Jenis Metode Penelitian dan Contohnya

Diposting pada

Macam Metode Penelitian

Sebelum melaksanakan penelitian sosial ataupun eksakta, seorang peneliti senantiasa diwajibkan untuk menentukan terlebih dahulu tentang metodologi penelitian yang akan digunakan. Hal ini disebabkan metodologi penelitian akan menjadi semacam petunjuk dalam melaksanakan penelitian dari awal hingga akhir.

Maka tak khayal, jika dalam suatu penelitian meniadakan metode penelitian maka yang terjadi adalah penelitian tersebut tidak memiliki prosedur dan hasilnya tidak dapat dipertanggungjawabkan. Aturan ini berlaku untuk beragam tulisan ilmiah, seperti skripsi, thesis, menulis laporan penelitian, makalah, atupun yang lainnya. Oleh karena itulah pada artikel ini mengulas lebih dalam tentang beragam macam metode penelitian.

Metode Penelitian

Metode penelitian adalah sekumpulan peraturan, kegiatan, dan  prosedur yang digunakan oleh seorang peneliti dalam disiplin ilmu yang di dalami. Sehingga dapat dikatakan bahwa metodologi juga merupakan analisis teoritis tentang suatu cara yang dipergunakan setelah menemukan topik penelitian.

Jenis Metode Penelitian

Secara umum, terdapat 2 pilihan dalam tujuan metodologi penelitian yang dibuat oleh seorang peneliti yang didasarkan pada perbedaan antara data penelitian kualitatif dan kuantitatif.  Data yang dimaksud ini mengacu pada kualitatif yang membentuk deskripsi berdasarkan bahasa atau gambar, sedangkan data kuantitatif berbentuk angka.

Namun, ada banyak jenis metodologi penelitian yang tidak hanya disandarkan pada penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Perbedaan jenis metodologi penelitian ada karena perbedaan kategori seperti didasarkan tujuan, jenis data dan metodenya. Jenis-jenis metodologi penelitian dapat dilihat di bawah ini.

Metode Penelitian Berdasarkan Varibale

Jenis metodologi dalam penelitian jika dilihat dari hubungan antar variabel dapat digolongkan menjadi berbagai macam, antara lain;

Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif adalah serangkaian penelitian yang digunakan untuk menjelaskan nilai-nilai suatu variabel. Penelitian ini biasanya memakan waktu relatif lama, lantaran harus menganalisis variable yang berhubungan serta harus menjelaskan satu persatu. Baik untuk variable terikat atupun variable bebas.

Penelitian Komperatif

Penelitian komperatif adalah serangkaian penelitian yang diadakan untuk membandingkan variabel-variabel penelitian. Bandingan ini dilihat dari subjek dan objek yang dijelaskan.

Misalnya saja bentuk perbandingan ketika ada pengarus variable bebas (pendidikan) yang dapat menjadi pendorong kesuksesan, pola pikir, ataupun kewairausahaan. Keterkaitan diantaranya harus dibandingkan mana yang paling kuat.

Penelitian Asosiatif

Penelitian asosiatif kerapkali dikenal dengan riset yang mampu mencerna hubungan antar dua variabel atau lebih. Hubungan ini terjadi jika kesemuanya memiliki peranan dalam memberikan dorongan untuk studi penelitian. Dalam hal ini untuk contoh dalam penelitian asosiatif misalnya saja;

Kajian terkait dengan keberhasilan seorang petani yang bisa dipengaruhi oleh adanya tanah humus yang menyuburkan atau ia dianggap berhasil lantaran mempergunakan pupuk sebagai upaya untuk memberikan stimulus pada kesuburan tanah.

Metode Penelitian Berdasarkan Analisis dan Jenis Data

Metodologi penelitian jika dilihat dari analisis dan jenis data maka dapat dikategorikan menjadi dua bentuk, antara lain adalah sebagai berikut;

Penelitian Kualitatif

Data kualitatif lebih kaya dan umumnya didasarkan pada perspektif subyektif dan interpretivis. Namun, tidak selalu demikian. Penelitian kualitatif mendukung pemahaman mendalam tentang situasi yang diselidiki dan karena kendala waktu, umumnya melibatkan sampel kecil peserta. Karena alasan ini, temuan ini terbatas pada sampel yang dipelajari dan tidak dapat digeneralisasi ke konteks lain atau ke populasi yang lebih luas.

Metode populer berdasarkan data kualitatif termasuk wawancara semi-terstruktur atau tidak terstruktur, pengamatan partisipan dan analisis dokumen. Analisis kualitatif umumnya lebih memakan waktu daripada analisis kuantitatif.

Penelitian Kuantitatif

Data kuantitatif di sisi lain, mungkin lebih mudah untuk dikumpulkan dan dianalisis dan didasarkan pada sampel peserta yang besar. Metode kuantitatif didasarkan pada data yang dapat secara objektif diukur dengan angka. Data dianalisis melalui perbandingan numerik dan analisis statistik.

Karena alasan ini, tampaknya lebih ilmiah dan mungkin menarik bagi orang yang mencari jawaban yang jelas untuk pertanyaan kausal tertentu. Analisis kuantitatif seringkali lebih cepat dilakukan karena melibatkan penggunaan perangkat lunak.

Karena besarnya jumlah responden memungkinkan generalisasi untuk kelompok yang lebih luas daripada sampel penelitian. Metode populer berdasarkan data kuantitatif termasuk kuesioner dan catatan statistik organisasi antara lain.

Metode Penelitian Berdasarkan Metodologinya

Sedangkan jika dikategorikan dari metodologinya terdapat delapan macam jenis-jenis metode dalam penelitian, antara lain adalah sebagai berikut;

Penelitian Survey

Penelitian survai adalah serangkaian metode penelitian yang dilakukan dalam sebuah populasi dengan tujuan menemukan hubungan antar variabel atau distribusi yang mempengaruhinya. Untuk jenis penelitian ini bisa diterapkan dalam lembaga-lembaga pendidikan, sosial, ataupun pemerintahan.

Contoh penggunaan dalam penelitian survei ini, misalnya saja

  • Penelitian tentang keberhasilan Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia dalam pembangunan Tol di berbagai daerah
  • Penelitian tentang adanya kebijakan BPJS yang dinilai merugikan atau menguntungan masyarakat

Penelitian Ex-Post Facto

Penelitian ex-post facto dimaknai sebagai penelitian yang bertujuan untuk mengetahui sebab-sebab yang memicu terjadinya suatu peristiwa. Dalam hal ini bisa dianalisis dalam berbagai kajian ilmu, baik politik, sosial, ataupun lingkungan.

Contoh penggunaan dalam metode penelitian ex-post facto ini, misalnya saja adalah sebagai berikut;

  1. Peristiwa adanya Demo yang terjadi ketika Pengumuman Pilpres di Indonesia
  2. Penelitian tentang adanya tsunami di Selat Sunda
  3. Riset terkait dengan turunnya Soeharto sebagai Presiden Indonesia selama 32 Tahun yang disebut sebagai peristiwa revormasi

Penelitian Eksperimen

Penelitian eksperimen adalah serangkaian penelitian yang bertujuan untuk menemukan pengaruh antar variable bebas dan variable terkat. Penelitian ini seringkali dipergunakan untuk kajian ilmu eksakta, misalnya saja dalam disiplin ilmu kimia, pertanian, ataupun ilmu biologi.

Contoh penggunaan dalam penelitian eksperimen ini misalnya saja sebagai berikut;

  1. Pengaruh adanya tanaman hias terhadap kesehatan manusia
  2. Adanya pengaruh antara kesuburan tentang penggunaan pupuk kompos dan tanah humus

Penelitian Naturalistik

Penelitian naturalistik adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti objek yang terjadi secara alami, atnpa lagi adanya pengaruh non hayati dalam kehidupan manusia. Penelitian ini sangat cocok jikalau dilakukan dalam kajian pertanian.

Contoh penggunaan dalam metode penelitian naturalistik misalnya saja;

  1. Terdapatnya ciri tanah humus yang dapat menjadi pengaruh kesuksesan tanaman
  2. Adanya manfaat perkebunan bagi kesehatan manusia, khususnya dalam memproduksi oksigen

Penelitian Kebijakan

Penelitian kebijakan dalam bahasa Inggrsi dikenal dengan policy research adalah serangkaian penelitian yang bertujuan meneliti masalah sosial di masyarakat. Penelitian ini terjadi karena terdapatnya subjek dan objek yang bertentangan satu sama lainnya.

Contoh dalam penggunaan penelitian kebijakan ini misalnya saja adalah sebagai berikut;

  1. Adanya upaya kebijakan pemerintahan yang akan mendorong maskapi penerbangan asing di Indonesia, yang tujuannya ialah untuk menjadikan penerbangan Indonesia tidak di monopoli oleh perusahaan-perusahaan swasta yang notabene sangat mahal haragnya.
  2. Adanya kebijakan pemerintah dalam merekrut tenaga asing, khususnya China dalam mengerjakan infrastruktur.

Penelitian Aksi

Penelitian aksi dalam Bahasa Inggris dikenal dengan action research adalah serangkaian penelitian yang bertujuan untuk menemukan metode atau cara yang paling efektif dalam menuntaskan problematik di masyarakat. Upaya ini dilakukan untuk mendorong terjadinya keseimbangan hubungan antara kebijakan pemerintah dan rakyatnya.

Contoh implementasi dalam penggunaan metode penelitian aksi ini, misalnya saja adalah sebagai berikut;

  1. Kebijakan yang dilakukan pemerintah terkait dengan masalah mahalnya harga tiket pesawat di Indonesia
  2. Adanya penelitian tentang mengatasi penyebaran hoaks di Indonesia

Penelitian Evaluasi

Penelitian evaluasi adalah serangkaian penelitian yang memberikan penjelasan terkait dengan adanya hubungan kebijakan dengan kepusaan objek. Dalam hal ini pengaruh adanya subjek dan objek penelitian sangatlah kuat, sehingga diperlukan regulasi yang matang agar menghasilkan kajian empiris.

Contoh implementasi dalam penggunaan penelitian evaluasi ini, misalnya saja adalah sebagai berikut;

  1. Adanya penelitian tentang kebijakan pemerintah Jakarta dalam reklamasi
  2. Adanya penelitian yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk mengganti Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur

Penelitian Sejarah

Penelitian sejarah adalah serangkaian riset yang dilakukan oleh para ahli dalam mengulas serta mendalami bagian sejarah di suatu daerah ataupun negara. Penelitian ini lebih merujuk pada ilmu sosial, alasannya karena beragam permasalahan sejarah yang perlu dikaji kebenarannya hanya dimiliki oleh disiplin ilmu ini.

Contoh penggunaan dalam kajian penelitian sejarah ini, misalnya saja adalah sebagai berikut;

  1. Adanya kajian yang dilakukan oleh para pakar tentang asal muasal masyarakat Indonesia
  2. Kajian penelitian yang dilakukan untuk mengungkap sejarah Yogjakarta yang mau bergabung dengan Indonesia pada fase awal kemerdekaan.

Nah, demikianlah rangkaian penjelasan yang bisa kami berikan kepada segenap pembaca terkait dengan jenis-jenis metode penelitian dan contohnya secara umum. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta pengatahuan bagi semuanya. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *