Jenis Tanaman Hias dan Contohnya

Diposting pada

Macam Tanaman Hias

Tanaman adalah makhluk hidup organik dan tumbuh kecuali bahwa, tidak seperti manusia atau hewan, mereka tidak dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain secara mandiri dan sukarela. Pohon, semak, sayuran, dan tanaman lain adalah bagian dari semua tanaman, yang dipelajari oleh Botani. Ornamnetal atau hias, di sisi lain, dapat diartikan sebagai detail atau aksesori yang memungkinkan untuk menghias satu hal dan membuatnya lebih indah. Istilah tanaman hias atau ornamental plants.

Konon, tanaman hias adalah tanaman yang digunakan dalam dekorasi untuk menghiasi dan memperindah ruang. Ini adalah tanaman yang dibudidayakan untuk tujuan estetika, bertentangan dengan spesies lain (seperti tanaman yang dapat dimakan, misalnya sayuran). Namun, ada tanaman yang dapat merespons lebih dari satu fungsi ini.

Tanaman Hias

Tumbuhan tumbuh di seluruh dunia dalam berbagai ukuran, bentuk, dan penampilan. Beberapa diantaranya dapat kita jadikan sebagai sumber bahan makanan, bahan bangunan, sementara yang lain hanya memberi kami kesenangan visual. Tanaman yang ditanam dengan tujuan utama untuk memberikan keindahan visual inilah yang kita kenal dengan istilah tanaman hias.

Tanaman hias dapat didefinisikan sebagai semua jenis tanaman, baik yang berbentuk terna, merambat, semak, perdu, ataupun pohon, yang sengaja ditanam sebagai komponen taman, kebun rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan/busana, atau sebagai komponen karangan bunga.

Dalam konteks umum, tanaman hias merupakan salah satu dari pengelompokan berdasarkan fungsi dari tanaman hortikultura. Bagian yang dimanfaatkan bukan semata bunganya saja, tapi kesan keindahan yang dimunculkan oleh tanaman ini. Selain bunga (warna dan aroma), daun, buah, batang, bahkan pepagan juga bisa menjadi komponen yang dimanfaatkan.

Pengertian Tanaman Hias

Tanaman hias ditanam untuk digunakan oleh industri hijau dan publik untuk tujuan seperti lansekap untuk olahraga, dan konservasi. Industri hijau termasuk pembibitan tanaman komersial, penanam bunga, taman, dan instalasi serta pemeliharaan tanaman pinggir jalan dan lanskap. Penggunaan utama untuk tanaman ini bukan untuk makanan, bahan bakar, serat, atau beragam jenis obat-obatan.

Namun, tanaman hias berkontribusi signifikan terhadap kualitas hidup dengan bertindak sebagai penghalang angin, menyediakan naungan pendingin, mengurangi atau menghilangkan erosi, membersihkan udara dan air dari polutan termasuk debu dan bahan kimia, mengurangi polusi suara, dan membuat daerah pinggiran kota dan perkotaan lebih indah. Dampak ekonomi dan emosional keberadaan tanaman hias sangat signifikan.

Tanaman hias dibedakan berdasarkan bentuk atau warna daun dan bunganya, aroma, buah atau teksturnya, dan berdasarkan ciri-ciri lainnya. Para ahli memperkirakan bahwa ada lebih dari 3000 tanaman yang ditujukan untuk keperluan hias.

Pengertian Tanaman Hias Menurut Para Ahli

Adapun definisi tanaman hias menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

North Dakota State University (NDSU)

Tanaman hias juga disebut tanaman taman (garden plants) merupakan yang memiliki keindahan sebagai ciri utamanya. Ini adalah tanaman yang terutama tumbuh karena keindahannya baik untuk penyaringan, aksen, spesimen, warna atau alasan estetika. Fitur hias umum termasuk daun, aroma, buah, batang dan kulit kayu.

Sejarah berkebun tanaman hias dimulai setidaknya 4.000 tahun peradaban manusia. Lukisan makam Mesir dari 1500 SM adalah beberapa bukti fisik paling awal dari hortikultura hias dan desain lansekap. Ini menggambarkan kolam teratai yang dikelilingi oleh deretan akasia dan telapak tangan yang simetris.

Garden Guides

Secara umum, tanaman hias dapat diartikan sebagai tanaman yang memiliki setidaknya satu fitur yang menarik secara visual. Keindahan itu subjektif. Pohon buah-buahan, kayu dan tanaman pangan dapat secara visual menakjubkan dan dijadikan hiasan, tetapi biasanya diberi label untuk tujuan spesifik mereka.

Jenis Tanaman Hias

Tanaman hias memiliki jenis yang beragam macam, karena suatu tanaman dapat dijadikan tanaman hias bisa dilihat dari keindahan bunga, daun, buah, akar, dan batangnya. Berikut ini jenis-jenis tanaman hias beserta contohnya, antara lain:

Tanaman Hias Bunga

Tanaman Hias Bunga

Tanaman hias dalam arti bunga merupakan tanaman yang mempunyai bunga yang cantik dengan satu atau banyak warna. contoh tanaman hias bunga, yaitu:

Bunga Anggrek

Bunga Anggrek

Anggrek (famili Orchidaceae) merupakan salah satu dari hampir 1.000 genera dan lebih dari 22.000 spesies tanaman bunga yang menarik yang terdistribusi di seluruh dunia, terutama di daerah tropis basah.

Kata anggrek berasal dari kata Yunani (orchis) untuk testis karena bentuk umbi akar pada beberapa spesies dari genus Orchis. Tanaman tahunan non-kayu ini umumnya merupakan tumbuhan darat atau epifit (mis., Tumbuh pada tanaman lain daripada berakar di tanah). Yang melekat pada tanaman lain sering mirip vinel dan memiliki penutup akar seperti bunga yang disebut velamen yang menyerap air dari udara di sekitarnya.

Di Indonesia, tanaman ini termasuk tanaman hias bunga yang sangat popular, yang biasanya dijadikan sebagai ungkapan rasa sayang seseorang, simbol kemewahan dan keindahan selama ratusan tahun. Jenis tanaman anggrek yang tumbuh di Indonesia pun bisa dibilang banyak, kurang lebih 5.000 – 6.000 jenis bunga anggrek yang memang sengaja dibudidayakan atau tumbuh secara liar.

Bunga Mawar

Bunga Mawar

Mawar adalah sejenis semak berbunga. Namanya berasal dari kata Latin Rosa. Bunga-bunga mawar tumbuh dalam berbagai warna, dari mawar merah yang terkenal atau mawar kuning dan kadang-kadang mawar putih atau ungu. Mawar termasuk dalam famili tanaman yang disebut Rosaceae.

Semua mawar pada awalnya liar dan berasal dari beberapa bagian dunia, Amerika Utara, Eropa, Afrika barat laut dan banyak bagian Asia dan Oceania. Ada lebih dari 100 spesies mawar yang berbeda. Spesies mawar liar dapat tumbuh di kebun, tetapi kebanyakan mawar taman adalah kultivar, yang telah dipilih oleh orang-orang.

Bunga mawar merupakan tanaman yang dijulukan sebagai “Ratu Bunga” karena keindahan dan keunikannya.  Bentuk kelopaknya yang indah didukung dengan aromanya yang sangat harum. Bunga mawar ini sering diindentikan dengan simbol perasaan cinta terhadap seseorang.

Bunga Melati

Bunga Melati

Tanaman bunga melati atau dalam bahasa inggris yaitu jasmine Jasmine, termasuk dalam genus ‘Jasminum’ dan mencakup lebih dari 200 spesies tanaman, yang sebagian besar berasal dari daerah tropis dan sub-tropis. Namanya berasal dari kata Persia ‘yasmin’ yang berarti hadiah dari Tuhan. Ini menjadi bunga populer yang terkait dengan cinta dan romansa.

Pembudidayaan bunga melati di Indonesia sudah dilakukan cukup lama. Bahkan, ada salah satu jenis bunga melati yang dijadikan sebagai simbol nasional atau “puspa bangsa” bunga yaitu melati warna putih (Jasminum sambac) yang dijadikan lambang kesucian, kemurahan, dan punya kaitan kuat dengan berbagai tradisi di banyak suku di daerah Indonesia.

Bunga Kembang Sepatu

Bunga Kembang Sepatu

Kembang sepatu atau dalam bahasa latin Hibiscus Rosa-Sinensis, atau dalam bahasa Inggris shoeblackplant merupakan spesies tanaman berbunga dari Suku Hibisceae dari famili Malvaceae. Kembang sepatu merupakan tanaman yang bersemak dan berasal dari Asia Timur.

Kelopak bunga sepatu biasanya berwarna merah. Selain itu ada pula yang berwarna kuning, oranye, putih, merah tua, dan merah jambu. Bunga ini di daerah Sumatera dan Malaysia disebut sebagai bunga raya. Di Malaysia sendiri, tepatnya tanggal 28 Juli 1960 bunga kembang sepatu disahkan sebagai bunga nasional di Negara Malaysia.

Bunga Matahari

Bunga Matahari

Bunga matahari atau Sunflower atau Helianthus adalah genus tanaman yang terdiri dari sekitar 70 spesies. Kecuali untuk tiga spesies di Amerika Selatan, semua spesies bunga matahari adalah tanaman asli Amerika Utara.

Biji bunga matahari dibawa ke Eropa dari Amerika pada abad ke-16, di mana, bersama dengan minyak bunga matahari, mereka menjadi bahan masakan yang tersebar luas. Selain sebagai tanaman hias, spesies bunga matahari ini juga digunakan sebagai makanan burung liar, sebagai pakan ternak (sebagai makanan atau tanaman silase), dalam beberapa aplikasi industri.

Bunga Asoka

Bunga Asoka

Asoka atau Saraca asoca adalah tanaman yang terasuk sub-famili Caesalpinioideae dari famili kacang-kacangan. Ini adalah pohon penting dalam tradisi budaya di India dan daerah sekitarnya.  Distribusi asli tanaman ini berada di daerah tengah dataran tinggi Deccan, serta bagian tengah Ghat Barat di zona pesisir barat anak benua India.

Musim berbunga sekitar Februari hingga April. Bunga-bunga ashoka datang dalam tandan yang berat dan subur. Warnanya oranye-kuning cerah, berubah merah sebelum layu.

Bunga Lili

Bunga Lili

Bunga lili adalah kelompok tanaman berbunga yang penting dalam budaya dan sastra di banyak dunia. Sebagian besar spesies asli dari belahan bumi utara, meskipun jangkauannya meluas ke wilayah subtropis utara. Bunga lili atau bunga bakung adalah tanaman keras yang tinggi berkisar antara 2–6 kaki (60–180 cm).

Bunga lili berukuran besar, seringkali berbau harum, dan memiliki berbagai warna termasuk putih, kuning, jeruk, merah muda, merah dan ungu. Tanaman ini berbunga akhir musim semi atau musim panas.

Tanaman Hias Buah

Tanaman Hias Buah

Tanaman hias dalam arti buah merupakan tumbuhan yang menonjolkan keindahan dan keunikan buahnya. Contoh tanaman hias buah, yaitu:

Jeruk Nagami

Jeruk Nagami

Jeruk Nagami atau biasa disebut dengan Nagami Kumquat, adalah tanaman penghasil buah jeruk dari genus Citrus yang memiliki ciri khas yaitu bentuk buahnya yang lonjong dan berukuran kecil-kecil.

Jeruk nagami tidak hanya ditanam untuk dijadikan tanaman penghias rumah saja, tapi buahnya juga dapat dimakan secara langsung karena selalu berbuah. Keunikan lainnya dari buah ini yaitu bukan hanya bisa dinikmati keindahan dan rasa buah dagingnya saja, tetapi kulitnya juga yang mempunyai rasa lebih manis dibandingkan dagingnya sendiri.

Cabai Pelangi

Cabai Pelangi

Cabai pelangi atau cabai yang berwarna-warni ini merupakan tanaman yang buah berasal dari dari Amerika Selatan. Aada juga yang mengatakan bahwa cabai ini berasal dari Brasil dengan nama lain Bolivian Rainbow karena tumbuh untuk berabad-abad lamanya di Bolivia (Amerika Selatan Tengah).

Tumbuhan cabai dapat ditanam di dalam ruangan dan akan menghasilkan buah terus menerus, sepanjang tahun. Ketika tumbuh di luar ruangan, ini membutuhkan iklim yang hangat. Buahnya berukuran kecil, sekitar 1 inci, dan berbentuk kerucut, tumbuh tegak di atas tanaman, memiliki warna yang agak cerah dan berbeda-berbeda. Selain itu, dedaunan dan bunga-bunga berwarna ungu, membuat tanaman ini lebih unik.

Buah Naga Mini

Buah Naga Mini

Pada dasarnya buah naga ini tak berbeda dengan buah naga pada umumnya, hanya saja ukurannya yang mini memberikan kesan “imut” pada tanaman ini sehingga terlihat seperti tumbuhan mitasi yang indah untuk dijadikan tanaman hias. Dengan panjang sekitar 70 cm, buah ini sudah dapat menghasilkan buah yang siap di konsumsi.

Blacberry

Blacberry

Blackberry adalah buah yang bisa dimakan, ini diproduksi oleh beberapa spesies dalam genus Rubus dari suku Rosaceae. Sebenarnya, buah ini bukanlah berry, secara botani itu disebut sebagai buah agregat, terdiri atas drupelet kecil.

Tanaman ini biasanya berumur dwitahunan dan memiliki akar tongkat abadi. Blackberry dan raspberry disebut juga caneberries atau semak berduri. Ini adalah kelompok besar, dan dikenal lebih dari 375 spesies, banyak yang berhubungan erat dengan mikrospesies apomiktis asli di seluruh belahan bumi utara iklim sedang dan Amerika Selatan.

Tanaman Hias Daun

Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun merupakan salah satu jenis tanaman hias yang mempunyai keindahan dan ciri khas yang terdapat pada bagian daunnya.

Aglaonema

Aglaonema

Algeonema atau yang lebih akrab dikenal dengan sri rejeki, adalah tanaman hias yang berasal dari suku talas-talasan (Araceae). Habitat asli tanaman ini berada di dalam hutan hujan tropis dengan tingkat intensitas penyinaran yang cukup rendah dan kelembaban yang tinggi.

Keindahan daun Aglaonema dengan berbagai warna, bentuk, dan ukuran menjadikan tanaman ini tergolong ke dalam macam-macam tanaman hias daun yang berbeda dari spesies alami.

Zamia

Zamia

Zamia merupakan tanaman gurun yang bisa menggambarkan masa purbakala. Tanaman ini berasal dari gurun, sehingga memiliki ketahanan terhadap udara kering (bisa hidup optimal pada suhu 30 – 35 celcius). Tanaman zimia bisa dibudidayakan dengan menggunakan tunas akarnya yang ditanam di dalam pot. Tanaman hias daun zamia ini dapat hidup sampai lebih dari lima tahun.

Suplir

Suplir

Suplir atau yang dikenal juga sebagai Adiantum. Tanaman ini mempunyai penampilan yang khas sehingga membuatnya mudah dibedakan dengan jenis tumbuhan paku-pakuan lainnya.

Adiantum adalah genus dari sekitar 250 spesies pakis dalam subk famili Vittarioideae dari famili Pteridacea. Nama genus berasal dari bahasa Yunani, yang berarti “tidak terselami”, merujuk pada kemampuan daun untuk menuangkan air tanpa menjadi basah.

Keladi Red Star

Keladi Red Star

Tanaman keladi termasuk kelompok tumbuhan dari genus Caladium. Terdapat ini memiliki beragam varietas, salah satunya yaitu red star. Keladi Red Star terkenal karena keindahannya pada urat daunnya yang berbentuk bintang dan warnanya yang merah cerah, tangkai daunya yang agak berwarna kemerahan dengan belang-belang hitam.

Tanaman ini termasuk tanaman yang sangat mudah ditanam dan cepat berkembang asalkan media tanamnya tetap dijaga tidak kering. Tanaman ini sebaiknya disimpan di tempat yang terpapar sinar matahari penuh, supaya warna merah pada urat daunnya makin timbul.

Puring

Tanaman Puring

Tanaman puring termasuk tanaman hias daun yang sangat populer. Tanaman ini juga dikenal dengan nama kroton yang banyak ditemui di pekarangan. Dulunya tanaman dianggap tidak berharga tetapi sekarang mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.

Puring mempunyai warna daun dengan corak yang beragam, misalnya  merah, ungu, hijau, kuning, jingga serta campuran warna lain.

Bentuk daunnya pun beragam, misalnya ada yang panjang oval dan bergelombang. Jenis Puring yang banyak menjadi incaran yaitu jenis Red Aple, Oscar, Puring Anting Raja, Logam, Puring Arjuna , Puring Asmara Jingga, dan jenis purin kura.

Pucuk Merah

Tanaman Pucuk Merah

Pucuk Merah atau dengan nama latin Syzygium oleana termasuk salah satu jenis tanaman tropis yang saat ini tengah populer di Indonesia. Apabila dilihat sekilas, bentuk tajuk dan daun dari tanaman pucuk merah mirip dengan tanaman cengkeh, tapi apabila dilihat dengan seksama ataupun dicium tanaman ini tentunya berbeda dengan tanaman cengkeh.

Paku hati

Tanaman Paku Hati

Paku Hati atau dengan nama latin Selaginella termasuk marga sekelompok tumbuhan berpembuluh yang merupakan satu-satunya anggota suku Selaginellaceae. Tumbuhan paku hati berkembang biak dengan spora bebas sehingga dianggap sebagai bagian dari tumbuhan paku (Pteridophyta) . 

Meskipun saat ini cenderung untuk dipisahkan dalam kelompok tersendiri bersama-sama dengan paku kawat, kumpai, dan paku rantai (Lycopodiales) serta Isoetes dalam satu divisi tersendiri yaitu Lycopodiophita.

Tanaman Hias Batang

Macam Tanaman Hias Batang

Tanaman hias dalam arti batang merupakan sebuah jenis tanaman yang memang sengaja ditanam yang bertujuan untuk sebagai komponen taman, kebun rumah, atau untuk mempercantik ruangan saja Contoh tanaman hias batang, yaitu:

Bambu Air

Tanaman Bambu Air

Tanaman hias bambu air merupakan tanaman hias yang hidup di daratan tetapi dengan genangan air. Bambu air dapat dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya yaitu bambu air hijau dan bambu air belang hijau putih. Atau kebanyakan disebut dengan bambu air kuning.

Tinggi tanaman bambu air ini hanya bisa mencapai 3 meter saja, batangnya berwarna hijau segar dengan ukuran diameter yang cukup kecil dibandingkan dengan jenis-jenis tanaman bambu lainnya. Daun pada tanaman ini bisa keluar di antara sendi-sendinya yang menyerupai cincin coklat yang terdapat pada rongga batang pada tanaman ini.

Kaktus

Tanaman Hias Kaktus

Kaktus adalah tanaman hias batang berduri yang indah. Pada umumnya berukuran kecil atau mini dan ditaruh di dalam pot, selain untuk hiasan rumah, tanaman kaktus ini juga sering digunakan sebagai souvenir di acara-acara pernikahan.

Kaktus dapat hidup di tanah yang kering, atau di lingkungan yang panas dan sedikit air, karena memang habitat asli dari kaktus adalah di gurun pasir, sehingga karakteristiknya dapat disesuaikan dengan lingkungan tempat ia hidup.

Palem Merah

Tanaman Palem Merah

Palem merah menjadi salah satu tanaman hias batang yang sangat populer digunakan sebagai penghias halaman rumah. Nama palem merah itu sendiri diambil dari warna batangnya yaitu merah. Dari warna batang inilah, tanaman palem yang satu ini mempunyai keunikan tersendiri.

Akan tetapi, tanaman ini hampir punah karena sudah jarang yang memilikinya. Hal itu dapat terjadi karena ada adanya perburuan secara besar-besar didaerah hutan Sumatra tempat asalnya dan tidak mampu untuk membudidayakannya.

Tanaman Hias Akar

Jenis Tanaman Hias Akar

Tanaman hias akar merupakan tanaman hias yang mempunyai keunggulan tersendiri pada bagian di akarnya. Contoh Tanaman hias akar yaitu:

Adenium

Tanaman Adenium

Adenium atau biasa dikenal dengan sebutan kamboja jepang.  Kamboja Jepang mempunyai bentuk akar yang indah yang dikenal sebagai bongol. Meskipun sebenarnya bunga dari kamboja ini juga tidak kalah menarik. Harga tanaman ini sangat bergantung dari akarnya. Tanaman ini dapat ditanam dengan cara stek, tapi yang ditanamn dengan cara ini harganya lebih murah karena  akarnya tidak bisa berkembang dan memunculkan bongolnya.

Ficus Elastica

Tanaman Hias Ficus Elastica

Di Indoneisa, tanaman ini lebih dikenal sebagai tanaman karet kebo. Apabila dibuat bonsai, tanaman ini akarnya bisa dikreasikan dengan beragam bentuk yang menawan. Tanaman yang biasa tumbuh di iklim trops ini akarnya dapat tumbuh dengan baik meskipun sudah dipotong potong untuk dibentuk sesuai keinginan anda.

 

Fiscus elastica memiliki sistem perakaran akar tunggang, yang biasanya akan tumbuh dengan luas dan menyebar, sehingga tanaman tersebut masih bisa tumbuh dengan baik walaupun dalam kondisi yang kurang menguntungkan, sehingga tanaman tremasuk sejenis tanaman pohon yang mempunyai umur yang panjang. Tingginya bisa mencapai hingga 20-30 m.

Acer atau Maple

Tanaman Maple

Acer adalah genus pohon dan semak yang biasa dikenal sebagai maple. Genus ini termasuk dalam famili Sapindaceae. Ada sekitar 128 spesies, yang sebagian besar berasal dari Asia, ada juga yang muncul di Eropa, Afrika utara, dan Amerika Utara. Hanya satu spesies, Acer laurinum, yang meluas ke Belahan Bumi Selatan.

 

Pohon maple memiliki daun palem yang mudah dikenali dan buah-buahan bersayap yang khas. Akar tanaman ini juga dapat dibentuk bonsai untuk tanaman hias.

Ficus Microcarpa

Tanaman Ficus Microcarpa

Ficus microcarpa juga dikenal sebagai beringin Cina, beringin Melayu, Laurel India, Tirai ara, dan masih banyak lagi, adalah sebuah pohon yang termasuk dalam famili Moraceae. Tanaman ini berasal dari area Cina melalui Asia tropis dan Kepulauan Caroline ke Australia. Ditanam secara luas sebagai pohon peneduh. Akarnya juga bisa dibonsai menjadi tanaman hias.

Nah, itulah tadi serangkain artikel yang sudah kami jelaskan secara lengkap terkait dengan macam-macam tanaman hias bunga, buah, daun, batang, dan akar. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta referensi mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *