Manfaat Tanaman Melinjo dan Kandungannya

Diposting pada

Manfaat Tanaman Melinjo

Tanaman melinjo menjadi salah satu jenis komuditas dalam lahan pertanian yang mudah ditemukan, baik di pekarangan rumah, kebun, sampai dalam arti ladang. Tumbuhan ini memang sangat cocok untuk di budidayakan pada iklim tropis sebagimana menjadi ciri khas daripada wilayah Indonesia. Oleh sebab itulah untuk penjelasan lebih lengkap artikel ini mengulas lebih dalam tentang kegunaan melinjo berdasarkan pada kandungan yang dimilikinya.

Tanaman Melinjo

Tanaman melinjo dalam Bahasa Lati yaitu Gnetum gnemon merupakan tanaman yang termasuk dalam tanaman berbiji terbuka (Gymnospermae) yang berasal dari Asia tropik, Melanesia dan Pasifik Barat. Tanaman ini termasuk dalam famili Gnetaceae. Secara lebih rinci, berikut ini klasifikasi ilmiah dalam ciri tanaman melinjo, yaitu:

  • Kingdom         : Plantae
  • Divisi               : Spermatophyta
  • Sub divisi        : Gymnospermae
  • Kelas               : Gnetinae
  • Sub kelas         : Gnetidae
  • Ordo                : Gnetales
  • Famili              : Gnetaceae
  • Genus              : Gnetum
  • Spesies            : Gnetum gnemon (melinjo)

Pengertian Melinjo

Melinjo adalah pohon tropis kecil dengan cabang-cabang yang berjenjang dan cabang-cabang kecil tersusun secara terpisah, memiliki daun hijau gelap yang mengkilap; dimanfaatkan bagian daun muda dan bijinya yang dapat dimakan.

Manfaat Melinjo Secara Umum

Secara umum biji melinjo yang bergizi dikonsumsi sebagai makanan ringan yang disebut emping, sedangkan daun muda, dan bunganya dapat digunakan sebagai sayuran; dimakan mentah, direbus, atau dipanggang. Ada perdagangan aktif biji melinjo dan industri emping di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatra Utara.

Secara lebih spesifik, melinjo juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, antara lain:

Meningkatkan immune/kekebalan tubuh

Anti oksida adalah senyawa alami tertinggi di melinjo. Zat kimia ini bekerja dengan cara menangkal radikal bebas di dalam tubuh kita dan secara bersamaan meningkatkan kekebalan tubuh. Anti-oksida yang ditemukan di melinjo memiliki manfaat yang serupa dengan apa yang terkandung dalam buah-buahan seperti anggur dan jeruk.

Mengatasi tekanan darah tinggi

Manfaat melinjo yang cukup penting dalam bidang kesehatan adalah mengatasi tekanan darah tinggi atau menjadi obat alami untuk hipertensi. Penyakit ini dapat diobati dengan memakannya secara teratur. Hasilnya tekanan darah Anda akan kembali normal.

Mengatasi anemia

Melinjo yang ada dalam tamanan di Indonesia bermanfaat bagi penderita anemia karena diyakini sebagai salah satu jenis tanaman obat herbal ini baik untuk mengobati anemia. Kandungan zat besinya cukup untuk membantu tubuh Anda dalam memproduksi sel darah merah.

Anti penuaan

Radikal bebas adalah penyebab utama dari penuaan dini yang menyebabkan kulit Anda terlihat lebih tua dan kusam. Ini memiliki beberapa gejala seperti bintik hitam, keriput, dan kendur. Mengkonsumsi buah belinjau secara teratur dapat mencegah anti penuaan karena ini adalah anti oksida alami.

Anda bisa mengonsumsinya sebagai mentah atau mengolahnya menjadi komponen campuran dalam makanan Anda. Cara lain adalah merebus buah belinjau dan meminum airnya sebagai salah satu perawatan kesehatan Anda.

Mencegah penyakit jantung

Manfaat melinjo bagi organ jantung adalah mencegah organ-organ ini dari penyakit jantung, seperti serangan jantung. Siapa sangka itu dengan ukuran kecil mampu menyehatkan jantung Anda. Kesehatan jantung adalah tolok ukur penting untuk kebugaran tubuh.

Memperkuat memori

Demensia tidak hanya dialami oleh orang-orang yang cukup tua, tetapi juga remaja dan orang dewasa. Makan melinjo untuk membantu Anda meningkatkan daya ingat, sehingga mencegah diri Anda dari demensia.

Menyehatkan mata

Melinjo juga kaya akan banyak vitamin A yang baik untuk mata yang akan membuat mata Anda lebih jernih, sehat, dan tentu saja lebih tajam. Untuk orang dengan rabun dekat harus mulai memakannya secara teratur.

Memperlancar buang air kecil/kencing

Ketika Anda mengalami masalah dalam kencing, itu berarti Anda memiliki sesuatu yang salah di saluran kemih Anda. Hal ini dapat disebabkan oleh segala hal, misalnya infeksi bakteri atau kurangnya konsumsi banyak air.

Untuk menyembuhkan masalah tersebut, Anda dapat mengkonsumsi melinjo sebagai makanan. Cara lain misalnya Anda bisa mengolahnya dengan merebusnya dan meminum air rebusan melinjo. Ini bekerja sangat baik untuk memperlancar buang air kecil Anda dengan mengkonsumsinya dalam jumlah sedang ketika Anda sedang dalam masalah seperti itu.

Perawatan kulit

Melinjo mengandung zink yang sangat baik untuk menyembuhkan jerawat Anda. Zink akan membantu peningkatan fungsi sel darah putih yang menjadi faktor utama dalam memulihkan jerawat di kulit Anda. Selain itu, zink dalam melinjo juga penting untuk merangsang produksi kolagen untuk penampilan kulit yang sehat, halus, dan bersih.

Menyembuhkan Bekas Luka

Melinjo dapat bermanfaat untuk membantu menyembuhkan bekas luka secara tradisional. Anda harus menumbuk daun melinjo sampai halus dan mencampurnya dengan salah satu umbi lapis yaitu bawang putih.

Sapukan di bekas luka Anda dan tunggu sampai kering sebelum dibersihkan dengan air. Lakukan dua kali sehari sampai bekas luka Anda menjadi kering dan ditutupi oleh anti-oksida alami di dalam daun melinjo.

Kandungan Nutrisi Tanaman Melinjo

Adapun secara speisifik untuk kandungan nutrisi dalam tanaman melinjo untuk ukuran porsi 100 gram buah Melinjo memberikan:

  • 92 kalori, 72,6 gm kelembaban
  • 5,2 gm protein
  • 2,1 gm lemak
  • 1,8 gm abu, 13,3 gm karbohidrat
  • 5,2 gm serat kasar

Selain penjelasan diatas dalam beberapa penilitian kandungan tanaman ini memiliki 1478.265 mangan, 211,11% tembaga, 195% besi, 107,27% zink, 13,28% kalium, 12,38% magnesium, 11,71% fosfor, 10,40% protein dan 10,23% karbohidrat.

Nah, itulah tadi penjelasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan manfaat yang dimiliki melinjo dan kandungan-kandungannya. Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian, Trimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *