Manfaat Pupuk TSP bagi Tanaman

Diposting pada

Khasiat Pupuk TSP

Triple superphosphate (TSP) adalah salah satu pupuk anorganik yang memiliki kandungan fosfor (P) tinggi pertama yang banyak digunakan pada abad ke-20 Secara teknis, pupuk ini dikenal sebagai calcium dihydrogen phosphate dan juga monocalcium phosphate, [Ca(H2PO4)2 .H2O]. Meskipun memiliki sejarah yang sangat baik sebagai sumber P, penggunaannya telah menurun karena pupuk P lainnya telah menjadi lebih populer.

Kekurangan fosfor pada tanaman dapat menyebabkan tanaman terhambat pertumbuhannya,  sistem perakaran lemah dan berkembang secara abnormal, warna daun tidak normal biasanya hijau tua, bibit lebih sedikit, periode pematangan yang panjang dan produktivitas rendah (tanaman tidak akan sering berbuah).

Untuk itulah pupuk yang memiliki kandungan fosfor tinggi juga dibutuhkan oleh tanaman, yaitu bermanfaat sebagai penunjang dalam pertumbuhan.

Manfaat Pupuk TSP

Pupuk TSP memiliki beragam kegunaan untuk berbagai jenis tanaman, sekaligus menjadi keuntungan atau keunggulan tersendiri dalam pengunaan TSP, diantaranya yaitu:

  1. Penggunaan utama TSP adalah dalam situasi di mana beberapa pupuk padat dicampur bersama untuk disebarkan di permukaan tanah atau untuk penggunaan pupuk yang terkonsentrasi di bawah permukaan
  2. TSP yang mengandung 46% fosfat. Fosfat merupakan turunan dari fosfor yang hanya ditemukan di kerak bumi. Fosfat ialah anion yang terdiri atas atom fosfor (P) dan oksigen (O). Fosfor itu sendiri bagi tanaman sangat penting untuk medukung terjadinya fotosintesis, proses di mana tanaman mengubah sinar matahari menjadi molekul karbohidrat, yaitu gula.
  3. TSP mempercepat pertumbuhan sistem perakaran pada tanaman muda
  4. TSP mempersingkat periode infertilitas pada tanaman buah, mempercepat floresensi dan pematangan buah
  5. TSP meningkatkan ketahanan tanaman terhadap pembekuan dan kekeringan
  6. TSP berperan yang menentukan untuk pembentukan kualitas produksi sereal, sayuran, buah, teknis dan tanaman penghasil minyak
  7. TSP menghilangkan pengaruh negatif dari pemupukan nitrogen satu sisi
  8. TSP juga diperlukan untuk pemupukan tanaman polong-polongan, seperti alfalfa atau kacang-kacangan, di mana tidak diperlukan pemupukan N tambahan untuk melengkapi fiksasi N secara biologis.

Selain berguna untuk tanaman pada lahan pertanian Monocalcium fosfat juga memiliki kegunaan non pertanian, misalnya yaitu:

  • Monocalcium fosfat merupakan bahan penting dalam memanggang bubuk. Monocalcium fosfat yang asam bereaksi dengan komponen alkali untuk menghasilkan karbon dioksida, ragi untuk banyak produk yang dipanggang.
  • Monocalcium fosfat biasanya ditambahkan ke dalam makanan hewani sebagai suplemen mineral penting baik P maupun Ca.

Terdapat beberapa hal lebih lanjut yang perlu kita ketahui tentang pupuk TSP, antara lain:

  • Pupuk ini bisa menjadi sumber fosfor yang sangat murah yang bisa kita temukan. Ini digunakan dalam banyak situasi di mana fosfor dibutuhkan atau dalam rentang campuran yang berbeda.
  • Pembuatan TSP dilakukan dalam 2 tahap, yaitu yang pertama adalah di mana asam sulfat bereaksi dengan baik dengan batuan fosfat sehingga menghasilkan asam fosfat. Gypsum adalah produk sampingan dari tahap ini dan biasanya dihilangkan. Asam fosfat kemudian direaksikan dengan batuan fosfat yang menghasilkan triple superphosphate.
  • Karena pupuk ini adalah sumber fosfor berbiaya rendah, biasanya merupakan pengganti dalam banyak superfosfat tunggal yang digunakan dalam campuran tanam berbeda. Produk ini dapat digunakan dalam campuran seperti MOP dan DAP.

Ini juga merupakan sumber fosfor dalam situasi di mana tidak ada kebutuhan nitrogen seperti halnya tanah bera yang baik setelah padang rumput didominasi oleh cengkeh. Ini juga dapat digunakan dalam campuran hortikultura yang berbeda ketika ada kebutuhan untuk meningkatkan kandungan fosfor.

  • Kualitas fisik pupuk ini sangat baik. Kita dapat menangani, menyimpan, dan mengalirkan semua jenis peralatan dengan sangat baik. Juga, itu tidak melembabkan saat dalam penyimpanan atau ketika di lapangan. Itu juga mampu menyebar sangat merata.

Jika dibandingkan dengan pupuk lainnya, pupuk triple superphosphate mampu mengalir dengan lebih cepat. Ini sekitar 15-20% dari DAP. Kalibrasi harus dilakukan dengan hati-hati sebelum mulai menabur.

Nah, demikianlah serangkaian artikel yang bisa kami tuliskan serta bagikan kepada segenap pembaca terkait dengan beragam kegunaan Pupuk TSP bagi tanaman yang ada di dalam kehidupan. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *