Klasifikasi Tanaman Rambutan dan Syarat Tumbuhnya

Diposting pada

Klasifikasi Tanaman Rambutan

Buah rambutan dihasilkan dari tanaman nephelium lappaceum, yang masih satu keluarga dengan kelengkeng, leci dan matoa. Rambutan termasuk buah dari wilayah tropis, yang diyakini berasal dari Asia Tenggara. Pohon rambutan banyak dibudidayakan di Indonesia, Thailand dan Malaysia.

Tanaman Rambutan

Rambutan ialah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, yang berasal dari daerah di Asia Tenggara. Nama buah ini “rambutan” berasal dari bentuk buahnya yang memiliki kulit menyerupai rambut. Rambutan banyak terdapat di wilayah beriklim tropik seperti Afrika, Kamboja, Karibia, Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Sri Lanka.

Klasifikasi Rambutan

Klasifikasi ilmiah tanaman rambutan yaitu sebagai berikut:

  • Kingdom         : Plantae
  • Sub Kingdom  : Viridiplantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Super Divisi    : Embryophyta
  • Divisi               : Tracheophyta
  • Sub Divisi       : Spermatophytina
  • Kelas               : Magnoliopsida
  • Super Ordo     : Rosanae
  • Ordo                : Sapindales
  • Family             : Sapindaceae
  • Genus              : Nephelium L.
  • Spesies            : Nephelium lappaceum L.

Syarat Tumbuh Tanaman Rambutan

Adapun untuk syarat-syarat tumbuhnya tanaman rambutan, antara lain adalah sebagai berikut;

Ketinggian Tempat

Habitat yang cocok untuk tanaman rambutan yaitu dataran rendah daerah tropis dengan ketinggian sekitar 30-500 meter di atas permukaan laut. Pada lahan yang memiliki ketinggian kurang dari 30 meter produksi buahnya kurang begitu baik.

Jika tanaman ini ditanam di daerah dengan angin kering berbahaya bagi pertumbuhan pohon, yang menyebabkan kecoklatan pada tepi daun.

Iklim

Rambutan sesuai untuk ditanam di daerah dengan iklim tropis yang hangat, sekitar 22-30 ° C, dan sensitif terhadap suhu di bawah 10 ° C. Rambutan adalah buah tropis yang membutuhkan iklim hangat yang lembab dengan curah hujan tahunan yang tersebar minimal 200 cm.

Di lingkungan ideal Oriental Mindora Filipina, suhu rata-rata sepanjang tahun adalah sekitar 27,3º C (81º F), kelembaban relatif 82%, curah hujan 180 cm (71 in) – sekitar 165 hari hujan. Musim kemarau sebaiknya tidak lebih dari 3 bulan.

Di Indonesia, pertumbuhan buah ini terdistribusi di daerah dengan ketinggian 30 m di atas permukaan laut, dengan 90-150 hari hujan dalam setahun dan suhu 20-30 0 C dan kelembaban relatif 60-82%.

Tanah

Tanaman ini paling baik ditanam di tanah liat, lempung tanah liat atau tanah lempung pasir kaya yang kaya akan bahan organik, atau di tanah gambut dalam. Itu memerlukan drainase yang baik. Tingkat keasaman tanah yang dibutukan yaitu dengan pH 5,5-6,7.

Namun tanaman ini masih dapat tumbuh pada tanah yang kurang subur dan mempunyai drainase yang buruk, asalkan bukan tanah tergenang.

Nah, demikianlah tadi serangkaian artikel yang telah kami tuliskan serta selesaikan kepada segenap pembaca terkait dengan klasifikasi ilmiah rambutan dan syarat tumbuhnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *