35 Contoh Jenis Tanaman Apotek Hidup dan Penjelasannya

Diposting pada

 

Macam tanaman apotek hidup
Macam tanaman apotek hidup

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita sering jumpai tanaman-tanaman yang dapat dijadikan sebagi obat-obatan herbal. Saat ini banyak yang membudidayakan tanaman-tanaman tersebut karena melihat manfaat yang dihasilkannya. Oleh karena itu, muncullah sebuah istilah apotek hidup yang berarti orang yang memanfaatkan lahannya untuk ditanami tanaman obat-obatan untuk keperluan sehari-hari. Pada artikel ini akan dibahas secara jelas terkait dengan contoh jenis tanaman apotek hidup.

Tanaman Apotek Hidup

Tanaman apotek hidup merupakan tanaman yang ditanam dengan tujuan untuk pengobatan atau dengan kata lain bisa dikatakan bahwa tanaman apotek hidup terdiri atas beragam jenis tanaman yang mengandung senyawa-senyawa untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Apotek hidup dapat didefinisikan sebagai tanah yang ditanami tanaman obat-obatan untuk keperluan sehari-hari. Tujuan apotek hidup ini agar masyarakat lebih mandiri sehingga ketika sakit, tanaman apotik hidup dapat langsung digunakan.

Jenis Tanaman Apotek Hidup

Berikut ini jenis-jenis tanaman yang termasuk dalam tanaman apotik hidup, antara lain:

  1. Basil/Kemangi

Basil atau kemangi merupakan tanaman apotek hidup yang mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin K dan zat besi, bisa bermanfaat untuk memerangi penyakit umum, seperti mengurangi stress, memiliki sifat antibakteri yang kuat, kaya antioksidan, mencegah beberapa efek penuaan yang berbahaya, mengurangi peradangan dan pembengkakan, meningkatkan imunitas, meningkatkan metabolism.

  1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan tanaman yang sangat bagus untuk melawan infeksi, membantu manajemen kolesterol dan banyak lagi, diantaranya yaitu membantu mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, mencegah demensia, alzheimer, dan penyakit degeneratif serupa, serta meningkatkan kesehatan pencernaan.

  1. Beluntas

Beluntas merupakan tanaman apotek hidup yang memiliki beragam manfaat, diantaranya yaitu untuk memperlancar pencernaan, meningkatkan nafsu makan, meluruhkan keringat sehingga bisa menghilangkan bau badan. Selain itu, bisa juga menghilangkan bau mulut, meredakan demam, nyeri tulang, sakit pinggang, dan keputihan.

  1. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh merupakan tanaman apotek hidup yang bermanfaat untuk menyembuhkan gusi berdarah, sakit gigi, gondongan, rematik, sariawan, pagel linu, obat penghilang panu, dan bisa juga untuk obat batu dengan mencampurkan garam.

  1. Cabe Rawit

Cabai rawit merupakan tanaman yang biasanya dimanfaat untuk memberikan rasa pedas pada makanan karena mengandung senyawa capsaicin, tapi ternyata tanaman yang satu ini juga memiliki beberapa manfaat kesehatan termasuk menghilangkan rasa sakit dan menurunkan kolesterol, mendetoksifikasi tubuh, meningkatkan metabolism, meningkatkan sirkulasi.

  1. Daun Cingcau

Cincau merupakan tanaman apotek hidup yang daunnya bermanfaat untuk mengobati sakit perut, hipertensi, demam, mengendurkan otot, mengobati tumor ganas, kanker ginjal, antiradang, hipertensi, vertigo, kolesterol dan maag yang kronis.

  1. Daun Dewa

Tanaman dewa merupakan tanaman apotek hidup yang bermanfaat sebagai obat analgesik (peredarasa nyeri), anti Inflamasi (anti radang), memperlancar sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati luka memar, menghentikan pendarahan, penurun panas, kencing manis atau diabetes mellitus dan sebagai pembersih racun dalam tubuh.

  1. Daun Jarak

Jarak merupakan tanaman apotek hidup yang bermanfaat untuk menyembuhkan gatal-gatal, koreng, jamur pada kaki, dan luka berdarah. Tanaman jarak juga dapat digunakan untuk mengatasi bengkak akibat terpukul, terkilir, dan rematik.

Selain itu, daun jarak pagar dapat digunakan untuk mengatasi perut kembung pada anak. Dengan penggunaan yang hati-hati, daun jarak pagar bisa digunakan sebagai obat pencahar ringan. Minyak yang diproduksi dari biji jarak, dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pada kulit, bengkak, maupun terkilir.

  1. Daun Pegagan

Tanaman yang satu ini biasanya tumbuh seacra liar. Meskipun demikian, daun pegagan ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya yaitu untuk memperlancar sirkulasi darah, melancarkan buang air seni, hingga menurunkan demam. Selain itu, daun pegagan juga bisa menghentikan pendarahan pada luka dan meningkatkan daya ingat.

Antibakteri dan antiinflamasi yang terkandung dalam daun pegagan juga bisa menjadi formula untuk mengatasi jerawat dan menjaga stamina tubuh.

  1. Daun Salam

Air rebusan daun salam dapat digunakan untuk mengatasi penyakit maag dan juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula dalam darah dengan cepat sehingga bagus untuk penderita diabetes.

  1. Daun Sirih

Sirih merupakan tanaman aporek hidup yang bermanfaat untuk menghentikan pendarahan, mengobati batuk, mengobati masalah pencernaan hingga menyembuhkan luka luar. Daun tanaman yang satu ini juga memiliki sifat anti jamur dan anti oksidan yang bisa membantu tubuh menghilangkan kuman dan menetralkan racun dalam tubuh.

  1. Gadung

Gadung merupakan tanaman yang diketahui mengandung alkaloid dioskorina, diosgenina, saponin, furanoid norditerpena, zat pati dan tanin. Umbi gadung berkhasiat untuk mengobati dan mengatasi masalah kesehatan, diantaranya yaitu mengobati kencing manis, penyakit kusta, rheumatik, dan nyeri sendi. Selain itu, untuk mengatasi perut mules, keputihan, nyeri empedu, nyeri haid, radang kandung empedu.

  1. Gambir

Gambir merupakan tumbuhan perdu setengah merambat atau memanjat dengan percabangan memanjang dan mendatar, yang bermanfaat sebagai obat hepatitis dan luka pada hati. Khasiat lainnya yaitu untuk obat disentri, mencret, luka bakar, sariawan dan mengatasi suara parau.

  1. Gandarusa

Gandarusa merupakan taumbuhan yang berasa pedas, sedikit asam dan netral. Manfaat kesehatan dari tanaman yang satu ini diantaranya yaitu sebagai antirheumatik, melancarkan peredaran darah, analgesik, diuretik dan anti-spermatozoa. Gandaru juga bisa digunakan sebagai obat bisul, borok, korengan, luka memar, rheumatik dan tulang patah.

  1. Genje

Genje merupakan tanaman yang bermanfaat untuk meredakan demam (antipiretik) dan nyeri (analgesik), serta anti batuk (antitusif). Selain itu, tumbuhan genje juga berkhasiat sebagai obat radang saluran kencing, radang kandung kemih, bronkitis, radang tenggorokan, nyeri rongga mulut, nyeri hernia, nyeri lambung, terkilir, memar, rheumatik, demam, influensa, TBC paru dan asma.

  1. Jahe

Jahe merupakan tanaman apotek hidup yang bermanfaat untuk menyembuhkan batuk dan rematik karena menghasilkan rasa hangat.

  1. Jamblang

Jamblang atau juwet atau duwet merupakan tumbuhan buah yang memiliki manfaat yaitu untuk melumas organ paru, menghentikan batuk, peluruh kencing (diuretik), peluruh kentut (karminatif), memperbaiki gangguan pencernaan, merangsang keluarnya air liur, dan menurunkan kadar glukosa darah (hipoglikemik).

  1. Jambu Biji

Daun jambu biji bisa bermanfaat untuk mengatasi penyakit buang air atau diare, karena daun tersebut mampu membuat keras feses sehingga mengurangi buang air besar. Jus buah jambu biji juga baik untuk kesehatan sebab mengandung banyak vitamin C serta baik untuk penderita demam seperti DBD.          

  1. Jambu Monyet Atau Jambu Mete

Jambu monyet mengandung senyawa kimia seperti tanin, anacardic acid dan cardol, yang bermanfaat sebagai antibakteri dan antiseptik. Bagian tumbuhan yang memiliki khasiat untuk dijadikan obat adalah daun dan kulit batang, yaitu untuk mengobtai diabetes melitus, disentri, radang mulut.

  1. Jarong

Jarong merupakan tanaman obat yang memiliki khasita untuk melancarkan darah, peluruh haid, memperkuat hati dan ginjal, memperkuat otot, urat dan tulang, anti inflamasi, anti toxin, peluruh air seni, menormalkan menstruasi, hemostatik, mempermudah persalinan.

  1. Jinten

Jinten dapat bermanfaat untuk menurunkan panas. Seelain itu, bisa juga untuk untuk melancarkan ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

  1. Kamomil

Kamomil merupakan tanaman yang kaya antioksidan, sehingga menjadikannya tanaman yang hebat untuk meredakan berbagai penyakit. Chamomile umumnya dikonsumsi sebagai teh. Manfaat kesehatan dari tanaman yang satu ini, diantaranya yaitu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan, meredakan rasa sakit, membantu tidur nyenyak, mengurangi peradangan dan pembengkakan.

  1. Keji Beling

Keji beling merupakan tanaman apotek hidup yang bermanfaat untuk mengobati disentri, diare (mencret), batu ginjal serta bisa  bermanfaat sebagai penurun kolesterol, mengatasi tubuh yang gatal kena ulat atau semut hitam, mengatasi kencing manis, penyakit liver (sakit kuning), ambien (wasir) dan maag.

  1. Kumis Kucing

Kumis kucing merupakan tanaman apotek hidup yang bermanfaat untuk mengobati encok, masuk angin, sembelit, radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, reumatik, menurunkan kadar glukosa dalam darah. Kumis kucing juga bisa dimanfaatkan sebagai antibakteri.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan tanaman yang telah dijadikan sebagai ramuan obat selama 4.000 tahun. Manfaat kesehatan dari kunyit yaotu untuk meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit radang, seperti radang sendi. Selain itu, kunyit juga bisa mencegah kanker, menghentikan mutasi DNA, dan mengobati beberapa penyakit kulit.

  1. Lemon balm

Tanaman lemon ini lezat dan mudah digunakan di beberapa hidangan seperti teh, es krim, dan banyak lagi. Banyak orang mengkonsumsi teh lemon balm untuk membantu menghilangkan kecemasan, stres dan bahkan untuk menenangkan anak-anak yang gelisah. Selain itu, lemon balm juga dapat digunakan untuk menangkal serangga.

  1. Lengkuas

Lengkuas merupakan tanaman apotek hidup yang biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, tapi ternayta tanaman yang satu ini berkhasiat untuk menyembuhkan panu pada kulit.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman apotek hidup yang bermanfaat untuk mengobati diabetes mellitus, serangan jantung, radang tenggorokan, sembelit, penurun kadar gula darah, penyubur rambut, batuk (yang membandel), radang tenggorokan, sakit kepala dan pusing, kejang-kejang pada anak, kurang gizi, mengatasi muntah darah, kencing manis, wasir, peluruh haid, luka akibat pukulan dan luka bakar.

  1. Marigold/Tagetes

Marogold merupakan tanaman harum yang banyak diolah untuk meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Manfaat kesehatan Marigold, diantaranya yaitu menenangkan kulit dan mengobati penyakit kulit, mengurangi peradangan, sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat, mengobati sakit telinga dan infeksi.

  1. Melati

Bunga melati memiliki keharuman yang menjadikannya dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku parfum. Tapi ternyata, bunga melati juga termasuk tanaman obat, yaitu untuk untuk mengatasi radang mata, sedangkan daunnya berkhasiat untuk menyembuhkan sesak nafas dan sakit kepala.

  1. Mengkudu (pace)

Meskipun ketika sudah matang, buah dari tanaman yang satu ini baunyakurang sedap, tapi itu sangat bermanfaat bagi tubuh dapat meredakan osteoporosis.

  1. Peterseli

Peterseli merupakan tanaman yang biasanya digunakan untuk penghias makanan.  Tanaman yang satu ini bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, kesehatan tulang, dan kesehatan pencernaan. Konsentrasi antioksidan, vitamin K, dan senyawa lain yang tinggi membantu menjadikan tanaman ini ramuan pembangkit tenaga listrik yang menyeluruh bagi tubuh kita.

  1. Puring

Puring merupakan tanaman yang biasanya digunakan sebagai tanaan hias, karena daunnya yang berwarna-warni. Akan tetapi, ternyataa  dimanfaatkan daunnya yang berwarna kuning hijau untuk menghangatkan perut.

  1. Sambiloto

Sambiloto merupakan tanaman apotek hidup yang memiliki beragam manfaat kesehatan, diantaranya yaitu mengobati sakit perut dan kencing manis, mengatasi ketika terkena racun, mencegah pembentukan radang, memperlancar air seni (diuretika), menurunkan panas badan (antipiretika). Kandungan senyawa kalium yang terdapat dalam tanaman yang satu ini juga dapat memberikan khasiat menurunkan tekanan darah.

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan kepada para pembaca terkait contoh jenis tanaman apotek hidup dan penjelasannya yang mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat memberikan referensi bagi kalian semua yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.