Manfaat Serealia dan Kandungannya

Diposting pada

Kegunaan Tumbuan Serealia

Sebagian lahan pertanian di Indonesia ditanami dengan tanaman pangan. Jenis  tanaman pangan dibedakan menjadi 3 golongan yaitu serelia, kacang-kacangan, dan umbi-umbian. Serealia atau dikenal biji-bijian yang memanfaatkan biji-bijian sebagai makanan.

Serealia dipanen biji atau bulirnya bermanfaat sebagai sumber karbohidrat. Tanaman serealia lebih banyak ditanam karena lebih banyak menyediakan energi di dunia. Di beberapa negara maju mengonsumsi sereal beragam namun tetap substansial. Artikel ini akan membahas manfaat yang terkandung dalam jenis-jenis serealia.

Tanaman Serealia

Tanaman serealia atau biji-bijian dibudidayakan oleh petani untuk memperoleh bulir atau biji sebagai sumber karbohidrat/pati. Serelia kaya akan sumber karbohidrat, proten, rendah lemak, dan kaya akan serat kasar. Di dalam serelia juga terkandung vitamin E dan B kompleks serta mineral (Fe, Mg, dan Zn). Serealia dapat tumbuh baik di iklim sedang dan dipanen sebanyak 1 kali.

Serealia di Indonesia yang biasa dibudidayakan adalah padi, jagung dan gandum. Padi, jagung, dan gandum dapat memproduksi hingga 87% di dunia. Jagugng mendudui peringkat kedua untuk komoditas pertanian di dunia, padi di peringkat ketiga. sedangkan gandum di peringkat 12.  Kandungan utama pada serealia antara lain karbohidrat (pati) berkisar 75-80%, protein, lemak sekitar 5%, air , mineral berkisar 2-3% dan air.

Pengertian Serealia

Serealia atau dalam bahasa inggris: cereal. Serealia atau biji-bijian adalah jenis tanaman pangan yang dibudidayakan untuk memperoleh biji/bulirnya sebagai sumber makanan (karbohidrat/pati). Selain, kaya akan karbohidrat juga kaya protein dalam jumlah yang cukup, rendah lemak, kaya vitamin (vitamin E dan B kompleks) dan mineral (besi, magnesium, dan seng).

Sebagian besar serealia berasal dari anggota suku padi-padian atau biasa disebut serealia sejati. Selain ada istilah serealia sejati ada juga serealia utama yaitu kelompk tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi bahkan mendudukui peringkat komoditas pertanian di dunia yaitu jagung, padi, gandum, soba, millet, barley, rogge, dan haver.

Ada beberapa jenis serealia yang digunakan sebagai pakan burung seperti jewawut/millet. Ada beberapa jenis tanaman yang kaya akan sumber pati namun tidak tergolong serealia karena tidak dipanen bulir/bijinya seperti sagu, kentang pohon, dan tanaman kentang.

Kegiatan budidaya jenis serealia semuanya sama. Semua jenis serealia tergolong tanaman semusim artinya memproduksi hasil panen hanya satu kali tanam dan dapat tumbuh di daerah iklim sedang. Indonesia membudidayakan jenis serealia hanyalah padi, jagung, gandum, dan sorgum.

Tumbuhan Serealia Menurut Para Ahli

Berikut penjelasan definisi serealia berdasarkan para ahli, antara lain;

  1. Lantican (2001), Tanaman serealia berasal dari nama dewa gandum yang paling utama (penting), Ceres- Dewi Pertanian Romawi. Tanaman serealia diartikan tanaman berasal dari rumput Graminear yang berguna sebagai bahan pangan utama.
  2. Chapman dan Carter (1976), Serealia diartikan sebagai rumput yang dibudidayakan sebab benihnya berukuran kecil dan bisa dimakan. Serealia juga tergolong angiospermae dan monokotil serta tergolong anggota Gramineae.

Manfaat Serelia

Berikut manfaat serealia dari berbagai jenis serealia, antara lain

  1. Padi

Padi merupakan tanaman serealia yang kaya sumber karbohidrat (pati). Padi menjadi makanan pokok hampir di berbagai negara tropis termasuk Indonesia. Padi termasuk tanaman semusim yang hanya bisa dipanen satu kali lalu ditanam lagi.

Padi adalah tanaman yang dapat tumbuh di lingkungan basah (mengandung air yang cukup banyak). Padi memiliki domestikasi padi dan banyak varietas karena menjadi komoditas terpenting di dunia terutama di daerah Asia.

Padi memiliki ciri morfologi seperti akarnya serabut, batang berbuku dan rangkaian daun, bunga manjemuk, dan bulir padi. Banyak varietas yang telah dimodifikasi denga menyesuaikan kondisi lingkungan seperti padi rawa, padi pera, dan padi gogo serta beberapa ragam varietas unggulan padi.

Manfaat padi sebagai sumber energi karena kandungan karbohidrat. Padi juga dapat mengobati bisul, bengkak, jerawat, dan gangguan pencernaan serta dapat diekstraksi untuk komestik dan obat flu
  1. Gandum Murni

Tanaman gandum merupakan serealia yang menjadi bahan makanan selain beras dan tanaman tertua dan terpenting dalam serealia. Gandum terpercaya selama 8.000 tahun sebagai makanan pokok di kawasan Eropa, Asia Barat, dan Afrika Utara. Di Indonesia, masyarakat hanya memanfaatkan gandum menjadi olahan mie atau bahan roti. Padahal, gandum dapat digunakan sebagai makanan utama karena mengandung karbohidrat (pati) yang tinggi seperti nasi (padi).

Gandum mengandung vitamin dan mineral. Gandum dibedakan menjadi dua jenis yaitu bread wheat dan durum wheat. Bread wheat adalah gandum yang digunakan untuk bahan pembuatan cake dan roti. Durum wheat adalah gandum yang dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pasta dan mie. Gandum biasanya mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan sejumlah vitamin (vitain B dan E).

Gandum memiliki ciri morfologi seperti akar serabut, batang beruas dan berongga, daun melengkuk, bunga majemuk struktur biji terdiri dari 3 bagian (kulit, endosperma, lembaga). Gandum kaya akan nutrisi seperti vitamin B1, B2, B3, B6, protein, serat, dan nutrisi lainnya. Gandum biasa tercatat sekitar 95% dibudidayakan di dunia sehingga menghasilkan moneter tertinggi.

Manfaat gandum murni ini sebagai pakan ternak, bahan dasar minuman beralkohol, pembuatan plastik, pakan ikan dan udang
  1. Gandum Durum

Gandum Durum dikenal sebagai gandum pasta atau makaroni. Gandum Durum biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pasta atau mie. Gandum Durum di dunia hanya dibudidayakan sekitar 5-8%. Produk olahan dari gandum durum seperti orrechiette dan tagliatelle dan pasta kering (pasta secca). Gandum durum juga kaya akan pati, protein, vitamin, dan mineral.

Sehingga dalam hal ini gandum darum dimanfaatkan sebagai bahan dasar produk roti
  1. Sorgum

Sorgum merupakan tanaman serealia yang ditanam untuk biji-bijian. Sorgum termasuk famili rumput Poaceae. Sorgum dapat tumbuh di iklim hangat dan spesienya tersebar di dunia seperti Australia, Afrika, Asia, Samudra Hindia dan Pasifik. Di daerah Asia Selatan dan Afrika sub-sahara sorgum telah menjadi makanan pokok. Di Indonesia, sorgum telah mulai dikembangkan.

Sorgum dapat digunakan sebagai sumber pangan, bahan baku industri bahkan pakan ternak. Sorgum hampir mirip dengan jagung tetapi sorgum lebih cocok pada daerah yang kering dan berair. Sorgum mengandung serat kasar atau yang tidak bisa larut dalam air yang berkisar 6.5- 7.9%. Kandungan serat berkisar 1,1 -1,23%, protein 10,11% dan pati 80,42%. Sorgum juga dapat digunakan sebagai tepung sorgum karena tidak ada kandungan gluten seperti tepung terigu.

Selain itu, sorgum dapat dimanfaatkan sebagai kerajian tangan dan sapu dengan tangkai daunnya, bunganya dapat dijadikan hiasan. Batang sorgum dapat menjadi bahan pembuat kertas, lumbung bioetanol, dan sirup. Akar sorgum dapat menjadi jamu untuk peredaran darah
  1. Jagung

Jagung merupakan tanaman serealia sebagai penghasil pati selain padi dan gandum. Jagung mudah untuk ditanam dan membutuhkan sinar matahari langsung serta kadar air yang cukup. Jagung dapat tumbuh di jenis tanah yang beragam.

Jagung merupakan tanaman semusim dimana hanya mampu hidup satu kali dalam siklus hidupnya. Termasuk golongan famili Poaceae dan memiliki morfologi seperti akar serabut, batang beruas-ruas, daun sempurna, bunga majemuk, berumah satu.

Varietas jagung yang biasa ditanam di Indonesia adalah jagung berwarna putih dan kuning. Jagung dibedakan menjadi 7 kategori antara lain jagung manis, pod, brondong, ketan, tepung, gigi kuda, dan mutiara.

Pemanfaatan jagung bukan hanya sebagai olahan pangan (minyak dan tepung maizena) namun juga digunakan sebagai pakan ternak bahkan bisa untuk bahan baku industri dan kimiawi. Dengan teknologi yang semakin maju jagung dapat diolah seoptimal mungkin
  1. Oats

Oats merupakan serealia yang dibudidayakan di iklim yang basah. Oats digunakan sebagai makanan pengganti beras pada saat pasca terjadinya perang dunia pertama ataupun kedua, dalam hal ini Oats memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

Pemanfaatan Oats dapat memperlancar pencernaan dengan menjadikan tepung berkadar serat yang halus dan juga digunakan sebagai makanan beragam jenis hewan ternak
  1. Rogge/Rye

Rogge atau biasanya juga dikenal Rye memiliki morfologi yang hampir mirip dengan gandum, batangnya lebih besar dan tinggi, struktur akarnya bercabang lebih banyak dan daunnya memiliki ciri khas lebih kasar.

Rogge biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan minuman keras whiski
  1. Jali

Jali adalah serealia tropika dari Poaceae (Padi-padian). Jali berasal dari Asia Timur dan Maya namun sekarang sudah tersebar di berbagai negara dunia.  Jali juga biasa dikenal sebagai Chinesk Pearl Wheat (Gandum mutiara cina). Jali kaya akan karbohidrat sehingga beberapa negara biasa dimanfaatkan sebagai makanan pokok.

Manfaat jali berguna sebagai tanaman obat, tanaman hias, pembuatan biar, dan atap rumah
  1. Barley

Barley sejatinya adalah tanaman yang memiliki banyak kegunaan sebagai pembuatan kue dengan menjadikannya sebagai tepung dan makanan sereal pada seorang bayi.

Barley dimanfaatkan bijinya yang difermentasikan menjadi bir
  1. Biji Soba Buckwheat

Soba dapat ditemukan di dataran tinggi da terdapat di negara Eropa dan Asia. Soba biasa digunakan sebagai bahan pembuatan mie dan keue. Kandungan pati di dalam soba berkisar 64,4%.

Manfaat utama dari soba yaitu bahan dasar aneka ragam kue dan groats
  1. Millet

Millet adalah serealia dengan bulir yang berukuran kecil. Sorgum ataupun jali terkadang dikenal sebagai millet. Millet menjadi makanan utama di kawasan Asia Selatan bahkan Afrika. Namun, di Indonesia millet lebih dikenal sebagai jewawut yang digunakan sebagai makanan burung. Namun, di Amerika millet diolah sebagai makanan berenergi.

manfaatnya untuk makanan buruh dan pengelolaan makanan energi
  1. Fonio

Fonio adalah salah satu jenis tanaman serealia yang dibudidayakan di beberapa negara yang ada di wilayah bagian Afrika Barat.

Fonio dimanfaatkan sebagai makanan di Afrika Barat
  1. Spelt

Spelt biasa dikenal sebagai Gandum dinkel yang dibudidayakan sejak sekitar 5.000 SM. Spelt menjadi bahan pokok di beberapa bagian Eropa dan Spanyol Utara dikenal sebagai makanan untuk kebutuhan kesehatan.

makanan penunjang kesehatan
  1. Teff

Teff biasa disebut rumput tandan tahunan yang banyak ditemukan di semua benua dan banyak pulau. Teff ditemukan berasal dari Tanduk Afrika atau sekarang disebut Ethiopia dan Eritra. Teff memiliki banyak fungsi salah satunya untuk diet dan budaya Ethiopia.

Manfaat teff digunakan untuk minuman beralkohol (bir), pakan ternak, bahan bangunan, asupan protein harian, dan dicampur dengan kacang kedelai, dan produksi makanan bayi
  1. Triticale

Triticale merupakan gandum hibrida (hasil penggabungan kualitas gandum yang tahan terhadap penyakit dan potensi hasil). Triticale digunakan untuk pakan ternak, dan sarapan sereal.

Manfaatnya untuk ternak dan konsumsi makanan setiap pagi

Kandungan Serelia

Adapun beberapa kandungan yang umumnya terdapat dalam makanan serelia antara lain sebagai berikut;

Karbohidrat

Serelia kaya akan karbohidrat yang tersusun atas selulosa, pati, gula bebas, dan pentose. Terdapat kandungan 84-90% pati, 2-2,5% pentose dan 0,5-1% gula bebas.

Protein

Protein pada serealia dibedakan menjadi dua yaitu protein fungsional dan protein cadangan. Beberapa serelia mengandung prolamin yang cukup tinggi disebabkan adanya kandungan lisin yang ada di prolamin rendah.

Vitamin

Serealia mengandung vitamin utama yaitu vitamin B5 (asam pantotenat),vitamin B7 (biotin), vitamin B12 (cyanocobalamin), dan vitamin E (tokoferol).

Itulah materi bahasan lengkap yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca berkaitan dengan manfaat-manfaat makanan serealia dan kandungannya secara umum. Semoga memberikan edukasi, referensi, serta diharapkan mampu menambah pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *