15 Jenis Umbi-Umbian dan Contohnya

Diposting pada

 

Macam umbi-umbian
Macam umbi-umbian

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki keanekaragaman hayati yang begitu beragam. Indonesia juga terkenal dengan banyak jenis tanaman. Terdapat banyak macam tanaman yang di Indonesia berperan sebagai sumber makanan. Salah satu tanaman yang memproduksi sebagai sumber pangan dinamakan tanaman jenis umbi- umbian.

Indonesia mempunyai keanekaragaman jenis umbi- umbian dan menjadikan sebagai salah satu komoditas unggulan dengan harga yang terjangkau. Namun, banyak orang yang tidak menyadari mengenai kegunaan yang banyak terkait sumber makanan satu ini. Sebagian orang hanya mengenal umbi- umbian hanya pada ubi dan singkong. Padahal masih banyak lagi jenis umbi lain yang sering kita jumpai. Mau tahu apa saja jenis umbi, simak penjelasan ini.

Tanaman Umbi- Umbian

Tanaman umbi- umbian adalah jenis tanaman yang terdapat kandungan karbohidrat dan umumnya digunakan untuk memenuhi keperluan asupan karbohidrat harian kamu. Salah satu jenis tanaman umbi- umbian yang biasanya dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat yaitu singkong dan ubi. Tanaman umbi ini dapat dibentuk menjadi beberapa makanan yang lezat dan dinikmati sebagai hidangan.

Bahkan berbagai jenis tanaman umbi- umbian turut mempunyai cita rasa yang khas walau hanya dimasak dengan proses perebusan saja. Cita rasa yang manis atau asin berasal dari tanaman yang terasa alami dan baik bagi kamu untuk dikonsumsi. Sementara itu, umbi terdapat kandungan banyak serat sehingga baik bagi sistem pencernaan.

Pengertian Tanaman Umbi- Umbian

Tanaman umbi- umbian merupakan tanaman yang memanfaatkan bagian umbinya sebagai hasil untuk dikonsumsi. Umbi adalah bagian tanaman yang telah mengalami perubahan volume ataupun bentuk sebab adanya perubahan fungsinya. Umbi dapat dibilang sebagai proses perkembangbiakan yang berlangsung pada tanaman. Umumnya umbi tumbuh pada area bawah tanah tetapi juga terdapat beberapa umbi yang tumbuh di atas tanah.

Tanaman umbi- umbian mempunyai berbagai macam yang dikelompokkan berdasarkan bentuk pertumbuhan dan karakteristiknya. Keanakeragaman umbi- umbian tersebut dipengaruh oleh tanah yang berkualitas bagi budidaya pertanian. Hal ini dapat menjadi potensi sebagai sumber pangan yang terbaik bagi masyarakat.

Jenis- Jenis Umbi- Umbian

Berikut merupakan jenis-jenis umbi-umbian yang mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Wortel

Tanaman wortel merupakan salah satu contoh umbi-umbian yang sering kita temui. Mayoritas orang akan berpikir tentang tanaman umbi sebagai tanaman yang kaya akan kandungan karbohidrat. Memang biasanya tanaman umbi sebagai sumber pangan karena adanya kandungan karbohidrat tetapi beberapa contohnya juga tidak ada kandungan karbohidrat misalnya wortel.

Jenis umbi worte ini mengandung serat yang banyak. Jenis umbi yang satu ini berbeda dengan jenis umbi yang lain karena kenampakan warnanya yang berbeda yaitu warna orange. Wortel ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan campuran sayur atau biasa digunakan sebagai bahan pembuatan jus. Wortel juga sangat bermanfaat untuk kesehatan salah satunya yaitu menjaga kualitas kesehatan mata.

  1. Umbi-umbian gadung

Tanaman umbi yang jenis satu ini berasal dari wilayah Kuningan. Keripik khas asal daerah Kuningan sangat familiar dengan jenis satu yaitu tanaman gadung. Hal ini karena biasanya gadung dimanfaatkan sebagai bahan pokok pembuatan keripik. Cita rasa gurih yang diproduksi dari keripik gadung ini membuat orang banyak yang suka ngemil dan ketagihan.

Sementara itu, tanaman gadung ini juga bisa dinikmati dengan proses perebusan. Apabila kamu melihat bentuk tanaman gadung ini kamu akan berpikir bahwa bentuknya mirip dengan buah sirsak. Gadung ini juga mempunyai ujung runcing tumpul dan berbentuk seperti bengkoang. Pengolahan gadung juga harus banyak melalui beberapa proses sebab apabila dikonsumsi secara langsung akan menimbulkan keracunan.

  1. Umbi-umbian bawang

Bawang adalah jenis tanaman umbi yang sudah sangat familiar untuk masyarakat Indonesia. Jenis umbi ini berbeda dengan jenis umbi lainnya yang dapat dikonsumsi secara langsung tetapi harus digunakan sebagai bumbu masakan pada tumisan atau lauk sayuran.

Bawang ditanam pada area bawah permukaan tanah sehingga jenis umbi ini dikelompokkan ke dalam jenis tanaman umbi- umbian. Bawang mempunyai beberapa jenis contohnya bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay. Beberapa jenis bawang tersebut berfungsi sama dan terkelompokkan ke dalam jenis umbi- umbian. Umbi satu ini juga berperan sebagai bahan pengobatan tradisional.

  1. Umbi-umbian uwi

Tanaman uwi adalah jenis tanaman umbi dengan ukuran yang besar dan berduri. Uwi terdiri dari beberapa macam seperti uwi yang memiliki warna ungu, gading, dan adapula yang putih. Cita rasa uwi biasanya terasa hambar tetapi bertekstur seperti pulen.

Komoditas uwi dapat diolah dengan cara pengkukusan dan dapat dimakan secara langsung tanpa harus ditambahkan bahan lainnya. Uwi mempunyai umbi- umbian yang mirip dengan suweg yang berwarna daging putih.

  1. Umbi-umbian suweg

Komoditas ini memang belum banyak orang yang mengenalinya. Komoditas umbi ini mempunyai bentuk yang berukuran cukup besar. Di daerah Jawa Tengah, komoditas ini dimanfaatkan sebagai sumber pangan pengganti nasi dan dinikmati tiap hari oleh masyarakat sekitar.

Tanaman suweg ini diolah dengan proses perebusan saja sampai matang baru dapat dinikmati. Komoditas suweg ini mempunyai kandungan gula yang sangat rendah sehingga sangat cocok untuk dijadikan menu pengganti nasi dan yang sedang menjalani program diet.

  1. Umbi-umbian ubi jalar

Komoditas umbi ini paling sering dijumpai dan dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat dan biasanya dinikmati untuk program diet. Ubi memang mengandung karbohidrat yang cukup besar dan dapat memberikan kenyang bagi perut kamu. Komoditas ubi juga mempunyai berbagai jenis antara lain ubi cilembu, ubi putih,ubi ungu, dan masih ada yang lainnya.

Biasanya macam umbi ini bercita rasa manis tanpa ada bahan pemanis buatan yang ditambahkan. Kamu cukup mengukus ubi lalu bisa kamu gunakan sebagai sumber pangan harian kamu atau kamu dapat mencampurkan bahan ubi dengan bahan lainnya untuk dijadikan sebagai produk donat ataupun kue.

  1. Umbi-umbian garut

Komoditas yang satu ini memiliki nama yang sama dengan kota yang ada di Indonesia sehingga kamu pasti familiar dengan komoditas umbi yang satu ini yaitu Garut. Tanaman garut berbentuk seperti busur panah dan mempunyai tekstur yang lembut sehingga sangat mudah untuk dicerna saat dikonsumsi.

Komoditas umbi yang satu ini dapat memberikan kekeyangan sehingga kamu dapat menjadikan komoditas garus sebagai sumber pangan pokok untuk harian kamu. Sementara itu, garut biasanya juga diolah menjadi produk lain yaitu dodol, kue semprit ataupun emping.

  1. Umbi-umbian ganyong

Jika kamu belum pernah mengenali komoditas ganyong pasti akan mengira bahwa ganyong adalah lengkuas. Sebab secara kenampakan tanaman ini mempunyai bentuk yang sama dengan lengkuas. Tetapi ganyong mempunyai permukaan yang bersisik sementara lengkuas berpermukaan beruas.

Ganyong juga termasuk tanaman umbi yang digunakan sebagai bahan pangan utama. Sementara itu, ganyong digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan kripik dan cita rasa bahkan rasa dan tekstur sama dengan komoditas ubi jalar.

  1. Umbi-umbian gembili

Tanaman gembili adalah salah satu komoditas umbi yang banyak orang belum mengenalinya. Walau tidak populer seperti umbi lainnya, komoditas ini cukup familiar untuk warga Gunung Kidul karena menggunakannya sebagai bahan pangan utama. Gembili berbentuk panjang dan lonjong seperti tabung.

Banyak pengolahan untuk gembili ada yang dikonsumsi dengan cara digoreng, dibakar, ataupun direbus. Kamu bisa mengolahnya sesuai selera kamu dan kandungan karbohidrat pada gembili juga cukup besar.

  1. Umbi-umbian talas

Talas adalah komoditas umbi yang berukuran lebih besar dengan cita rasa yang hambar. Sehingga komoditas ini tidak disarankan untuk dinikmati secara langsung. Umumnya talas diolah dengan cara direbus lalu dicampurkan dengan bahan gula merah.

Talas sangat cocok untuk dijadikan bahan baku dalam pembuatan produk olahan makanan dan minuman misalnya ice cream, puding bahkan kue. Sementara itu, cita rasa yang lezat dengan warna yang ungu menjadikan tanaman ini bernampilan menarik.

  1. Umbi-umbian kentang

Banyak orang yang familiar dengan komoditas satu ini yaitu kentang. Tanaman kentang mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi dengan bentuk yang bulat tetapi ada juga yang tidak beraturan. Bagian permukaan dan dalam umbi kentang terdapat warna yang sama yaitu kuning.

Komoditas umbi yang satu ini mudah ditemukan dalam kehidupan sehari- hari. Kamu bisa mengolah kentang menjadi berbagai jenis olahan mulai dari kentang goreng, pelengkap siomay, donat bahkan masih banyak lagi olahan lainnya.

  1. Umbi-umbian singkong

Komoditas umbi yang satu ini biasa disebut dengan ketela pohon. Sebutan tersebut muncul sebab bentuknya yang memiliki warna coklat seperti kayu. Apabila dibandingkan dengan komoditas umbi lainnya, singkong bertekstur keras dan lebih kokoh.

Tanaman singkong dapat diolah menjadi produk olahan makanan mulai dari keripik singkong hingga getuk. Atau kamu juga dapat mengolahnya dengan cara direbus lalu ditaburi dengan sedikit garam supaya rasa singkong lebih gurih. Singkong juga menjadi komoditas sebagai bahan pangan pengganti nasi karena kandungan patinya yang cukup besar.

  1. Umbi-umbian bengkoang

Apabila dilihat dari kenampakan warna dan bentuk maka banyak orang yang sudah mengenali bahwa tanaman satu ini tergolong ke dalam jenis tanaman umbi- umbian. Bengkoang berbentuk unik mirip dengan gasing. Bagian bengkoang mempunyai warna coklat kekuningan sementara di bagian dalamnya memiliki warna putih.

  1. Umbi-umbian gembolo

Gembolo hampir mirip dengan komoditas gembili tetapi volumenya lebih besar dibandingkan gemilbili. Cita rasa gembolo juga sangat mirip dengan gembili. Apabila gembila dapat dipanen dalam periode yang singkat yaitu beberapa bulan, gembolo membutuhkan periode tanam yang cukup panjang bahkan mencapai satu tahun atau lebih.

  1. Umbi-umbian porang

Komoditas umbi satu ini sangat mirip dengan komoditas suwe. Cita rasa porang lebih manis apabila daging umbinya telah dikukus dan menjadi empuk. Porang bukan hanya digunakan sebagai sumber pangan pengganti nasi namun juga menjadi bahan dalam pembuatan roti, agar- agar, lem, mie, hingga kosmetik.

Demikianlah artikel yang dapat dibagikan kepada seluruh kalangan terkait dengan materi jenis umbi-umbian dan contohnya. Semoga saja dapat menambah wawasan serta menjadi referensi bagi kalian semua yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.