Jenis Tanaman Terrarium Yang Ada di Rumah

Diposting pada

Jenis Tanaman Terrarium

Terarium merupakan salah satu komponen dekorasi di dalam rumah yang terkenal. Terrarium yaitu tepat yang umumnya terbuat dari bahan kaca transparan dengan isian tanaman jenis kaktus dan ditata sedemikian rupa supaya tetap super cantik sampai taman mungil. Namun, kamu harus tahu bahwa terarrium dijadikan di dunia laboratorium sebagai biologi mini. Kaca terrarium sangat beragam mulai dari hexogonal hingga bulat dan dapat dipajang sebagai tanaman gantung.

Terarrium berfungsi sebagai taman mini yang berada di ruangan tertutup dan alternatif dalam memenuhi keperluan pemandangan hijau sangat identik dengan kota besar yang biasanya tidak mempunyai lahan pertanian cukup untuk lahan hijau. Terarrium juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan, ditambah harga terarium sangatlah beragam sesuai dengan bahan yang dipakai.

Tanaman Terrarium

Terrarium merupakan jenis tanaman hias yang berada di dalam media yang biasanya terbuat dari media kaca atau plastik transparan. Keunikan pada terrarium yaitu menggunakan bahan yang dijadikan dan digunakan sebagai taman mini. Terrarium bisa ditempatkan di dalam rumah oleh sebab itu pemilik tidak butuh pergi ke alam terbuka untuk dapat menikmati pemandangan tanaman hijau.

Kalau kamu tertarik dengan menjadikan bisnis terrarium sebagai bisnis unggulan kamu tidak usah khawatir sebab tidak dibutuhkan ketermpilan khusus dan bermodalkan yang besar. Hal ini disebabkan peralatan dan bahan yang dijadikan bukan pada barang yang mahal dan susah untuk ditemukan. Bahkan kamu dapat menggunakan barang bekas untuk berkreasi.

Tetapi kamu perlu mewaspadai bahwa tidak semua jenis tanaman bisa digunakan sebagai tanaman untuk terrarium hal ini disebabkan terrarium umumnya berukuran kecil dan pemeliharannya diusahakan seminimal mungkin.

Jenis Tanaman Terrarium

Beberapa jenis tanaman yang digunakan sebagai tarrarium salah satunya yaitu kaktus, sukulen, dan bintang bumi atau cryptanthrus. Meskipun berukuran kecil atau mungil, ketiga tanaman tersebut tergolong tanaman dengan pertumbuhan yang lambat.

Sementara pada terrarium basah kamu dapat menambahkan komponen taman kaca yang lebih berwarna dengan menggunakan tanaman yang berasal dari famili marrantha dan calathe, ataupun dracaena. Sebagian besar tanaman terrarium bernampilan menarik dengan adanya rambut halus dan berdaun warna- warni.

Berikut jenis tanaman untuk terrarium dan gambaranya. Antara lain:

  1. Tanaman Kaktus

Tanaman Terrarium Katkus
Tanaman Katkus

Kaktus biasanya tumbuh dan berkembang di daerah dengan keadaan kering dan tidak lembab, oleh sebab itu tanaman ini tidak memerlukan banyak air. Kaktus cocok untuk dapat melengkapi terrarium dengan tempat yang terbuka tetapi tidak direkomendasikan dijadikan sebagai tempat tertutup sebab bisa menyebabkan tingkat kelembaban yang lebih tinggi.

Penyiraman tanaman kaktus lebih sedikit dibandingkan jenis tanaman lain maka tanaman ini tidak dapat ditanam dengan jenis tanaman lainnya.

Untuk memanfaatkan tanaman kaktus lebih baik tidak memanfaatkan tanaman pendamping yang memerlukan banyak air sebab tanaman kaktus akan cepat mati jika kebanyakan air. Umumnya tanaman kaktus ditanam dengan jenis tanaman kaktus juga.

  1. Pakis

Tanaman Terrarium Pakis
Tanaman Pakis

Tanaman pakis haji merupakan tanaman dengan sistem pembuluh sejati yang berkembang biak dengan menggunakan bantuan spora. Pakis sangat cocok apabila dimanfaatkan di dalam terrarium tertutup sebab memerlukan kelembaban yang tinggi.

Oleh sebab itu, tanaman pakis tidak cocok jika dikombinasikan dengan tanaman kaktus yang berada di dalam satu terrarium. Beberapa jenis pakis bisa digunakan sebagai tanaman terrarium sebab lingkungan hidupnya suka dengan keadaan yang lembab. Tanaman ini sangat cocok dijadikan untuk terrarium jenis tertutup.

  1. Hedera Helix

Tanaman Terrarium Hedera Helix
Tanaman Hedera Helix

Tanaman ini merupakan tanaman dengan cara merambat yang berbentuk daun menarik. Bentuk daun tanaman ini sangat menarik yaitu berbentuk seperti segitiga dengan warna hijau dengan bingkai berwarna kuning.

Seperti dengan tanaman pakis, tanaman hedera helix memerlukan kelembaban tinggi. Tetapi perlu diperhatikan banyaknya volume air dan ukuran wadah yang digunakan sebab dapat berpotensi menjadikan tumbuh dan berkembangnya jamur.

  1. Fittonia

Tanaman Terrarium Fittonia
Tanaman Fittonia

Fittonia tergolong ke dalam salah satu arti tumbuhan yang memiliki daun sangat dekoratif. Daun tanaman ini berwarn merah marun ataupun hijau pekat. Tanaman fittonia sangat cocok untuk ditanam sebagai hiasan bagia dasar terrarium dan suka dengan kelembaban yang tinggi.

Terdapat dua macam fittonia yang biasanya kamu jumpai dan dijadikan sebagai tanaman komersial. Yaitu Fittonia Verschaffelti dengan daun merah dan Nerve Plant dengan daun hijau. Tanaman ini mempunyai warna daun yang menarik antara lain warna dasar hijau ataupun warna merah dengan adanya urat daun halus yang berwarna putih.

Tanaman ini tergolong ke dalam jenis tanaman merambat tetapi laju pertumbuhannya lambat. Tanaman ini menyukai keadaan media yang lembab. Daun tanaman ini akan cepat layu jika keadaan lingkungan sangat panas.

  1. Cryptanthus

Tanaman Terrarium Cryptanthus
Tanaman Cryptanthus

Cryptanthus biasa dikenal dengan sebutan si bintang bumi sebab bentuk pertumbuhan tanaman ini melingkar seperti bintang. Tanaman ini berwarna daunkan macam- macam mulai dari coklat, merah darah, hijau, atau perpaduan warna tersebut. Tanaman ini mempunyai tolernasi tinggi terhadap luasan lahan.

Sebab tempat untuk terrarium biasanya mempunyai ukuran terbatas bahkan beberapa tertutup, tanaman terrarium harusnya adalah jenis tanaman hias dengan daun kecil, batang yang lunak, dan tidak tumbuh meninggi secara signifikan.

Tanaman cryptanthus berasal dari keluarga atau famili Bromeliaceae, sub famili Bromealioideae. Nama marga atau genus Cryptanthus berasal dari kata Yunani yakni cryptos bermakna tersembunyi sedangkan anthos bermakna bunga.

  1. Sukulen

Tanaman Terrarium Sukulen
Tanaman Sukulen

Penamaan sukulen berasal dari bahasa Latin yaitu succos yang bermakna juice. Kaktus ataupun lidah buaya tergolong ke dalam jenis tanaman sukulen. Berdasarkan namanya, tanaman ini bisa menyimpan makanan ataupun air di dalam tubuh tanaman sukulen sebagai cadangan makanan utama. Biasanya sukulen hidup di tempat yang sangat kering dan jarang atau sedikit hujan.

Tanaman sukulen melalui kemampuannya yang dapat mengikat ketersediaan air sehingga membuat tanaman sukulen dapat hidup meskipun lama dan tidak turun hujan. Tanaman sukulen biasanya terdiri dari sekitar 60 keluarga atau famili dan 300 genera atau marga.

  1. Anthurium crystallium

Tanaman Terrarium Anthurium crystallium
Anthurium crystallium

Tanaman Anthurium crystallium biasa dikenal dengan sebutan tanaman kuping gajah. Jenis tanaman ini mempunyai daun yang berwarna hijau pekat, dengan ukuran yang lebar dan terdapat urat daun yang berwarna perak kontras dengan warna dasar daun yaitu hijau.

Tanaman ini dapat dijadikan sebagai jenis tanaman terrarium karena memiliki laju pertumbuhan yang lambat dan tidak membutuhkan tempat yang luas.

  1. Sanseviera

Tanaman Terrarium Sanseviera
Tanaman Sanseviera

Tanaman sanseviera adalah tanaman yang mempunyai bentuk daun dengan melingkar yang berada dalam bentuk roset ataupun dalam bungga merambat. Tanaman ini berdaunkan tebal dan kaku dengan warna daun yang hijau tua dan hijau belang putih. Tanaman ini berbentuk pendek bahkan ada yang panjang seperti pedang.

  1. Scindapsus

Tanaman Terrarium Scindapsus
Tanaman Scindapsus

Tanaman scindapsus merupakan tanaman merambat yang mempunyai daun dengan bentuk seperti hati. Tanaman ini dikenal dengan variasi jenis warna antara lain berwarna dasar atau hijau, putih krem bahkan ada yang berwarna kuning. Tanaman ini dapat dijadikan sebagai terrarium karena laju pertumbuhannya yang tidak meninggi secara siginfikan.

  1. Peperomia

Tanaman Terrarium Peperomia
Tanaman Peperomia

Tanaman peperomia merupakan tanaman yang mempunyai daun dengan warna yang bervariasi. Permukaan daun tanaman ini ada yang rata bahkan ada yang bergelombang. Bahkan urat daun pada tanaman ini terlihat jelas.

Tanaman ini dapat dijadikan sebagai terarrium karena pertumbuhannya secara roset atau melingkar sehingga pertumbuhnya tidak meninggi secara signifikan. Tanaman ini dapat ditempatkan di terraium terbuka sehingga dapat menghiasi halaman atau pekarangan rumah agar nampak cantik dan indah.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa tanaman terrarium merupakan tanaman yang digunakan sebagai hiasan di ruangan dengan wadah yang sebagai pelindung dan tempat perkembangbiakan misalnya kaca atau plastik transparan.

Manfaat tanaman hias yang berada di dalam ruangan akan membuat rasa sileks dan memperbaiki suasana hati. Tetapi, luas ruangan yang sempit akan membatasi peletakkan tanaman hias. Terrarim bukan hanya tanaman hias dengan keindahan tama pun dapat langsung dihadirkan di atas meja.

Tanaman yang bisa tumbuh di dalam terrarium mempunya ciri tersendiri. Sebab tempat tanamanya mempunyai berukuran terbatas bahkan tertutup. Tanaman terrarium merupakan arti tanaman hias dengan daun yang kecil dengan batang yang lunak dan tidak tumbuh meninggi yang signifikan. Tanaman yang tumbuh dengan roset ataupun merambat bahkan menjalar dapat ditanam di dalam terrarium dengan ketentuan bahwa pertumbuhannya lambat.

Demikinlah artikel yang bisa kami berikan pada semua kalangan berkenaan dengan macam-macam tanaman terrarium yang biasanya dipelihara dalam rumah. Semoga memberikan wawasan serta edukasi bagi kalian yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *