Jenis Tanaman Serealia dan Manfaatnya

Diposting pada

Macam Tanaman Serealia

Sereal adalah setiap rumput yang dibudidayakan (tumbuh) untuk dimanfaatkan dalam definisi biji-bijiannya (secara botani, sejenis buah yang disebut kariopsis). Kata sereal berasal dari Ceres, nama Dewi panen dan pertanian Romawi. Tanaman biji-bijian sereal ditanam dalam jumlah yang lebih besar dan menyediakan lebih banyak energi pangan di seluruh dunia daripada jenis tanaman obat-obatan atau hias sekalipun.

Dalam bentuknya yang alami, tidak diproses, biji-bijian utuh, sereal merupakan sumber yang kaya akan vitamin, mineral, karbohidrat, lemak, minyak, dan protein. Untuk itulah, di beberapa negara berkembang, jenis biji-bijian seperti beras, gandum, millet, atau jagung dimanfaatkan sebagai makanan sehari-hari oleh mayoritas penduduk. Di negara maju, konsumsi sereal cukup dan beragam tetapi masih substansial.

Tanaman Serealia

Tanaman sereal secara bergantian disebut tanaman biji-bijian. Dalam banyak publikasi dan korespondensi, mereka hanya disebut biji-bijian atau sereal. Pada tahun 2012, 5 sereal teratas di dunia yang diberi peringkat berdasarkan tonase produksi adalah jagung (jagung), beras (padi), gandum, jelai dan sorgum.

Tanaman ini juga termasuk dalam 50 komoditas pertanian teratas di dunia dengan peringkat jagung kedua setelah tebu. Beras (padi) menempati urutan ketiga, gandum – ke-4, gandum – ke-12, dan sorgum-ke-30 (FAOStat 2014, diperbarui 18 Agustus 2014).

Pengertian Tanaman Serealia

Serealia dapat didefinisikan sebagai jenis tanaman yang tergolongan padi-padian atau rumput-rumputan (Gramineae) yang dibudidayakan untuk menghasilkan bulir-bulir berisi biji-bijian yang kaya akan karbohidrat dan serat kasar, dengan protein dalam jumlah yang cukup, dan lemak dalam jumlah yang rendah. Selain itu, seralia juga kaya vitamin (vitamin E dan B kompleks), serta mineral (besi, magnesium dan seng).

Pembudidayaan semua serealia adalah sama. Semua adalah tanaman semusim; yang berarti satu kali tanam, satu kali panen dan tumbuh baik di daerah beriklim sedang. Di Indonesia, tanaman serealia yang banyak dibudiayakan yaitu padi (beras), jagung, gandum dan sorgum.

Pengertian Tanaman Serealia Menurut Para Ahli

Adapun definisi tanaman serealia menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Chapman dan Carter (1976), Sreal umumnya didefinisikan sebagai rumput yang ditanam karena benihnya yang kecil dan dapat dimakan. Mereka juga menjelaskan bahwa semua sereal adalah angiospermae, monokotil, dan anggota famili rumput Gramineae.
  2. Lantican (2001), Tanaman sereal dapat didefinisikan tanaman agronomis dari famili rumput Gramineae yang digunakan sebagai bahan pokok. kata “sereal” berasal dari nama dewa gandum yang paling penting, Dewi Romawi Ceres.

Jenis Tanaman Serealia

Berikut bermacam-macam jenis tanaman serealia beserta masing-masing manfaat yang ada di dalam kanduangannya, antara lain;

Padi (Oryza sativa)

Tumbuhan Sirealia Padi

Padi adalah salah satu tanaman serealia yang telah menjadi makanan pokok di berbagai negara tropis termasuk Indonesia. Ini tanaman pangan bagi manusia yang paling penting di dunia. Ciri padi ini adalah tanaman semusim, yang hasil pengolahannya disebut beras yang bisa  dimasak menjadi nasi untuk di konsumsi sebagai sumber karbohidrat.

Padi termasuk tanaman yang unik karena dapat tumbuh di lingkungan basah, dimana tanaman lain tidak dapat bertahan hidup. Lingkungan basah seperti itu berlimpah di seluruh Asia. Domestikasi padi menempati peringkat sebagai salah satu perkembangan paling penting dalam sejarah dan sekarang ribuan varietas padi dibudidayakan di setiap benua kecuali Antartika.

Manfaat tberagam jenis anaman padi, diantaranya yaitu memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sebagai sumber energi, Bisa mengobati gangguan pencernaan, untuk mengobati bisul, bengkak, dan jerawat, serta bisa diekstrak untuk obat flu dan kosmetik.

Jagung (Zea mays)

Sirealia Jagung

Jagung adalah salah satu jenis tanaman pangan sebagai penghasil karbohidrat selain dari gandum dan padi. Jagung merupakan tanaman palawija yang menjadi pilihan banyak petani karena mudah untuk ditanam.

Untuk bisa tumbuh dengan baik, jagung membutuhkan sinar matahari langsung serta tingkat kadar air yang tidak terlalu banyak. Jagung juga termasuk tanaman yang bisa tumbuh di berbagai jenis tanah.

Jagung menjadi sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan. Selain itu, jagung menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) juga menonsumsi jagung sebagai pangan pokok. Jagung kaya akan pentosa.

Selain bijinya yang bisa dibuat minyak dan tepung maizena, bagian tongkol dan daunnya bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak. Ada pula bagian tongkol dan bulir yang telah dibuat tepung yang digunakan untuk bahan baku industri.

Gandum Biasa (Triticum aestivum)

Sirealia Gandum Biasa

Gandum adalah salah satu tanaman sereal tertua dan paling penting.  Gandum adalah salah satu tanaman pangan domestik pertama dan selama 8.000 tahun telah menjadi makanan pokok dari peradaban utama Eropa, Asia Barat dan Afrika Utara.

Gandum biasa juga dikenal sebagai gandum roti, adalah spesies dari klasifikasi gandum yang dibudidayakan. Sekitar 95% dari gandum yang dihasilkan adalah gandum biasa, yang merupakan tanaman yang paling banyak ditanam dan semua sereal dengan hasil moneter tertinggi

Saat ini, gandum ditanam di lebih banyak lahan daripada tanaman komersial lainnya dan terus menjadi sumber biji-bijian makanan paling penting bagi manusia. Gandum mengandung karbohidrat, protein, serat, Vitamin B, Vitamin E, dan beragam nutrisi lainnya.

Selain dijadikan sebagai makanan pokok, manfaat gandum juga bisa digunakan untuk beragam keperluan, diantaranya yaitu digiling untuk menghasilkan tepung sebagai bahan dasar berbagai produk termasuk roti, digunakan untuk pakan ternak, sebagai bahan dasar untuk minuman beralkohol, untuk pembuatan plastik dan keperluan pakan budidaya untuk ikan dan udang.

Gandum Durum (Triticum durum) Sirealia Gandum Durum

Gandum durum (Durum wheat) juga disebut gandum pasta atau gandum makaroni (Macaroni wheat), adalah spesies gandum tetraploid. Ini adalah spesies dari ciri morfologi gandum yang paling banyak dibudidayakan setelah gandum biasa, meskipun hanya mewakili 5% hingga 8% dari produksi gandum global.

Secara komersial diproduksi untuk pasta kering atau pasta secca, dibuat hampir secara eksklusif dari durum semolina. Kebanyakan pasta segar rumahan (pasta fresca), seperti orecchiette dan tagliatelle, juga menggunakan gandum durum atau kombinasi dari gandum lunak dan keras.

Jelai (Hordeum vulgare)

Tanaman Sirealia Jelai

Jelai merupakan biji-bijian sereal utama yang ditanam di daerah beriklim sedang secara global. Itu adalah salah satu biji-bijian pertama yang dibudidayakan, terutama di Eurasia sejak 10.000 tahun yang lalu.

Jelai telah digunakan sebagai pakan ternak, sebagai sumber bahan fermentasi untuk bir dan minuman suling tertentu, dan sebagai komponen berbagai makanan kesehatan. Ini digunakan dalam sup dan rebusan, dan dalam roti gandum dari berbagai budaya.

Pada tahun 2016, jelai berada di peringkat keempat di antara biji-bijian ditinjau dari jumlah produksinya yang mencapai 141 juta ton, setelah jagung, beras dan gandum.

Oats atau Haver (Avena sativa L.)

Sirealia Oats

Oats adalah salah satu jenis tanaman serealia yang banyak ditemui di daerah sub-tropis dan sedang. Oats merupakan bentuk domestikasi dari jenis tanaman setengah liar Avena fatua yang sudah dibudidayakan saat zaman perundagian awal (zaman besi) dan merupakan sumber pangan pokok pada masa itu di Asia Barat dan Eropa.

Oat adalah makanan kaya nutrisi yang berkaitan dengan menurunkan kolesterol darah bila dikonsumsi secara teratur. Selain untuk makanan pokok, oats juga sebagai pakan ternak terutama kuda. Di Indonesia produk oats atau haver dikenal dari sejenis bubur yang diperkenalkan oleh penjajah Belanda, yang dikenal sebagai havermut.

Sorgum (Sorgum spp)

Sirealia Sorgum

Sorgum adalah genus tanaman berbunga dari famili keluarga rumput Poaceae. Tujuh belas dari 25 spesies adalah asli Australia,dengan kisaran beberapa diantaranya meluas ke Afrika, Asia, Mesoamerika, dan pulau-pulau tertentu di Samudra Hindia dan Pasifik.

Satu spesies ditanam untuk biji-bijian, sementara yang lainnya banyak digunakan sebagai tanaman pakan ternak, baik dibudidayakan di iklim hangat di seluruh dunia atau dinaturalisasi, di tanah padang rumput. Di Indonesia sendiri, tanaman sereal yang satu ini  juga sudah mulai di budidayakan.

Selain untuk pakan ternak, serealia ini banyak digunakan sebagai makanan pokok, dan bahan baku dalam berbagai bentuk home industri. Sorgum menjadi makann pokok di daerah Asia Selatan dan Afrika sub-sahara. Di Indonesia sendiri, tanaman sereal yang satu ini  juga sudah mulai di budidayakan.

Fonio (Digitaria exilis)

Sirealia Fonio

Fonio adalah istilah untuk dua rumput yang dibudidayakan dalam genus Digitaria yang merupakan tanaman penting di beberapa bagian Afrika Barat. Ini adalah millet dengan biji-bijian kecil. Jenis tanaman serealia ini memiliki fiksasi karbon C4 seperti di banyak rumput lainnya.

Fonio dikonsumsi terutama di negara-negara Afrika Barat, tempat tanaman ini juga dibudidayakan. Pasar fonio global adalah 673.000 ton pada 2016. Nama fonio (dipinjam oleh Inggris dari Perancis) berasal dari Wolof foño. Biji-bijian ini juga dikenal sebagai acha di beberapa bagian Nigeria.

Jewawut (Setaria italic)

Sirealia Jewawut

Jewawut merupakan sejenis tanaman serealia yang pernah dijadikan makanan utama oleh masyarakat Asia tenggara dan Timur sebelum mengenal padi. Jewawut mempunyai bulir yang berukuran sekitar 3 mm dan warnanya beragam ada hitam, ungu, jingga kecoklatan, sampai merah.

Tanaman jewawut tingginya bisa mencapai 2 meter. Terdapat 2 varietas jewawut yaitu yang untuk di konsumsi manusia yaitu S.italica var.italica dan yang untuk pakan burung yaitu S.italica var. moharica

Jali (Coix lacryma-jobi L)

Tanaman Sirealia Jali

Jali adalah merupakan jenis tanaman serealia yang berasal dari daerah tropis, yaitu dari Asia Timur dan Malaya namun sekarang telah tersebar ke berbagai penjuru dunia. Tanaman ini termasuk dalam suku padi-padian atau Poaceae. Beberapa varietas memiliki biji yang bisa dimakan dan dijadikan sumber karbohidrat dan juga obat. Bulir yang telah masak terbungkus struktur yang keras, berbentuk oval dan berwarna putih.

Terdapat dua varietas yang ditanam orang, yaitu Coix lacryma-jobi var. lacryma-jobi yang mempunyai cangkang (pseudokarpium) keras berwarna putih, bentuk oval, dan digunakan sebagai manik-manik, dan Coix lacryma-jobi var. ma-yuen yang bisa dimakan dan juga menjadi bagian dari tradisi pengobatan Tiongkok.

Rumput Kenari (Phalaris)

Sirelia Rumput Kenari

Rumput kenari adalah tanaman yang termasuk dalam famili Poaceae. Awalnya ini merupakan tanaman asli dari wilayah Mediterania, sekarang ditanam secara komersial di beberapa bagian dunia untuk dijadikan benih pakan burung. Rumput besar dan kasar ini memiliki batang yang tegak dan tidak berbulu, biasanya setinggi 0,61 hingga 1,83 m.

Rumput ini memiliki bunga tunggal yang muncul dalam kelompok yang padat pada Mei hingga pertengahan Juni atau Agustus. Bunga tersebut berwarna hijau atau sedikit ungu pada awalnya, kemudian menjadi cokelat.

Bijinya tanamn ini berwarna coklat mengkilap. Biji yang digunakan sebagai makanan burung dan umumnya dicampur dengan lobak dan biji lainnya yang membuatnya lebih murah. Itu harus disimpan di tempat yang kering dan jauh dari hama. Secara industri, tepung yang terbuat dari biji rumput kenari digunakan dalam pembuatan barang-barang katun halus dan barang-barang sutra.

Spelt (Triticum spelta; Triticum dicoccum) Sirealia Spelt

Spelt juga dikenal sebagai gandum dinkel (dinkel wheat) adalah spesies gandum yang dibudidayakan sejak sekitar 5000 SM. Spelt adalah bahan pokok yang penting di beberapa bagian Eropa dari Zaman Perunggu hingga abad pertengahan; sekarang bertahan sebagai tanaman peninggalan di Eropa Tengah dan Spanyol utara, dan juga telah menemukan pasar baru sebagai ‘makanan kesehatan’.

Spelt kadang-kadang dianggap sebagai subspesies berkaitan erat dengan spesies Common Wheat (Triticum aestivum) atau gandum biasa, yang dikenal juga dengan gandum roti, yaitu spesies gandum yang dibudidayakan. Dalam hal ini nama botaniya dianggap Triticum aestivum subsp. spelta. Ini adalah gandum heksaploid, yang artinya memiliki enam set kromosom.

Rye (Secale cereale) sirealia Rye

Rye adalah rumput yang ditanam secara luas sebagai biji-bijian, tanaman penutup dan tanaman hijauan. Ini adalah anggota dari suku gandum (Triticeae) dan terkait erat dengan jelai (genus Hordeum) dan gandum (Triticum). Biji Rye digunakan untuk tepung, roti, bir, beberapa wiski, beberapa vodka, dan makanan hewan. Ini juga bisa dimakan utuh.

Rye adalah biji-bijian sereal dan tidak boleh disamakan dengan ryegrass, yang digunakan untuk halaman rumput, padang rumput, dan jerami untuk ternak.

Triticale (× Triticosecale)

Sirealia Triticale

Triticale adalah hibrida dari gandum (Triticum) dan gandum hitam (Secale) yang pertama kali dibiakkan di laboratorium selama akhir abad ke-19 di Skotlandia dan Jerman. Triticale yang tersedia secara komersial hampir selalu merupakan hibrida generasi kedua, yaitu persilangan antara dua jenis tritikal primer (persilangan pertama).

Triticale menggabungkan potensi hasil dan kualitas gandum yang tahan terhadap penyakit dan gandum dengan toleransi yang baik pada lingkungan (termasuk kondisi tanah). Ini ditanam sebagian besar untuk pakan ternak, meskipun beberapa makanan berbasis triticale dapat dibeli di toko makanan kesehatan dan dapat ditemukan di beberapa sarapan sereal.

Teff (Eragrostis tef)

 Sirealia Teff

Teff juga dikenal sebagai lovegrass Williams atau rumput tandan tahunan, adalah rumput tahunan dari spesies lovegrass (Eragrostis adalah genus besar tanaman dalam famili rumput, yang ditemukan di banyak negara di semua benua yang dihuni dan banyak pulau) yang berasal dari Tanduk Afrika (Tanduk Afrika adalah semenanjung di Afrika Timur Laut), terutama yang sekarang disebut Ethiopia dan Eritrea.

Tanaman ini dibudidayakan untuk bijinya yang dapat dimakan, juga dikenal sebagai teff. Teff adalah tanaman multiguna yang memiliki penting untuk diet dan budaya Ethiopia. Di Ethiopia, teff menyediakan dua pertiga dari asupan protein harian. Ini tidak hanya penting untuk nutrisi manusia, tetapi juga sebagai makanan ternak, atau sebagai bahan bangunan.

Selain itu, teff dapat digunakan untuk menyiapkan berbagai minuman beralkohol, seperti bir. Karena kandungan mineralnya yang tinggi, teff juga dicampur dengan kacang kedelai, buncis atau biji-bijian lainnya untuk memproduksi makanan bayi.

Nah, itulah tadi serangkain artikel yang bisa kami tuliskan serta bagikan kepada segenap pembaca terkait dengan macam-macam contoh tanaman sirealia dan manfaatnya dalam berbagai bidang kesehatan serta keseharian. Semoga melalui materi ini menambah wawasan. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *