Manfaat Tanah Liat dalam Berbagai Bidang

Diposting pada

Kegunaan Tanah LiatSumber daya alam merupakan hal yang tidak dapat terpisahkan pada kehidupan manusia. Beberapa di antaranya adalah sumber daya mineral yang terdiri dari batuan-batuan, minyak, dan juga tanah. Sumber daya alam dalam bentuk mineral banyak ditemukan di sekitar lingkungan kita saat ini dimana kita harus bijak dalam memanfaatkannya maupun dalam pengelolaan kedepannya.

Salah satu dari sumber daya mineral yang banyak ditemukan di sekitar lingkungan kita saat ini adalah tanah. Pemanfaatan tanah yang beragam jenisnya dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan dan salah satu dari jenis itu adalah tanah liat. Pengolahan tanah liat dapat digunakan di berbagai macam bidang baik bidang dalam arti pertanian, bidang sipil dan arsitektur, maupun bidang geologi dan ekologi.

Tanah Liat

Tanah liat sendiri merupakan salah satu jenis tanah yang memiliki sifat plastis dan mudah mengembang apabila terkena air, namun tanah ini akan menjadi keras dan mengalami kondsi penyusutan volume sehingga akan mengalami pecah dan retak pada teksturnya.

Manfaat Tanah Liat

Berikut manfaat manfaat tanah liat yang dapat diterapkan di berbagai bidang antara lain:

  1. Sebagai insulasi panas

Ciri tanah liat salah satunya memiliki bahan yang bersifat menyerap panah atau insulasi alami. Fraksi yang terkandung pada tanah lait secara alami memiliki kemampuan dalam mengikat kalor sehingga kondisi ruangan dapat terjaga. Biasanya tanah liat diaplikasikan pada bagian lantai sebagai peredam panas sehingga dekorasi pada rumah-rumah menggunakan bata tanah liat sebagai bahan.

Tanah liat menghasilkan kondisi lantai yang lebih dingin daripada tanpagabungan tanah liat, oleh sebab itu, beberapa lantai dilakukan penggabungan teknologi bahan marmer dengan tanah liat. Pemanfaatan tanah sebagai bahan insulasi panas bahkan saat ini mulai dikembangkan di berbagai bidang baik bidang industri, pertanian, dan juga bangunan.

  1. Bahan baku kerajinan

Tanah liat merupakan salah satu bahan yang memiliki sifat plastis atau memiliki kemampuan dalam berubah bentuk. Tanah liat apabila mengandung cukup air maka volumenya dapat bertambah atau mengalami peningkatan volume tanah liat itu sendiri.  Dengan volume yang mengembang tanah liat akan mudah dibentuk dengan beragam wujud seperti cobek, guci dan sebagainya.

Kerajian dari tanah liat ini bahkan berasal dari beragam jenis seperti tanah liat hitam, tanah liat merah, dan tanah liat abu-abu. Setiap kandungan mineral yang terdapat dalam tanah liat berpengaruh terhadap kualitas dari kerajinan.  Kandungan mineral yang berada pada tanah liat mempengaruhi tekstur, tingkat kekerasan atau soliditas, dan juga mempengaruhi tingkat plastisitas pada tanah liat.

  1. Sebagai bahan pembuat batu bata

Tanah liat sejak zaman dahulu sudah dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan batu bata. Batu bata merupakan material bangunan yang digunakan untuk membuat tembok maupun pondasi pada suatu bangunan. Dalam bidang arsitektur, batu bata biasanya digunakan pada bangunan skala rumahan dan juga untuk proyek pembangunan perumahan di perkotaan.

Bahkan dengan tambahan teknologi pengolahan terbaru batu bata yang berasal dari tanah liat dapat menjadi ringan namun dengan tingkat soliditas yang tinggi. Proses pengolahan batu bata dikombinasi dengan suhu runag dan suhu yang sangat tingi ketika proses pembakaran sehingga menghasilkan batu bata yang ringan dan kokoh. Produk batu bata ringan biasanya dipakai sebagai furniture rumah.

  1. Bahan pembuat hydroton

Dalam dunia pertanian, pertanaman dengan sistem hidroponik sudah mulai banyak dikembangkan dan dilakukan khususnya di daerah-daerah perkotaan atau biasa disebut dengan urban farming. dan sistem hidroponik ini terdapat salah satu jenis media tanam yang disebut hydroton. Hydroton merupakan slaah satu jenis media tanam yang berasal dari tanah liat yang berbentuk seperti bola-bola kecil.

Hydroton dibuat dengan bahan dasar yang berasal dari tanah liat yang diolah dengan cara menyaring tanah liat kering agar partikel kecil dapat terpisah kemudian diolah menjadi bentuk bola dan dibakar pada suhu tinggi agar menjadi solid. Sifat dari hydroton sebagai media tanam yang berpori mampu meyerap air dan juga memiliki aerasi yang baik sehingga cukup baik digunakan sebagai media tanam.

Selain itu kelebihan lain dari penggunaan hydroton adalah media ini cukup bersih dan juga dapat digunakan berkali-kali sehingga secara ekonomi kebutuhan untuk biaya media tanam dengan hydroton lebih hemat.

  1. Pembentuk aliran irigasi pada persawahan

Pada aeral persawahan, areal irigasi merupakan areal yang memberikan suplai kebutuhan pada tanaman yang dibudidayakan di sawah. Dalam sistem olah sawah konvensional dalam pembuatan aliran irigasi biasanya tanah dengan sifat liat dimanfaatkan untuk membentuk aliran irigasi di areal persawahan karena dengan tanah liat memiliki sifat yang mudah dibentuk.

Bahkan di beberapa daerah pertanian dengan sistem subak di Bali, sistem irigasi konvensional masih diterapkan. Pembuatan aliran irigasi nasih menggunakan teknologi yang sangat sederhana, kandungan tanah liat pada tepian persawahan diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan sistem irigasi yang baik.

  1. Bahan olahan makanan

Di daerah-daerah yang masih menjaga budaya dan kearifan lokal, tanah liat merupakan salah satu bahan yang biasanya digunakan sebagai campuran dalam proses pembuatan makanan khas suatu daerah. Campuran tanah liat akan dibuat menjadi lebih encer kemudian dicampurkan dengan masakan yang akan diolah. Pengolahan makanan dilakukan dengan cara dibakar atau dipanggang.

Cara penggunaan tanah liat sebagai bahan campuran olahan makanan adala dengan mengoleskan pada bagian permukaan bahan masak seperti daging kemudian didiamkan beberapa saat agar lekat dengan kulit kemudian dipanggang. Pemanggangan dengan mengoleskan tanah liat biasanya menghasilkan cita rasa unik pada masakan dan dinilai kematangan pada masakan lebih merata.

  1. Bahan membuat wadah

Penggunaan bahan tanah liat sebagai bahan dasar pembuatan wadah untuk proses pembuatan suatu makanan maupun minuman mampu menjaga dan juga memunculkan cita rasa khas pada suatu makanan yang diolah. Bahkan di beberapa kondisi penggunaan wadah yang berasal dari tanah liat memang sangat diperlukan dalam poses pembuatan suatu produk seperti jamu, rempah, dan sebagainya.

Tanah liat yang pada umumnya memiliki sifat basa apabila digunakan sebabai wadah olahan dan dimasak akan bereaksi terhadap tingkat keasaman suatu produk. Hal inilah yang menghasilkan kondisi netral pada suatu makanan maupun produk yang diolah menggunakan wadah tanah liat. Bahkan dengan aroma tanah liat yang dihasilkan dari produk olahan tersebut, mampu memberikan efek tenang dan relaksasi.

  1. Sebagai bahan masker

Menurut beberapa dokter ahli kecantikan, tanah liat memiliki kemampuan dalam membersihkan sel-sel pada kulit. Kemampuan tanah liat dalam membersihkan kulit berminak dan pori-pori pada kulit wajah. selain membersihkan kulit, aroma khas pada tanah liat dapat memberikan efek ringan pada wajah dan juga relaksasi. Oleh karena itu, tanah liat dijadikan  sebagai pilihan bahan baku untuk pembuatan masker.

Pembuatan masker dari tanah liat juga tergolong mudah karena hanya perlu mencampurkan air dingin dengan tanah hingga terbentuk pasta kemudian dapat dicampurkan dengan beberapa bahan unutk menambah manfaat ketika digunakan. Campuran yann biasa digunakan antara lain adalah campuran air mawar, air melati dan beberapa campuran dengan bubuk coklat.

  1. Sebagai bahan pembuat genting

Genting merupakan salah satu material bangunan yang dibentuk menggunakan bahan tanah liat. Penggunaan genting digunakan sebagai penutup atap pada bagian atas rumah karena mampu melindungi dari hujan dan juga suhu yang panas dari cahaya matahari. Genting dapat mengisolasi panas dari matahri karena kalor pada matahri akan terserap oleh genting..

Selain itu penggunaan genting pada atap rumah mampu memantulkan sebagian panas sehingga panas tidak masuk hingga ke dalam rumah. Teknik pengaturan kerapatan antara genting juga mampu memberikan pengaruh terhadap tingkat kesejuakn suatu rumah karena terdapat sekat yang mampu mengurangi suhu panas sehingga ruangan  akan terasa lebih sejuk.

Kesimpulan

Peran tanah liat dalam kehidupan sehari-hari bahkan cukup penting karena dalam kondisi tanah tertentu seperti dalam lingkungan yang cukup dengan air tanah liat dapat diolah dan dibentuk maupun dimanfaatkan sebagai salah satu bahan utama penunjang suatu produk.

Dan dengan proses pembakaran tanah liat akan beruabh bentuk menjadi suatu padatan yang keras dan solid dan dapat digunakan.

Nah, itusalah saja artikel yang bisa kami bagikan dan tuliskan pada segenap pembaca berkenaan dengan manfaat yang dimiliki tanah liat dalam berbagai bidang kehidupan yang dapat kita rasakan. Semoga memberi edukasi dan literasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *