Jenis Mangga dan Klasifikasi Ilmiahnya

Diposting pada

Macam Mangga

Mangga termasuk salah satu definisi buah yang paling banyak dibudidayakan di daerah tropis, tak terkecuali di Indoensia yang  keberadaannya juga melimpah dengan bermacam-macam jenisnya, karena memang mangga memiliki lebih dari seratus varietas. Hal itu menyebabkan mangga memiliki beragam bentuk dan warna. Kulit mangga bisa berwarna oranye, merah atau hijau, tergantung pada varietasnya.

Bentuk buahnya juga bisa berbeda dari bulat ke panjang atau oval. Daging buah mangga berair dan berwarna kuning hingga oranye. Mangga bukanlah buah yang selalu ada setiap waktu, tapi buah musiman yang bisa dipanen hanya pada bulan-bulan tertentu. Diperkirakan bahwa pohon ini bisa dipanen pada bulan Maret (musim panas) hingga akhir Mei.

Tanaman Buah Mangga

Mangga memiliki julukan yaitu “Raja buah-buahan (The king of the fruits)”, karena ini bua adalah salah satu buah yang paling populer, kaya nutrisi dengan rasa, aroma, dan rasa, serta bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kesehatan, menjadikannya numero-uno di antara makanan fungsional baru, yang sering disebut sebagai “buah super”.

Secara botani, buah eksotis ini termasuk dalam famili Anacardiaceae, famili yang juga mencakup banyak spesies pohon buah tropis seperti jambu mete, pistachio (kacang pistacio).

Pengertian Mangga

Mangga (Mangifera indica L) merupakan buah yang diperkirakan berasal dari India, tepatnya yaitu daerah sekitar Bombay dan daerah sekitar kaki gunung Himalaya, yang kemudian tersebar daerah lainnya, diantaranya ada yang hingga ke Amerika Latin, terutama Brasilia, sebagian ke benua Afrika, juga negeri di kawasan Asia Tenggara, seperti Vietnam, kepulauan Philipina dan kepulauan Jawa (Aak, 1991).

Pengertian Mangga Menurut Para Ahli

Adapun definisi mangga menurut para ahli, antara lain:

  • Cambridge Dictionary, Mangga adalah buah tropis berbentuk oval dengan kulit halus, daging berwarna oranye-kuning, dan biji besar dan keras di tengah.
  • Vocabulary, Mangga adalah buah tropis yang manis. Mangga yang sudah matang berair, berdaging, dan lezat. Seperti halnya buah persik dan prem, mangga memiliki lubang yang tidak bisa dimakan di bagian tengahnya. Kulit mangga sangat keras dan juga tidak bisa dimakan. Mangga tumbuh di iklim hangat di Asia Selatan, dan merupakan buah nasional resmi Pakistan, India, dan Filipina.

Buah lezat ini pertama kali diimpor ke Amerika Utara pada abad ke-17 dalam bentuk acar. Kata mangga atau dalam Bahasa Inggris mango berasal dari kata Tamil mankay yang artinya “pohon buah mangga”

Jenis Mangga

Berikut ini adalah beragam macam tanaman mangga yang banyak dibudidayakan di Indonesia, antara lain sebagai berikut;

Mangga Arumanis

Tanaman Mangga ArumanisMangga arumanis memiliki aroma yang harum dan rasa yang manis, sebagaimana namanya “harum manis”. Ciri-ciri mangga arumanis yaitu:

  1. Ketinggian pohon sekitar 9 m.
  2. Daunnya berukuran cukup besar, bisa mencapai panjang sekitar 45 cm, dengan bentuk yang lonjong dan ujung meruncing. Dedaunan tersebut lebat dan mahkota pohon yang meyerupai kerucut.
  3. Kulit buah berwarna hijau yang tertutupi oleh lapisan lilin, sehingga Nampak seolah-olah kelabu.
  4. Buah berbentuk lonjong dan ujungnya runcing, dengan berat rata-rata 450 g dan panjangnya sekitar 15 cm. Pada ujung buah terdapat paruh dan sinus/lekukan yang terlihat cukup jelas. Daging buah tebal berwarna kekuningan saat sudah matang dengan tekstur lembut dan empuk, serta terdapat sedikit atau kadang tak berserat.
  5. Bijinya berbentuk pipik, berserat pendek, dengan panjang sekitar 13 cm.

Mangga Apel

Tanaman Mangga Apel

Jenis mangga yang satu ini memiliki bentuk yang bulat menyerupai apel. Ciri-ciri mangga apel, yaitu:

  1. Kulit buah berwarna hijau keunguan atau kemerahan di bagian pangkal buah.
  2. Aromanya harum.
  3. Rasanya masm saat masih muda dan agak manis saat sudah matang.

Mangga Golek

Tanaman Mangga Golek

Mangga goleh memiliki ciri-ciri yaitu:

  1. Ketinggian pohon sekitar 9 m dengan tajuk membulat.
  2. Daun berbentuk lonjong, dengan pangkal meruncing dan ujung berbentuk mata tombak. Panjangnya 24 cm, lebarnya 6 cm. Tulang daun berjumlah 24 pasang.
  3. Permukaannya kulit buah terdapat bintik-bintik.
  4. Buah berbentuk runcing, panjangnya sekitar 17 cm, beratnya bisa mencapai 500 g. Daging buah tebal, agak lunak, berwarna kuning tua jika sudah matang, tidak berserat, tidak banyak mengandung air, aromanya cukup harum, dan rasanya manis.
  5. Arti biji buah berserat pendek, panjangnya sekitar 14 cm dengan bentuk pipih memanjang.

 Mangga Madu

Tanaman Mangga Madu

Jenis mangga ini memiliki rasa yang manis seperti madu sesuai namanya “mangga madu”.  Mangga yang satu ini bukan hanya dapat ditemukan di Indonesia, tapi di negara-negara lain juga, seperti India, Hawai, Florida, dan Afrika Selatan. Ciri-ciri mangga madu, yaitu:

  1. Ketinggian pohon sekitar 10 m dengan tajuk mencapai 13 m.
  2. Daun dan percabangan relatif sedikit. Daun tersebut agak lonjong berbentuk melipat, ujungnya runcing. Panjangnya sekitar 22,5 cm, lebarnya ,5 cm.
  3. Kulit buah halus dilapisi lilin, dan memiliki bintik-bintik kelenjar putih kehijauan.
  4. Buah berbentuk bulat dengan ujung membulat, panjangnya sekitar 10 cm. Daging buah berwarna kuning dengan bagian dalam berwarna kuning tua seperti madu, sedikit berserat, kadar air sedang, aroma cukup harum.
  5. Biji buah berserat pendek, dengan panjang sekitar 9 cm.

Mangga Manalagi

Tanaman Mangga Manalagi

Jenis mangga ini memiliki ukuran yang hamper sama dengan mangga madu. Keunikan dari mangga ini adalah rasanya yang merupakan perpaduan antara mangga golek dan mangga arumanis. Ciri-ciri mangga manalagi, yaitu:

  1. Ketinggian pohon sekitar 8 m, dengan mahkota agak bulat berdiameter sekitar 12 m.
  2. Daun berbentuk lonjong dengan ujung meruncing, dan pada bagian pangkalnya lebih besar dan tidak terlalu meruncing. Panjang daun sekitar 25 cm, lebarnya 7,5 cm. Permukaan daun sedikit berombak.
  3. Kulit buah relatif tebal, terdapat bintik- bintik kelenjar berwarna putih dan berubah menjadi cokelat pada bagian tengahnya saat sudah masak.
  4. Daging buah tebal, berserat sangat halus, kadar air sedikit, berwarna kuning, dan lunak. Rasanya manis, segar, dan aroma yang harum. Buah yang hamper masak sudah memiliki rasa yang manis.
  5. Biji buah berukuran agak besar, dengan panjang sekitar 14 cm dan memiliki serat pendek.

Mangga Alpukat

Tanaman Mangga Alpukat

Jenis mangga ini disebut mangga alpukat karena bentuknya yang mirip alpukat. Mangga yang berasal dari wilayah Pasuruan, Jawa Timur ini merupakan hasil perkawinan silang antara mangga gadung dengan mangga madu.

Ciri yang unik dari mangga alpukat, yaitu serat buah sangat halus, sehingga menyebabkan bijinya mudah dibuang dengan cara diiris daging buahnya melingkar lalu dibuka seperti alpukat.

Mangga Gedong Gincu

Tanaman Mangga Gedong Gincu

Jenis mangga ini berasal dari Cirebon. Ciri-ciri mangga gedong gincu, yaitu:

  1. Ketinggian pohon mencapai 25 m dengan garis tengah batang 75 cm. Kulit batang coklat abu-abu dan berlekahan.
  2. Daunnya berupa daun tunggal, berseling, jorong sampai lanset, kaku menyerupai kulit. Daun muda kemerahan.
  3. Buah berbentuk bulat, dengan kulit yang tebal dan rasa yang manis serta kenyal. Aroma harum ketika buah sudah matang. Ketika memasuki fase kematangan, warnanya kuning kemerahan seperti gincu.

Mangga Indramayu

Tanaman Mangga Indramayu

Jenis mangga ini merupakan mangga lokal yang berasal dari Indramayu. Ciri-ciri mangga indramayu, yaitu:

  1. Aromanya menyengat.
  2. Rasanya manis tapi juga menyengat.
  3. Bentuk buah khas, sehingga mudah dibedakan dari jenis mangga lainnya.
  4. Daging buah sedikit berair, dan memiliki serat yang khas.

Mangga Pakel

Tanaman Mangga Pakel

Mangga pakel memiliki ciri-ciri yaitu:

  1. Ketinggian pohon berkisar antara 20-25 m, dengan tajuk membulat berdiameter sekitar 10 meter, dan berdaun lebat.
  2. Permukaan daun bergelombang, panjang mencapai 42 cm, lebar 17 cm, serta meruncing pada bagian pangkal dan ujungnya.
  3. Buah berbentuk sedikit lonjong, dengan panjang antara 12-15 cm. Warnanya hijau kelabu. Permukaan kulit buah terdapat bercak berwarna coklat, dan bergetah. Daging buah memiliki serat yang kasar, rasanya sedikit asam dengan sedikit rasa manis bercampur rasa terpentin. Aromanya khas yang cukup kuat. Bobot buah bisa mencapai 500 gram.

 Mangga Kweni

Tanaman Mangga Kweni

Mangga pakel memiliki ciri-ciri yaitu:

  1. Ketinggian pohon berkisar antara 20-30 m.
  2. Permukaan daun bergelombang, meruncing pada bagian pangkal dan ujungnya, panjang 25 cm, dan lebar 6 cm.
  3. Buah berbentuk lonjong, dengan ujung membulat, tidak berlekuk dan berparuh. Bobotnya rata-rata 350 g, dan panjangnya sekitar 11 cm.
  4. Kulit buah halus berlilin, yang terdapat bintik-bintik berwarna putih kehijauan. Buah yang sudah masak, bagian pangkalnya berwarna hijau.
  5. Daging buah berwarna kuning, berair dan berserat kasar, beraroma khas kweni. Rasanya cukup manis dengan sedikit rasa terpentin.

Mangga Kemang

Tumbuhan Mangga Kemang

Jenis mangga ini memiliki nama yang cukup beragam, sebagai contoh di Lampung, mangga ini disebut dengan binjai atau belu. Ciri-ciri mangga kemang, yaitu:

  1. Ketinggian pohon berkisar antara 20-40 meter dengan pertumbuhan tegak, berbatang bulat dengan diameter 80-100 cm, berwarna kelabu.
  2. Daunnya berbentuk lanset atau lengkung meruncing, panjangnya 10-15 cm, dan lebarnya 3-15 cm. Permukaan atas daun warnanya hijau tua. Tulang daun berjumlah antara 18-30 pasang.
  3. Buah berbentuk elips dengan panjang antara 12-16 cm, diameter 6-10 cm. Setelah masak warnanya kuning kecoklatan. Berbau seperti terpentin. Rasanya cukup beragam, ada yang manis, sepet, dan asam.
  4. Biji buah berukuran cukup besar.

Mangga Lalijiwo

Mangga Lalijiwo

Mangga lalijiwo memiliki ciri-ciri, yaitu:

  1. Ketinggian pohon sekitar 8 m, dengan lebar tajuk mencapai 9 meter.
  2. Daunnya cukup lebat, percabangan banyak, dan buah setiap pohon juga banyak. Warna daun hijau tua. Bentuk daun lonjong dan meruncing pada pangkal dan ujungnya, dengan panjang daun sekitar 20 cm.
  3. Buah ukurannya tidak terlalu besar, rata-rata hanya 200 g. Bentuk buah agak membulat pada bagian ujungnya, dengan panjang 7 cm, berparuh dan berlekuk sedikit. Jika sudah matang, daging buah akan berwarna kuning tua, dengan kadar air sedikit, aroma kurang harum, dan rasanya manis.
  4. Kulit buah tua berwarka hijau dengan bintik- bintik kelenjar berwarna putih kehijauan.

Mangga Endog

Tanaman Mangga Endog

Mangga endog memiliki ciri-ciri, yaitu:

  1. Panjang daun sekitar 19 cm, lebarnya 5 cm.
  2. Bunga berbentuk kerucut dengan panjang tandan bunga mencapat 24 cm.
  3. Buah berbentuk kecil menyerupai telur (telur=endog, dalam Bahasa Jawa), dengan berat sekitar 200 g. Buah tersebut panjangnya sekitar 7 cm, dengan diameter antara 5-6 cm. Pangkal buah membulat dengan ujung sedikit berparuh dan tidak memiliki lekuk.
  4. Kulit buah yang sudah tua permukaannya halus berlilin. Terdapat terdapat bintik-bintik kelenjar berwarna putih kehijauan. Setelah masak bagian pangkal buah berwarna kuning.
  5. Daging buah berserat agak kasar, dan sedikit mengandung air, dan beraroma kurang harum tetapi tetap memiliki rasa manis.

 

Sedangkan dilihat dari klasifikasi ilmiah tanaman buah mangga ini secara umum memiliki morfologi yang berbeda dari jenis tanaman lainnya. Berikut adalah klasifikasi ilmiah tanaman mangga, antara lain;

  • Kingdom         : Plantae
  • Subkingdom    : Tracheobionta
  • Super divisi     : Spermatophyta
  • Divisi               : Magnoliophyta
  • Kelas               : Magnoliopsida
  • Sub kelas         : Rosidae
  • Ordo                : Sapindales
  • Famili              : Anacardiaceae
  • Genus              : Mangifera
  • Spesies            : Mangifera indica

 Nah, itulah tadi penjelasan yang bisa kami berikan kepada segenap pembaca terkait dengan beragam macam-macam nama tanaman mangga, ciri, dan klasifikasi ilmiahnya di model pertanian Indonesia. Semoga materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *