Manfaat Daun Karet Kebo dan Efek Sampingnya

Diposting pada

Fungsi Daun Karet Kebo

Karet kebo merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman ini banyak dijumpai di perkebunan masyarakat, baik ditanaman dengan sengaja ataupun tumbuh dengan sendiri. Oleh karena itulah pada artikel ini akan menjelaskan tentang manfaat karet kebo.

Karet Kebo

Tumbuhan karet kebo memiliki segudang manfaat yang bisa dipergunakan oleh masyarakat, baik untuk bidang kesehatan, produksi perkebunan, ataupun di bidang yang lainnya. Pemanfaatan ini satu persatu akan dijelaskan berikut ini;

Mengatasi Penyakit Stroke

Daun pada tanaman karet kebo memiliki khasiat untuk membantu menyembuhkan penyakit stroke, rematik, maag, dan berbagai bentuk masalah penyakit kulit serta dapat juga digunakan untuk membantu melancarkan proses peredaran darah di dalam tubuh agar lebih lancar.

Sebagai obat daun tanaman karet kebo mempunyai rasa yang pedas dan sifatnya yang agak netral, di dalam daun tanaman karet kebo terkandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti saponin, flavonoid, serta polifenol.

Mengobati Penyakit Maag

Manfaat daun tanaman karet kebo ini bisa untuk menghilangkan penyakit maag sehingga tubuh bisa menjadi lebih nyaman kembali.

Di dalam daun tanaman karet kebo terkandung senyawa alami yang bermanfaat bagi tubuh karena khasiatnya dapat digunakan untuk menurunkan asam lambung yang sebelumnya naik. Dengan begitu penyakit maag dapat lebih cepat teratasi sehingga tubuh bisa kembali berkativitas seperti biasa dengan lancar.

Obat Bisul

Khasiat daun tanaman karet kebo ini bisa sebagai obat luar yakni untuk menyembuhkan penyakit bisul. Kandungan didalam daun ini dapat bekerja untuk membantu kulit agar bisul yang tumbuh dapat segera sembuh dan teratasi.

Pada sebuah tulisan yang berjudul “Menguak Kedahsyatan Karet Kebo Menggilas Bisul dan Maag” dijelaskan bahwa daun tanaman karet kebo memiliki rasa pedas dan bersifat netral, karena pada tanaman karet kebo terdapat getah berupa senyawa karet atau lateks.

Membantu Melancarkan Haid

Manfaat lain dari kandungan yang ada didalam daun karet kebo ini juga ada yang khusus digunakan untuk kaum hawa, yang mana manfaat dari daun tanaman ini mampu membantu para wanita untuk melancarkan haid. Tentu dengan kondisi haid yang lebih lancar sangat penting agar kualitas kesehatan dapat secara umum meningkat, sehingga mencegah timbulnya penyakit lain.

Selain itu apabila terjadi masalah pada kelancaran haid tentunya hal ini dapat memberikan gangguan pada aktivitas para wanita.

Anti-inflamasi

Khasiat daun dari tanaman karet kebo yang berbentuk lebar ini juga dapat berfungsi sebagai anti peradangan. Pemanfaatan daun tanaman karet kebo dapat mengatasi masalah radang ditambah dengan zat alami yang terkandung didalamnya, zat yang memiliki sifat anti inflamasi.

Dengan kandungan alaminya ini maka daun karet kebo bermanfaat bagi mereka yang sering mengalami masalah pembengkakan pada bagian tubuh tertentu.

Menyehatkan Lambung

Daun tanaman karet kebo dipercaya berkhasiat untuk menyehatkan lambung. Dimana kandungan yang ada didalamnya dapat bekerja untuk menjaga organ lambung agar tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik dalam menyerap sari makanan yang dikonsumsi oleh tubuh manusia.

Daun karet kebo diyakini oleh masyarakat dapat menjaga kesehatan lambung dan usus, sehingga pemanfaatan daun tanaman karet kebo bisa digunakan sebagai ramuan alami yang menjadikan proses pencernaan menjadi lebih lancar dan dapat bekerja secara optimal.

Mencegah Gatal Pada Kulit

Biasanya terjadinya rasa gatal pada kulit dapat menyebabkan kulit cenderung menjadi memerah bahkan bisa meradang untuk mengatasi masalah ini dapat dengan memanfaatkan daun karet kebo.

Penggunaan karet kebo bisa bermanfaat untuk membantu menyembuhkan masalah kulit seperti gatal dan sejenisnya. Demikian juga masalah kulit seperti bisul dan beragam penyakit kulit lain yang dapat menyebabkan timbulnya gatal sehingga dapat dibantu disembuhkan dengan memanfaatkan daun tanaman karet kebo ini.

Menghilangkan Rasa Nyeri

Pada daun tanaman karet kebo terdapat sifat zat analgetik sehingga dapat membuat daun karet kebo sering dijadikan bahan ramuan alami oleh warga untuk membantu meringankan atau menghilangkan rasa nyeri yang terjadi akibat luka ataupun peradangan.

Apabila kulit mengalami rasa nyeri maka cara terbaik untuk mengatasinya yakni dengan membalurkan atau mengoles daun tanaman karet kebo yang sebelumnya sudah dihaluskan.

Mencegah Hipertensi

Tekanan darah tinggi umumnya memberikan gejala berupa muncul rasa pusing yang kemunculannya bisa secara mendadak bahkan terkadang dapat menyebabkan sampai pingsan. Masalah seperti hipertensi dapat diminimalkan dengan memanfaatkan daun tanaman karet kebo, selain itu juga perlu adanya tindakan medis jika kondisi hipertensi sudah tergolong cukup parah.

Melancarkan Aliran Darah

Khasiat lain dari daun tanaman ini yaitu dapat membantu melancarkan aliran darah didalam tubuh, selain itu juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyumbatan darah.

Di dalam daun tanaman karet kebo terkandung zat-zat aktif yang dapat membantu untuk melancarkan aliran darah. Bagi seseorang yang mengalami masalah kolesterol cukup tinggi maka disarankan untuk mengkonsumsi daun tanaman ini.

Mengatasi Keputihan

Masalah keputihan ini tidak jarang dikeluhkan oleh kaum hawa dimana keputihan sebenarnya merupakan hal yang bersifat alamiah dialami oleh setiap wanita dewas. Jika keputihan yang muncul dapat menyebabkan suatu gejala yang dapat memberikan masalah maka hal ini perlu diatasi.

Untuk Kesehatan Lingkungan

Daun karet kebo dapat menyerap karbondioksida dan mengubahnya menjadi oksigen yang menyehatkan untuk proses pernapasan. Selain itu daun tanaman ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bakteri dan spora jamur diudara. Bahkan mampu mengurangi jamur serta bakteri yang ada diruangan sebanyak 50 atau 60 %.

Meningkatkan Kualitas Udara Sehingga Tubuh Menjadi Sehat

Dalam sebuah tulisan berjudul “Go Green Health Benefits Of Houseplants” menyebutkan bahwa sebuah studi telah menemukan manfaat memiliki tumbuhan dirumah yakni akan memberikan manfaat kesehatan mental serta fisik karena kualitas udara yang dapat lebih meningkat.

Meringankan Gejala Alergi Dan Asma

Manfaat lainnya dari membudidaya tanaman ini dipekarangan yaitu membantu untuk mengatasi penyakit asma dan alergi akibat kualitas udara yang buruk. Pada sebuah studi yang dilakukan oleh University of Agriculture di Norwegia menemukan bahwa tanaman hias seperti tanaman karet kebo dapat membantu meringankan gejala alergi dan asma.

Manfaat Lainnya

Beberapa manfaat lainnya dari daun karet kebo yakni baik untuk kesehatan pencernaan, dapat menyehatkan usus, menyehatkan kulit serta mengatasi masalah pembengkakan. Apabila seseorang mengalami berbagai gejala tersebut maka sangat dianjurkan untuk dapat mengkonsumsi tanaman ini.

Efek Samping Karet Kebo

Meskipun memiliki banyak kegunaan akan tetapi dalam daun karet kebo ini terdapat pula efek samping yang diberikan, antara lain;

Penyakit Jantung dan Liver

Berdasarkan hasil uji riset dari The Michigan Journal Of Medicine (MJM) pada tahun 2012, terdapat gejala efek samping yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi daun karet kebo secara berlebihan dan ketergantungan. Efek samping yang ditimbulkan yakni masalah kesehatan jantung dan liver, hal ini disebabkan karena daun karet kebo dikonsumsi secara berlebihan sehingga dapat memicu pentakit jantung yang sangat berbahaya.

Pikun atau Hilang Ingatan

Selain dapat menyebabkan penyakit jantung dan liver, efek samping dari konsumsi daun karet kebo yaitu dapat menyebabkan penyakit pikun atau hilang ingatan sesaat terkhusus bagi para lansia. Hal ini berdasarkan penelitian seorang pakar kesehatan dari Texas A&M college of Medicine Dr. David P. Huston M.D,.

Liver dan Empedu

Meskipun pada daun karet kebo terdapat banyak kandungan kimia yang berkhasiat sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit, namun dalam hal mengkonsumsi daun karet kebo juga harus dalam porsi yang wajar agar tidak menimbulkan afek samping yang justru dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Menurut pakar kesehatan Dr.Christiani Jeyakumar Ph,d, M.D dalam sehari batas maksimal konsumsi daun karet kebo yaitu tidak lebih dari 800 sampai 100 gr, karena jika melebihi takaran tersebut maka dikhawatirkan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti rusaknya system produktifitas jaringan liver dan empedu.

Osteoporosis atau Tulang Keropos dan Diare

Pada daun karet kebo terdapat kandungan betain dan asam pantotenat yang cukup tinggi, jadi apabila seseorang mengkonsumsi daun karet kebo tidak sesuai dengan anjuran dapat menyebabkan penyakit osteoporosis atau tulang keropos dan juga diare. Menurut hasil riset International Journal Of Food Science and Nutrition pada tahun 2013 hal ini disebabkan karena apabila mengkonsumsi pada jumlah yang berlebih dapat merusak jaringan sel-sel tulang sehingga dapat menyebabkan tulang mudah keropos.

Penyakit Stroke dan Vertigo

Menurut pakar nutrisi dari New York Prof. Dr, Barbara Burlingame Ph.D, M.D, banyak kasus dari riset beliau menyebutkan bahwa dengan konsumsi daun karet kebo secara berlebih dapat menyebabkan munculnya pendarahan di otak yang berakibat penyakit stroke dan kepala terasa berat dan pusing, dan beliau menyebutkan apabila hal ini terjadi maka pertolongan medis sudah tidak dapat dihindarkan.

Selain dapat menyebabkan penyakit stroke, akibat dari konsumsi daun karet kebo secara berlebih dapat menyebabkan penyakit vertigo, hal ini disebabkan karena dapat memicu rangsangan reaksi sel-sel darah merah pada organ otak.

Nah, itulah tadi materi yang dapat diberikan terkait dengan manfaat daun karet kebo dan efek sampingnya di bidang kesehatan. Semoga melalui artikel ini dapat memberikan referensi kepada segenap pembaca yang sedang mencari literasinya. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *