Manfaat Gandum Secara Umum dan Kanduangannya

Diposting pada

Khasiat Tanaman Gandum

Gandum adalah tanaman yang paling banyak ditanam dan dikonsumsi (langsung atau tidak langsung) di dunia saat ini. Perdagangan globalnya juga menyumbang lebih dari gabungan semua tanaman lainnya. Gandum digunakan sebagai bahan dalam pengertian makanan, pakan, benih, dan sebagai komoditas olahan untuk keperluan seperti bahan bakar.

Tanaman Gandum

Sebagai salah satu jenis makanan pokok yang hampir memiliki kesamaan dengan padi, Gandum kerapkali memberikan efek berarti dalam kehidupan manusia.

Sehingga tak jarang kanduangan gizi serta proteinnya berkhasiat bagi tubuh seseorang yang rajin mengkonsumsinya. Oleh sebab itulah tak khayal di Indonesia sebagai iklim sub tropis mudah menemukan jenis tumbuhan ini.

Manfaat Gandum

Gandum digiling untuk menghasilkan tepung yang digunakan untuk membuat berbagai produk termasuk roti. Gandum mengandung protein yang disebut gluten yang diperlukan untuk struktur dasar dalam membentuk sistem adonan roti, dan makanan panggang lainnya.

Banyak makanan yang kita konsumsi setiap hari mengandung ciri khas daripada tumbuhan Gandum. Seperti roti, cookies, kue, pai, kue kering, sereal, kerupuk, pasta, tepung tortilla dan mie semuanya dibuat dari tepung gandum. Berikut serangkaian khasiat yang diberikan, antara lain;

  1. Gandum digunakan untuk ternak, unggas, dan pakan ternak lainnya.
  2. Gandum juga merupakan bahan dasar untuk tiga minuman beralkohol yang sangat populer – wiski, vodka, dan bir.
  3. Young wheatgrass menjadi semakin populer sebagai suplemen nutrisi yang menawarkan vitamin A, B-kompleks, C, E, l dan K. Ini juga sangat kaya protein, dan mengandung 17 asam amino, yang merupakan bahan pembangun protein.
  4. Beberapa jenis gandum ditanam untuk menghasilkan tepung di Asia Selatan yang digunakan dalam pembuatan tekstil.
  5. Di banyak negara, rumah-rumah di pedesaan masih menggunakan jerami gandum untuk jerami rumah mereka serta kasur dan bantal.
  6. Gandum juga digunakan untuk pembuatan plastik dan keperluan pakan budidaya untuk ikan dan udang.

Meskipun dalam klasifikasi gandum termasuk makanan pokok, semakin banyak orang yang alergi terhadap gandum atau protein gluten. Intoleransi gluten dan penyakit celiac (penyakit autoimun yang terjadi akibat mengonsumsi gluten) sekarang dikatakan mempengaruhi hingga 1% dari populasi dunia saat ini.

Gejala intoleransi gandum termasuk kulit gatal, usus bermasalah, kembung, penurunan berat badan dan muntah. Alasan intoleransi gandum tidak sepenuhnya diketahui namun ada teori yang menunjukkan bahwa modifikasi genetik dari strain gandum telah berkontribusi terhadap gandum modern menjadi kurang bergizi dan dalam kasus pasien celiac – berbahaya bagi kesehatan.

Kandungan Gizi Tanaman Gandum

 Berikut ini kandungan gizi pada biji gandum:

  1. Bran mengandung protein (albumin dan globulin), vitamin B (tiamin, riboflavin, pirodoksin), beberapa jenis mineral dan serat-serat (dietary fiber). Serat dalam bran adalah komponen utama dengan komposisi sekitar (53%), salah satu contohnya yaitu selulosa.
  2. Endosperma memiliki komponen utama yaitu karbohidrat (79%), lipid (1,5%), protein (13%), mineral (0,5%) serta serat pangan (1,5%).
  3. Komponen utama pati dalam gandum ialah amilosa dan amilopektin. Pati memiliki kandungan amilosa sebanyak 15-30%, amilopektin 70-85% dan material antara 5-10%. Protein dalam gandum terdiri atas albumin, globulin, glutenin serta gliadin.
  4. Gliadin dan glutenin bersama dengan air akan membentuk substansi gluten. Gluten adalah protein gandum yang tidak larut dalam air dan memiliki sifat elastis seperti karet yang berfungsi sebagai pembuat kerangka pada makanan. Semakin tinggi kualitas proteinnya, maka semakin bagus kualitas glutennya. Hal tersebut menunjukkan semakin bagus pula kualitas gandumnya.
  5. Lembaga terdiri atas beberapa komponen seperti protein (25%), lipid (8-13%), mineral serta vitamin E. Vitamin E dalam lembaga biji gandum memiliki fungsi sebagai antioksidan. Di bagian sekitar lembaga hanya terdapat sedikit molekul glukosa, mineral, protein, dan enzim, sehingga pada kondisi yang mendukung akan terjadi perkecambahan yaitu biji gandum akan tumbuh menjadi tanaman gandum yang baru.

Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang telah kami tuliskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan manfaat Gandum secara umum serta kanduangan gizi yang ada di dalamnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan ya. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *