sangat tinggi sehingga dapat membantu dalam mengurangi kinerja penyerapan karbohidrat di dalam usus.

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan kepada segenap pembaca terkait materi jenis-jenis biji beserta dengan contohnya yang dapat kita temui dikehidupan sehari-hari. Semoga saja dapat memberikan referensi bagi kalian semua yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.