Kandungan Buah Nanas dan Khasiatnya

Diposting pada

Kandungan Buah Nanas dan Khasiatnya

Nanas menjadi salah satu jenis tanaman herbal yang dapat hidup dalam berbagai musim.  Tanaman  ini tergolong dalam kelas monokotil yang bersifat tahunan yang memiliki rangkaian bunga di ujung batang, tumbuhnya meluas dengan menggunakan tunas samping yang berkembang menjadi cabang-cabang  vegetafif,  pada cabang tersebut kalak dihasilkan buah yang daoat fungsikan sebagai penambah nutrisi dalam kehidupan manusia.

Tanaman Nanas

Sebagai salah satu buah yang familir dikalangan masyarakat sejatinya penanaman nanas ini cukup mudah ditemukan, bahkan di berbagai wilayah Indonesia seperti di Lampung, hasil buah ini kerapkali dijadikan sebagai olahan home industri sampai pada expor di luar negri.

Hal ini tak lain karena nanas banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat dalam kehidupan manusia. Kandungan tersebutlah, antara lain adalah sebagai berikut;

Kandungan Nanas

Beberapa kandungan dalam buah nanas, antara lain sebagai berikut;

Nutrisi dari nanas mentah dengan ukuran penyajian 1 mangkok (165 g)

  • Mengandung Kalori 74
  • Total Lemak 0
  • Kolesterol 0 mg
  • Sodium 2 mg
  • Kalium 206 mg
  • Total Karbohidrat 19,5 g
  • Gula 13,7 g
  • Protein 1 g
  • Vitamin C 28 mg
  • Kalsium 21 mg

USDA juga berpendapat bahwa profil nutrisi untuk nanas kalengan berbeda dari nanas mentah. Nanas kalengan biasanya lebih tinggi kalori dan lebih tinggi gula. Ini juga mengandung lebih sedikit vitamin dan mineral.

Hama dan Penyakit Pada Tanaman Nanas

Hama yang biasanya menyerang tanaman nanas diantaranya yaitu Penggerak buah (Thecla basilides Geyer), Kumbang (Carpophilus hemipterus L.), Lalat buah (Atherigona sp.), Thrips (Holopothrips ananasi Da Costa Lima), Sisik (Diaspis bromeliae Kerne), Ulat buah (Tmolus echinon L). Serta hama-hama lain seperti rayap, tikus, nematoda, bintil akar & kutu tepung jeruk juga kadang-kadang menyerang tanaman nanas.

Penyakit yang biasanya menyerang tanaman nanas diantaranya yaitu busuk pangkal (serangan dari Ceratocystis paradoxa dan C. Moreau), busuk akar (serangan dari Phytophtora sp.), Fusariosis (serangan dari Fusarium moniliforme var. Subglutinans)

Penyakit lain yang bisa menyerang tanaman nanas seperti busuk bercak gabus pada buah (disebabkan oleh jamur Pinicillium funiculosum Thom), busuk bibit (disebabkan oleh jamur Pythium sp.), layu & bercak kuning yang disebabkan oleh virus yg belum diketahui secara pasti jenisnya.

Manfaat Nanas

Selain sebagai buah yang enak untuk dimakan, ternyata nanas juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, antara lain:

Mengandung Antioksidan Penangkal Penyakit

Tidak hanya kaya akan nutrisi, nanas juga mengandung antioksidan yang sehat. Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh Anda melawan stres oksidatif, yaitu keadaan di mana ada terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas tersebut akan berinteraksi dengan sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan yang melemah dan banyak penyakit berbahaya. Nanas sangat kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik.

Enzimnya Dapat Memudahkan Pencernaan

Nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain, yang berfungsi sebagai protease, yaitu untuk memecah molekul protein menjadi asam amino dan peptida kecil.

Setelah molekul protein dipecah, maka akan lebih mudah diserap di usus kecil. Ini bisa sangat membantu bagi orang-orang yang memiliki permasalahan pada pankreas, yaitu ketika kondisi pankreas tidak dapat membuat enzim pencernaan yang cukup.

Membantu Mengurangi Risiko Kanker

Kanker adalah penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Perkembangannya umumnya terkait dengan stres oksidatif dan peradangan kronis. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa nanas dan senyawanya dapat mengurangi risiko kanker. Ini karena nanas dapat meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

Meningkatkan Kekebalan dan Menekan Peradangan

Nanas telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional selama berabad-abad. Nanas mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan enzim seperti bromelain yang secara kolektif dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan.

Meringankan Gejala Arthritis

Nanas mengandung bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi, biasanya dianggap dapat meredakan rasa sakit bagi mereka yang menderita radang sendi, terutama dalam jangka pendek

Namun, belum diketahui secara pasti apakah bromelain dapat menjadi pengobatan jangka panjang untuk gejala radang sendi. Diperlukan studi yang lebih lama sebelum merekomendasikan bromelain untuk meredakan gejala radang sendi untuk jangka panjang.

Nah, itulah tadi serangkain artikel yang telah kami tuliskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan kandungan nanas dan manfaatnya dalam berbagai bidang. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *