Jenis Pohon Cemara dan Klasifikasinya

Diposting pada

Jenis Pohon Cemara

Pohon cemara merupakan jenis pohon evergreen, artinya daun-daunnya jarang mengering dan berubah warna ataupun rontok di musim gugur. Ada pohon cemara yang usianya bisa mencapai ratusan hingga ribuan tahun yang tersebar di berbagai lahan pertanian yang mencakup wilayah Amerika Selatan, Afrika Selatan, Australia hingga Selandia Baru. Sedangkan di wilayah khatulistiwa, pohon cemara bisa ditemukan salah satunya yaitu di Indonesia.

Tanaman Cemara

Suku cemara-cemaraan atau Casuarinaceae meliputi sekitar 70 jenis tumbuhan. Sebagian besar suku ini ada di Belahan Bumi Selatan, terutama di wilayah tropis, termasuk Indo-Malaysia, Australia, dan Kepulauan Pasifik.

Cemara merupakan tetumbuhan hijau abadi yang sepintas lalu bisa disangka sebagai tusam karena rantingnya yang beruas pada dahan besar kelihatan seperti jarum, dan buahnya mirip runjung kecil.

Akan tetapi, pada kenyataannya pepohonan ini tidak termasuk Gymnospermae, sehingga tanaman ini mempunyai bunga, baik jantan maupun betina. Bunga betinanya tampak seperti berkas rambut, kecil berwarana kemerah-merahan (Wikipedia, 2019).

Jenis Cemara

Berikut ini beberapa jenis yang ada dalam ciri morfologi cemara dan penjelasannya secara singkat, antara lain sebagi berikut;

Cemara Monterey (Monterey Cypress)

Tanaman Cemara Monterey

Jenis cemara ini tumbuh di wilayah Monterey Bay, California. Ini memiliki dedaunan hijau kebiruan yang sangat gelap, dan kerucutnya dapat mencapai hingga 1,5 inci. Monterey cypress dapat mencapai ketinggian maksimum hingga 70 kaki tetapi biasanya jauh lebih pendek. Pohon kulitnya bersisik dan bergerigi dan berwarna coklat tua hingga abu-abu yang lebih terang.

Cemara Gowen (Gowen Cypress)

Tanaman Cemara Gowen

Kerucut dari cemara Gowen berdiameter kurang dari satu inci dan dedaunan berwarna hijau gelap. Pohon ini terdiri dari kulit kayu merah kecokelatan, dan pohon cemara Gowen tertinggi dapat mencapai hingga 25 kaki, dengan banyak spesies yang lebih mirip semak besar. Cemara Gowen biasanya tumbuh di sepanjang pantai California dan ditemukan di tanah alkali yang lebih kering.

Cemara Macnab (Macnab Cypress)

Pohon cemara Macnab memiliki dedaunan yang berwarna hijau. Kerucut yang berukuran kecil, sekitar setengah inci lebar, memiliki proyeksi seperti tanduk pada skala yang menutupi mereka. Biasanya ada kilau keunguan dari kulit pohon cemara ini, berwarna merah keunguan.

Sementara beberapa dapat tumbuh hingga 40 kaki, pohon itu lebih sering daripada tidak bersifat semak-semak. Macnab tumbuh di California Utara sedangkan Cypress Modoc sangat mirip tumbuh sedikit lebih jauh ke utara ke Oregon.

Cemara Arizona (Arizona Cypress)

Tanaman Cemara Arizona

Cemara Arizona kebanyakan ditemukan di Arizona tetapi dengan beberapa pohon yang tumbuh di California Selatan dan Texas bagian barat, memiliki dedaunan hijau keabu-abuan. Setelah pohon matang, kulitnya berubah menjadi coklat dan berserat.

Beberapa pohon yang memiliki manfaat yang baik untuk tanah dan perlindungan dari angin dapat tumbuh setinggi 60 kaki. Mahkota Cypress Arizona padat dengan cabang dan dedaunan dan berbentuk seperti kerucut. Ini populer sebagai pohon Natal dan pepohoann untuk lansekap.

Cemara Botak (Bald Cypress)

Tanaman Cemara Botak

Bald Cypress adalah pohon terbesar yang tumbuh di sebelah timur Sungai Mississippi, dengan ketinggian lebih dari 120 kaki. Secara teknis ini bukan jenis pohon cemara; kerabatnya adalah kayu merah dan sequoia. Pohon ini sering tumbuh di rawa-rawa di Deep South dengan lumut Spanyol yang menutupi cabang-cabangnya.

Pohon itu dapat tumbuh subur di dalam air, dengan akarnya yang menghasilkan apa yang oleh para ahli botani disebut “lutut” berkayu, yang muncul dari air di sekitar pohon dan mungkin tingginya lebih dari beberapa kaki.

Montezuma baldcypress of Mexico membutuhkan tanah basah untuk tumbuh, dan diperkirakan berumur ribuan tahun.

Leyland Cypresses

Tanaman Leyland Cypresses

Leyland cypresses bukan pohon cemara sejati, tetapi merupakan persilangan antara Monterey Cypress (Cupressus macrocarpa) dan Alaska-cedar (Chamaecyparis nootkatensis). Pohon-pohon ini umumnya tidak terjadi secara alami, tetapi harus dibiakkan dan diperbanyak dari kedua varietas pohon tersebut.

Meskipun mereka dapat digunakan sebagai ornamen, mereka telah menemukan ceruk sebagai pohon Natal di seluruh Amerika Serikat.

Klasifikasi Cemara

Klasifikasi ilmiah pohon cemara yaitu sebagai berikut:

  • Kerajaan (Kingdom)   : Plantae
  • Divisi (Division)          : Magnoliophyta
  • Kelas (Class)               : Magnoliopsida
  • Ordo                            : Fagales
  • Famili (Family)            : Casuarinaceae

Nah, itulah tadi penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan jenis pohon cemara dan klasifikasi secara ilmiahnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *