5 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Diposting pada

Kegunaan Rumput Laut

Rumput laut merupakan salah satu tumbuhan yang begitu banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia. Seiring dengan perkembangan zaman, tumbuhan ini sudah banyak dimanfaatkan untuk dibuat olahan makanan seperti agar-agar, makanan ringan dan yang lainnya.

Selain digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan, rumput laut ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan obat-obatan. Dalam artikel ini akan dibahas terkait dengan manfaat yang dihasilkan dari tanaman rumput laut.

Rumput Laut

Rumput laut atau algae adalah tumbuhan laut yang berdasarkan morfologisnya tidak bisa dibedakan bagian akar, batang, dan daun secara jelas. Semua bagian tubuh rumput laut dikenal dengan thallus yang terdiri dari holdfast, stipe, dan blade. Holdfast menyerupai dengan akar tumbuhan tingkat tinggi namun struktur dan fungsinya berbeda. Holdfast berfungsi utama sebagai pelekat pada substrat.

Stipe menyerupai bagian batang tumbuhan tingkat tinggi yang berguna sebagai tempat proses fotosintesis dan penyerapan unsur hara dan air. Sementara blade menyerupai dengan daun,bentuk daunnya sangat bervariasi dan berperan untuk fotosintesis, menyerap nutrisi dan air untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Reproduksi rumput laut memiliki perbedaan dengan tumbuhan tingkat tinggi yang hidup di pantai. Rumput laut bereproduksi dengan dua cara yakni secara generatif melalui gamet (thallus diploid yang memproduksi spora) dan secara vegetatif dengan menggunakan thallus.

Manfaat Rumput laut

Tanaman rumput laut atau yang biasa disebut juga dengan sayuran laut atau marine vegetables. Tanaman ini mempunyai rasa yang berbeda dari sayuran lainnya, memang rumput laut dapat menggugah selera penggemarnya. Selain memiliki rasa yang enak, rumput laut tentunya memiliki banyak kandungan gizi berupa serat, mineral, dan vitamin juga bermanfaat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat atau khasiat rumput laut untuk kesehatan tubu, di antaranya adalah:

  1. Membantu mempertahankan atau menurunkan berat badan

Beberapa jenis tanaman rumput laut dipercaya dapat mempertahankan serta dapat menurunkan berat badan. Rumput laut memiliki kandungan berupa pigmen fucoxanthin yang dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh serta mengubah lemak menjadi energi. Jenis rumput laut yang banyak mengandung fucoxanthin adalah rumput laut coklat.

  1. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Rumput laut memiliki manfaat yaitu dapat membantu mempercepat tubuh untuk menyembuhkan luka. Rumput laut memiliki vitamin K yang kemudian bekerja sama dengan trombosit untuk dapat membentukan gumpalan atau dalam hal pembekuan darah. Dengan demikian luka akan lebih cepat tertutup.

  1. Menguatkan tulang dan gigi

Dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi tentunya tubuh manusia membutuhkan asupan kalsium yang cukup. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhkan tersebut adalah dengan mengkonsumsi tanaman rumput laut. Rumput laut adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

  1. Baik untuk penderita diabetes dan kolesterol

Manfaat dari tanaman rumput laut yang lainnya adalah dapat membantu mengurangi resiko kondisi diabetes dan kolestrol. Hal tersebut dikarenakan rumput laut memiliki kandungan yang bernama fucoxanthin yang bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan gula darah pada tubuh.

  1. Meningkatkan energi

Dalam beraktivitas tentunya manusia membutuhkan energi. Rumput laut adalah salah satu tanaman yang dapat meningkatkan energi karena rumput laut memiliki kandungan yaitu zat besi. Zat besi ini berfungsi untuk membentuk hemoglobin, sel darah merah pembawa oksigen ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, tubuh yang mempunyai asupan zat besi yang cukup dapat menjadi pencegah terjadinya penyakit anemia yang diakibatkan dari kadar hemoglobin yang tidak seimbang.

Jenis Rumput Laut

Rumput laut berdasarkan pigmentasinya terbagi menjadi 3 jenis rumput laut yang sesuai dengan nama warnanya, sebagai berikut:

  1. Rumput laut hijau atau alga hijau

Rumput laut hijau terdiri atas tiga pigmen yaitu klorofil A, klorofil B, dan santofil srta karoten. Tetapi, unsur klorofil lebih banyak. Unsur klorofil tersebut yang menyebabkan warna hijau pada jenis rumput laut ini.

  1. Rumput laut biru

Rumput laut biru terdiri atas tiga pigmen antara lain klorofil A, karetenoid, dan fikosianin. Sementara yang sangat mendominasi adalah unsur fikosianin. Unsur tersebutlah yang menyebabkan warna rumput laut yang khas pada jenis rumput laut ini.

  1. Rumput laut cokelat

Rumput laut coklat hampir pigmentasinya sama dengan jenis rumput laut lain. Akan tetapi, pigmen yang mendominasi yaitu xantofil. Xantofil tersebut yang menyebabkan warna coklat dari bagian akar hingga daun.

Demikianlah artikel yang dapat dibagikan kepada seluruh pembaca terkait materi manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh manusia. Semoga saja dapat menambah wawasan dan memberikan referensi bagi kalian semua yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.