Jenis Tumbuhan Paku dan Manfaatnya

Diposting pada

Macam Tumbuhan PakuPenelitian mengenai keragaman hayati di Indonesia pada masa kini mulai dikembangkan oleh para peneliti baik di kalangan akademisi biologi, kehutuanan, lahan pertanian, bahkan para peneliti lingkungan hidup untuk memperoleh manfaatnya. Keragaman hayati bahkan dapat ditemukan pada satu golongan tanaman paku yang terdiri dari banyak spesies.

Pada dasarnya tanaman paku dibagai menjadi empat kelas yaitu paku purba, paku kawat, paku ekor kuda, dan paku sejati. Namun, setiap kelas memiliki beragam jenis tumbuhan paku yang diklasifikasikan berdasarkan ciri khas pada setiap macamnya.

Tumbuhan Paku

Tumbuhan paku memiliki ciri khas menempel di cabang-cabang, ranting ataupun batang pada pepohonan. Ada sekitar kurang lebih 12.000 spesies tumbuhan paku di Indoensia. Banyak sekali sepesies yang tersebar dan dapat tumbuh di berbagai daerah.

Tanaman paku merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh di kawasan hutan Indonesia. Bahkan tanaman ini tumbuh subur dan meneybar di beberapa kawasan hutan dari hutan primer, hutan sekunder, dataran rendah bahkan datararan tinggi.

Di alam terbuka tanaman paku juga banyak ditemukan. Kemampuan hidup tumbuhan paku cukup tinggi sehingga tanaman paku dapat tumbuh di beberapa tempat yang berlingkungan basah, lembab, rindang bahkan di pinggir jalan.

Pengertian Tanaman Paku

Tumbuhan Paku adalah kelompok tumbuhan yang sudah mempunyai makna akar, arti batang, dan daun sejati. Reproduksi aseksualnya dengan menghasilkan spora karena tanaman paku belum bisa menghasilkan biji.

Tumbuhan paku pada dasarnya sudah memiliki pembuluh xylem dan floem sehingga tanaman ini dapat dibedakan dengan jenis tumbuhan lumut-lumutan. Siklus hidup tanaman paku dibagi menjadi dua yaitu fase sporofit dan fase gametofit.

Jenis Tumbuhan Paku

Berikut ini agar kebih jelasnya akan dijabarkan terkait macam tumbuhan paku yang sudah diidentifikasi oleh para peneliti beserta dengan gambaranya. Yaitu sebagai berikut;

Psilophytalesa

Gambar Tumbuhan Paku Psilophytalesa
Tumbuhan Psilophytalesa

Tanaman paku terdiri dari banyak jenis dan salah satu jenisnya adalah tanaman paku purba. Tanaman paku purba beberapa spesies diklarifikasi sudah punah, namun masih terdapat spesies yang masih hidup salah satunya berjenis psilophytalesa atau paku telanjang.

Tanaman paku ini memiliki berkas pengakut, namun belum memiliki batang, dan daun sejati. Tanaman ini memeiliki sporagonium terbuka sehingga dikategorikan paku telanjang.

Psilotales

Gambar Tumbuhan Paku Psilotales
Tumbuhan Psilotales

Tumbuhan paku yang termasuk dalam ordo Psilotales yaitu tumbuhan paku tidak mempunyai akar namun memiliki rhizoid dan struktur batangnya mikrofil (daun-daun kecil) berbentuk sisik. Contoh tanaman ini yang masih dapat ditemukan anatara lain yaitu Psilotum nudum dan Tmesipteris tannensis

Lycopodiales

Gambar Tumbuhan Paku Lycopodiales
Tumbuhan Lycopodiales

Ciri-cirinya yaitu memiliki jenis batang dengan berkas pengangkut sederhana, tumbuh tegak atau berbaring dengan cabang-cabang yang menjulang ke atas, daun-daun berambut, berbentuk garis atau jarum dan akar bercabang menggarpu.

Tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai tepung lycopodium untuk bahan dasar pembuatan kapsul pada obat. Contohnya yaitu Lycopodium mularifolium.

Selaginellales

Gambar Tumbuhan Paku Selaginellales
Tumbuhan Selaginellales

Ciri tumbuhan paku yang tergolong ordo Selaginellales yaitu batang berbaring dan sebagian berdiri tegak, bercabang menggarpu, tidak memperlihatkan pertumbuhan menebal sekunder, tumbuhnya ada yang memanjat dan tunasnya dapat mencapai panjang sampai beberapa meter. Selaginella bersifat heterospor.

Lepidodendrales

Gambar Tumbuhan Paku Lepidodendrales
Tumbuhan Lepidodendrales

Jenis paku yang tergolong dalam ordo ini sekarang telah punah. Tumbuhan ini mencapai puncak perkembangannya pada zaman Devon dan Karbon.

Batang tumbuhan ini telah mengalami pertumbuhan penebalan sekunder, daunnya berbangun jarum, atau bangun garis, mempunyai lidah-lidah dan jika daun gugur meninggalkan bekas seperti bantalan yang merupakan sifat khas bagi tumbuhan ini.

Equisetales

Gambar Tanaman Paku Equisetales
Tanaman Equisetales

Equisetales Tumbuhan paku golongan equisetales habitatnya sebagian di darat dan sebagian di rawa-rawa. Tumbuhan paku yang memiliki habitat di dalam tanah tumbuhan ini mempunyai rimpang yang merayap dengan cabang berdiri tegak.

Daun berukuran mikrofil, batang dan cabang-cabangnya mempunyai fungsi sebagai asimilator mempunyai warna hijau karena mengandung klorofil.

Sphenophyllales

Gambar Tumbuhan Paku Sphenophyllales
Tumbuhan Sphenophyllales

Ciri dari tumbuhan paku ordo sphenophyllales sejatinya yaitu daun menggarpu atau berbentuk pasak dengan serangkaian tulang-tulang yang bercabang menggarpu, tersusun berkarang, dan tiap karang biasanya terdiri atas 6 daun.

Prototarticulatales

Gambar Tumbuhan Paku Prototarticulatales
Tumbuhan Prototarticulatales

Menurut para ahli, protoarticulatales saat ini sudah berupa fosil. Tumbuhan ini berupa semak-semak kecil yang bercabang menggarpu, daunya tersusun berkarang tidak beraturan, helaian daun sempit, sporofil tersusun dalam satu bulir dan bercabang menggarpu tidak beraturan dengan sporangium yang bergantungan.

Hydropterides

Gambar Tumbuhan Paku Hydropterides
Tumbuhan Hydropterides

Hydropterides disebut pula dengan nama Tracheophyta yang berarti tumbuhan yang berjaringan buluh. Jaringan buluh ini terdiri atas dua jenis buluh, yaitu: Buluh kayu Xylem berfungsi mengangkut air dan garam-garam tanah dari akar ke bagian atas hingga daun. Floem berfungsi mengangkat hasil asimilasi dari daun ke seluruh bagian
organ termasuk akar.

Pembuluh kayu dan pembuluh tapis tersebut dimiliki pula oleh tumbuhan berkeping dua. Tracheophyta tidak mempunyai kambium tetapi memiliki hijau daun (klorofil) yang membuatnya bisa mandiri dalam pembentukan zat-zat yang mengandung energi matahari (karbohidrat, lemak, dan protein).

Eusporangiatae

Gambar Tumbuhan Paku Eusporangiatae
Tumbuhan Eusporangiatae

Tumbuhan ini berupa terna atau tumbuhan dengan batang yang lunak tidak berkayu atau hanya mengandung kandungan kambium yang sedikit, protalium di bawah tanah dan tidak berwarna, atau di atas tanah berwarna hijau, sporangium mempunyai dinding tebal dan kuat terdiri beberapa lapis sel dan spora sama besar.

Manfaat Tumbuhan Paku

Dalam berbagai hal tanaman paku memiliki beberapa kegunaan, antara lain sebagai berikut;

Tanaman obat

Tanaman paku ada yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu jenis tanaman obat seperti selaginella yang mengandung antimikroba sehingga dapat digunakan sebagai pencegah infeksi pada luka. Bahkan, ada juga tanaman paku seperti equisetales atau paku ekor kuda sebagai obat dalam saluran kandung kemih. Karena tanaman ini bersifat diuretik sehinggga memperlancar saluran urin.

Tanaman hijau

Tumbuhan paku sama halnya dengan tumbuhan pada umumnya yautu sebagai tanaman hijau atau tanaman penghasil O 2 atau oksigen. Tanaman paku juga memiliki klorofil sehingga dapat mengolah energi matahari dan menghasilkan oksigen yang bermanfaat pada kehidupan manusia.

Bahan makanan

Beberapa tanaman paku dapat bermanfaat bagi manusia sebagai contoh adalah tanaman paku berjenis semanggi yang termasuk golongan hydropterides. Tanaman ini termasuk tanaman yang bernutrisi tinggi sehingga baik digunakan sebagai sayuran dalam arti makanan.

Tanaman hias

Tanaman paku selain tumbuh liar juga dapat dimanfaatkan sebagai beragam jenis tanaman hias. Seperti tanaman suplir dan paku tanduk rusa karena bentuk tanaman yang unik sehingga memiliki nilai estetis apabila dijadikan hiasan di rumah atau di kebun maupun taman.

Properti

Hasil olahan tanaman paku dapat dimanfaatkan seratnya sebagai bahan properti untuk rumah tangga. Seperti tanaman pakis haji yang seratnya dapat dimanfaatkan sebagai pengganti kapas maupun digunakan sebagai atap tempat tradisional.

Ramah lingkungan

Ranaman paku dapat dimanfaatkan dalam bidang pertanian sekaligus untuk menjaga lingkungan yaitu dengan pemanfaatn azolla pinata. Salah satu jenis paku air yang bersimbiosis dengan algae biru untuk mengikat nitrogen di udara.

Simbiosisi mutualisme antaara algae dan azolla dimanfaatkan dalam dunia pertanian sebagai pupuk yang ramah lingkungan karena kandungan nitrigen yang kaya tanpa perlu penambahan pupuk kimia yang dapat merusak tekstur tanah.

Itulah ulasan lengkap yang bisa kami bagikan kepada segenap pembaca berkaitan dengan jenis-jenis tumbuhan paku di Indonesia dan Dunia, gambar, serta manfaatnya bagi kehidupan manusia. Semoga memberikan bahan bacaan yang benar. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *