Macam Budidaya Secara Umum dan Contohnya

Diposting pada

Jenis Budidaya

Budidaya merupakan kegiatan yang identik dengan usaha pada lahan pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan. Budidaya dilakukan secara terencana untuk memelihara dan mengembangbiakan suatu tanaman atau hewan. Berdasarkan pengertian tersebut, bisa dikatakan bahwa secara garis besar, kegiatan budidaya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu budidaya tanaman yang dikenal dengan istilah agrikultur (agriculture) dan budidaya hewan yang dikenal dengan istilah husbandary.

Bagian tanaman yang biasanya dibudidayakan yaitu biji, buah/bulir, daun, bunga, batang, tunas, serta semua bagian lain yang bernilai ekonomi. Budidaya bertujuan agar tanaman atau hewan tersebu tetap lestari dan dapat memperoleh hasil yang bermanfaat dan berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Budidaya

Istilah budidaya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai usaha yang bermanfaat dan memberi hasil. Kegiatan budidaya dilakukan untuk memperoleh beberapa manfaat, diantaranya yaitu:

  1. Mendapatkan keuntungan dari segi ekonomis maupun dari segi konsumsi sebagai makanan.
  2. Mendapatkan hasil yang maksimal dari kualitas hasil produksi.
  3. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena terbukanya lapangan pekerjaan yang luas.
  4. Menjadi sarana untuk mengelola potensi sumber daya.
  5. Budidaya tanaman bisa membuat udara semakin bersih, dan lingkungan semakin sejuk

Pengertian Budidaya

Dalam bidang pertanian, budidaya diartikan sebagai kegiatan terencana dalam pemeliharaan sumber daya hayati yang dilakukan pada suatu areal lahan untuk diambil manfaat/hasil panennya. Kegiatan budi daya bisa dianggap sebagai inti dari usaha tani.

Sedangkan istilah budidaya hewan (husbandry), diartikan sebagai usaha pembesaran bakalan (hewan muda) atau bibit/benih hewan pada lahan tertentu selama beberapa waktu untuk dijual, disembelih, dengan tujuan untuk dimanfaatkan daging dan bagian tubuh lainnya, diambil telurnya, atau diperah susunya.

Pengertian Budidaya Menurut Para Ahli

Adapun definisi budaya menurut para ahli, antara lain:

  1. Peraturan Pemerintah RI No. 18 Tahun 2010 Tentang Usaha Budidaya Tanaman, Budidaya didefinisikan sebagai berbagai macam kegiatan pengembangan dan pemanfaatan sumber daya alam nabati yang dilakukan oleh manusia dengan menggunakan modal, teknologi ataupun dengan sumber daya lainnya untuk menghasilkan suatu produk berupa barang yang bisa memenuhi kebutuhan manusia.
  2. Peraturan Presiden RI No. 48 Tahun 2013 Tentang Budi Daya Hewan Peliharaan, Budidaya hewan adalah usaha yang dilakukan di suatu tempat tertentu pada suatu kawasan budi daya secara berkesinambungan untuk hewan peliharaan dan produk hewan.
  3. Sunjian (2012), Budidaya didefinisikan sebagai hasil pertanian yang dilakukan masyarakat untuk mendapatkan hasil sebagai keputusan secara kolektif atau individu untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia.
  4. Chairun Hanum, Budidaya dapat didefinisikan sebagai suatu proses yang menghasilkan bahan pangan serta berbagai produk agroindustri lainnya dengan memanfaatkan sumber daya tumbuhan. Yang menjadi objek budidaya tanaman ini antara lain tanaman hortikultura, tanaman pangan dan tanaman perkebunan.

Macam Budidaya

Berikut ini jenis-jenis pengelolaan dalam budidaya dan contohnya, antara lain adalah sebagai berikut;

Tanaman Pangan

Budidaya Tanaman Pangan

Budidaya tanaman pangan merupakan kegiatan budidaya  yang bertujuan untuk menghasilkan produk pangan utama seperti yang menghasilkan karbohidrat dan protein. Budidaya tanaman pangan bisa dikatakan paling menguntungkan dibanding jenis budidaya yang lain.

Terdapat beberapa jenis dari contoh tanaman pangan yang banyak dibudidayakan, diantaranya yaitu:

Padi

Padi menjadi salah satu tanaman budidaya yang terpenting dalam peradaban. Sebagai biji-bijian sereal, padi adalah makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi untuk sebagian besar populasi manusia di dunia, terutama di Asia. Ini adalah komoditas pertanian dengan produksi dunia ketiga tertinggi (beras, 741,5 juta ton pada 2014), setelah tebu (1,9 miliar ton) dan jagung (1,0 miliar ton).

Singkong

Singkong adalah sumber karbohidrat makanan terbesar ketiga di daerah tropis, setelah nasi dan jagung. Ini adalah salah satu tanaman yang paling toleran terhadap kekeringan, mampu tumbuh di tanah marginal. Nigeria adalah produsen singkong terbesar di dunia, sementara Thailand adalah pengekspor pati singkong terbesar.

Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan jenis tanaman polong-polongan yang banyak mengandung protein nabati dan bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk, diantaranya yaitu sebagai bahan sayur, saus, dan di goreng atau di rebus.

Tanaman Sayur

Budidaya Tanaman Sayur

Budidaya tanaman sayur merupakan kegiatan budidaya  yang bertujuan untuk menghasilkan bahan pangan dengan memanfaatkan sumber daya tumbuhan yang ditanam. Terdapat bebera jenis tanaman sayur yang banyak dibudidayakan, diantaranya yaitu:

Bayam

Bayam merupakan sayuran yang berasal dari wilayah Asia tengah dan barat. Ini dapat dimakan daunnya, baik saat masih segar, atau setelah penyimpanan menggunakan teknik pengawetan dengan pengalengan, pembekuan, atau dehidrasi. Kandungan dari ciri morfologi tanaman bayam mengandung protein, zat besi, vitamin, dan mineral.

Kol

Kol atau kubis merupakan sayuran berlapis-lapis yang banyak dikonsumsi oleh banyak orang, karena mempunyai banyak manfaat. Dalam kondisi penanaman dengan penyinaran matahari yang panjang, misalnya di wilayah lintang utara di musim panas, kol bisa tumbuh jauh lebih besar.

Selada

Selada merupakan tanaman yang bisa tumbuh di daerah beriklim sedang maupun tropis. Selada digunakan sebagai sayuran dan bahan utama salad dan sering digunakan pada makanan sejenis hotdog atau hamburger. Diyakini bahwa selada merupakan tanaman sayur yang berasal dari bagian timur dari Laut Tengah.

Tanaman Buah

Budidaya Tanaman Buah

Budidaya tanaman pada definisi buah merupakan kegiatan budidaya  yang bertujuan untuk menghasilkan buah buahan segar yang layak untuk dijual belikan. Terdapat bebera jenis tanaman buah yang banyak dibudidayakan, diantaranya yaitu:

Anggur

Anggur merupakan sal satu tanaman buah yang paling banyak digemari di dunia. Buah yang satu ini mempunyai cita rasa yang khas dan lezat. Pertumbuhannya yaitu  dengan cara merambat dan dalam berbentuk semak.

Anggur mempunyai berbagaimacam kandungan senyawa yang lebih dikenal dengan sebutan resveratol dan polifenol yang aktif dan berguna untuk metabolisme tubuh dan terkenal ampuh untuh mencegah pertumbuhan sel kanker.

Mangga

Mangga termasuk tanaman buah yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Tanaman mangga dibudidayakan untuk diambil buahnya yang memiliki beragam. Buah yang sudah matang pada umumnya dikonsumsi dalam keadaan segar, sebagai buah meja atau campuran es, dalam bentuk irisan atau diblender, sedangkan buah yang muda biasanya dirujak.

Jeruk

Jeruk merupakan tanaman buah yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Tanaman ini berasal dari Asia. Di Indonesia sendiri, tanaman jeruk pada mulanya dibawa oleh Belanda beberapa ratus tahun yang lalu. Buah jeruk kaya vitamin C dan mineral, dengan rasa yang khas, yang asam, asam-manis, buah jeruk bias langsung kita nikmati maupun dibuat minuman atau sari buah.

Ternak

Budidaya Hewan Ternak

Budidaya hewan ternak merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk memelihara dan mengembangbiakkan jenis hewan ternak agar menghasilkan keuntungan dan manfaat lainnya.

Sapi

Sapi merupakan hewan ternak yang dimanfaatkan hasil dagingnya sebagai bahan pangan. Selain itu, ada pula sapi yang dibudidayakan untuk keperluan diambil susunya, yaitu sapi perah.

Kambing

Kambing diternak untuk diambil dagingnya sebagai sumber protein hewani yaitu untuk makanan seperti sate kambing, gulai dan juga dimanfaatkan sebagai ritual keagamaan seperti akikah.

Ayam

Ayam merupakan hewan ternak yang paling banyak dibudidayakan hampir di setiap negara. Ternak ayam dilakukan dengan tujuan untuk memanfaatkan daging dan telurnya. Daging ayam banyak dikonsumsi secara pribadi maupun untuk keperluan bahan olahan pangan oleh pabrik seperti bumbu dalam makanan ataupun makanan siap saji.

Perikanan

Budidaya Perikanan

Budidaya perikanan merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk memelihara serta mengembangbiakkan jenis ikan tertentu untuk memperoleh hasil yang lebih bermanfaat, kerpkali langkah yang dilakukan dikenal dengan istilah pemijahan.

Lele

Lele merupakan ikan yang mempunyai kemamuan untuk hidup di air keruh. Hal ini menjadikan lele mudah untuk dibudidayakan karena dalam perawatannya tidak membutuhkan perhatian yang ekstra, bahkan dalam era saat ini proses penernakan lele ini bisa dilakukan dengan bioflok. Ternak lele untuk diambil dagingnya, yang banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia, misalnya untuk hidangan Pecel Lele.

Mujahir

Ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi. Budidaya ikan yang satu ini mempunyai prospek yang cukup menjanjikan.  Pada mulanya, ikan ini ditemukan oleh pak Mujair di muara sungai Serang daerah Blitar, sehingga penamaannya disesuaikan dengan nama penemunya.

Ikan mujahir mempunyai kandungan vitamin, mineral dan protein yang cukup lengkap sehingga banyak digemari sebagai lauk  favorit.

Gurami

Ikan gurami merupakan jenis ikan air tawar yang populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Gurami memiliki daging yang padat, durinya besar-besar, rasanya enak dan gurih. Selain dikonsumsi, di negara-negara lainnya gurami juga sering dipelihara dalam akuarium.

Nah, itulah tadi serangkain artikel yang bisa kami tuliskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan macam-macam budidaya dan contohnya pada tanaman buah, sayur, ternak, dan perikanan. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *