Jenis Tanaman Sri Rejeki dan Manfaatnya

Diposting pada

Tanaman Sri Rejeki

Tanaman sri rezeki atau aglaonema adalah tanaman hias favorit di mana-mana, dengan dedaunan yang unik dan penuh warna, perawatan mudah, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan hampir semua ruang rumah atau kantor, membuatnya menjadi tanaman yang banyak dimanfaatkan baik untuk hiasan interior maupun ekterior.

Bukan hanya dikenal karena keindahannya, tanaman yang dikenal juga dengan nama chinese evergreen, dianggap sebagai pembawa keberuntungan di Cina. Terdapat beragam jenis tanaman sri rezeki dengan karakteristik atau corak daun yang berbeda-beda. NASA telah menempatkan aglaonema modestum dalam daftar sepuluh besar tanaman pembersih udara karena kemampuan alaminya untuk membersihkan udara di sekitarnya. Telah terbukti menghilangkan benzena dan formaldehida dari udara, sehingga udara yang kita hirup untuk bernafas lebih aman.

Tanaman Sri Rejeki

Tanaman sri rezeki merupakan tanaman yang tumbuh liar di hutan hujan subtropis Thailand, Indonesia, dan Malaysia, di mana tanaman menyukai tempat-tempat yang terlindungi kanopi daun pohon-pohon besar dan semak-semak untuk memastikan bahwa matahari hampir tidak dapat mengenainya secara langsung.

Pengertian Tanaman Sri Rejeki

Tanaman sri rezeki (Aglaonema) adalah genus tanaman berbunga dalam famili arum, Araceae. Nama Aglaonema berasal dari bahasa Yunani yang merupakan gabungan dari ‘agláos’ (bersinar) dan ‘néma’ (utas). Ini mengacu pada benang sari bunga yang mengkilap.

Pengertian Tanaman Sri Rejeki Menurut Para Ahli

Adapun definsi tanaman Sri Rejeki menurut para ahli, antara lain:

  1. Wikipedia, Sri rezeki atau chinese evergreen, atau yang lebih popular dikenal dengan Aglaonema adalah salah satu jenis tanaman hias dari suku talas-talasan atau Araceae. Genus Aglaonema mempunyai sekitar 30 spesies.

Habitat asli tanaman sri rezeki ialah di bawah hutan hujan tropis. Tanaman yang satu ini tumbuh dengan baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi. Karakteristik tanaman ini yaitu berakar serabut, batang tidak berkambium (berkayu), daun menyirip, mempunyai pembuluh pengangkut berupa xilem dan floem yang tersusun secara acak.

Jenis Tanaman Sri Rejeki

Berikut ini bermacam-macam jenis tanaman sri rezeki, antara lain:

  1. Sinar Bulan (Moonlight)

Sri Rejeki Sinar Bulan

Sri rejeki sinar bulan menjadi salah satu tanaman terbaik di nusantara. Daunnya berwarna hijau keputihan dan tulang daunnya berwarna merah. Bentuknya bulat sedikit memanjang dengan cekungan. Saat terkena cahaya, daun sri rejeki jenis ini akan Nampak seperti tanaman hias daun bergelombang karena memiliki tekstur yang unik.

  1. Bidadari

 Tumbuhan Sri Rejeki Bidadari

Sri rejeki bidadari mempunyai dedaunan dengan warna yang begitu cantik bak bidadari. Warna daunnya adalah perpaduan warna dari hijau dan merah muda, sedangkan bagian batangnya berwarna merah.

Daun mempunyai ujung yang meruncing dan tulang-tulang daunnya mempunyai garis yang tegas. Daun-daun ini tumbuh tidak beraturan sehingga terlihat begitu rimbun.

  1. Legacy

Tanaman Sri Rejeki LegacySri rejeki legacy juga mempunyai daun dengan perpaduan warna hijau pada daun dan merah yang lebih gelap pada tulang daun. Bentuk daunn lonjong dan meruncing pada bagian ujung. Pada beberapa bibit tanaman sri rejeki jenis ini, daunnya mempunyai semburat berwarna putih, sehingga tampilannya menjadi lebih lembut.

  1. Pride Of Sumatra

 Sri rejeki pride of Sumatra berasal dari Sumatra. Jenis sri rezeki yang satu ini memiliki warna merah tua pada daun dan merah muda pada tulang daunnya. Warna tersebut membuat sri rejeki pride of Sumatra terlihat eksotis sekaligus elegan.

  1. Adelia

Apabila dibandingkan dengan sri rezeki Pride of Sumatera, sri rezeki Adelia memiliki urat-urat daun yang tidak begitu terlihat merah, kecuali pada tulang daun utama (bagian tengah) yang merah menyala dengan sedikit kombinasi warna pink.

Tulang daunnya berwarna pink, sedangkan bercaknya lebih didominasi oleh warna hijau tua dengan taburan pink. Bercak pink tersebut merata di seluruh permukaan daun. Pada bagian tengah bercak pinknya lebih rapat.

  1. Lipstick (Siam Aorora)

Sri rejeki lipstik mempunyai daun yang bentuknya yang memanjang dengan ujung runcing dan tekstur yang bergelombang. Pemberian nama lipstik ini berdasarkan pada warna merah yang menghiasi pinggiran daun dan batangnya.

  1. Red Kochin

Sri rejeki red kochin atau biasa dikenal dengan nama cochin memiliki dominasi warna merah muda. Pada beberapa daun, ada yang mempunyai warna hijau tua. Tulang daunnya berwarna putih. Hal ini membuatnya terlihat lembut. Daunnya berbentuk bulat meruncing dan memiliki tangkai panjang, sehingga daun-daun ini menjuntai secara alami.

  1. Dud Anjamani

Sri rejeki dud anjamani termasuk populer di kalangan pecinta tanaman. Sri rezeki jenis ini mempunyai daun yang sangat unik. Daun yang berbentuk bulat meruncing ini didominasi warna merah mudah dengan bingkai berwarna hijau, serta bercak-bercak tipis yang tidak beraturan. Daun yang berukuran tidak terlalu besar ini akan nampak semakin cantik saat terkena paparan sinar.

  1. Lady Valentine

Sri rejeki lady valentine nampak mirip dengan sri rezeki dud anjamani, hanya saja warnanya lebih muda. Tulang daunnya terlihat jelas sebab terdapat semburat warna hijau. Daunya juga mempunyai bentuk yang lebih panjang dan sedikit bergelombang.

  1. Red Ruby

Sri rezeki red ruby mempunyai perpaduan warna merah ruby dan sedikit hijau menjadikannya sempurna sebagai aksen dekorasi rumah. Tanaman yang memiliki umur panjang ini akan terus mempertahankan kesegaran daunnya selama bertahun-tahun.

  1. Tiara

Sri rezeki tiara memiliki banyak kombinasi warna pada daunnya, seperti warna hijau, merah, dan juga putih. Sri rezeki yang satu ini cukup terkenal karena sering memenangkan ajang lomba pameran kembang skala nasional.

Tanaman ini pertumbuhannya tergolong cepat dan mudah bertunas, antara indukan dan anakan membentuk posisi yang rapi dan arah pertumbuhannya yang teratur.

  1. Stardust

Sri rezeki stardust merupakan tanaman aglaonema yang disebut sebut sebagai jenis aglaonema terbaik, karena mempunyai pesona tersendiri sehingga banyak yang memburunya. Sri rezeki jenis ini  sangat sering dibuat untuk tanaman indoor maupun tanaman outdoor. Corak daunnya berwarna campuran merah dan hijau dan juga mempunyai tangkai yang pendek serta daun yang tebal.

  1. Suroyo

Sri rezeki suroyo sangat unik, karena tangkai nya yang berwarna pink dan pendek serta mempunyai semburat berwarna kuning kemerahan.

  1. Widuri

Sri rezeki Widuri secara keseluruhan memiliki helaian daun kekuningan dengan bercak hijau sedikit. Ada pula yang titik hijaunya lebar-lebar dan didominasi dengan warna pink. Apabila diperhatikan, bagian tulang daun utama tampak merah menyala. Bentuk daunnya oval dan permukaan daun agak cekung.

  1. Donna Carmen

Sri rezeki Donna Carmen mempunyai daun lebat dan rimbun dengan bentuk yang cenderung bulat. Daunnya berwarna hijau kekuning-kuningan dan terdapat bercak merah. Tulang daunnya berwarna pink. Sri rezeki jenis ini tergolong aglaonema yang mudah beranak banyak.

  1. Angela

Sri rezeki Angela mempunyai warna daun yang didominasi oleh warna hijau gelap, dengan bercak berwarna pink sewarna dengan tulang daunnya. Urat daun tidak begitu jelas. Permukaan daun berlekuk dan berkontur. Daun memiliki susunan yang kompak dengan tulang daun pendek.

Sri rezeki jenis ini sangat cocok jika ditanam sebagai tanaman pot karena tidak memiliki rumpun yang besar dan memang jarang mengeluarkan tunas.

  1. Shinta

Sri rezeki Shinta mempunyai tulang daun agak panjang dengan warna daun didominasi hijau gelap, dan ada bintik pink dan putih secara merata. Daunnya besar dan melengkung sehingga sangat cocok sebagai tanaman tunggal. Sri rezeki jenis ini kurang populer karena cukup sulit untuk mengeluarkan anakan.

  1. Diana

Sri rezeki Diana memiliki postur yang tinggi karena tangkai daunnya panjang dan daunnya berbentuk lebar meruncing. Sehubungan dengan postur tersebut, sri rezeki jenis ini biasanya ditanam dalam bentuk rumpun.

Daunnya memiliki warna yang terdiri dari kombinasi merah, hijau gelap dan putih yang terlihat sangat kontras. Urat daun tidak terbentuk secara nyata, daun juga hanya sedikit melengkung.

  1. Mutiara

Sri rezeki Mutiara sebagaimana namanya, memiliki kelir putih kekuningan di daunnya menimbulkan nuansa kemilau, bak kilauan cahaya mutiara. Daunnya berbentuk memanjang dengan ujung meruncing yang didominasi oleh warna putih dan kuning.

Kelirnya berwarna hijau berpola yang menyerupai bercak-bercak. Tulang daun warnanya putih dengan sentuhan pink, begitu pula warna tangkainya.

  1. Ariana

Sri rezeki Ariana mempunyai daun yang berujung meruncing, postur membulat. Tajuk tanaman kompak, daun tebal dan kuat. Warna daun hijau gelap dengan kombinasi corak merah. Corak atau bercak merah berukuran relatif besar jika dibandingkan dengan jenis lain.

Akan tetapi, persentase warna merah lebih sedikit dibandingkan dengan warna hijau. Tangkai daun warnanya merah jambu. Sri rezeki jenis ini mempunyai daya tahan yang bagus, tidak mudah stress. Jumlah anakannya banyak dan mudah tumbuh. Postur daun yang tebal membuat tanaman ini mempunyai sifat relatif lebih tahan cuaca panas.

  1. Aglaonema All Star Red

Aglonema All Star Red dijuluki sebagai all star red karena hampir keseluruhan permukaan dan komponen daunnya berwarna merah (permukaan berwarna merah muda dan tepi berwarna hijau tua). Aglonema jenis ini tergolong sri rejeki beracun tetapi mudah dirawat dan sangat cocok apabila untuk dekorasi ruangan indoor. Aglonema ini dapat dijangkau karena dijual dengan harga Rp 100.000 sampai dengan Rp 200.000.

Manfaat Tanaman Sri Rezeki

Tanaman sri rezeki mempunyai beragam kegunaan, diantaranya yaitu:

  1. Kontes Tanaman

Banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dengan corak warna daun yang indah dan beragam. Hal ini membuat sebagian masyarakat terinspirasi untuk mengadakan kontes tanaman aglonema criscum ini.

Tanaman Sri Rejeki bisa disilangkan, sehingga dari masa ke masa tanaman yang satu ini akan semakin beragam, baik dilihat dari bentuk daun, warna, dan coraknya. Semakin baik dan cantik tanaman sri rezeki, nilai nominalnya pun semakin tinggi.

  1. Keperluan Bisnis

Beragamnya corak dan warna tanaman membuat masrarakat tertarik untuk memelihara bahkan mengoleksi setiap bermacam-macam jenis sri rejeki. Selain bisa disilangkan, tanaman ini juga mudah dikembangbiakkan, sehingga beberapa orang memanfaatkan Sri Rejeki sebagai peluang bisnis.

Sedangkan sebagian orang tidak mengembangbiakkan, tapi mereka hanya mengoleksinya dengan membelinya dari toko bunga. Keindahan daun dan kemudahan dalam perawatan cukup menjadi alasan tanaman ini bisa laris di pasaran.

  1. Mengatasi Polutan

Tanaman sri rezeki juga berfungsi untuk mengatasi berbagai polutan. Berdasarkan hasil penelitian, dengan mengkombinasikan tanaman sri rejeki dan tanaman lidah mertua yang sudah dewasa dapat menggantikan AC.

Kombinasi kedua tanaman tersebut bisa digunakan untuk menetralisir polusi udara yang ada dalam ruangan, yaitu polusi yang disebabkan oleh asap rokok dan mikroorganisme. Selain itu, tanaman sri rezeki juga mempunyai efek anti-bakteri. Fungsi anti-bakteri inilah yang bisa menekan jumlah populasi spora jamur dan bakteri yang merugikan hingga 50%.

Itulah tadi serangkain artikel yang sudah kami selesaikan secara tuntas kepada segenap pembaca terkait dengan jenis-jenis tanaman Sri Rejeki dan manfaatnya dalam berbagai bidang. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *