Jenis Papaya dan Khasiatnya

Diposting pada

Macam Tanaman Papaya

Pepaya merupakan tanaman tropis yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Dengan kondisi yang sesuai untuk dibudidayakan dalam arti pertanian, tanaman pepaya mulai dikembangkan bahkan terdapat beberapa varietas hasil dari pemuliaan tanaman pepaya untuk mencapai produktivitas tinggi dan juga memiliki kualitias yang berdaya saing global.

Hal ini tak lain karena buah ini dianggap memiliki banyak sekali manfaaat karena banyak mengandung vitamin dan serat sehingga dapat dimanfaatkan dalam oleh manusia dalam kesehariannya.

Tanaman Pepaya

Pepaya yang memiliki nama latin carica papaya merupakan spesies yang  memiliki banyak jenis baik varietas introduksi maupun varietas lokal. Buah pepaya sangat mudah untuk dibudidayakan karena kondisi iklim di Indonesia yang mendukung dan juga intensitas cahaya matahari yang memenuhi syarat tumbuh pada berbagai macam tanaman pepaya.

Jenis Papaya

Adapun untuk macam-macam tumbuhan pepaya, antara lain sebagai berikut;

  1. California

Gambar Pepaya California
Pepaya California

Pepaya California merupakan pepaya paling populer di kalangan pepaya-pepaya pada umumnya. Pepaya California mudah dikenali dengan bentuk buah lonjong dan warna daging buahnya merah segar. Pepaya berjenis California menjadi primadona para pepaya karena hasil dari pemuliaan tanaman pepaya yang menghasilkan daging buah segar dan manis.

Pepaya California yang sudah masak dapat dipanen dalam kurun waktu 8-9 bulan dan mampu menghasilkan sebanyak 2 sampai dengan 3 buah per pohon. Buah pepaya jenis California memiliki kelebihan yaitu mampu bertahan tanpa pengawet selama 5 hari pada suhu ruangan.

  1. Carsiya

Gambar Pepaya Carsiya
Pepaya Carsiya

Salah satu jenis pepaya lainnya adalah Carsiya yang merupakan varietas hasil pemuliaan tanaman tim buah-buahan tropik IPB. Tanaman ini memiliki bentuk buah kecil dan berbeda pada jenis-jenis pepaya pada umumnya serta memiliki warna kulit hijau matang atau hijau tua.

Pepaya jenis Carisya meskipun memiliki buah dengan ukuran kecil, namun menurut beberapa sumber penelitian buah ini sangat manis dan kandungan gulanya berkisar antara 100 sampa dengan 120 brix. Selain itu, daging buah pepaya Carisya memiliki tekstur yang tebal.

  1. Bangkok

Gambar Pepaya Bangkok
Pepaya Bangkok

Pepaya Bangkok merupakan varietas pepaya yang merupakan itroduksi dari Bangkok, Thailand dan masuk di Indonesia pada tahun 1970-an.

Varietas Bangkok memiliki ukurna buah yang relatif besar dan tekstur daging buah yang lumayan keras. Kandungan air pada varietas Bangkok terlalu tinggi sehingga meski tekstur keras namun ketika dimakan akan menghasilkan air yang banyak..

  1. Hawai

Gambar Pepaya Hawai
Pepaya Hawai

Pepaya varietas Hawai merupakan suatu varietas pepaya yang berasal dari luar negara atau lebih tepatnya berasal dari epulauan Hawaii, Amerika Serikat. Varietas Hawaii merupakan pepaya dengan ukuran yang sedikit lebih kecil daripada ukuran buah pepaya lainnya.

Kurun waktu panen buah ini adalah berkisar 9-10 bulan tergantung dari kondisi lahan dan suplai hara dalam tanah. Pada umur 4 bulan kembang pada pohon pepaya varietas Hawaii sudah mekar dan siap menghasikan buah.

  1. Arum bogor

Gambar Pepaya Arum bogor
Pepaya Arum bogor

Seperti halnya Carisya, pepaya jenis arum bogor merupakan varietas hasil pemuliaan oleh tim peneliti buah tropika IPB. Tanaman ini memiliki bentuk yang hampir sama seperti Carisya ataupun jenis pepaya Hawaii yang berukuran mini.

Varietas Arum bogor digadang-gadang sebagai salah satu kompetitor varietas Hawaii karena memiliki beberapa keunggulan seperti rasa manis dan bentuk buah yang ergonomis. Selain itu, buah Arum Bogor merupakan varietas lokal yang memiliki keunggulan daripada varietas Hawaii

  1. Cibinong

Gambar Pepaya Cibinong
Pepaya Cibinong

Pepaya Cibinong merupakan pepaya varietas lokal yang dikembangkan sebagai salah satu varietas produk lokal unggulan. Nama dari varietas ini daimbil dari nama asal buah ini dikembangkan yaitu daerah Cibinong, Jawa Barat. Jenis pepaya ini apabila buahnya sudah mulai mapada bagian kulitnya berwarna hijau matang hingga hijau tua

  1. Red lady

Gambar Pepaya Red lady
Pepaya Red lady

Red Lady merupakan jenis pepeya yang kurang populer, namun sangat layak apabila dibuidayakan di Indonesia. Hal ini dikarenakan keunikan buah pepaya varietas Red Lady memiliki kemampuan untuk sekali panen dapat menghasilkan kurang lebih berkisar 30 buah.

Hal ini termasuk jenis yang sangat produktif karena untuk keperluan ekonomis sangat menguntungkan. Tekstur dari buah ini berwarna  merah jingga dan permukaan kulit buah sangat halus dan mengkilap.

  1. Gading

Gambar Pepaya Gading
Pepaya Gading

Pepaya gading merupakan salah satu pepaya yang agak unik daripada beberapa varietas pepaya pada umumnya. Pepaya Gading memiliki warna kulit yang akan berubah warna mnejadi jingga apabila sudah matang. Buah yang belum matang akan menghasilkan banyak getah, namun seiring dengan kematangan buah getah juga akan ikut berkurang.

Buah pepaya varietas gading memiliki tekstur daging yang agak keras sehingga memiliki ketahanan terhadap kondisi ruang. Tekstur ini juga memberikan jaminan ketika buah didsitribusikan aar tidak terjadi kerusakan akibat guncangan.

  1. Pepaya gunung

Gambar Pepaya gunung
Pepaya gunung

Buah Pepaya Gunung merupakan pepaya varietas lokal yang berasal dari Dieng. Buah pepaya yang dihasilkan memiliki bentuk buah seperti telur agak bulat dan tekstur buha agak keras. Rasa buah agak masam tetapi memiliki aroma yang harum.

Selain itu, varietas pepaya gunung atau varietas dieng memiliki kelebihan tahan terhadap suhu yang cukup dingin, sehingga dapat dibudidayakan dan dikembangkan di dataran tinggi.

  1. Merah Delima

Gambar Pepaya Merah Delima
Pepaya Merah Delima

Varietas Merah Delima merupakan salah satu varietas unggul baru (VUB) yang dikembangkan oleh Balitbu atau Balai Penelitian Tanaman Buah. Warna daging buah varietas ini dari jingga hingga berwarna merah.

Varietas Merah Delima dapat dipanen 7-8 bulan setelah ditanam dan usia produktif tanaman varietas ini adalah 2-3 tahun. Dataran rendah merupakan kondisi yang cocok untuk membudidayakan varietas ini karena salah satu syarat tumbuh varietas ini berjarak 700 mdpl.

Khasiat Buah Pepaya

Secara umum, buah pepaya memilik beragam manfaat yang dapat kita peroleh baik untuk kesehatan maupun perawatan, antara lain;

Pemenuhan gizi

Salah satu fungsi dari memakan buah adalah untuk pemenuhan vitamin pada tubuh. Buah pepaya memiliki banyak sekali kandunga vitamin antara lain Vit A, Vit B Komlpeks, dan Vit C. Kandungan vitamin A baik untuk kesehatan mata, vitamin B untuk perbiakan syaraf, vitamin C untuk meningkatkan kekebalan dan imun tubuh dan lain sebagainya.

Melancarkan pencernaan

Kandungan serat pada buah pepaya memiliki manfaat untk memperlancar pencernaan. Konsumsi secara rutin buah peaya mampu memenuhi kebutuhan serat harian. Selain itu, ekstrak dari buah pepaya juga dapat diolah menjadi obat untuk mengatasi sembelit pada sistem pencernaan.

Perawatan kulit

Selain untuk dimakan, buah pepaya dimanfaatkan sebagai campuran bahan pada kosmetik. Hal ini karena kandungan yang ada di buah ini salah satunya adalah vitamin E, sehingga dapat mengurangi kerutan wajah dan juga mengganti sel-sel kulit mati.

Produk olahan sehat

Selain dapat dimakan sevara langsung, buah pepaya dapat diolah menjadi beragam jenis produk olahan pangan. Salah satunya adalah jus pepeya. Jus pepaya dapat dibuat jus dengan campuran buah lain utnuk menjaga pola makan maupun pola hidup sehat.

Baik untuk ibu menyusui

Selain budaya hidup sehat, keperluan mengonsumsi buah pepaya sangat dianjurkan bagi ibu-ibu menyusui. Kandungan Asam Folat pada buah pepaya mampu meningkatkan produksi air susu untuk keperluan gizi bayi.

Itulah tadi berbagai ulasan yang bisa kami sebutkan terkait dengan macam-macam tanaman pepaya dan khasiat buahnya. Semoga dengan selesainya artikel ini bisa memberikan wawasan serta referensi yang mendalam bagi semuanya. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *