Klasifikasi Tanaman Gandum dan Jenis Penyakitnya

Diposting pada

Klasifikasi Tanaman Gandum

Tanaman Gandum merupakan  salah satu serealia dari famili Gramineae (Poaceae) yang termasuk salah satu bahan makanan pokok selain beras yang berasal dari tanaman padi.  Gandum ialah tanaman yang berasal dari daerah subtropis.  Gandum menjadi salah satu makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia yang lebih dikenal dengan sebutan tepung terigu.

Klasifikasi Tanaman Gandum

Secara ilmiah, dalam klasifikasi ciri tanaman gandum yaitu sebagai berikut;

  • Kingdom         : Plantae
  • Divisi               : Magnoliophyta
  • Kelas               : Liliopsida
  • Ordo                : Poales
  • Famili              : Poaceae
  • Genus              : Triticum L

Jenis Gandum

Adapun jika diklasifikasikan dengan berdasarkan pada waktu penanaman, tumbuhan gandum ini terbagi dalam 3 macam. Antara lain adalah sebagai berikut;

  • Gandum musim  panas (spring wheat)
  • Gandum musim dingin (winter habit bread wheat)
  • Gandum “durum”.

Adapun penjelasan singkatkan dalam gandum musim dingin membutuhkan suhu rendah dan hari pendek  pada awal pertumbuhannya serta dipanen pada musim dingin. Sebaliknya,gandum musim panas tidak membutuhkan suhu rendah dan dipanen pada awal musim panas.

Penyakit yang Menyerang Tanaman Gandum

Ada banyak penyakit gandum, terutama disebabkan oleh jamur, bakteri, dan virus. Pemuliaan tanaman untuk mengembangkan varietas tahan penyakit baru, dan praktik manajemen tanaman yang baik penting untuk mencegah penyakit

Fungisida, yang digunakan untuk mencegah kerugian panen yang signifikan akibat penyakit jamur, dapat menjadi biaya variabel yang signifikan dalam produksi gandum.

Kategori penyakit gandum utama adalah sebagai berikut;

Penyakit yang ditularkan melalui benih

Adapun penjelasan tentang penyakit benih dalam tanaman ini termasuk keropeng yang terbawa oleh benih, Stagonospora yang terbawa benih (sebelumnya dikenal sebagai Septoria), common bunt (stinking smut), dan loose smut. Ini dikendalikan dengan fungisida.

Penyakit daun dan hawar

Jamur tepung, karat daun, bercak daun Septoria tritici, Stagonospora (Septoria) nodorum leaf dan glume blotch, dan Fusarium head scab.

Penyakit mebusuknya mahkota dan akar

Dua yang lebih penting dari ini adalah ‘take-all’ dan Cephalosporium stripe. Kedua penyakit ini ditularkan melalui tanah.

Penyakit karat batang

Dalam beberapa jenis tumbuhan gandum yang dilakukan proses pembudidayaan beberapa batang mengalami penyakit yang mana masalah ini disebabkan oleh jamur basidiomycete Ug99.

Penyakit virus

Wheat spindle streak mosaic (yellow mosaic) dan barley yellow dwarf adalah dua penyakit virus yang paling umum. Kontrol dapat dicapai dengan menggunakan varietas yang resisten.

Nah, demikianlah serangkaian artikel yang bisa kami tuliskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan beberapa penjelasan ilmiah tentang klasifikasi tanaman gandum dan jenis penyakit yang menyerangnya. Semoga materi ini bisa bermanfaaat ya, trimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *