Klasifikasi Tanaman Kakao dan Deskripsi Lengkapnya

Diposting pada

Klasifikasi Tanaman Kakao dan Deskripsi

Pada dasarnya tanaman kakao telah banyak dipergunakan atau dikonsumsi manusia dalam waktu yang sangat lama. Hal itu dapat dilihat dari residu kakao pada tembikar di Ekuador menunjukkan bahwa tanaman itu telah dikonsumsi oleh manusia sejak 5.000 tahun yang lalu.

Akan tetapi semakin berjalannya ilmu pengetahuan bentuk klasifikasi dan deskripsi tumbuhan ini ditemukan. Sehingga hal ini lebih mudah mengategorikan proses pengelolaan yang cepat.

Tanaman Kakao

Pada umumnya tanaman kakao banyak dimanfaatkan bijinya, yaitu sebagai bahan utama dalam membuat cokelat. Cokelat tersebut dapat dijual langsung ke konsumen dalam bentuk batangan padat untuk makan cokelat, sebagai coklat kemasan, dan sebagai kue cokelat.

Bubuk kakao, minuman cokelat, dan campuran keduanya digunakan secara massal untuk membumbui berbagai produk makanan dan untuk memberikan rasa dalam produk “cokelat” seperti sirup, topping, susu coklat, campuran kue siap saji, dan obat-obatan.

Pengertian Kakao

Kakao memiliki nama latih theobroma cacao L adalah tumbuhan tahunan (perennial) berbentuk pohon, di alam ketinggiannya bisa mencapai 10 m. Meskipun demikian, dalam budi daya tanaman ini tingginya dibuat tidak lebih dari 5m tapi dengan tajuk menyamping yang meluas. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbanyak cabang produktif.

Klasifikasi Kakao

Klasifikasi ilmiah yang menjadi ciri tanaman kakao yaitu sebagai berikut:

  • Kingdom              : Plantae
  • Sub Kingdom      : Viridiplantae
  • Infra Kingdom    : Streptophyta
  • Super Divisi         : Embryophyta
  • Divisi                     : Tracheophyta
  • Sub Divisi             : Spermatophytina
  • Kelas                      : Magnoliopsida
  • Ordo                       : Malvales
  • Family                    : Malvaceae
  • Genus                     : Theobroma L
  • Spesies                    : Theobroma cacao L

Deskripsi Kandungan Tanaman Kakao

Deskripsi yang ada di dalam kandungan nutrisi untuk tanaman Kakao ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Sesuai dengan USDA Nutrient Database, kakao kaya akan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, kalsium. Kakao juga mengandung vitamin seperti thiamin, riboflavin, niasin, folat, dan vitamin B6, E, dan K.  Ini adalah sumber yang baik dari zink, zat besi, dan natrium serta menyediakan energi, karbohidrat, protein, dan serat makanan bagi tubuh. Ini mengandung 0 kolesterol.

Selain itu, kakao juga mengandung kafein. Ini mengandung cocoa butter, yang menurut USDA Nutrient Database, adalah sumber vitamin E, vitamin K, dan asam lemak.  Ini adalah campuran lemak tak jenuh tunggal seperti asam oleat dan lemak jenuh, yaitu asam stearat dan asam palmitat.

Demikianlah serangkaian penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan klasifikasi yang ada di dalam tanaman Kakao dan deskripsi nutrisi lengkapnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *