Manfaat Perkebunan Bagi Manusia Secara Umum

Diposting pada

Fungsi Kebun

Semua jenis tanaman perkebunan pada dasarnya bukanlah tumbuhan yang menjadi makanan utama. Hal ini sangat jelas sehingga secara realitas dapat dengan mudah membedakan antara usaha perkebunan dan hortikultura. Meskipum bukan makanan pokok, perkebunan memiliki manfaat yang sangat vital bagi manusia. Oleh sebab itulah pada tulisan ini akan menjabarkan tentang beberapa kegunaan perkebunan secara umum.

Perkebunan

Perkebunan adalah usaha-usaha di bidang pertanian dengan mengelola dan memasarkan hasil produksi yang biasanya tidak disertai dengan produksi. Keadaan seperti ini sangat mudah ditemukan dalam kehidupan.

Misalnya saja seperti perkebunan kelapa sawit. Pada umumnya para petani menanam kelapa sawit untuk mengabil buahnya, setelah dipanen buah tersebut langsung di jual (dipasarkan) kepada agen, yang kemudian diolah menjadi minyak, obat-obatan, dan lain sebaginya.

Dengan demikianlah secara garis besarnya perkebunan hanya dipergunakan untuk mengelola dan memasarkan. Tanpa ikut merubah barang dari mentah menjadi siap pakai (produksi). Baca jugaPengertian Perkebunan Menurut Para Ahli

Manfaat Tanaman Perkebunan

Meski sebatas pada sistem pengelolaan dan pemasaran. Kebun di masyarakat memiliki peranan yang sangat penting, baik bagi kesehatan, pendidikan, ataupun bagi perekonomia. Antara lain adalah sebagai berikut;

Penyerap CO2

Dalam satu hari sebatang pohon dapat menyerap partikel kecil atau gas polutan seperti CO2 yakni sekitar 20 sampai 36 gram per hari.  Apabila perkebunan  memiliki populasi tumbuhan rata rata kurang lebih 500 pohon/ha untuk tanaman karet, maka CO2 yang diserap yakni sekitar 10 sampai 18 Kg/ha per harinya.

Apabila satu perkebunan didaerah sekitar memiliki areal tumbuhan yang telah dewasa dengan ketinggian kurang lebih 10 m sebanyak 2000 hektar maka CO2 yang diserap yakni sekitar 20 sampai 36 ton per hari.

Hal inilah mengindikasikan bahwa perkebunan memiliki peranan dalam menyumbang keseahatan manusia. Maka sangatlah pantas jika kebun-kebun di Indonesia banyak dikelola dengan baik.

Produksi Oksigen

Setiap satu pohon mampu memproduksi oksigen yakni sebanyak 320 kg per hari, kebutuhan oksigen untuk bernafas setia insan yakni sekitar 400kg per hari. Oksigen yang diproduksi dari tumbuhan perkebunan sama halnya dengan tanaman perkebunan telah menyumbangkan oksigen sebanyak 500 x 2000  x 320kg  yaitu kurang lebih 320 juta kg per hari yang setara dengan kebutuhan oksigen untuk bernafas masyarakat sebanyak 800.000 orang per hari.

Apabila harga oksigen yakni sekitar Rp.15.000 per Kg berarti 1/3 bagian oksigen yang dihirup oleh manusia dari oksigen yang diproduksi dari tanaman perkebunan setiap orang secara tidak langsung mendapatkan sumbangan oksigen sebanyak 1/3 x 400 kg x Rp 15.000 yaitu Rp 2 juta per hari.

Dengan kondisi ini, setidaknya betapa kita mensukuri nikmat yang diberikan Tuhan kepada Alam atas segala limpahannya sampai saat ini Okseigen bisa kita dapatkan dengan gratis.

Mencegah Erosi

Erosi tanah menjadi permasalahan lingkungan yang harus diwaspadai segenap bangsa dan negara. Problem ini bisa diatasi dengan baik, salah satu diantaranya adalah dengan memperbanyakan tanaman perkebunan.

Misalnya saja untuk contoh perkebunan ini adalah tumbuhan kelapa yang ada di pinggir pantai. Umumnya bukan hanya dipergunakan sebagai lahan wisata akan tetapi untuk mencegah erosi di pinggir pantai dengan sangat baik.

Menjaga Kesuburan Tanah

Kegunaan lainnya dalam perkebunan adalah menjadikan tanah tetap subur dengan akar-akar yang diberikan mampu mengangkat tanah humus di permukaan. Bahkan karena seringkali diberikan pupuk perkebunan menjadi tempat yang aman bagi bakteri-bakteri untuk menjaga organisme mahluk hidup.

Devisa Negara

Diakui ataupun tidak perkebunan memberikan peranan dalam menambah devisa negara (pendapatan) misalnya saja dengan sistem Indonesia yang menginpor Karet ke China atau hasil tanaman lada ke Eropa yang disana dipergunakan untuk merapu makanan dengan rempah-rempah.

Memberikan Lapangan Pekerjaan bagi Masyarakat

Kegunaan lain dalam perkebunan adalah memberikan lapangan pekerjaan masyarakat, khususnya petani-petani di Indonesia. Hal ini sangatlah wajar mengingat untuk Indonesia sendiri adalah negara agraris (pertanian) yang didukung dengan tingkat kesuburan tanah yang tinggi.

Menjadi Tempat Wisata

Manafaat perkebunan lainnya adalah menjadi tempat wisata yang baik untuk dikunjungi oleh masyarakat. Wisata ini kemudian mampu menimgkatkan standar perekonomian masyarakat. Contohnya saja ketika dijumpai banyak perkebunan mangrove yang dipergunakan sebagai tempat wisata.

Menjaga Keseimbangan Ekosistem

Manfaat lain dari perkebunan secara umum adalah menjaga keseimbangan ekosistem alam yang ada di bumi. Hal ini sangatlah wajar mengingat pada sekarang banyak sekali hawan-hewan yang tercancam punah karena ekosistemnya tidak diajaga dengan baik. Dengan perkebunan menjadi solusi yang bisa mengatasi permasalahan ini.

Bahan Penelitian

Kegunaan lainnnya dalam perkebunan di Indonesia adalah dapat dimanfaatkan sebagai bahan penelitian di dunia pendidikan. Hal ini terjadi karena untuk menemukan beragam postensi-potensi yang bisa mendorong masyarakat untuk memperoleh ketahanan perekonomian serta melakukan pemberdayaan.

Nah, demikianlah tadi serangkaian artikel yang telah dituliskan terkadi dengan kegunaan tanaman kebun secara umum bagi masyarakat. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Berikan Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *