3 Jenis Daun dan 3 Fungsinya Pada Tumbuhan

Diposting pada

Macam Daun dan Manfaatnya

Dalam setiap tumbuhan tentunya memiliki sebuah daun. Daun sejatinya merupakan salah satu struktur pokok tumbuhan yang memiliki peranan sangat penting. Hal ini disebabkan karena daun adalah salah satu dari morfologi tanaman yang masuk dalam arti batang yang termodifikasi kemudian berbentuk ulasan pipih serta terdiri dari sel-sel atas jaringan pada batang itu sendiri.

Oleh karenanya pada artikel ini mengulas secara lengkap terkait dengan jenis-jenis daun dan fungsinya dalam sebuah tanaman.

Daun

Daun adalah organ utama pada tumbuhan yang bertanggung jawab untuk fotosintesis karena mengandung klorofil. Sehingga bisa dikatakan bahwa daun ini merupakan ‘dapur tanaman’. Selain itujuga daun memiliki dua bagian utama yakni Helai daun (lamina) dan tangkai daun (petiole).

Jenis Daun

Dalam tumbuhan terdapat beberapa klasifikasi daun yang bisa didasarkan pada banyak kenampakan anatomis dan morfologis, diantaranya yaitu:

  1. Helai Daun

Jenis helai daun bisa dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Daun Sederhana – lamina atau bilah daun tidak terbagi. Bahkan jika ada divisi kecil, daun-daun tersbeut tidak mencapai pelepah dan membagi lamina.
  2. Daun Majemuk – bilah daun dibagi dari pelepah menjadi dua bagian atau lebih bagian. Kadang-kadang bagian yang dibagi ini berfungsi sebagai daun yang terpisah.
  1. Bentuk helai

Berdasarkan bentuk helai, bisa dibedakan menjadi:

  1. Pulat Panjang (Elliptical)
  2. Pisau Pembedah (Lanceolate)
  3. Linier
  4. Bulat Telur (Ovale)
  5. Hati (Cordate)
  1. Tangkai Daun

Berdasarkan ada tidaknya tangkai daun, bisa dibedakan menjadi:

  1. Petiolate – Daun ini memiliki tangkai atau tangkai daun yang menempel pada batang.
  2. Sesile – Daun ini tidak memiliki tangkai daun dan langsung melekat pada batang.

Fungsi Daun

Berikut ini adalah fungsi dan kegunaan daun pada tumbuhan.

  1. Sebagai tempat tumbuhan memasak makanannya (memperoleh energi) sendiri.

Dalam sebuah tanaman tentunya dikenal dengan istilah fotosintesis. Fotosintesis ini merupakan salah satu proses yang dilakukan oleh sebuah tanaman untuk memasak makanannya. Daun merupakan tempat terjadinya proses fotosintesis ini.

  1. Sebagai tempat tumbuhan bernapas.

Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang juga perlu bernapas. Tumbuhan dapat bernapas melalui organ daun, batang, dan rambut akar. Di daun ini tumbuhan mendapatkan udara melalui stomata.

  1. Sebagai tempat terjadinya transpirasi (pelenyapan air oleh tumbuhan).

Setiap tumbuhan tentunya memerlukan air untuk dapat bertahan hidup. Air diserap melalui akar-akar yang dimilikinya. Namun, dari air yang diserap oleh tumbuhan tersebut sekitar 5% nya akan dikeluarkan kembali oleh tumbuhan. Air yang tersebut akan dikeluarkan oleh tumbuhan dalam bentuk gas melalui daunnya.

Demikianlah artikel yang dapat dibagikan kepada kalian semua terkait dengan penjelasan materi jenis-jenis daun dan fungsinya pada tumbuhan. Semoga saja dapat memberikan referensi bagi pembaca yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.