Jenis Tomat di Pasaran yang Terkenal

Diposting pada

Macam Buah Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang dimanfaatkan untuk bahan masakan. Tomat biasanya digunakan dalam masakan ataupun digunakan dalam pembuatan jus segar bahkan tak jarang bisa dimakan secara langsung. Di Indonesia sendiri, tomat digunakan sebagai bahan campuran pembuatan sambel dengan memberikan cita rasa yang segar. Jenis tomat dikategorikan berdasarkan bentuk, warna, dan fungsinya.

Disisi lain terdapat banyak kandungan tomat akan karoten yang tinggi, vitamin C, vitamin K, dan kalium folat  sebagai anti oksidan yang berguna dalam menjaga kulit dari radikal bebas dan sinar ultraviolet. Tomat juga dapat memperhalus dan mengatai berbagai jenis masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

Tanaman Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang dijual dengan murah dan banyak ditemui di pasar tradisional. Tomat dengan kandungan senyawa aktif diyakini dapat mengatasi berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung atau kulit.

Tomat juga biasanya digunakan dalam penurunan berat badan. Hal ini disebabkan dalam ciri tomat terdapat kandungan karotenoid yang tinggi pada tomat termasuk likopen dan lutein berfungsi dalam menjaga kesehatan mata agar tidak mudah rabun.

Tomat Menurut Para Ahli

Adapun definisi ahli terkait dengan tanaman buah tomat ini antara lain sebagai berikut;

  1. Purwati dan Khairunisa (2007)

Tomat adalah jenis tanaman sayuran yang telah dibudidayakan mulai dari ratusan tahun lalu namun belum diketahui awal mulanya penyebarannya. Apabila ditinjau dari historinya, tomat bermula dari negara Amerika yakni pada daerah Andean yang termasuk dari bagian negara Bolivia, Cili, Ekuador, Kolombia, dan Peru. Dari negara asalnya, dahulu tomat dianggap sebagai tumbuhan gulma.

Namun seiring berjalannya waktu, tomat mulai dikenal dan ditanam di lahan ataupun pekarangan rumah karena dapat dikonsumsi bagian buahnya. Oleh karena itu, banyak yang mulai memproduksi sayuran tomat.

  1. Jones (2008)

Tomat dengan nama latin yakni lycopersicum esculentum adalah jenis tanaman hortikultura yang mempunyai potensi/prospek pasar dan menyehatkan bagi konsumen. Tomat dapat dinikmati secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu.

Tomat mempunyai kandungan zat gizi yang tinggi. Tomat juga merupakan tanaman setahun yang berumur satu kali periode panen. Tanaman tomat termasuk tanaman perdu atau semak yang panjangnya dapat mencapai 2 meter.

  1. Sugito (2010)

Tomat adalah jenis komoditas hortikultura yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi dan berperan penting dalam meningkatkan ketersediaan pangan dan menyukupi gizi masyarakat. Tomat juga merupakan jenis tanaman yang dinikmati banyak orang sebab memiliki rasa yang enak, segar, dan banyak mengandung vitamin A, C, dan B.

  1. Santi (2006)

Tomat dengan nama latin yakni Lycopersicum esculentun merupakan tanaman semusim dan tanaman berbentuk semak atau perdu. Tomat memiliki buah berwarna merah merekat dengan rasa manis agak kemasaman.

Tomat mengandung banyak vitamin dan mineral dan kandungan Lycopersicin yang bersifat racun. Namun, kandungan racun ini rendah seiring kematangan buah atau buah telat tua atau matang. Tetapi, apabila tomat masih muda akan terasa getir dan tberbau tidak enak.

  1. Peralta dan Spooner (2007)

Tomat dengan nama latin yakni Lycopersicum esculentun adalah jenis tanaman sayur yang bisa tumbuh dan berkembang di seluruh dunia. Tomat berasal dari negara Amerika barat daya dengan dua kemungkinan tomat berasaldari Amerika atau Peru.

Jenis Tomat

Sedangkan macam-macam buah tomat yang terkenal di pasaran, khususnya masyarakat Indonesia. Antara lain sebagai berikut;

  1. Tomat Cherry

Gambar Tomat Cherry
Tomat Cherry

Tomat berbentuk serupa dengan buah cherry. Tomat biasanya digunakan untuk bahan campuran masakan tumis dan bahan pembuatan salad. Buah tomat cherry berwarna merah cerah dengan bentuknya bulat dan kecil. Tomat cherry bercirikan dengan berat buah antara 10 hingga 20 gram. Bentuk tomat cherry bulat dengan dua buah sekat didalamnya dengan bagian dalam terdapat biji. Tomat cherry berasa manis dan segar.

Tomat cherrry berguna untuk campuran salad, sambal atau tumisan. Tomat cherry mengandung air yang banyak sehingga menyebabkan sangat enak untuk dinikmati secara langsung dan kandungan kalori sekitar 3 kalori dan berbagai vitamin dan mineral.

  1. Tomat Plum

Gambar Tomat Plum
Tomat Plum

Tomat plum berbentuk menyerupai dengan tomat cherry. Tomat plum bentukn buahnya lonjong dan memiliki rasa yang sedikit lebih asam. Kulit buah tomat plum sedikit lebih tebal yang disebabkan rasa yang lebih asam segar.

Tomat plum biasanya digunakan dalam pembuatan sambal atau masakan yang memerlukan rasa lebih asam segar. Biasanya digunakan untuk sambal terasi atau sajian dari ikan-ikan sangat cocok apabila menggunakan tomat plum ini.

  1. Tomat Hijau

Gambar Tomat Hijau
Tomat Hijau

Tomat hijau adalah jenis tomat yang dipanen dalam keadaan belum matang atau masih hijau. Tomat hijau mempunyai rasa lebih asam dibanding dengan jenis tomat lainnya dengan kandungan air yang sedikit sebab masih dalam keadaan umur muda. Tomat hijau mempunyai tekstur yang lebih keras atau kau sehingga ketika proses pemasakaan tidak cepat lembek ketika dibuat tumisan.

Tomat hijau biasanya digunakan dalam tumisan cumi asin dengan tambahan cabai hijau atau sambal lada hijau yang biasa dijumpai pada rumah makan padang. Tomat memiliki kandungan kalori berkisar 28 kalori dan kadar alkaloid yang tinggi dibandingkan tomat yang matang. Tomat hijau cocok untuk dinikmati bagi yang memiliki masalah pada pencernaan.

  1. Tomat Beef

Gambar Tomat Beef
Tomat Beef

Tomat beef berukuran jumbo dengan permukaan kulit kasar atau seperti buah tomat pada umumnya. Permukaan kulit buah tomat beef memiliki banyak lipatan seperti buah labu. Buah beef digunakan untuk isian sandwich sebab berukuran lebar yang dapat melapisi bagian daun selada atau daging. Tomat beef berwarna merah menyala dan tomat ini paling tahan terhadap serangan virus atau penyakit.

  1. Tomat Anggur

Gambar Tomat Anggur
Tomat Anggur

Tomat anggur berukuran menyerupai anggur atau kecil dengan rasa tidak asam seperti jenis tomat pada umumnya. Rasa buah tomat anggur manis dan biasanya enak apabila dikonsumsi secara langsung. Di Indonesia masih kurang dalam membudidayakan jenis tomat anggur karena kebiasaan masyakarat Indonesia yang biasa memakan buah tomat dengan cara diolah dulu bukan untuk dikonsumsi secara langsung atau mentah.

  1. Tomat Ungu

Gambar Tomat Ungu
Tomat Ungu

Tomat ungu mulai diperkenalkan oleh publikasi peneliti dari Origon State University menjelaskan bahwa terdapat varietas tomat baru. Apabila kamu biasanya menemui jenis tomat berwarna merah, kuning, orange, atau hijau.

Warna ungu pada jenis tomat ini membuktikan bahwa terdapat keunggulan pada varietas baru ini yaitu kandungan zat antioksidan yang paling tinggi diantara jenis tomat lainnya. Kandungan antioksidan ini biasanya digunakan dalam perlindungan tubuh dari radikal bebas.

  1. Tomat Roma

Gambar Tomat Roma
Tomat Roma

Tomat roma berukuran tidak lebih besar dari jenis tomat anggur ataupun tomat cherry. Namun, tidak cukup besar apabila mengiris buahnya. Tomat roma biasa dikenal dengan nama lain tomat prem dengan kandungan kalori sebanyak 11 kalori dan serat berkisar 1 gram.

Tomat roma bercita rasa manis dan berair. Tomat roma digunakan dalam bahan pembuatan saus atau campuran salad.

  1. Tomat Bistik

Gambar Tomat Bistik
Tomat Bistik

Tomat bistik berukuran lebih besar. Tomat bistik mengandung kalori berkisar 33 kalori, serat berkisar 2 gram, dan antioksidan berkisar 28% yang berupa vitamin C. Tomat bistik sangat cocok apabila digunakan dalam bahan campuran sandwich dan humburger. Tomat bercita rasa manis dan berair. Jenis tomat ini cocok untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Tomat Pusaka

Gambar Tomat Pusaka
Tomat Pusaka

Tomat pusaka dengan varian warna dan ukuran mulai dari berwarna kuning pucah, hijau cerah sampai merah keunguan. Tomat jenis ini merupakan tanaman hasil hibrida. Banyaknya varian ukuran dan warna tomat pusaka disebabkan adanya penyerbukan silang dibandingkan jenis lainnya.

Tomat bercita rasa lebih manis dengan kandungan nutrisi seperti kalori, beta karoten, dan antioksidan. Tomat pusaka biasa digunakan dalam pembuatan saus.

  1. Tomat Kumato

Gambar Tomat Kumato
Tomat Kumato

Tomat kumato merupakan jenis tomat dengan warna coklat kemerahan dan memiliki kandungan glukosa lebih tinggi. Tomat kumato berkulit lebih tebal dibanding dengan jenis tomat lainnya dan sangat cocok apabila dimakan secara langsung.

Manfaat Tomat

Berikut manfaat menggunakan tomat

  1. Mencegah dan mengobati berbagai penyakit seperti kanker, diabetes, sembelit, kolesterol, kerontokan rambut, hipertensi, kulit berminyak.
  2. Menjaga kulit tetap lembah dan cerah.
  3. Menjaga organ vital tubuh seperti jantung, mata, dan otak.
  4. Menyehatkan janin bagi ibu hamildan meningkatkan ASI bagi ibu menyusui
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa buah ini memiliki nama latin lycopersicon esculentum yang juga mempunyai nama daerah yakni terong kaluwat julukan oleh masyarakat Sumatera, tomat ranti sebutan oleh masyarakat Jawa, kemantes sebutan oleh masyarakat Sulawesi, dan nama asing dengan sebutan tomato (Inggris0 dan tomate (Jerman). Tomat juga termasuk genus Lycopersicon dari famili Solanaceae.

Sehingga dalam kegunaannya tomat dikonsumsi secara langsung atau harus diolah dulu seperti jus, isi sandwich, dan salad. Tomat merupakan sayuran yang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan dan mempunyai berbagai jenis dan ukuran antara lain tomat ceri, tomat besar, tomat hijau dan lain-lain.

Demikianlah artikel yang bisa kami bagikan pada kalian tentang adanya berbagai macam tanaman buah tomat yang ada di pasaran dan sangat lazim kita kenal. Semoga memberikan pemahaman bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *