Jenis Tanaman Yang Cepat Berbuah dan Mudah di Rawat

Diposting pada

Jenis Tanaman Yang Cepat Berbuah

Pernahkan Anda menanam tanaman buah di pekarangan rumah Anda? Akan terasa sangat istimewa ketika Anda bisa memetik buah dari kebun atau pekarangan Anda sendiri. Bumi kita kaya akan beragam jenis tanaman outdor yang bisa berbuah, baik yang bisa berbuah dengan cepat dan mudah dirawat maupun tanaman yang sulit untuk berbuah dan membutuhkan perawatan khusus, karena memang ada tanaman tertentu yang bisa beradaptasi dengan mudah, begitu pula sebaliknya.

Tanaman yang bisa cepat berbuah dan mudah dalam hal perawatannya, misalnya yaitu belimbing, jambu, jeruk, papaya, pisang,dan lain-lain.  Meskipun terbilang cepat berbuah dan perawatannya mudah, tapi akan lebih optimal jika Anda tetap merawatnya dengan baik, misal memperhatikan kebutuhan airnya, dan tidak membiarkannya terlantar begitu saja agar hasilnya optimal.

Tanaman Buah

Tanaman buah adalah tanaman yang bisa menghasilkan buah yang dikonsumsi atau digunakan oleh manusia dan beberapa hewan. Semua pohon yang berbunga menghasilkan buah, yang merupakan ovarium matang dari bunga yang mengandung satu atau lebih biji.

Studi ilmiah dan penanaman buah-buahan disebut pomologi, yang membagi buah menjadi kelompok-kelompok berdasarkan morfologi dan anatomi tanaman. Beberapa dari kelompok tersebut adalah buah pome, yang termasuk apel dan pir, dan buah-buahan batu, yang termasuk buah persik, almond, aprikot, prem dan ceri.

Pengretian Buah

Dalam botani, buah adalah struktur bantalan biji pada tanaman berbunga (juga dikenal sebagai angiospermae) yang terbentuk dari ovarium setelah berbunga.

Jenis Tanaman Yang Cepat Berbuah

Berikut ini beragam jenis tanaman yang cepat berbuah dan mudah dirawat, diantaranya yaitu adalah sebagai berikut;

Belimbing

Buah Belimbing

Belimbing termasuk tanaman buah yang sangat mudah ditanam. Buah yang dihasilkan pun biasanya tergolong banyak. Areal yang dibutuhkan untuk menanam belimbing ini juga tidak harus lahan pertanian yang luas. Perawatan tanaman belimbing sangat mudah dilakukan. Untuk jenis belimbing madu, biasanya perlu dilakukan pemupukan dalam tiga bulan sekali. Tanaman buah yang satu ini biasanya berbuah lebat tanpa mengenal musim.

Buah Naga

Tanaman Buah-Buah Naga

Tanaman buah naga juga termasuk salah satu tanaman yang cepat berbuah dan mudah dalam perawatannya. Tapi apabila menginginkan agar tanaman ini bisa berbuah lebat, maka tetap perlu dirawat dan dijaga dengan benar. Ketika membudidayakan buah naga, harus menghindarkannya dari tempat yang mudah terkena hujan agar buahnya tidak berguguran dan layu. Buah yang dihasilkan pun dalam jumlah yang cukup banyak.

CabaiTanaman Cabai

Pada dasarnya ciri tanaman cabai merupakan tanaman buah yang banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, terutama untuk memberikan rasa pedas dalam makanan karena mengandung capsaicin. Ini termasuk tanaman perdu yang dikenal memiliki daya adaptasi yang luas, karena dapat ditanam hampir di semua jenis tanah, dan tipe iklim yang berbeda, bahkan ketika ditanam menggunakan tambulapot.

DelimaTanaman Buah Delima

Delima merupakan tanaman buah yang bisa tumbuh dengan ketinggian  5 sampai dengan 8 m. Tanaman buah yang satu ini diperkirakan berasal dari Iran, tapi telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania.

Tanaman delima mudah beradaptasi dengan banyak jenis tanah, meski tumbuh paling baik di tanah liat dengan drainase yang baik. Tanaman ini bisa berbuah dengan mudah berbuah setiap waktu sesuai dengan kondisi lingkungan di sekitarnya, bahkan ketika ditanam di dalam wadah atau pot.

Goji Berry Buah Goji Berry

Goji berry merupakan tanaman buah yang masih satu family dengan cabai, tomat, kentang, terung-terungan hingga tobacco. Tanaman buah ini berasal dari Cina. Sering digambarkan sebagai “superfood”, karena kaya akan nutrisi, dengan rasa manis akar manis.

Ini adalah tanaman semak yang kuat dan tumbuh di hampir semua posisi yang cerah atau mendapatkan pencahayaan yang cukup – bahkan berangin, daerah pesisir.

Jambu Air Buah Jambu Air

Jambu air merupakan tanaman buah yang berasal dari Asia Tenggara yang tergolong dalam suku jambu-jambuan. Budidaya jambu air terbilang cukup mudah jika dilakukan di daerah tropis seperti Indonesia, dengan ketinggian wilayah antara 5 sampai dengan 500 m dpl. Jika ditanam di wilayah lebih tinggi hasilnya kurang optimal.

Meskipun jambu air termasuk tanaman yang mempunyai tingkat adaptasi yang tinggi sehingga cepat untuk berbuah, tapi setidaknya memang diperlukan perawatan yang lebih khusus agar produktivitasnya memuaskan.

Jambu Biji

 Buah Jambu Biji

Jambu merupakan tanaman buah yang termasuk sering dijumpai dimana saja. Biasanya orang menanam tanaman ini di pekarangan rumah mereka, karena tanaman ini memang tergolong cepat berbuah dan mudah dirawat.

Jambu memang tidak membutuhkan areal yang luas untuk penanamannya tapi sebaiknya ditanam di tanah yang banyak mengandung humus agar dapat tumbuh subur.

Jambu Mete Buah Jambu Mente

Jambu monyet atau jambu mede merupakan sejenis tanaman dari suku Anacardiaceae yang berasal dari Brasil. Tanaman buah yang satu ini dapat tumbuh optimal baik di dataran rendah maupun dataran tinggi dan cocok ditanam didaerah tropis.

Kita bisa memanfaatkan sebagian lahan pekarangan untuk ditanami jambu mete ini. Pengolahan lahan yang dibutuhkan untuk menanam jambu mete pun tidak sulit. Buatlah lubang tanam yang berukuran 50×50 cm dengan kedalaman sekitar 50 cm.

Jeruk Buah Cepat Tumbuh Jeruk

Tanaman buah yang satu ini sering dibudidayakan bahkan dalam jumlah besar. Tak heran jika beberapa orang menanam jeruk yang dikhususkan pada satu lahan atau beberapa lahan.

Hal tersebut dikarenakan tanaman jeruk bisa tumbuh secara mudah dengan baik sendirinya dan tidak membutuhkan perawatan yang terlalu sulit. Dengan menerapkan teknik penanaman yang tepat, tanaman jeruk bisa berbuah manis dan banyak.

Kedondong Tanaman Kedondong

Kedondong merupakan tanaman buah yang banyak ditanam di negara-negara Asia Tenggara. Salah satu negara yang menjadi sentra penanaman kedondong yaitu Filipina. Kedondong tergolong ke dalam suku mangga-manggaan. Tanaman yang satu ini sering ditanam di halaman rumah atau di pekarangan sebab mudah ditanam dan dirawat.

Mangga

 Tanaman Buah Mangga

Mangga merupakan tanaman buah yang berasal dari daerah di sekitar perbatasan India dengan Burma, dan telah menyebar ke Asia Tenggara sekurang-kurangnya semenjak 1500 tahun yang silam.

Pohon dalam beragam jenis tanaman buah yang satu ini banyak ditanam di pekarangan rumah karena memang termasuk tanaman yang mudah ditanam. Tapi perlu diketahui bahwa waktu terbaik untuk menanam pohon mangga yaitu di musim panas saat cuaca hangat, sebab tanaman ini menyukai banyak sinar matahari.

Melon Buah Melon

Melon merupakan tanaman buah yang termasuk dalam suku timun-timunan. Tanaman ini tumbuh dengan cara menjalar, dan memiliki bentuk daun yang menjari.

Jenis tanah yang kompatibel untuk menanam melon yaitu tanah liat berpasir (andosol) yang mengandung bahan organik dengan kadar tinggi. Melon juga termasuk tanaman buah yang cepat berbuah yang bisa ditanam didalam pot.

Nanas

Buah Nanas

Nanas merupakan tanaman buah yang pada awalnya tumbuh di daerah Brasilia kemudian menyebar sampai ke daratan Amerika hingga ke Malaysia dan Indonesia. Budidaya nanas termasuk mudah untuk dilakukan.

Tanaman nanas sangat cocok ditanam di daerah dataran tinggi, tapi sebenarnya nanas juga bisa tumbuh di daerah yang datarannya rendah. Maka dari itu, banyak ciri nanas yang biasanya ditanam di pekarangan rumah, meskipun kualitasnya tidak sebagus jika di tanam di dataran tinggi.

Pepaya Tanaman Buah Pepaya

Pepaya merupakan tanaman buah-buahan tropis yang berasal dari daerah tropis di benua Amerika. Pepaya dapat dibudidayakan di wilayah dataran rendah hingga ketinggian 1000 m dpl, tapi ketinggian lahan optimalnya berkisar 50 sampai dengan 700 m dpl.

Tanaman buah yang satu ini juga bisa dikatakan mudah berbuah dan mudah dalam perawatannya. Bahkan hiji papaya yang tumbuh dengan sendirinya di pekarangan bisa berbuah tanpa harus diberi pupuk atau diberi perlakuan khusus.

Pir

 Tanaman Buah Pir

Pir merupakan tanaman buah dari genus Pyrus. Beberapa spesies pohon pir bisa menghasilkan buah yang enak dimakan sebab mengandung banyak air, masir dan manis. Budidaya buah pir bisa dilakukan dengan mudah.

Pasalnya, para petani inspiratif sudah banyak yang melakukan budidaya pir dengan baik di berbagai jenis tanah. Tanaman buah yang satu ini juga termasuk salah satu jenis tanaman yang cepat berbuah, bahkan ketika ditanam di dalam pot.

Pisang

 Tanaman Buah Pisang

Pisang merupakan tanaman buah khas dari wilayah tropis. Tanaman ini bisa tumbuh mulai dari dataran rendah hingga ketinggian 1300 meter dari permukaan laut. Budidaya pisang memiliki prospek yang menjanjikan karena buah yang satu ini memang sangat popular dan banyak digemari dan telah tersebar ke berbagai belahan dunia.

Untuk budidaya pisang bukanlah hal yang sulit karena pisang dapat tumbuh hampir di semua jenis tanah. Tapi jenis tanah yang paling cocok yaitu tanah yang bertekstur liat seperti aluvial, banyak mengandung kalsium dan bahan organik. Buah pisang biasanya bisa dipanen sekitar 3-4 bulan dihitung sejak bunga mekar.

Sawo Tanaman Buah Sawo

Sawo juga termasuk tanaman buah yang tidak membutuhkan area luas untuk penanamannya. Rata-rata tanaman sawo tumbuh dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi, sehingga tidak berbahaya bagi lingkungan sekitarnya ketika ada angin kencang.

Ketika berbuah, buah yang dihasilkan pun sangat banyak. Buah sawo memiliki rasa yang manis dan lembut. Khasiat yang terkandung di dalamnya pun sangat berlimpah.

Srikaya

 Tanaman Buah Srikaya

Srikaya merupakan tanaman buah yang berasal dari Amerika tropis, tumbuhannya berbentuk perdu  atau pohon, tingginya mencapai 3-6 m. Srikaya bisa tumbuha pada wilayah yang memiliki ketinggian tempat hingga 800 m dpl, dan bisa tumbuh baik pada tanah berpasir sampai tanah lempung berpasir dan dengan sistem drainase yang baik.

Tanaman buah yang satu ini bisa tumbuh dengan mudah dengan menggunakan bijinya yang berwarna hitam. Menyemai biji srikaya bak plastik atau seed bed, biji srikaya akan mulai berkecambah 2 sampai dengan 4 minggu dan dipindahkan ke lahan setelah  6 bulan.

Terong

 Tanaman Buah Terong

Terong merupakan tanama buah yang digunakan sebagai sayuran. Ini adalah jenis sayuran tahunan semusim. Terong memang mudah ditanam tapi alangkah baiknya jika ditanam pada musim kemarau karena tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup.

Dan yang tak boleh terlupakan adalah untuk membantunya tumbuh, terong memerlukan penyangga yang kuat karena terong termasuk kedalam tanaman merambat.

Tomat

 Tanaman Buah Tomat

Tomat merupakan tanaman buah yang juga digunakan untuk sayuran, yang termasuk tanaman semusim yang berumur sekitar 4 bulan. Tanaman buah yang satu ini terbilang mudah dalam penanamannya karena bisa ditanam di dataran tinggi, dataran sedang ataupun dataran rendah.

Bahkan dalam ciri tanaman tomat ini bisa tumbuh di segala media, mulai dari lahan sawah, lahan tegal, lahan pekarangan, bahkan untuk kepemilikan lahan yang terbatas bisa ditanam di dalam pot.

Itulah tadi beragam macam-macam tanaman buah yang cepat menghasilkan dan mudah di dalam proses perawatan. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *