Manfaat Lengkuas dan Kandungannya

Diposting pada

Manfaat Lengkuas dan Kanduangannya

Lengkuas ialah salah satu jenis tanaman obat asli Asia Tenggara. Pusat budidaya aslinya selama perdagangan rempah-rempah terdapat di  Jawa, dan saat ini masih dibudidayakan secara luas di Pulau Asia Tenggara, terutama di Kepulauan Sunda Besar dan Filipina. Selain itu, budidayanya telah menyebar secara luas ke daratan Asia Tenggara, terutama Thailand.

Tanaman Lengkuas

Lengkuas adalah salah satu bahan herbal yang telah banyak digunakan oleh masyarakat sebagai salah satu tanaman obat tradisional. Pemanfaatan lengkuas sebagai bahan obat herbal semakin meluas seiring dengan ditemukannya berbagai aktivitas biologisnya seperti imunomodulator, hal ini sebagimana yang dijelaskan oleh Weidner (2007).

Secara klasifikasi ilmiah tanaman lengkuas, antara lain sebagai berikut;

  • Kingdom         : Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom    : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi    : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi               : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas               : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
  • Sub Kelas        : Commelinidae
  • Ordo                : Zingiberales
  • Famili              : Zingiberaceae (suku jahe-jahean)
  • Genus              : Alpinia
  • Spesies            : Alpinia galanga (L.) Sw.

Manfaat Lengkuas

Secara umum, masyarakat menggunakannya lengkuas sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Pemanfaatan lengkuas untuk masakan dilakukan dengan cara mememarkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan.

Sedangkan untuk tujuan pengobatan, berikut ini beragam manfaat lengkuas untuk kesehatan:

Sifat anti-inflamasi

Menurut para ilmuwan, lengkuas mengandung senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Kelebihan produksi oksida nitrat dalam tubuh dapat menyebabkan peradangan. Lengkuas mengandung kelas senyawa yang dikenal sebagai diarylheptanoids, yang diketahui bisa menghambat produksi oksida nitrat.

Selain itu, flavonol Galangin dalam ramuan ini diketahui bisa meningkatkan produksi zat anti-inflamasi. Efek anti-inflamasi lengkuas membuatnya bermanfaat untuk pengobatan radang sendi, rheumatoid arthritis dan kondisi lain yang disebabkan oleh peradangan.

Menunjukkan sifat anti-mikroba

Studi mengungkapkan bahwa ekstrak lengkuas menunjukkan efek penghambatan yang kuat terhadap berbagai virus termasuk human cytomegalovirus (HCMV) dan human immunodeficiency virus tipe 1 (HIV-1). Ini juga menunjukkan aktivitas anti-bakteri terhadap Staphylococcus aureus, Klebsiella pneumonia, Escherichia coli, Streptococcus pyogenes dan Pseudomonas aeruginosa.

Lengkuas juga menunjukkan aktivitas penghambatan yang kuat terhadap strain tertentu dari jamur patogen manusia seperti Candida albicans. Lengkuas mengandung senyawa yang menunjukkan aktivitas anti-virus yang signifikan.

Membunuh sel kanker

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa lengkuas menunjukkan aktivitas anti-kanker. Menurut penelitian, itu membantu dalam membunuh sel-sel kanker serta meningkatkan kemampuan sel untuk melawan kanker. Senyawa yang diisolasi dari lengkuas ditemukan efektif dalam membunuh sel-sel kanker paru-paru dan payudara dan bisa meningkatkan kekebalan sel-sel sehat.

Salah satu senyawa yang ditemukan di Lengkuas yang telah dikatahui untuk menghilangkan sel-sel kanker adalah acetoxychavicol acetate. Studi mengungkapkan bahwa senyawa ini efektif terhadap berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, darah, paru-paru, dan kulit.

Kesehatan pencernaan

Lengkuas memiliki efek merangsang dan karminatif pada sistem pencernaan dan karenanya sering digunakan sebagai tonik pencernaan. Ini membantu peristaltik meningkaitkan sekresi cairan lambung, dan mengurangi gas dalam saluran pencernaan.

Sama seperti tanaman jahe, lengkuas juga digunakan sebagai stimulan pencernaan yang membantu meredakan gangguan perut seperti perut kembung, sembelit dan pencernaan yang lambat.

Menjaga kesehatan jantung

Lengkuas sering digambarkan sebagai obat jantung. Telah terbukti bahwa ramuan ini membantu mencegah serangan jantung dengan mengurangi agregasi trombosit, yang membantu mencegah terjadinya pembekuan darah. Lebih lanjut berkontribusi untuk menjaga kesehatan jantung dengan meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Mengatasi diabetes

Lengkuas dikenal untuk menurunkan kadar glukosa darah dan karenanya mungkin bermanfaat bagi orang yang menderita diabetes.

Sebagai obat untuk mual dan mual di pagi hari

Lengkuas memiliki aroma yang kuat yang membantu meredakan mual. Ini adalah obat luar biasa untuk wanita hamil yang menderita kehilangan nafsu makan dan mual di pagi hari. Obat buatan rumah menggunakan lengkuas untuk mengurangi mual adalah minum ramuan lengkuas dengan air hangat dan madu. Lengkuas juga efektif untuk mengatasi mabuk laut.

Meningkatkan kesuburan

Uji klinis telah menemukan bahwa lengkuas merangsang spermatogenesis dan meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Ekstrak lengkuas memiliki potensi untuk meningkatkan kesuburan.

Kandungan Nutrisi Tanaman Lengkuas

Lengkuas adalah rimpang rendah kalori dan rendah lemak yang sangat baik untuk kesehatan. Satu porsi ramuan tanaman ini mengandung beberapa energi, antara lain adalah sebagai berikut;

  • 2 g serat makanan dan 45 kalori
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Mineral seperti natrium dan zat besi

Ramuan dari lengkuas juga merupakan sumber bahan kimia phyto yang baik termasuk galangin, alpinin, emodin, kaemperol, kaempferide, quercetin dan beta-Sitosterol. Flavonoid merupakan sebagian besar sifat ramuan lengkuas.

Jenis Tanaman Lengkuas

secara gairsi besar setidaknya terdapat 2 macam tanamang lengkuas,  antara lain adalah sebagai berikut;

Lengkuas PutihTanaman Lengkuas Putih

Tanaman ini kerapkali dikenal dengan lengkuas putih, yang mana dalam varitasnya sangat rimpang dan cenderung pada umbi akar dengan buahnya berwarna putih

Lengkuas MerahLengkuas Merah

Lengkuas ini diknela dengan varietas dengan kecenderungan rimpang umbi berwarna merah meriah, yang mudah diketmukan dalam pekarangan dan perebunan.

Nah, demikianlah serangkaian artikel yang sudah kami tuliskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan manfaat tanaman lengkuas, kandungan, dan jenisnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *