Manfaat Tanaman Bonsai Bagi Kehidupan

Diposting pada

Kegunaan Bonsai

Seni membuat bonsai telah ada selama ribuan tahun dalam budaya Jepang. Tanaman bonsai dapat dikenali dari ukurannya dan bentuknya yang sangat kerdil. Tujuan dari pohon bonsai adalah untuk menyajikan miniatur keindahan dari pohon aslinya. Bagi kebanyakan penghobi, tujuan akhirnya adalah menciptakan subjek artistik untuk kontemplasi dan refleksi dari berbagai macam tanaman hias.

Pohon bonsai tidak pernah ditanam untuk makanan atau penggunaan praktis lainnya selain untuk sepenuhnya dinikmati sebagai bentuk seni, sehingga bisa dikatakan bahwa bonsai juga memiliki manfaat bagi kehidupan, misalnya untuk menghilangkan stress karena keindahan yang ditampilkan, sedangkan bagi si pembuat sendiri, bonsai bisa bermanfaat untuk melatih ketekunan.

Bonsai

Kata bonsai berasal dari bahasa jepang dengan asal kata bon dan sai. Bon memiliki arti wadah, mangkok tipis atau piring dan sai berarti tumbuhan yang ditanam. Bonsai juga dapat diartikan sebagai pohon yang ditanam dalam wadah yang dangkal.

Istilah bonsai juga digunkan untuk seni tradisional Jepang dalam pemeliharaan tanaman atau pohon dalam pot dangkal, dan apresiasi keindahan bentuk dahan, daun, batang, dan akar pohon, serta pot dangkal yang menjadi wadah, atau keseluruhan bentuk tanaman atau pohon. Bonsai adalah pelafalan bahasa Jepang untuk penzai.

Pada zaman kuno, bonsai biasanya dinikmati oleh bangsawan, pendeta, dan orang-orang berpangkat tinggi lainnya, tetapi dari sekitar abad ketujuh belas, orang-orang biasa mulai menyukai bonsai juga.

Setelah Jepang mengakhiri tiga abad isolasi pada tahun 1868 dan membuka diri ke negara-negara Barat, bonsai mulai dihargai sebagai objek seni, dan orang-orang mulai menanam bonsai tidak hanya sebagai hobi tetapi juga sebagai pengejaran artistik.

Tujuan bonsai berbeda dengan praktik budidaya tanaman lainnya, bonsai tidak dimaksudkan untuk produksi makanan atau beragam macam obat-obatan. Sebaliknya, praktik bonsai berfokus pada penanaman jangka panjang dan penanaman pohon yang lebih matang.

Bonsai dibuat dimulai dengan spesimen bahan sumber. Ini dapat berupa pemotongan, penyemaian, atau pohon kecil dari spesies yang cocok untuk pengembangan bonsai. Bonsai dapat dibuat dari hampir semua jenis pohon berkayu abadi atau semak yang menghasilkan cabang sejati dan dapat dibudidayakan untuk tetap kecil melalui pot dengan pemangkasan pada bagian mahkota pohon dan akar.

Pengertian Bonsai

Bonsai adalah pohon dan tanaman yang ditanam dalam wadah sedemikian rupa sehingga terlihat paling indah – bahkan lebih cantik daripada yang tumbuh di alam liar. Oleh karena itu, menanam bonsai bisa dikatakan sebagai hobi yang sangat artistik. Bagi orang Jepang, ini merupakan ilustrasi yang baik tentang rasa hormat terhadap makhluk hidup dan ekspresi perasaan mereka terhadap keindahan.

Pohon-pohon yang paling sering dibonsai ialah berbagai spesies pinus. Jenis tanaman dan pohon dipakai untuk mengelompokkan jenis-jenis bonsai, diantaranya yaitu:

  1. Bonsai pohon pinus dan ek, jenis pohon yang digunakan yaitu tusam, cemara cina, cemara duri, sugi, dan lain-lain.
  2. Bonsai pohon buah untuk dinikmati keindahan buahnya, jenis pohon yang digunakan yaitu Ilex serrata, kesemek, Chaenomeles sinensis, apel mini, dan lain-lain.
  3. Bonsai tumbuhan berbunga untuk dinikmati keindahan bunganya, jenis pohon yang digunakan yaitu Prunus mume,Chaenomeles speciosa, sakura, azalea satsuki.
  4. Bonsai pohon untuk dinikmati bentuk daunnya, jenis pohon yang digunakan yaitu maple, Zelkova serrata, Rhus succedanea, bambu.

Selain itu, banyak juga tanaman tropis yang telah dicoba dan ternyata cocok untuk dibonsai, di antaranya asam jawa, beringin, cemara udang, waru, dan jambu biji

Pengertian Bonsai Menurut Para Ahli

Adapun definisi bonsai menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Stephen Orr (di The New York Times), Bonsai adalah tanaman yang ditanam dalam wadah dangkal mengikuti prinsip pemangkasan dan pelatihan bonsai yang tepat, menghasilkan replika miniatur berseni dari pohon dewasa di alam.
  2. Maximum Yield, Bonsai adalah seni pemangkasan dan pelatihan pohon kuno bergaya Jepang kuno dalam bentuk khusus yang menjaga pertumbuhan tanaman terhambat dengan sengaja. Tanaman bonsai tetap kerdil sepanjang hidupnya.

Manfaat Bonsai

Berikut ini beragam kegunaan yang ada di dalam tanaman bosai bagi kehidupan, antara lain:

Mengurangi stress

Tanaman bonsai dikenal sebagai pereda stres yang hebat. Oleh sebab itu, orang dapat melihat begitu banyak meja kantor yang dihiasi olehnya. Ini menenangkan nafas seseorang dan banyak yang menganggapnya sebagai hobi yang luar biasa.

Membutuhkan interaksi fisik

Hal ini tergantung dari bagaimana Anda, sebagai pembuat bonsai ingin terlibat. Membuat dan memelihara bonsai akan mengharuskan Anda untuk bergerak. Pernahkah Anda ingat film Karate Kid ketika Daniel-san pergi untuk mengambil pohon bonsai dari tebing.

Itu adalah keterlibatan fisik yang ekstrim dari bonsai (keterlibatan fisik intensitas tinggi) atau menjadi seperti Mr. Miyagi yang menggunakan gunting untuk memotong pohon (keterlibatan fisik yang rendah). Intinya adalah Anda bergerak, itu penting ketika Anda ingin sehat.

Hal itu bisa dikatakan bahwa tanaman Bonsai akan membuat Anda sabar dan aktif secara fisik, karena membutuhkan perawatan, penyiraman, pemupukan dan pemangkasan yang tepat. Ini memberi kita kesempatan untuk mempelajari pelajaran paling penting dalam hidup – bekerja keras, bersabar dan itu akan membuahkan hasil bagi Anda.

Melatih kreativitas bagi otak Anda

Seperti halnya otot Anda, otak Anda juga perlu berolahraga. Bukan dengan cara yang penuh tekanan tetapi lebih dengan cara yang menyenangkan. Tergantung pada level apa yang Anda inginkan, salah satunya yaitu merangsang kreativitas Anda karena Bonsai adalah seni.

Saat akan mulai membuat bonsai baru, ada banyak kemungkinan. Ini akan mengharuskan Anda untuk berpikir kreatif tentang apa yang harus dilakukan dengan materi yang Anda dapatkan untuk memaksimalkan estetika dan kesehatan pohon di masa depan.

Melatih kesadaran Anda

Bonsai bisa melatih kesdaran Anda. Kadang-kadang orang yang menggemari Bonsai mengatakan kesadaran tersebut sebagai “sensitivitas“. Bonsai adalah seni yang melibatkan bahan hidup. Si pembuat harus mengetahui persyaratan kesehatan dan umur panjang dari pohon. Pohon membutuhkan air, pupuk, pencahayaan, dan ventilasi.

Juga, persyaratan pemangkasan pohon, cabang, daun, dan akar. Kesadaran akan musim dan respons serta pertumbuhan pohon yang sesuai. Kesadaran lebih dari sekadar kerja otak, hampir seperti menjadi pohon dan merasakan musim.

Melatih memori Anda

Memori Anda seperti jiwa Anda. Tubuh hanyalah kulit berjalan jika tanpa memori. Bayangkan ketika seseorang kehilangan ingatan, maka bisa dikatakan seseorang itu “mati berjalan”.

Bonsai bisa melatih daya ingat otak Anda. Kapan Anda terakhir menyirami, memupuk, memangkas, dan lain-lain pohon Anda. Belum lagi, mengingat nama-nama pohon Anda (nama umum dan nama latin). Itu seharusnya cukup untuk melatih ingatan Anda.

Membuat Anda terus belajar

Pernahkan Anda sebelumnya mendengar ungkapan “ketika Anda berhenti belajar, Anda berhenti tumbuh”. Untuk memperluas gagasan ini, bisa dikatakan bahwa ketika Anda berhenti tumbuh, maka Anda mulai sekarat. Dalam membuat Bonsai, ada banyak hal yang harus dipelajari, tergantung seberapa jauh Anda ingin menggunakannya. Belajar membuat otak Anda aktif.

Ketekunan dan ketahanan

Bonsai adalah seni yang menggambarkan kemenangan dari elemen dan kondisi yang keras. Pohon itu menunjukkan kegigihan dan ketahanan. Bukankah lebih baik belajar dari contoh ini? Apa yang membuat hidup kita lebih indah bukan hanya penampilan luar dari kesuksesan kita (uang, rumah, mobil, hal-hal materi lainnya).

Mengetahui bahwa Anda adalah orang yang lebih baik karena kerja keras dan perjuangan Anda. Jika Anda berjuang dengan masalah kesehatan, jadilah seperti bonsai, bertahan dan tangguh, bekas luka pertempuran Anda akan menambah kecantikan Anda.

Tentang masa depan yang penuh harapan

Proses membuat bonsai adalah seseorang harus memikirkan masa depan. Bukan hanya itu, tetapi orang harus memvisualisasikan hasil positif untuk pohon.

Pernahkah Anda mendengar atlet memvisualisasikan hasil pertandingan mereka dengan cara yang positif. Bonsai tidak berbeda. Memvisualisasikan hasil positif adalah bagian besar dari bonsai. Demi kesehatan Anda, Anda harus melakukan hal yang sama.

Menjadi teman seumur hidup

Ketika dirawat dengan benar, pohon Bonsai dapat hidup selama beberapa dekade, atau lebih. Banyak Bonsai kuno yang dipajang di seluruh dunia telah hidup selama ratusan tahun, dengan yang tertua diyakini yaitu berusia lebih dari 800. Bonsai yang Anda beli hari ini bisa menjadi pusaka, diturunkan pada keluarga Anda dan dihargai oleh generasi yang akan datang.

Memberi energi kembali rumah Anda

Bonsai telah lama dihormati dalam seni kuno Feng Shui karena kemampuan mereka untuk menarik energi kehidupan ke dalam sebuah ruangan, membagikannya dengan senang hati kepada semua yang lewat.

Sebagai fokus penglihatan, percakapan, dan kekuatan hidup, sebuah Bonsai dapat dengan cepat menyebarkan kebahagiaan dan kepuasan bagi semua yang melihatnya. Itu bisa menyeimbangkan rumah atau kantor, sambil tidak meminta apa pun kecuali sedikit cinta dan perhatian.

Menjadi pernyataan artistik kolaboratif

Setiap Bonsai memiliki semangatnya sendiri, dan dorongannya sendiri untuk tumbuh dengan cara tertentu, tetapi selalu bersedia bekerja dengan pemiliknya untuk mencapai efek terbaik.

Dengan membentuk Bonsai Anda dan dengan hati-hati dalam memangkas dedaunan yang lebih tua untuk mengungkapkan hati yang tersembunyi, Anda dan Bonsai Anda dapat bekerja sama untuk menciptakan seni hidup yang spektakuler.

Mudah dirawat, tapi membuat bahagia dan sehat

Spesies Bonsai yang paling mudah tumbuh cukup kuat, dan mampu menyesuaikan diri agar sesuai dengan rumah Anda. Hanya sedikit sinar matahari, sedikit air, dan sedikit pupuk yang diperlukan untuk membuat orang bahagia dan sehat.

Sebagai gantinya, Bonsai Anda akan tumbuh dan mekar untuk terus menambah kehidupan dan keindahan ke rumah Anda.

Sebagai penghias pada ruang mana pun

Baik itu di dalam atau di luar ruangan, untuk kantor kecil atau sebagai pusat dari ruang tamu, ada beberapa jenis Bonsai yang sesuai dengan ruangan dan gaya hidup apa pun.

Pembersih udara & mengurangi penyakit terkait dingin

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh NASA, pada tahun 2009, badan antariksa mengatakan, memiliki tanaman Indoor di ruang perumahan dan kantor akan mengurangi polusi udara secara maksimal dan meningkatkan kadar oksigen keseluruhan di dalam ruang.

Memiliki tanaman bonsai di ruang tamu Anda akan membersihkan udara dan pesona hijau dedaunannya menyenangkan mata, membuat orang tenang dan tidak stres.

Dalam studi penelitian lain yang diterbitkan oleh University of Agriculture di Norwegia, tanaman Indoor mengurangi debu dan meningkatkan tingkat kelembaban, melindungi penghuni dalam ruangan dari penyakit yang berhubungan dengan dingin.

Sebagai hadiah terbaik

Ketika Anda ingin memberi seseorang yang istimewa hadiah yang berkesan yang bisa bertahan selama bertahun-tahun yang akan datang, pohon Bonsai adalah salah satu hadiah terbaik yang bisa  Anda pilih untuk Anda berikan.

Penerima tidak hanya akan memikirkan Anda setiap kali dia melihat pohon ini, mereka juga akan mendapatkan rasa penghargaan dan kebahagiaan pada saat yang sama.

Nah, itulah tadi serangkain artikel yang bisa kami tuliskan serta bagikan kepada segenap pembaca sekalian terkait dengan kegunaan dan manfaat bonsai dalam kehidupan manusia. Semoga melalui materi ini bisa memberikan ulasan lengkap, trimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *